Singgah di Surabaya? tak ada salahnya Anda menyempatkan untuk mampir ke kota Sidoarjo. Jarak kedua kota ini begitu dekat, jika lalu lintas lancar maka hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menitan melewati tol. Sidoarjo juga memiliki tempat wisata menarik serta kuliner khas yang tak kalah menarik.

Jika Anda mampir ke kota satu ini, jangan lupa untuk berburu buah tangan. Beberapa oleh-oleh khas dari Sidoarjo yang populer dan laris manis bisa Anda simak dalam ulasan berikut.

1. Otak Otak Bandeng

Otak Otak Bandeng
Image Credit: Travelingholic.com

Sidoarjo memang memiliki komoditas hasil laut seperti udang maupun bandeng yang melimpah. Sehingga tak heran jika Anda akan menemukan oleh oleh dari olahan tersebut. Bahkan Sidoarjo didapuk sebagai penghasil bandeng unggulan di Jawa Timur serta di Indonesia. Dan olahan dari Bandeng yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan adalah otak otak bandeng. Buah tangan satu ini begitu populer dan tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Untuk membuat otak otak bandeng ini, tidak merusak daging bandeng. Begitu ikan dibersihkan, daging bandengnya akan diolah dengan tambahan rempah yang menggugah. Teksturnya yang lembut dengan rasanya yang nikmat membuat otak otak bandeng jadi teman makan yang nikmat. Anda juga tak perlu khawatir dengan durinya, sebab semua duri sudah dihilangkan. Untuk menemukan oleh oleh satu ini begitu mudah dan banyak pusat oleh oleh yang menjualnya.

2. Terasi Sidoarjo

Terasi Sidoarjo
Image Credit: Oktavitadian.wordpress.com

Makan siang dengan berbagai lauk dan ditambah dengan sambal terasi tentunya begitu nikmat. Apalagi jika menghabiskan makan siang dengan orang spesial. Bagi Anda pecinta sambal terasi dan ingin sambal semakin nikmat, jangan melewatkan terasi khas Sidoarjo. Berada di dekat pesisir utara menjadikan Sidoarjo menghasilkan udang yang melimpah. Dari udang inilah kemudian diolah menjadi terasi yang begitu populer dan dijadikan buah tangan.

Terasi Sidoarjo memiliki aroma khas dengan warna yang lebih cokelat kemerahan. Karena dibuat dari udang, rasanya tentunya akan lebih gurih. Bagi Anda yang ada di Sidoarjo tak boleh melewatkan oleh oleh satu ini. Salah satu produk terasi yang banyak dikenal adalah Terasi Udang Tanjung. Memiliki berbagai kemasan, Anda tinggal membelinya sesuai dengan kebutuhan. Apalagi mudah didapatkan di berbagai pusat oleh oleh kota Sidoarjo.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Paling Populer

3. Ote Ote Porong

Otak Otak Bandeng
Image Credit: Jl. Raya Porong No.120, Mindi, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo.

Ote Ote merupakan gorengan yang biasanya disebut dengan bala bala atau bakwan. Makanan yang familiar bagi masyarakat Indonesia ini memang memiliki nama yang beragam, tergantung daerahnya. Dan di Sidoarjo disebut dengan ote ote dan ote ote daerah satu ini begitu populer. Untuk membuatnya memang tak jauh berbeda dengan bakwan biasanya, yang menjadikan ote ote ini unik adalah bahan campurannya.

Jika biasanya Anda menemukan sayuran di dalamnya, dalam Ote Ote Porong ini Anda bisa menemukan rumput laut, daging, toge maupun jamur tiram. Daging yang digunakan beragam, sebab ada juga yang menambahkan daging non halal. Ote ote juga memiliki ukuran yang lebih besar, bahkan dimakan dua atau tiga orang. Ote Ote sangat nikmat jika disandingkan dengan cabai rawit hijau dan secangkir teh hangat sambil bercengkrama.

4. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Image Credit: Bisnisukm.com

Siapa yang tidak mengenal kerupuk? Makanan dengan tekstur renyah ini bahkan hadir dari berbagai bahan, bentuk serta rasa. Jika Anda singgah di Kota Sidoarjo, Anda bisa membeli kerupuk udang yang begitu populer untuk jadi oleh oleh. Tak hanya dikenal seluruh Indonesia, kerupuk udang dari Sidoarjo juga sudah melanglang hingga luar negeri. Kerupuk udang Sidoarjo memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang begitu gurih.

Wajar bila kerupuk udang ini begitu digandrungi oleh semua kalangan. Udang yang digunakan untuk membuat kerupuk ini adalah udang rebon. Kerupuk Udang sangat pas untuk dijadikan teman makan atau lauk agar makin nikmat. Anda bisa berkunjung ke sentra pembuatannya di Kampung Slautan, Sidoarjo. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan kerupuk satu ini di berbagai tempat oleh oleh dengan berbagai ukuran dan juga merek.

5. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit
Image Credit: Medcom.id

Tak hanya makanan, Anda juga bisa berburu oleh oleh dalam bentuk barang. Sidoarjo juga kondang dengan kerajinan kulitnya, tepatnya di daerah Tanggulangin. Kawasan satu ini memang menjadi favorit untuk berbelanja berbagai produk dari kulit. Seperti dompet, sepatu, tas, koper dan lain sebagainya. Produk kulitnya tak diragukan lagi kualitasnya, selain itu mengunjungi kawasan ini Anda bisa sekalian wisata edukasi tentang kerajinan kulit ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Paling Hits

6. Petis

Petis
Image Credit: Wikipedia.org

Jika Anda menjajal banyak kuliner dari Jawa Timur, tentunya Anda akan tahu bumbu yang bernama petis. Petis bisa Anda jadikan alternatif oleh oleh selain terasi. Bumbu dengan tekstur yang mirip dengan saus ini memiliki warna yang pekat. Baunya seperti terasi, namun tak terlalu menyengat dan pastinya memiliki rasa gurih. Karena petis juga dibuat dari udang sehingga akan memberikan cita rasa yang gurih layaknya terasi.

