Berkunjung ke Purwakarta rasanya kurang lengkap jika belum membawa buah tangan khasnya. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas Purwakarta yang paling diminati wisatawan, jangan lewatkan kesempatan membelinya untuk kerabat di rumah.

Purwakarta bukan hanya menyimpan segudang destinasi wisata populer yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Namun kabupaten yang berada di Jawa Barat ini juga memiliki segudang kuliner lezat hingga kerajinan tangan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan menarik. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Purwakarta terpopuler yang wajib Anda beli.

1. Rengginang

Rengginang
Image Credit: Bukalapak.com

Siapa yang tidak mengenal rengginang, si kudapan lezat dan renyah ini banyak dicari di pasaran setiap harinya. Rengginang sendiri dihadirkan dengan dua varian rasa yang bisa disesuaikan selera, yaitu manis dan gurih. Selain disantap sebagai kudapan di waktu senggang, rengginang juga menghiasi meja tamu dan sering dijadikan teman ngobrol santai bersama keluarga.

Kudapan renyah nan lezat ini sebenarnya terbuat dari beras ketan yang kemudian dikukus terlebih dahulu. Setelahnya kudapan ini dibentuk menjadi bulat pipih, lalu dijemur di tengah teriknya sinar matahari selama beberapa jam hingga adonannya berubah menjadi kering. Ketika dirasa cukup, adonan mengering tersebut kemudian digoreng menggunakan minyak panas dan siap disantap.

Sebenarnya Anda bisa menemukan rengginang di berbagai kota lainnya, namun masih tidak ada yang bisa menandingi cita rasa dari rengginang khas Purwakarta. Bahkan rengginang sudah termasuk salah satu kuliner penting bagi masyarakat Purwakarta. Sebab warga lokal gemar menjadikannya sebagai sajian saat lebaran hingga disajikan dalam pesta pernikahan.

2. Semprong

Semprong
Image Credit: Bukalapak.com

Semprong termasuk salah satu kudapan manis dan renyah khas Purwakarta yang sayang dilewatkan. Pemberian namanya yang unik, didapatkan dari bentuknya yang menyerupai semprong. Bukan hanya bentuknya saja yang unik, sebab proses pembuatannya sendiri tidak kalah menarik. Dimana adonan tepung beras nantinya akan dicetak dan dijepit untuk mendapatkan bentuk pipih.

Selanjutnya adonan tersebut akan dipanggang diatas bara api dari arang maupun kompor. Soal rasa sepertinya tidak perlu diragukan lagi, mengingat tingginya permintaan pasar terkait kudapan khas Purwakarta satu ini. Apabila penasaran dengan rasanya, silahkan kunjungi toko buah tangan terdekat dan dapatkan penawaran menariknya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Majalengka Terbaru & Paling Hits

3. Opak Gurih Gurih

Opak Gurih Gurih
Image Credit: Tempatwisataseru.com

Ketika berkunjung ke Purwakarta, sebaiknya jangan lupa membawa oleh-oleh berupa Opak Gurih Gurih. Bentuknya sendiri hampir serupa dengan Simping, namun keduanya memiliki perbedaan cukup mencolok sehingga tidak terlalu sulit untuk membedakannya. Keduanya memang tampak pipih, namun Opak Gurih Gurih tampak lebih mengkilap dibandingkan Simping.

Kudapan lezat ini ternyata terbuat dari tepung beras yang diberikan aneka rempah rempah untuk memunculkan rasa lebih sedap dan nikmat. Ketika semua bahan sudah tercampur sempurna, adonan akan dibakar di atas bara api yang sangat panas. Ketika dibakar, Anda bisa mencium aroma wangi sedap yang berhasil meningkatkan rasa ingin mengkonsumsinya segera.

Soal rasa tidak perlu dipertanyakan, karena Anda bisa menikmati gurihnya kudapan pipih tersebut di waktu senggang. Asik dijadikan sebagai teman bersantai, rasanya memborong Opak Gurih Gurih sepertinya adalah keputusan yang tepat. Kini Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko oleh-oleh khas Purwakarta dengan harga bersahabat.

