Memilih oleh-oleh terkadang menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang. Namun, ketika anda berkunjung ke Semarang terdapat beberapa buah tangan yang cocok untuk anda bawa pulang. Mulai dari beragam kue yang khas dan juga kerajinan tangan unik yang hanya bisa anda temui di kota Semarang. Berikut simak rekomendasi oleh-oleh khas populer yang wajib anda beli.

1. Kaos Semarang

Kaos Semarang
Image Credit: Shopee.co.id (Bxnk11.cloth)

Salah satu oleh oleh yang bisa untuk anda bawa pulang adalah kaos Semarang. Tak lengkap rasanya jika tidak menjadikan kaos sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Kaos Costa Brava Van Java dapat menjadi pilihan yang pas untuk anda. Hal ini dikarenakan kaos tersebut buatan asli anak Semarang. Dengan memiliki desain yang unik dan menarik, maka akan membuatnya cocok menjadi oleh oleh yang bisa anda pilih.

2. Brownies Opium

Brownies Opium
Image Credit: Kumparan.com

Tak hanya kaos, anda pun juga bisa membawa pulang kue untuk keluarga di rumah. Salah satu jajanan yang bisa untuk anda pilih adalah Brownies Opium. Kue satu ini akan membuat anda ketagihan karena memiliki rasa coklat yang lezat. Untuk anda yang tertarik mencobanya, maka anda bisa mampir ke Jalan Jati Raya untuk membelinya. Harga yang cukup bervariasi yakni mulai dari 25 ribu hingga 40 ribu rupiah ini akan sangat pas di kantong anda.

3. Moaci Gemini

Moaci Gemini
Image Credit: Blanja.com (Orlean Store)

Ketika anda mengunjungi kota Semarang, maka jajanan berbentuk bulat ini pun juga bisa anda jadikan pilihan. Dengan memiliki isian yang beragam, maka anda pun bisa memilih sesuai dengan selera anda. Moaci Gemini dapat menjadi oleh oleh yang pas dikarenakan memiliki daya tahan yang cukup lama, yakni sekitar satu mingguan. Dengan mematok harga yakni kurang dari 50 ribu rupiah, maka anda pun telah bisa menikmati jajanan satu ini.

4. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki
Image Credit: Omiyago.com

Membawa buah tangan berupa kue satu ini juga menjadi salah satu keharusan ketika anda berada di Semarang. Lontong Spekkoek merupakan jajanan baru yang merupakan inovasi dari spekkoek. Dibentuk dengan menyerupai lontong, maka kue dengan cita rasa legit nan manis ini akan sangat cocok untuk anda jadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Bagi anda yang ingin untuk membawa pulang Lontong Spekkoek Waiki ini maka anda pun bisa mendatangi daerah Jalan Senjoyo, Semarang. Disini, nantinya anda pun akan bisa untuk menemukan kue lontong yang dijual dengan harga yang terjangkau, yakni mulai dari 18 ribu rupiah per satu bijinya. Dengan harga yang ramah di kantong tersebut, maka anda pun bisa membelinya dalam jumlah banyak.

BACA:  20 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru & Paling Hits

5. Souvenir

Souvenir
Image Credit: Rahmiaziza.com

Souvenir juga menjadi oleh oleh yang bisa anda bawa pulang ketika berada di kota satu ini. Untuk itu, bagi anda yang ingin mencari buah tangan selain makanan maka souvenir akan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Anda pun bisa mengunjungi Pasar Johar yang merupakan tempat untuk menjual berbagi souvenir menarik.

Sehingga ketika anda pergi ke tempat satu ini, maka anda pun akan menemukan lokasi ini cukup ramai dipadati oleh pengunjung. Nantinya, anda pun akan bisa memilih beberapa barang berupa souvenir dan pernak pernik. Meskipun popularitasnya sempat meredup karena kebakaran beberapa tahun silam, namun pasar ini kembali bangkit untuk menjajakan barang dan juga kebutuhan yang bisa untuk anda jadikan oleh oleh.

6. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu
Image Credit: Wisatajawatimur.xyz

Mencari oleh oleh khas Semarang yang populer? Maka anda pun bisa memutuskan untuk membeli kue sarang madu. Makanan satu ini memiliki bentuk layalnya sarang burung. Dengan adanya gula merah siram yang menjadi toppingnya, maka anda pun akan bisa untuk menikmati kue dengan rasa yang manis. Karena kue satu ini mudah hancur, maka anda pun perlu untuk menyimpannya dengan aman agar tidak mudah rusak.

7. Roti Brilliant

Roti Brilliant
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk anda yang ingin membawa pulang kue dengan rasa yang manis dan legit, maka roti brilliat adalah pilihan yang tepat. Oleh oleh khas kota Semarang ini pun bisa tahan hingga 60 hari lamanya meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet. Sehingga kue satu ini pun akan menjadi salah satu kue yang cocok untuk anda jadikan buah tangan bagi keluarga tercinta. Dengan menyiapkan kocek sekitar 100 ribu rupiah, maka kue pun telah bisa anda bawa pulang.

8. Kopi Banaran dan Gunung Kelir

Kopi Banaran dan Gunung Kelir
Image Credit: Wisato.id

Bagi anda yang merupakan pecinta kopi, pastikan untuk membawa kopi khas Semarang. Minuman satu ini pun jusa bisa anda jadikan oleh oleh untuk keluarga tercinta. Kopi yang merupakan olahan dari PT. Perkebunan Nusantara IX Jawa Tengah ini memiliki jenis kopi Banaran dan juga Gunung Kelir. Untuk itu, bagi anda yang sedang berwisata ke kebun satu ini tak ada salahnya untuk membawa pulang kopi ini sebagai buah tangan.

9. Torakur

Torakur
Image Credit: Inibaru.id

Mungkin bagi anda yang bukan merupakan orang Semarang akan sangat asing dengan oleh oleh satu ini. Torakur merupakan salah satu makanan yang wajib anda bawa pulang ketika berkunjung ke ibukota Jawa Tengah ini. Torakur sendiri memiliki arti yakni tomat rasa kurma. Olahan tomat tersebut awalnya dikeringkan dan dijadikan manisan yang memiliki rasa kurma.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Paling Populer

Dengan mempunyai rasa layaknya buah kurma yang berasal dari Arab ini maka tak heran jika manisan ini disebut dengan torakur. Untuk itu, bagi anda yang penasaran maka anda pun bisa mencoba manisan yang bercita rasa unik ini. Harga yang ditawarkan pun juga cukup terjangkau, sehingga anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, manisan ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama dan sangat pas untuk dijadikan oleh oleh.

10. Batik Semarang

Batik Semarang
Image Credit: Infobatik.id

Ada berbagai macam batik yang terdapat di Indonesia. Hal ini dikarenakan setiap daerah akan memiliki ciri khas akan motif batik yang dijualnya. Salah satunya adalah kota Semarang yang juga memiliki batik yang sangat indah. Untuk itu, anda pun bisa memberikan kain batik khas kota ini sebagai oleh oleh untuk orang tua maupun kerabat yang ada di rumah.

Motif dan corak dari batik satu ini pun cukup unik. Salah satunya adalah terdapat batik yang memiliki corak berupa landmark dari kota Semarang. Untuk anda yang tertarik mendapatkan batik sebagai oleh oleh, maka anda pun bisa mengunjungi Kampung Batik. Berada di Jalan Batik, maka anda pun bisa memilih kain batik sesuai dengan yang anda inginkan. Bahkan anda pun juga bisa belajar tentang proses pembuatannya di tempat satu ini.

11. Tumpi

Tumpi
Image Credit: Mamikos.com

Selain bisa dijadikan sebagai oleh oleh, cemilan satu ini pun juga bisa anda gunakan untuk menemani perjalanan anda. Memiliki bentuk seperti peyek dengan topping berupa kacang hijau, maka tumpi ini akan memiliki rasa gurih dan juga renyah. Sehingga akan cocok sebagai camilan ketika menonton televisi atau ketika anda sedang bersantai di rumah.

