Berkunjung ke Singapura tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya tentu terasa kurang. Negeri Singa memiliki beragam buah tangan yang populer.

Berbicara tentang traveling rasa-rasanya sangat tak mungkin jika harus melewati kuliner dan oleh-oleh khas dari daerah yang dikunjungi tersebut. Entah itu mengunjungi destinasi di dalam negeri atau bahkan di luar negeri pastilah tetap mencari yang namanya buah tangan untuk di bawa pulang.

Merlion atau nama lain dari Singapura merupakan negara yang masih satu lingkup di kawasan Asia Tenggara. Negara ini juga terkenal dengan beberapa spot keren yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan Singapura sudah terkenal di belahan bumi manapun karena semua yang ada di dalamnya memiliki daya tarik tersendiri.

Tak hanya destinasi wisatanya yang menawarkan sajian keindahan, namun juga ada beragam jajanan khas hingga aksesoris yang memiliki keunikan. Sehingga tak heran, jika Singapura selalu menjadi salah satu daftar kunjungan orang-orang yang memang senang menjelajahi dunia. Terlebih bertujuan untuk mengeksplor oleh-oleh khas dari Singapura. Berikut daftar buah tangan yang direkomendasikan di bawa pulang.

1. Kaya Khas Singapura

Kaya Khas Singapura
Image Credit: Zomato.com

Kaya merupakan hasil olahan selai yang memiliki bahan dasar dari buah srikaya. Srikaya memang sudah tak asing lagi di negara Indonesia dan bahkan keberadaannya hanya dianggap biasa. Sebab, buah ini memang sudah menyebar pertumbuhannya di berbagai wilayah Indonesia.

Akan tetapi. Di Singapura srikaya menjadi buah emas yang memiliki harga jual yang sangat mahal. Bagaimana tidak, buah srikaya bisa menjadi pemikat untuk para wisatawan pencari kuliner seluruh dunia. Olahan yang paling terkenal dari srikaya ini adalah selai kaya khas Singapura.

Rasanya sangat lembut dan manis sehingga membuat siapapun yang mencicipinya pasti akan ketagihan dan ingin membeli lagi. Bahkan sampai sekarang ini kaya sangat banyak yang meminatinya, sampai-sampai jika ingin membeli oleh-oleh satu ini bersiaplah untuk masuk ke dalam antrian panjang bersama dengan yang lain.

Kaya sendiri memiliki tambahan bahan seperti santan, gula dan telur untuk memperkuat rasanya. Jika ingin membeli kaya wisatawan hanya perlu mendatangi pusat kota, karena memang disanalah kaya bisa ditemukan. Merek yang paling terkenal dari kaya adalah Ya Kun Kaya Toast.

2. Garrett Popcorn

Garrett Popcorn
Image Credit: Detik.com

Popcorn merupakan camilan yang berasal dari olahan jagung. Jajanan ini memiliki varian rasa yang sangat memanjakan lidah dan cocoknya lagi dimakan saat sedang menonton film atau bersantai. Nah, jika Indonesia memiliki popcorn yang tak terlalu menarik, maka di Singapura akan ditemukan popcorn spesial.

BACA:  10 Wisata Pantai di Singapura yang Paling Hits

Namanya Garrett Popcorn dan bahan bakunya bukan berasal dari sembarang jagung karena didatangkan langsung dari Chicago. Bahannya saja spesial pastilah rasanya juga sangat lezat bukan. Garrett Popcorn memiliki beberapa varian rasa yang salah satunya adalah Chicago mix.

Jajanan ini sangat rekomendasi untuk mengisi kantong oleh-oleh saat di bawa pulang. Meskipun terbilang memiliki harga yang cukup mahal, namun lagi-lagi rasa tak akan mengkhianati harga. Oleh karenanya jajanan ini tetap banyak diburu oleh wisatawan manapun.

3. Coklat Merlion

Coklat Merlion
Image Credit: Tokopedia.com

Mengexplore negara Singapura sangat tak wajar jika pulang tanpa buah tangan. Rekomendasi jajanan yang berbau manis selanjutnya adalah Coklat Merlion. Coklat ini memiliki citra rasa yang sangat manis dan legit, sehingga jika dimakan lidah akan menari-nari karenanya.

