Siak terkenal dengan Istana Sri Inderapura dan juga memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera. Inilah daftar oleh-oleh khas Siak yang paling populer dan wajib Anda bawa pulang.

Kota Siak sering kali mendapat julukan sebagai Istana Matahari Timur. Kuliner yang ada di kota ini sendiri pun perpaduan dari berbagai macam budaya dengan cita rasa bumbu yang kuat. Ketika berada disini, Anda pun bisa menemukan berbagai macam produk yang khas dan istimewa tentunya tak boleh luput dari perjalanan Anda.  Berikut beberapa oleh-oleh khas Siak yang bisa Anda pilih.

1. Lopek Bugi

Lopek Bugi
Image Credit: Pariwisataindonesia.id

Bagi Anda yang berada di dekat Siak, maka lopek bugi dapat menjadi makanan yang bisa Anda bawa pulang. Umumnya, makanan ini berasal dari daerah Riau. Akan tetapi, namanya sangat populer bagi masyarakat siak. Sehingga Anda akan sering menemukannya disini..

Lopek sendiri dalam bahasa indonesia dapat diartikan yakni lepat. Dan untuk bugi sendiri artinya adalah ketan. Lopek bugi sendiri merupakan salah satu hidangan yang awalnya hanya dihidangkan bagi kaum bangsawan saja. namun, seiring dengan berjalannya waktu hidangan ini mulai dinikmati oleh semua kalangan.

Disini, Anda bisa menemukan adonan berupa beras ketan hitam dan ketan putih di dalamnya.kemudian, pada adonan ketan tersebut diisi dengan parutan kelapa yang telah matang di dalamnya. Selanjutnya, adonan tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan kukus hingga matang..

Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, maka Anda pun bisa mendapatkannya di pusat oleh oleh kota Siak. Bahkan Anda pun juga bisa untuk menemukannya di pasar tradisional. Pasalnya, buah tangan satu ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan. Sehingga akan pas untuk Anda jadikan sebagai oleh oleh.

2. Cencalok

Cencalok
Image Credit: Okezone.com

Makanan yang berasal dari Siak ini merupakan olahan yang terbuat dari udang rebon. Sebelum mengkonsumsinya, udang satu ini mengalami proses penggaraman dan juga disimpan dengan menggunakan wadah yang tertutup. Dengan begitu, akan bisa mengalami proses fermentasi yang sempurna.

Umumnya, proses pembuatan makanan satu ini adalah dengan mencampur udang dengan beberapa bumbu seperti garam, cabai dan gula. Sedang untuk proses fermentasi tersebut akan membutuhkan bantuan bakteri asam laktat. Karena awet disimpan dalam waktu yang lama, menjadikan makanan ini cocok sebagai oleh oleh.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

3. Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap
Image Credit: Tokopedia.com

Ingin membawa pulang ikan sebagai oleh oleh? Saat bertandang ke Siak Anda pun bisa melakukannya. Hal ini dikarenakan Siak merupakan daerah yang identik dengan tepi sungai. Tak mengherankan, makanan yang Anda jumpai pastinya dalam bentuk ikan. Dipadukan dengan sambal cencalok dan juga sepiring nasi hangat, tentunya akan membuat Anda ketagihan.

Dengan menggunakan proses pengasapan, maka nantinya akan menghasilkan tekstur yang sangat kering. Bahkan proses pengasapannya pun membutuhkan waktu yakni sekitar 8 jam. Karena sangat awet dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, maka hidangan satu ini pun bisa Anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

4. Kacang Pukul

Kacang Pukul
Image Credit: Okezone.com

Memiliki nama yang unik, kue satu ini merupakan salah satu hidangan perpaduan antara budaya Siak dan Tionghoa. Kacang ini memiliki tekstur yang kering dan lembut. Ketika mencobanya, Anda pun akan teringat jajanan enting enting gepuk yang berasal dari Jawa Tengah.

Makanan satu ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Hal tersebut dikarenakan adanya campuran dari kacang tanah sangrai dan juga gula yang dimasak dengan sedemikian rupa. Proses pembuatannya yang ditumbuk, menyebabkan kacang satu ini diberi nama yakni Kacang Pukul. Anda pun bisa membawanya untuk oleh oleh.

5. Kue Bangkit

Kue Bangkit
Image Credit: Bosmeal.com

Kue satu ini umumnya akan sering Anda temukan di Siak ketika menyambut momen lebaran. Memiliki nama yang unik, kue satu ini diberikan nama bangkit karena ketika telah matang, maka kue tersebut akan memiliki ukuran yang lebih besar. Yakni mengembang hingga dua kali lipat.

Untuk Anda yang menyukai tekstur makanan lumer di mulut, maka kue satu ini dapat menjadi pilihan Anda.  Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah tepung sagu dan juga santan. Sehingga, kue ini pun memiliki tekstur yang mudah untuk remuk ketika Anda mengunyahnya.

6. Dodol Buah

Dodol Buah
Image Credit: Liandamarta.com

Jika banyak yang mengira dodol terkenal di Indonesia hanyalah Garut, maka Anda pun salah besar. Hal tersebut dikarenakan makanan dari Siak memiliki beraneka macam dodol buah dengan beragam ras. Bahkan bisa dikatakan dodol buah menjadi cemilan khas dari masyarakat Siak.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Siak yang Murah & Enak

Kuliner satu ini umumnya dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga akan sangat pas untuk oleh oleh keluarga Anda di rumah. Adapun rasanya juga beragam, sebut saja seperti ubi jalar, ubi ungu, lidah buaya, labu, mangga, jambu, sirsak, durian, nangka, hingga buah naga. Sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan yang Anda inginkan.