Petis biasanya dijadikan campuran makanan seperti tahu campur, rujak cingur, lontong balap atau dijadikan sambal petis untuk cocolan kerupuk maupun gorengan. Yang jelas bumbu satu ini cocok dijadikan sebagai buah tangan. Apalagi petis juga merupakan bumbu yang bisa bertahan lama, dan cocok untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum selama perjalanan. Karena baunya tak terlalu menyengat, selain itu petis Sidoarjo juga mudah didapatkan.

7. Bandeng Asap

Bandeng Asap
Image Credit: Masakandapurku.com

Ingin membawa oleh oleh dari Bandeng namun dengan olahan yang berbeda? Bandeng Asap bisa menjadi solusi. Di Sidoarjo nama Bandeng Asap ini populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Cara pengasapan yang dilakukan pada bandeng terbilang sederhana, yaitu dengan mengeluarkan seluruh isi dari bandeng kemudian menambahkan bumbu pilihan. Setelah itu bandeng akan diasap sampai kadang airnya hilang.

Bandeng Asap bisa bertahan 3 sampai 4 hari, sehingga aman untuk Anda yang tujuannya jauh. Bandeng ini bisa langsung disantap dengan menggunakan nasi hangat serta sambal. Namun Anda juga tetap bisa mengolahnya dengan digoreng atau di masak. Anda bisa mendapatkan bandeng Asap di Sidoarjo dengan mudah di toko oleh oleh. Selain itu Anda juga bisa langsung mengunjungi salah satu sentranya di Desa Lebo.

8. Kue Lumpur Bakar

Kue Lumpur Bakar
Image Credit: Banyumurti.net

Bukan lantaran Sidoarjo terdampak Lumpur Lapindo kemudian munculah kue dengan nama kue lumpur. Kue Lumpur Bakar ini bahkan sudah ada dan terkenal sebelum adanya kejadian tersebut. Kue Lumpur memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis yang mirip dengan puding. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah tepung terigu, telur gula dan lainnya kemudian di masak dengan menggunakan cetakan khusus.

Mungkin di kota lain Anda bisa menemukan kue lumpur, namun kue lumpur Sidoarjo berbeda. Prose pengolahannya dibakar menggunakan arang. Sehingga kue lumpur khas dari Sidoarjo ini akan memiliki warna sedikit kecoklatan serta tekstur luarnya keras. Saat ini Anda sudah bisa menemukan beberapa rasa mulai dari rasa original hingga kelapa muda. Makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh khas dari Sidoarjo.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pasuruan yang Murah & Enak

9. Kerajinan Tempurung

Kerajinan Tempurung
Image Credit: Topijelajah.com

Selain kondang dengan kerajinan kulitnya, Anda juga bisa menemukan kerajinan batok kelapa atau Tempurung di daerah Sidoarjo. Produk produk dari kerajinan ini sudah didistribusikan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mulai dari Jawa, Sumatra, Sulawesi hingga Papua sekalipun. Produk dari batok kelapa ini sangat beragam, Anda bisa menemukan gelas, kotak tisu, lampu tidur, mainan anak hingga hiasan dinding.

Anda bisa menjadikan kerajinan ini sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat di rumah. Umumnya perabot seperti gelas maupun alat makan banyak diburu oleh mereka yang memiliki tempat makan dengan tema tradisional. Meskipun terlihat sederhana, nila seni yang ada kerajinan ini begitu tinggi. Anda tinggal membeli kerajinan yang Anda inginkan dan tentunya memiliki harga yang lebih ekonomis karena di pusat kerajinannya.

10. Batik Sidoarjo

Batik Sidoarjo
Image Credit: Tribunnews.com

Oleh oleh selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah batik. Di Indonesia memang memiliki banyak jenis batik di setiap daerah dengan ciri khas yang berbeda. Begitu juga dengan batik yang berasal dari Sidoarjo. Batik dari Sidoarjo ini memiliki motif yang dinamakan motif teboan. Motif ini mirip dengan bunga tebu yang terlihat indah jika diaplikasan di kain batik. Motif ini tentunya memiliki filosofi yang begitu menarik.

Motif ini didapatkan karena Sidoarjo merupakan penghasil gula yang paling besar di Pulau Jawa. Motif lain yang tak kalah menarik adalah motif beras yang disebabkan Sidoarjo memiliki bentang alam berupa persawahan. Selain motif, batik Sidoarjo juga memiliki warna yang cerah sehingga membuat batik Sidoarjo terkesan luwes dan memiliki banyak peminat. Anda bisa memburu batik ini untuk oleh oleh keluarga maupun kerabat.

Tidak hanya makanan, ragam oleh-oleh khas dari Sidoarjo begitu banyak. Sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Beberapa diantaranya juga awet yang sangat cocok untuk Anda yang tujuannya di luar kota dan membutuhkan perjalanan yang tak sebentar. Dan semua buah tersebut bisa dengan mudah ditemukan di pusat pusat oleh oleh.