Harganya juga cukup terjangkau, dan Coklat Merlion bisa dibeli di Mustafa Centre. Tempat ini memang menjadi pusat oleh-oleh coklat. Namun, yang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan adalah Coklat Merlion.

Jangan salah pilih merek coklat dan tergiur dengan harganya yang murah. Karena di tempat-tempat seperti itu tak sedikit yang menjual tiruan Coklat Marlion dengan harga yang sedikit miring. Oleh karenanya tetap waspada dan teliti ketika memilih coklat-coklat yang ada di sana agar tidak kecewa karena salah pilih.

4. Kaos Khas Singapura

Kaos Khas Singapura
Image Credit: Plesirankotatua.blogspot.com

Singapura memang menjadi tempat yang sangat banyak menyimpan jajanan khas yang lezat serta furniture yang cantik. Salah satunya adalah kaos khas Singapura. Ketika berkunjung ke negara ini maka jangan kaget jika pada setiap sudut tempat ada yang berjualan kaos sablonan bertuliskan Singapura.

Kaos khas Singapura memiliki ragam motif lucu dan warna yang menarik. Untuk bisa mendapatkannya wisatawan harus mengunjungi pusatnya yaitu Chinatown dan Bugis Street. Sebab, di tempat ini semua kaosnya memiliki kualitas yang sangat baik.

Nah, kaos ini menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang. Selain bahannya bagus, adem, serta harga murah, kaos ini juga bisa digunakan untuk semua kalangan. Jadi, kalaupun ukurannya tak cocok untuk keluarga maka kaos ini bisa dipakai sendiri.

5. Parfum Khas Singapura

Parfum Khas Singapura
Image Credit: Kaskus.co.id

Setiap negara pasti memiliki parfum yang memiliki bau sangat khas atau bisa dibilang menggambarkan negaranya masing-masing. Namun, jika membicarakan tentang parfum yang terkenal di belahan dunia maka Singapura adalah jawabannya. Tak heran jika gelar ini didapatkan oleh negara Singapura.

Mengingat bahwa memang Singapura merupakan negara penghasil aroma parfum terbaik. Campuran yang digunakan adalah minyak esensial dengan senyawa aroma, sehingga akan menghasilkan aroma parfum yang mewah dan elegan.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Singapura yang Paling Hits

Parfum khas Singapura ini menjadi salah satu buah tangan yang pasti akan dibawa oleh wisatawan. Kawasan Bugis dan Classy adalah pusat pembelian parfum mewah ini. oleh karenanya siapkan budget sendiri agar bisa membelikan parfum khas Singapura untuk oleh-oleh orang rumah.

6. Tiger Balm

Tiger Balm
Image Credit: Tokopedia.com

Tiger Balm merupakan sejenis balsam khas Singapura yang memiliki aroma terapik khas dan tak ditemukan pada negara lain. Racikan dari Tiger Balm merupakan hasil dari ahli herbal terkenal yang bernama Chu Kin dan berasal dari Tiongkok. Meski demikian balsam unik ini sangat terkenal berasal dari Singapura.

Kebanyakan wisatawan yang membeli Tiger Balm karena ingin merasakan aroma dan khasiat yang dipercaya sangat ampuh untuk mengobati rasa sakit pada tubuh. Harganya pun juga murah dan banyak ditemukan pada apotek-apotek di sana. Sehingga tak sulit untuk bisa menemukan Tiger Balm yang akan dibawa pulang.

7. Teh TWG

Teh TWG
Image Credit: Tokopedia.com

Bagi para wisatawan yang sangat menyukai minuman teh harus mencoba yang namanya teh TWG asli Singapura. Teh ini juga dikenal oleh penduduk lokal dengan nama Dilmah. Memang teh TWG ini sudah banyak menyebar ke seluruh dunia, bahkan negara Indonesia.

Akan tetapi jika ingin tahu perbedaan rasa teh yang ada di tiap negara, maka tak ada salahnya jika menjadikan Dilmah sebagai oleh-oleh. Harganya yang cukup mahal tak membuat orang berhenti untuk penasaran dengan rasanya. Sebab, dilansir dari beberapa sumber teh TWG asli Singapura memiliki aroma yang menenangkan.

Sehingga tak jarang dari wisatawan yang berburu Dilmah untuk dijadikan ole-oleh khas Singapura. Tak perlu berputar-putar mengelilingi Singapura untuk mendapatkan teh jenis ini. Karena, di pusat oleh-oleh teh ini sudah banyak yang menjual dan terjejer sangat rapi.