Untuk anda yang ingin mendapatkan keripik satu ini, maka anda pun bisa mengunjungi industri keripik yang berad di Karanglo, Desa Lere, Ungaran. Keunggulan dari keripik satu ini adalah mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga, anda pun perlu memastikan untuk menyimpannya di tempat yang hati hati agar tetap aman dan awet. Harganya pun cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong anda jebol.

12. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel
Image Credit: Brilio.net

Memiliki nama yang unik, roti satu ini pun juga bisa anda jadikan oleh oleh ketika sedang berkunjung ke kota yang memiliki destinasi wisata Lawang Sewu ini. Dinamakan roti ganjel rel karena roti ini memiliki bentuk seperti penahan rel kereta api. Kudapan satu ini merupakan roti yang wajib ada ketika acara pawai menjelang bulan Ramadhan. Namun, anda pun juga bisa membelinya di sentra oleh oleh apabila anda penasaran dan ingin mencobanya.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Salatiga yang Murah & Enak

13. Tahu Bakso Ungaran

Tahu Bakso Ungaran
Image Credit: Jostahubaksobupudji.blogspot.com

Tahu bakso adalah salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang. Untuk itu, ketika anda berada di Ungaran, Semarang maka anda pun wajib untuk membeli oleh oleh satu ini. Menjadi buah tangan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, makanan ini pun memiliki rasa yang sangat nikmat apalagi jika ditambah dengan cabe rawit ijo. Tentunya akan membuat anda sangat ketagihan.

Untuk itu, bagi anda yang tertarik untuk mencoba ataupun sekadar menjadikannya oleh oleh maka anda bisa datang ke Tahu Bakso Bu Pudji yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Ada dua varian yang bisa anda pilih, mulai dari tahu bakso rebus dan tahu bakso goreng yang sama sama memilki rasa yang lezat. Termasuk jenis makanan yang awet, maka tahu bakso sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang bingung mencari oleh oleh.

14. Wingko Babat

Wingko Babat
Image Credit: Idntimes.com @Devi Latifah

Wingko Babat juga menjadi salah satu makanan yang wajib untuk anda bawa pulang. Terbuat dari olahan tepung ketan dan campuran kelapa ini akan membuatnya memiliki rasa yang sangat khas. Untuk anda yang ingin mendapatkan camilan satu ini, maka anda bisa mengunjungi pusat oleh oleh yang berada di Jalan Pandanaran, Semarang. Disini, nantinya anda akan bisa untuk menemukan wingko babat dengan berbagai ukuran dan merek yang bisa anda pilih.

15. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang
Image Credit: Idntimes.com @Rebecca Elisabeth

Menjadi salah satu makanan yang harus anda coba ketika berada di Semarang, maka lumpia ini pun juga bisa anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Sehingga nantinya, kerabat anda pun akan bisa untuk merasakan kenikmatan dari lumpia khas ibukota Jawa Tengah ini. Anda pun akan dapat dengan mudah untuk menemukan kuliner satu ini ketika berada di Semarang.

Salah satu tempat yang bisa untuk anda kunjungi adalah Lumpia Mataram. Tempat satu ini memang terkenal karena menyajikan lumpia dengan rasa yang paling enak. Anda bisa menemukannya di Jalan Mataram maupun di Jalan Kedungmundu Raya. Setelah menikmati lumpia di tempat, maka anda pun jangan lupa untuk membungkusnya dan menikmati bersama keluarga tercinta. Dijamin ketagihan.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Semarang yang bisa untuk anda bawa pulang ketika sedang berkunjung. Dengan beragam varian dan juga rasa yang berbeda, maka anda pun bisa memilih buah tangan yang sesuai dengan selera anda. Apabila anda tidak ingin untuk membawa pulang oleh oleh berupa makanan, maka anda pun bisa memberikan batik ataupun kaos yang memiliki ciri khas dari kota Semarang.