4. Gula Aren Cikeris

Gula Aren Cikeris
Image Credit: Facebook.com @menong.purwakarta

Ketika berkunjung ke Purwakarta untuk kali pertama, banyak wisatawan penasaran dengan Gula Aren Cikeris karena bentuknya yang unik. Kuliner lezat ini ternyata dibuat dari nira pohon aren yang dimasak cukup lama lalu diberikan campuran gula pasir. Ketika bentuk adonan sudah berubah menjadi gulali, kemudian makanan tersebut dicetak dengan memanfaatkan bambu.

Setelahnya adonan akan dibiarkan hingga kering sebelum akhirnya dikeluarkan dari cetakan bambunya. Karena dicetak menggunakan bambu alami, membuatnya memiliki bentuk bak tabung namun pendek yang akan mengingatkan Anda pada lontong. Selama proses pembuatannya sendiri hanya menggunakan bahan alami, sehingga sudah bisa dibayangkan akan kelezatannya.

Selain lezat di lidah dan tercium aroma wangi yang menambah kelezatan rasanya, ternyata kuliner satu ini juga membawa segudang khasiat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kaya akan manfaat dan juga memiliki cita rasa lezat, tampaknya sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak membelinya ketika bertandang ke Purwakarta.

5. Sate Maranggi

Sate Maranggi
Image Credit: Facebook.com @djoko.wi.33

Ketika menyusuri Jalan Raya Plered, Anda bisa menemukan sejumlah kuliner lezat yang menarik untuk dicicipi. Cobalah untuk mampir ke jejeran pedagang Sate Maranggi untuk menikmati kuliner lezatnya. Sate khas Purwakarta ini sedikit berbeda dengan sate di daerah lainnya. Yang membuat sate Maranggi begitu istimewa terlihat dari proses pembuatannya.

Sate Maranggi dibuat dengan cara merendam daging terlebih dahulu pada air yang sudah ditambahkan dengan aneka rempah rempah pilihan. Campuran berbagai rempah inilah yang membuat sate terasa lebih lezat dan nikmat. Wajar saja jika para pelancong tertarik mencobanya selagi menapakkan kaki di kota Purwakarta.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Depok yang Paling Populer

Dalam satu porsinya, Anda bisa merasakan kelezatan rempah di dalam dagingnya yang berpadu mesra dengan saus kacang khas. Puas menyantapnya dengan lahap di tempat, jangan lupa membungkusnya untuk keluarga di rumah. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, namun sudah cukup memuaskan perut yang sedari tadi berbunyi.

6. Simping

Simping
Image Credit: Purwakartakab.go.id

Simping termasuk kudapan legendaris khas Purwakarta yang sudah terkenal akan rasanya yang lezat. Bahkan hingga kini, kudapan lezat ini laris manis diburu oleh para pelancong yang datang ke kota Purwakarta. Fenomena ini menandakan bahwa kelezatan rasa kudapan berbentuk bulat pipih ini sudah tidak bisa diragukan lagi.

Selain terkenal akan kelezatan rasanya, kudapan ini memiliki tekstur hampir serupa dengan kerupuk opak dan hadir dengan rasa lebih gurih. Dari teksturnya saja, Anda sudah bisa membayangkan betapa lezatnya ketika menyantapnya sebagai teman ngopi santai. Melihat tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsinya, kini hadir berbagai varian rasa baru yang wajib dicoba.

Inovasi rasa terbarunya terdiri dari keju, pedas, kelapa, dan masih banyak varian rasa lezat lainnya. Untuk membandingkan rasa paling lezat favorit Anda, silahkan beli berbagai varian Simping sekaligus sebagai pembandingnya. Tidak sulit untuk bisa menemukannya, karena para pelancong bisa membelinya langsung di toko oleh-oleh khas Purwakarta.

