Mengunjungi Kota Samarinda tak lengkap jika tidak berburu oleh-oleh khas, baik makanan dan berupa barang yang kental mencerminkan Kota Tepian dapat Anda pilih untuk dibawa pulang.

Mengunjungi suatu kota paling seru untuk menjelajah wisatanya sekaligus kulinernya. Setelah itu tidak ketinggalan untuk berburu oleh-oleh bagi kerabat di rumah. Samarinda yang merupakan salah satu kota besar di Kalimantan mampu untuk menawarkan semua hal tersebut.

Bagi Anda yang berencana atau memang sedang di Samarinda, jenis buah tangan berikut bisa dijadikan sebagai pilihan. Apalagi deretan oleh-oleh khas Samarinda tersebut memang sudah terkenal dan paling diburu oleh wisatawan.

1. Keminting

Keminting
Image Credit: Shopee.co.id

Panganan memang yang paling banyak dijadikan sebagai oleh-oleh suatu daerah. Karena setiap makanan akan memiliki cita rasa khas yang membuatnya berbeda. Dan oleh-oleh makanan yang paling favorit adalah Keminting. Dalam bahasa Daerah Samarinda sendiri, Keminting berarti kemiri. Jika melihat namanya, bentuk dari kue satu ini memang mirip dengan kemiri. Untuk bahannya dibuat dari tepung sagu, terigu, kanji, santan dan gula jawa.

Sehingga sudah bisa dipastikan bila rasanya manis dan ada sedikit rasa gurih dari santannya. Ditambah dengan teksturnya yang renyah membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan. Untuk pengolahannya sendiri, kue keminting di panggang sehingga rasanya semakin khas. Mendapatkan oleh-oleh satu ini tidaklah sulit, karena sudah banyak pusat oleh-oleh yang menyediakannya. Apalagi harganya terbilang murah, mulai dari Rp. 20 ribuan saja.

2. Gula Gait

Gula Gait
Image Credit: Kulinerhunter.com

Apakah Anda pecinta makanan manis? Jika iya maka Anda akan menyukai oleh-oleh khas dari Samarinda berikut. Seperti namanya, Gula Gait merupakan makanan manis yang juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Dibuat dari gula putih dan gula aren, yang dalam pengolahannya membutuhkan proses pengolahan yang begitu panjang. Karena gula ini harus lebih dahulu dipanaskan agar gula menjadi mengental dan juga teksturnya berubah.

Barulah ketika teksturnya berubah bisa dibentuk menjadi Gula Gait. Adonan ini akan dipotong sehingga bentuknya mirip dengan batang kayu yang pipih. Proses pemotongan inilah yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Karena adonan akan terus diolah hingga teksturnya sesuai, mengingat ketika mengeras tak akan bisa lagi dibentuk. Anda bisa menemukan makanan satu ini di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Samarinda dengan berbagai ukuran.

BACA:  25 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru & Paling Hits

3. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Shopee.co.id

Kalimantan termasuk daerah penghasil durian, begitu juga dengan Samarinda yang juga menghasilkan cukup banyak durian. Dan masyarakat mengolah durian menjadi dodol yang dikenal dengan sebutan Lempok Durian. Lempok dan dodol memang tidak banyak perbedaan, karena bedanya hanya pada bahan dasar saja. Dodol dibuat dari tepung beras dan bahan lainnya sehingga menjadi adonan legit dan kenyal.

Sementara untuk lempok bahan utama yang digunakan adalah buah durian yang ditambahkan dengan gula. Sehingga sudah pasti, jajanan satu ini akan diincar oleh para pecinta durian. Aroma duriannya yang khas dengan tekstur lembut begitu menyapa pengecap memang layak untuk diburu. Belum lagi, lempok juga termasuk dalam makanan yang tahan lama. Sehingga tidak masalah meskipun tujuan Anda terbilang jauh karena tidak akan basi.

4. Amplang

Amplang
Image Credit: Makananoleholeh.com

Masyarakat Indonesia terbilang pecinta makanan yang gurih dengan sensasi rasa krenyes ketika dikunyah. Ada banyak makanan yang sensasi renyahnya akan membuatnya semakin ketagihan dan jatuh hati. Di Samarinda Anda bisa mendapatkan rasa ini dari amplang yang juga merupakan oleh-oleh khas dari Kalimantan. Popularitas makanan dengan rasa gurih ini seolah tidak pernah surut dan tetap diburu oleh wisatawan yang mampir ke Samarinda.

Amplang sendiri diolah dari ikan Tenggiri yang ditambahkan dengan tepung kanji. Jangan lupakan tambahan bumbu khasnya yang membuat rasanya makin nikmat. Perpaduan rasa inilah yang membuat amplang begitu populer dan diburu oleh banyak orang. Sebenarnya selain ikan Tenggiri, amplang juga dibuat dengan bahan ikan lain seperti ikan pipih atau belida dan juga ikan Gabus. Anda bisa sangat mudah mendapatkan oleh-oleh populer di Samarinda satu ini.

5. Abon Ikan Haruan

Abon Ikan Haruan
Image Credit: Enaknyakemana.com

Ikan Haruan atau ikan Gabus merupakan salah satu komoditas yang juga mudah didapatkan di Kalimantan khususnya di Samarinda. Ikan yang juga bisa disulap menjadi amplang ini juga banyak diproduksi menjadi abon. Tentunya hal ini menjadi inovasi baru dan juga keunikan tersendiri, mengingat masyarakat lebih akrab dengan abon sapi atau ayam. Abon menjadi pelengkap makanan yang menambah cita rasa sehingga termasuk dalam panganan yang diburu.

