Setelah puas berkeliling dan mencoba beberapa kuliner khas di kota ini, maka waktunya Anda untuk mencari oleh-oleh. Pastinya ada yang kurang ketika pulang ke rumah tanpa membawa buah tangan untuk keluarga dan kerabat. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa rekomendasi oleh oleh khas di Salatigayang wajib untuk Anda bawa pulang. Berikut simak ulasan selengkapnya.

1. Bakpia Pathok Oom Tan

Bakpia Pathok Oom Tan
Image Credit: Bisnisusahaonline.com

Tidak hanya di Jogja saja, ketika Anda berada di Salatiga maka Anda pun juga bisa untuk membawa pulang bakpia pathok. Hal ini dikarenakan produk tersebut cukup populer dan paling diburu oleh wisatawan. Tidak hanya populer saja, bakpia pathok ini pun juga memiliki rasa dan kualitas yang jempolan sehingga tak heran jika bakpia ini sangat diburu oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke kota ini.

Dengan menawarkan berbaga varian rasa, maka hal ini membuat para konsumen menjadi tidak bosan dengan rasa original yang dimilikinya. Ada berbagai rasa yang bisa untuk Anda pilih, mulai dari rasa coklat, rasa kacang hijau, rasa keju dan juga lain sebagainya. Untuk Anda yang tertarik mencoba atau sekedar membelikan oleh oleh untuk keluarga di rumah, maka Anda pun bisa datang ke toko oleh oleh Oom Tan.

2. Kopi Biji Salak

Kopi Biji Salak
Image Credit: Tosviral.blogspot.com

Untuk oleh oleh satu ini, pastinya Anda pun akan merasa sangat asing. Hal ini dikarenakan umumnya, kopi terbuat dari bahan dasar yakni biji kopi. Dan kemudian, biji kopi tersebut akan diolah sedemikian rupa. Namun, ketika berada di Salatiga maka Anda pun nantinya akan menemukan sesuatu yang berbeda. Disini, Anda akan bisa untuk menemukan kopi yang terbuat dari biji salak.

Meskipun terbuat dari biji salak, namun kopi satu ini akan memilii rasa yang tak kalah lezat. Sehingga, minuman unik satu ini pun akan bisa menjadi salah satu buah tangan yang bisa untuk Anda berikan kepada keluarga di rumah. Bagi Anda yang ingin membelinya, maka Anda pun bisa mampir ke Jalan Srikandi. Disini, nantinya Anda akan bisa untuk mencicipinya secara langsung maupun menjadikannya sebagai oleh oleh.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Paling Hits

3. Roti Wonder

Roti Wonder
Image Credit: Mysukmanablog.wordpress.com

Roti merupakan salah satu oleh oleh yang sering kali dicari oleh wisatawan. Untuk itu, ketika Anda berada di Salatiga maka Anda pun bisa membeli Roti Wonder untuk keluarga di rumah. Sesuai dengan nama ang dimilikinya, roti satu ini pun akan menawarkan rasa yang khas dan menakjubkan ketika Anda mengonsumsinya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencoba membeli roti satu ini, Anda pun bisa mampir ke Jalan Semeru yang ada di Salatiga.

4. Kopi Babah Kacamata

Kopi Babah Kacamata
Image Credit: Inibaru.id

Bagi Anda yang merupakan penggemar kopi, maka Anda pun bisa membawa pulang buah tangan berupa bubuk kopi hal ini dikarenakan Salatiga menjadi tempat penghasil kopi yang cukup baik. Sehingga nantinya Anda pun akan bisa untuk mencicipi berbagai olahan kopi dengan kualitas yang jempolan. Untuk Anda yang bingung memilih kopi jenis apa, maka Anda pun bisa untuk mencoba Kopi Babah Kacamata.

Kopi satu ini pun memang dikenal memiliki rasa yang khas. Untuk itu, kopi khas Salatiga ini akan menjadi salah satu rekomendasi buah tangan yang cocok untuk buah tangan. Dengan memiliki kemasan yang mudah untuk dibawa kemanapun, maka kopi satu ini akan cocok untuk diberikan kepada keluarga terdekat anda. Pastinya Anda pun tak bisa melewatkan oleh oleh satu ini begitu saja.

5. Keripik Paru

Image Credit: Bahbu.wordpress.com

Untuk Anda yang menyukai berbagai olahan paru, pastinya Anda pun juga akan jatuh cinta dengan keripik satu ini. Menjadi salah satu buah tangan yang masuk menjadi rekomendasi terbaik, maka Anda pun wajib untuk membawa pulang oleh oleh satu ini. Bagi Anda yang menyukai untuk mengonsumsi keripik yang memiliki rasa gurih dan nikmat, keripik paru ini akan menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Keripik paru sendiri terbuat dari paru sapi yang telah diiris tipis tipis. Hal ini bertujuan agar keripik tersebut nantinya menjadi mudah untuk ana konsumsi. Untuk membuat rasa keripik menjadi lebih nikmat, maka di dalam keripik tersebut akan diberikan resep dengan bumbu khusus. Sehingga nantinya akan membuat Anda ketagihan dan tidak berhenti untuk mengunyah.