8. Gantungan Kunci Khas Singapura

Gantungan Kunci Khas Singapura
Image Credit: Jalanjalanturiss.blogspot.com

Jangan bosan untuk melihat souvenir berbentuk gantungan kunci jika berkunjung kemana pun. Karena memang tiap negara juga memiliki gantungan kunci dengan bentuk yang berbeda pula. Biasanya di gantungan kunci tersebut akan bergambarkan ikon dari negara terebut.

Salah satu negara yang memiliki gantungan kunci berbentuk unik adalah Singapura. Gantungan kunci ini sangat lumrah dan umum untuk dijadikan buah tangan. Jadi tak heran jika wisawatan juga banyak yang mencari keberadaan barang ini untuk dibawa pulang.

Gantungan kunci yang ada di Singapura memiliki motif seperti Merlion atau Marina Bay yang memang menjadi ikon dari negara ini. Warnanya pun beragam dengan harga yang murah pula. Sehingga oleh-oleh ini sangat rekomendasi untuk di beli jika berkunjung ke negara ini.

BACA:  15 Makanan Khas Singapura yang Lezat dan Wajib Anda Coba

9. Royal Pudding

Royal Pudding
Image Credit: Topijelajah.com

Siapa yang tak tahu makanan manis bertekstur lembut ini? ya dia adalah puding. Makanan satu ini rasanya memang bisa ditemukan dimanapun, tak hanya di negara-negara besar dan kota metropolitan saja. Melainkan di wilayah terpencil pun sudah mengenal makanan lembut ini.

Di Singapura Royal Pudding menjadi jajanan yang sangat rekomendasi untuk dijadikan oleh-oleh. Tak hanya terkenal karena citra rasa, Royal Pudding khas Singapura banyak dicari karena memang sudah masuk ke dalam daftar buah tangan terhits di negara ini.

Oleh karena itu tak heran jika Royal Pudding begitu laris dan banyak peminat. Ada beberapa varian rasa yang ada di Royal Pudding seperti, mango, strawberry, original dll yang semua itu bisa ditemukan di Parris Baguette Café. Jika sudah mencicipinya bersiaplah untuk ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Namun ada hal penting yang harus diperhatikan saat ingin membeli Royal Pudding ini. jajanan yang bertempatkan di wadah kecil itu tak bisa bertahan lama dan harus segera dinikmati. Untuk itu jika ingin membawanya untuk oleh-oleh jangan terlalu lama berada di Singapura agar tidak basi saat sampai di rumah.

10. Bak Kwa

Bak Kwa
Image Credit: Thehoneycombers.com

Oleh-oleh khas Singapura yang paling terkenal dan rekomendasi terakhir adalah Bak Kwa. Bak Kwa sendiri merupakan daging asap atau dendeng yang terbuat dari beberapa macam daging. Akan tetapi Bak Kwa yang paling terkenal di Singapura adalah yang berbahan dasar daging babi.

Jika wisatawan yang ingin membeli Bak Kwa beragama muslim maka akan disarankan untuk membeli yang berbahan daging ayam atau sapi. Bee Cheng Hiang merupakan pusat pengolahan dari Bak Kwa, sehingga jika ingin membelinya maka datanglah ke tempat itu.

Bak Kwa sangat rekomendasi untuk dijadikan oleh-oleh khas Singapura karena makanan ini bisa tahan lama dan awet. Banyak dari wisatawan yang datang ke Singapura hanya ingin mencicipi makanan satu ini. sebab, rasanya yang sangat khas dan memanjakan lidah membuat wisatawan sangat penasaran untuk mencobanya.

Bak Kwa sendiri memiliki harga yang cukup murah dan terjangkau. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa makanan ini pulang jika sudah berada di negara Singapura. Kapan lagi bisa menikmati makanan enak berharga murah jika tidak di Singapura.

Nah, itulah 10 rekomendasi oleh-oleh yang paling terkenal di Singapura. Jangan lupa untuk membeli salah satunya atau bahkan semua jika berkunjung ke Singapura. Siapkan daftar list oleh-oleh terlebih dahulu sebelum berangkat agar tidak bingung untuk membeli apa saja saat berada di sana.