BACA:  20 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Paling Hits

Dan abon ikan Haruan ini sangat aman dikonsumsi, karena dalam proses pengolahannya tidak menggunakan bahan pengawet. Meskipun demikian abon ini bisa bertahan lama dan dibawa untuk berpergian jauh. Cita rasa yang dihadirkan juga begitu khas dan berbeda dengan abon lainnya. Anda yang berniat untuk menjadikannya oleh-oleh, bisa membelinya di pusat oleh-oleh di Kota Samarinda. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 20 ribuan setiap onsnya.

6. Kue Ilat Sapi

Kue Ilat Sapi
Image Credit: Shopee.co.id

Kue ilat Sapi yang dalam bahasa Jawa berarti lidah sapi merupakan kue yang juga hits di Samarinda. Meskipun namanya ilat sapi tetapi bukan berarti kue ini benar benar dibuat dari lidah sapi. Bahan yang digunakan untuk membuat kue satu ini adalah gula merah dan juga tepung. Sebenarnya kue satu ini tidak hanya terkenal di Samarinda tetapi juga terkenal di Semarang. Awalnya makanan satu ini lebih banyak dijumpai sebagai suguhan untuk tamu.

Tetapi belakangan sudah menjadi oleh-oleh khas Samarinda yang tak sulit untuk didapatkan. Kue dengan warna coklat dan memiliki taburan wijen di atasnya ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Rasanya yang manis akan membuat siapapun ketagihan dan ingin terus mengunyahnya. Meskipun terlihat keras, sebenarnya makanan satu ini begitu empuk dan lembut. Membawa banyak untuk kerabat juga bukan ide buruk, karena harganya yang terjangkau.

7. Bolu Gulung Durian Panglima

Bolu Gulung Durian Panglima
Image Credit: Topijelajah.com

Bolu Gulung Durian Panglima juga bisa dijadikan sebagai alternatif oleh-oleh untuk Anda yang singgah di kota Samarinda. Untuk Anda yang menyukai aroma lembut serta sensasi creamy dari durian wajib memburu oleh-oleh satu ini. Roti durian lembut dengan beragam topping ini memang begitu nikmat. Wajar jika makanan satu ini termasuk dalam jajaran yang begitu diburu oleh wisatawan, mengingat oleh-oleh ini sangat cocok untuk dibawa pulang.

Selain durian, Anda juga bisa memilih isian daging yang tak kalah nikmat dengan yang durian. Dibuat dari bahan bahan yang berkualitas dan hadir dengan berbagai rasa menjadikan panganan satu ini kondang. Rasanya yang legit dengan aroma durian yang khas akan membuat siapapun ketagihan. Oleh-oleh satu ini juga bisa Anda bawa pergi ke luar kota, karena bisa bertahan 3 sampai 4 hari dengan penyimpanan yang tepat.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bontang yang Murah & Enak

8. Sarung Samarinda

Sarung Samarinda
Image Credit: Shopee.co.id

Sebagai orang Indonesia tentunya sangat familiar dengan keberadaan sarung. Dan di Samarinda Anda bisa mendapatkan sarung dengan kualitas unggulan. Meskipun diproduksi oleh warga lokal Samarinda, yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa menjadikan sarung khas ini sebagai oleh-oleh untuk kerabat terdekat. Harga yang dibandrol untuk masing masing sarung ini bergantung dari ukuran dan bahan dasar yang digunakan.

9. Kaos Jukut

Kaos Jukut
Image Credit: Shopee.co.id

Selain Sarung, Anda juga membawa oleh-oleh berupa barang lainnya dalam bentuk kaos. Kaos tentunya menjadi salah satu oleh-oleh yang begitu mudah untuk Anda temui di berbagai kota yang memiliki wisata. Begitu juga dengan Samarinda yang memiliki kaos Andalan dan dikenal dengan kaos jukut. Kaos satu ini merupakan kaos yang begitu diburu para wisatawan yang datang ke Samarinda dan bahkan menjadi favorit untuk oleh-oleh.

Mengingat dengan memberikan oleh-oleh barang tidak ada risiko basi atau membusuk. Berbeda dengan makanan yang memiliki expired date. Yang membuat kaos ini istimewa adalah desainnya yang nyentrik dan juga original. Anda bisa memilih warna dan juga design kaos yang sesuai dengan selera Anda. Selain desain yang unik, dalam kaos ini juga terkadang mengusung suku dayak yang begitu khas. Sebaiknya Anda membeli di tempat aslinya agar kualitasnya terjaga.

10. Pernak Pernik dan Aksesoris

Pernak Pernik dan Aksesoris
Image Credit: Tokopedia.com

Tak hanya kaos, Anda yang berencana memberikan oleh-oleh untuk banyak orang namun budget terbatas bisa memilih oleh-oleh satu ini. Selain itu, cara penyimpanannya juga mudah dan bisa langsung membeli banyak. Tenang saja pernak pernik dan aksesoris ini akan tetap merepresentasikan Samarinda dengan baik. Karena nuansa etniknya yang begitu kental dan khas Suku Dayak. Anda bisa menemuinya di pusat pusat perbelanjaan dengan mudah dan terjangkau.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis oleh-oleh khas dari Kota Tepian yang juga bisa di buru. Namun yang telah disebutkan merupakan buah tangan yang paling populer dan terkenal. Anda bisa memburunya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantong Anda. Mulai dari makanan hingga barang yang dijadikan oleh-oleh, belum tentu bisa ditemukan di daerah lainnya. Oleh-oleh khas dari Samarinda juga bisa mudah ditemukan di pusat oleh-oleh yang ada.