6. Singkong Keju D9

Singkong Keju D9
Image Credit: Kumparan.com

Kuliner dengan olahan singkong menjadi salah satu menu yang bisa Anda pilih untuk jadikan oleh oleh. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Salatiga maka Anda pun wajib untuk membawa pulang singkong keju. Salah satu kuliner lezat yang bisa untuk Anda jadikan teman untuk minum kopi ini menjadi oleh oleh yang sayang untuk Anda lewatkan.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Murah & Enak

Dengan memiliki berbagai macam bentuk, maka nantinya konsumen pun akan dengan mudah untu memilih produk sesuai dengan keinginannya. Untuk itu, Anda pun bisa memilih jenis keripi yang iap digoreng ataupun yang sudah jadi. Ketika Anda memilih singkong yang siap untuk digoreng, maka Anda pun bisa membekukannya terlebih dahulu ke dalam freezer. Barulah Anda nantinya bisa mengonsumsi makanan tersebut.

7. Gula Kacang

Gula Kacang
Image Credit: Tokopedia.com (lapakserba)

Jajanan dengan rasa manis legit ini tentu saja menjadi camilan yang tidak asing. Untuk itu, tak heran jika banyak sekali wisatawan yang terpikat dengan kuliner sat ini. Terbuat dari kacang terbaik dan dicampur dengan gula jawa, maka nantinya akan menghasilkan cita rasa yang manis dan gurih di dalam cemilan satu ini. Dengan rasa yang lezat tersebut akan membuat para wisatawa tertarik untuk membelinya.

Sehingga Anda pun bisa membeli gula kacang ini sebagai oleh oleh yang bisa untuk Anda bawa pulang ke rumah. Anda pun juga bisa untuk membeli gula kacang ini sebagai teman untuk perjalanan pulang anda. Untuk Anda yang ingin membelinya, maka Anda pun akan dengan mudah untuk menemukannya. Anda hanya perlu untuk mencarinya di setiap toko oleh oleh yang berada di Salatiga tanpa perlu merasa kesusahan.

8. Enting Enting Gepuk

Enting Enting Gepuk
Image Credit: Ceroboh.com

Makanan yang cukup populer di masyarakat Salatiga ini dapat menjadi salah satu buah tangan yang unik untuk Anda bawa pulang. Camilan yang terbuat dari kacang yang dihaluskan tersebut akan menjadi makanan yang cocok sebagai teman untuk minum teh atau ngopi di siang hari. Untuk rasa manis yang terasa di makanan ini dikarenakan adanya tambahan gula ketika proses pembuatannya.

Untuk itu, ketika Anda telah mencoba makanan satu ini akan sulit untuk terus berhenti mengunyahnya. Bagi Anda yang ingin untuk membeli kudapan manis tersebut, maka Anda pun bisa mengunjungi toko oleh oleh yang ada di Salatiga. Di tempat satu ini, nantinya Anda akan bisa memilih berbagai macam merek enting enting gepuk sesuai dengan yang Anda inginkan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang Paling Populer

9. Kerupuk Godril

Kerupuk Godril
Image Credit: Inibaru.id

Penggemar jajanan ringan, maka Anda pun tak bisa melewatkan begitu saja kerupuk grodhil. Ketika Anda mencicipi camilan satu ini, maka Anda pun akan bisa merasakan sensasi gurih dan juga renyah yang tertuang menjadi satu. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu oleh oleh yang paling diburu ketika berada di Salatiga. Makanan ringan satu ini pun terbuat dari singkong yang diolah dengan sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan bentuk kerupuk yang enak.

Kerupuk satu ini pun nantinya akan aman untuk dikonsumsi siapa saja. Dengan menggunakan bumbu rahasia, maka Anda pun akan bisa untuk merasakan kenikmatan dari makanan satu ini. Di dalam pembuatannya, kerupuk Grodhil ini tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga kerupuk satu ini pun akan menyehatkan dan Anda akan mendapatkan kerupuk dengan bahan utama yang baik.

10. Gethuk Kethek

Gethuk Kethek
Image Credit: Tribunnews.com

Untuk oleh oleh terakhir, maka Anda pun juga bisa untuk membawa pulang getuk klethek. Makanan satu ini terbuat dari bahan singkong dan getuk sendiri memang terkenal sebagai salah satu olahan singkong yang populer. Selain memiliki rasa yang lezat, cara pembuatan getuk ini pun cukup sederhana. Pertama, untuk membuat singkong terasa lembut maka singkong haruslah direbus terlebih dahulu.

Selanjutnya, singkong tersebut akan diberikan sentuhan akhir, yakni penambahan topping dan juga parutan kelapa. Sehingga nantinya akan menjadi kudapan dengan rasa yang lezat. Meskipun termasuk camilan, namun ketika Anda mengonsumsi getuk ini tentu saja akan membuat Anda menjadi lebih kenyang. Untuk itu, Anda pun bisa membawa pulang makanan ini menjadi buah tangan ketika sedang berada di Salatiga.

Itulah beberapa jenis oleh-oleh khas dari Salatiga yang bisa untuk Anda bawa pulang. Ketika Anda berada di daerah ini, maka akan terdapat banyak pilihan makanan yang bisa untuk Anda bawa pulang. Dengan begitu, Anda pun menjadi tak kesulitan untuk membeli oleh oleh jenis apa. Pasalnya, banyak makanan unik dan memiliki cita rasa yang lezat. Dimana makanan tersebut hanya akan bisa untuk Anda temui ketika sedang berada di Salatiga.