7. Manisan Pala

Manisan Pala
Image Credit: Facebook.com @tiara.khairunnisa

Gemar mengkonsumsi makanan manis ? Sepertinya Anda harus mencoba kudapan khas Purwakarta bernama Manisan Pala. Sesuai dengan pemberian namanya, dimana kudapan ini memiliki cita rasa manis dan lezat untuk disantap kapanpun diinginkan. Bukan hanya lezat, ternyata makanan khas ini juga membawa berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsinya yaitu menstabilkan tekanan darah, menjaga kesehatan kulit dan mulut, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Manisan lezat ini dihadirkan dengan dua varian jenis yaitu basah dan kering. Kedua varian jenisnya terasa lezat, terutama kandungan air pada Manisan Pala basah yang menggugah selera.

8. Keramik Plered

Keramik Plered
Image Credit: Facebook.com @bayu.wowo

Purwakarta tidak hanya memiliki makanan untuk dijadikan buah tangan, sebab kerajinan tangan khasnya tidak kalah menarik untuk dibawa pulang. Keramik Plered misalnya, dimana kerajinan tangan ini dibuat oleh tangan terampil warga lokal serta memiliki keunikan tersendiri. Dikatakan unik, karena souvenir ini terbuat dari gerabah yang kemudian diolah sedemikian rupa.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Paling Hits

Hasil kerajinan tangan yang bisa dihasilkan pun cukup beragam mulai dari payung, guci, kursi, meja, terakota, dan masih banyak lagi. Diantara sekian banyak kerajinan tangan yang mampu dihasilkan, vas bunga dengan motif menawan masih menjadi produk best seller. Berkat hasil kerajinan tangan tersebut, rumah hunian Anda terlihat lebih menarik dari sebelumnya.

9. Boneka Menong

Boneka Menong
Image Credit: Facebook.com @Indraniesta

Boneka Menong termasuk salah satu kerajinan tangan khas Purwakarta yang sayang jika tidak dibeli. Pemberian namanya sendiri diambil dari akronim kata “me” yang bermakna manusia, sedangkan kata “nong” memiliki makna sebagai cantik. Dengan kata lain, kerajinan ini menggambarkan betapa cantiknya perempuan Indonesia.

Boneka yang dibuat dari tanah liat ini pun dihiasi dengan aksesoris tambahan berupa pakaian adat Indonesia, yang berhasil membuatnya semakin menarik dimiliki. Bentuknya yang unik dan riasan khas Indonesia, boneka unik ini pun berhasil mencuri perhatian para pelancong sejak pertama kali melihatnya di toko oleh-oleh khas Purwakarta.

10. Iket Sunda

Iket Sunda
Image Credit: Kaskus.co.id

Membeli beberapa Iket Sunda termasuk hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Purwakarta. Sebab ikat kepala ini menandakan bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di kawasan tersebut, dan telah menggoreskan kenangan baik disana. Ketika melihat iket kepala tersebut, berbagai memori selama berada di Purwakarta seakan diputar kembali.

Ikat kepala ini dibuat dengan kain batik yang kemudian diberikan aneka motif khas. Varian bentuk dan warna yang tersedia juga cukup lengkap, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai selera. Ada iket praktis yang bisa langsung digunakan, namun ada pula iket yang mengharuskan penggunanya untuk menyimpulkannya sendiri.

Apabila tertarik membeli souvenir unik ini, silahkan kunjungi ke berbagai toko pusat oleh-oleh khas Purwakarta. Jangan lupa untuk membelinya dalam jumlah banyak sekaligus untuk anggota keluarga yang menanti di rumah. Soal harga tidak perlu dikhawatirkan, karena Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau tanpa menguras isi dompet.

Membawa buah tangan ketika pergi berkunjung ke suatu wilayah sudah menjadi sebuah budaya yang hingga kini dilestarikan oleh masyarakat. Kabar baiknya, Purwakarta memiliki segudang oleh-oleh khas menarik untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat Anda. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat di kantong, sehingga tidak ada salahnya membeli dalam jumlah banyak sekaligus.