7. Kue Asidah

Kue Asidah
Image Credit: Kompas.com

Kue satu ini awalnya merupakan sajian yang hanya disediakan untuk Sultan dalam acara acara tertentu. Namun, seiring berkembangnya zaman semua orang bisa mengkonsumsi kudapan satu ini. akan tetapi, di jaman sekarang Anda akan sangat jarang menemukan kuliner satu ini.

Kuliner khas Siak ini merupakan makanan yang terinspirasi dari Arab. Masyarakat biasanya membentuk kue tersebut dalam bentuk bunga, mawar, daun hingga jambu. Asidah yang berasal dari Siak ini memiliki rasa yang cukup unik yakni memakai taburan bawang goreng. Berbeda dengan asidah dari Arab yang cenderung bertekstur manis.

Untuk itu, Anda pun akan merasakan gurihnya bawang goreng ketika mengkonsumsi makanan satu ini. dengan tekstur yang lembut dan harum, membuat makanan satu ini banyak diminati oleh semua kalangan. Sedangkan Anda juga akan menemukan tekstur minyak dalam kudapan ini.

Hal tersebut dikarenakan pembuatannya yang digoreng dengan menggunakan minyak serta margarin. Untuk bahannya sendiri yakni terdiri dari tepung terigu, margarin dan juga telur. Tak lupa juga rempah rempah lain seperti pandan, cengkeh dan kayu manis yang akan membuat rasanya menjadi lebih sedap.

8. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Tribunnews.com

Durian yang berasal dari Sumatra memang terkenal di seluruh penjuru dunia. Untuk itu, Anda pun bisa menemukan banyak makanan yang terbuat dari buah satu ini. diantaranya yang ada di daerah Siak adalah Lempok durian. Oleh oleh satu ini dapat Anda jadikan bingkisan untuk keluarga yang menyukai durian.

Dengan memiliki rasa yang manis dan legit tentu saja akan membuat Anda ketagihan. Untuk bahannya sendiri, makanan satu ini terdiri dari buah durian yang ditambahkan dengan gula merah dan dimasak selama tiga jam penuh. Untuk cara memasaknya pun hampir sama dengan membuat dodol.

Yaitu Anda bisa mengaduknya hingga mengental di dalam kuali. Aduk terus menerus hingga adonan menjadi tidak lengket. Tekstur dari kudapan ini memiliki bentuk yang halus. Akan tetap berwarna coklat yang pekat. Hal tersebut karena adanya campuran gula merah di dalamnya. Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukan kuliner ini selama berada di Siak.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Paling Hits

9. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo
Image Credit: Keluyuran.com

Kue satu ini dapat Anda jadikan rekomendasi untuk buah tangan selanjutnya. Selai memiliki rasa yang enak, Anda juga bisa dengan mudah untuk menjumpainya ketika sedang berada di Siak. Sebab, hidangan satu ini akan hadir dalam jamuan atau acara cara spesial dari masyarakat sekitar.

Memiliki warna coklat dan hijau dengan rasa yang manis, pastinya akan membuat Anda ketagihan. Untuk bahan yang digunakan dalam membuat makanan ini sendiri sebenarnya hampir sama dengan bahn untuk membuat bola. Namun, warna hijau yang dihasilkan oleh kue ini menggunakan air dari daun suji sehingga sekaligus menghasilkan aroma yang harum.

Kemudian, kue tersebut diletakkan dalam loyang yang memiliki bentuk yakni bunga kamboja. Selanjutnya, Anda pun bisa mengukusnya hingga matang. Hal tersebut sangat mudah ditandai apabila aroma dari pandannya keluar, maka Anda pun sudah bisa mengangkat dan menikmatinya.

10. Roti Jala Kari Ayam

Roti Jala Kari Ayam
Image Credit: Tokopedia.com

Disebut sebagai roti jala, karena memiliki bentuk yang serupa dengan jaring ataupun jala ikan. Umumnya makanan ini disajikan dengan kari ayam sebagai pelengkap. Dengan menghasilkan rasa yang gurih tentu saja akan membuat nda ketagihan ketika mencobanya. Untuk itu, Anda pun bisa membawa pulang makanan satu ini ketika sedang berada di Siak.

Bentuknya sendiri, roti jala memiliki bentuk layaknya tali yang pipih. Kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak. Resep kari ayam yang digunakan untuk makanan ini sebenarnya hampir sama dengan kari ayam yang biasa Anda gunakan ketika lebaran. Dan untuk bahan dari roti jala sendiri hampir sama dengan bahan untuk membuat canai. Hidangan khas satu ini perlu Anda coba saat berlibur ke Siak.

Itulah beberapa makanan dan kuliner yang bisa untuk Anda jadikan oleh oleh khas dari Siak. Perpaduan dari berbagai budaya tersebut menjadikan buah tangan yang berasal dari Siak memiliki rasa yang unik dan beragam. Anda pun bisa membawa pulang berbagai kudapan dengan rasa yang enak ketika sedang berada di lokasi satu ini.