Setelah puas mencicipi kuliner khas Solo ataupun berwisata di kota satu ini, maka saatnya Anda untuk mencari oleh oleh. Ada berbagai macam buah tangan yang bisa untuk Anda bawa pulang. Mulai dari kerajinan tangan hingga cemilan khas yang hanya bisa untuk Anda temui di kota Solo.

Penasaran seperti apa saja? Berikut ini akan diulas oleh-oleh khas Solo yang paling populer yang wajib untuk Anda beli ketika berkunjung ke kota ini.

1. Batik Solo

Batik Solo
Image Credit: Tokopedia.com (holycikuciku)

Kain batik masih menjadi salah satu oleh oleh yang wajib untuk Anda bawa pulang ketika berada di Solo. Batik sendiri merupakan salah satu peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Untuk Anda yang ingin mencari kain batik untuk keluarga di rumah, maka Anda pun bisa mencoba untuk mengunjungi Pasar Klewer, Kampung Batik Laweyan dan juga Kampung Batik Kauman. Nantinya, Anda pun bisa memilih kain batik sesuai dengan selera anda.

2. Mata Maling

Mata Maling
Image Credit: Diahdidi.com

Camilan yang terbuat dari kulit biji melinjo ini menjadi salah satu kuliner yang bisa untuk Anda bawa pulang. Dipadukan dengan rempah, gula, dan cabai, maka kulit melinjo tadi pun akan digoreng hingga matang. Setelah itu, barulah Anda bisa untuk mengonsumsinya. Ada beberapa kombinasi dari mata maling ini sehingga memiliki rasa yang lebih lezat. Mulai dari rasa gurih, mains, dan pedas serta pahit dari kulit melinjo ini akan menjadi cemilan yang pas untuk keluarga di rumah.

3. Solo Pluffy

Solo Pluffy
Image Credit: Hartonomall.com

Salah satu kue kekinian milik artis yang bisa untuk Anda jadikan buah tangan adalah Solo Pluffy. Memiliki tekstur ras yang lembut dan juga beraneka rasa ini akan menjadi salah satu oleh oleh yang cocok untuk kerabat maupun keluarga anda. Ada beberapa varian rasa yang bisa untuk Anda pilih. Mulai dari rasa choco cornflakes, cheese, dan juga strawberry. Untuk Anda yang penasaran, maka Anda pun bisa mengunjunginya di Jalan Ronggowarsito, Solo.

4. Solo Prabu

Solo Prabu
Image Credit: Youtube.com (Jajan Solo)

Kue ini memiliki nama varian yang cukup unik, yakni diambil dari Pandawa Lima. Oleh oleh kekinian dengan bahan utama yakni pastry dilapisi dengan krim dan aneka topping ini, dapat menjadi salah satu inspirasi untuk Anda nikmati. Dengan memiliki harga yang relatif terjangkau, maka Anda pun bisa menjadikan kue ini sebagai salah satu oleh oleh yang bisa untuk Anda bawa ataupun sebagai teman selama perjalanan pulang anda.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Paling Populer

5. Bakpia Balong

Bakpia Balong
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Jika di kota Jogja terkenal dengan bakpia pathoknya, maka ketika berada di Solo Anda pun bisa mencicipi Bakpia Balong. Dengan beberapa varian rasa yang unik yakni seperti cokelat, kacang hitam dan juga ketan, maka oleh oleh satu ini pun layak untuk Anda coba. Memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bakpia Jogja tentu saja akan membuat Anda lebih kenyang ketika mencicipi hidangan satu ini.

Dengan memiliki tekstur yang lembut, maka Anda pun bisa memberikan bakpia satu ini untuk orang tua Anda di rumah. Selain itu, perpaduan kulit bakpia dengan isinya pun akan terasa sangat serasi dan lezat. Sehingga tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke kota Solo, namun tak membawa pulang bakpia balong yang sangat khas ini.

6. Balung Kethek

Balung Kethek
Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Makanan satu ini pun memiliki nama yang unik. Dimana ketika Anda mengartikannya dalam bahasa Indonesia, Balung Kethek memiliki arti yakni Tulang Monyet. Akan tetapi, bukan tulang monyet betulan yang akan Anda nikmati, melainkan makanan satu ini memiliki kemiripan layaknya keripik singkong balado. Hal yang membuatnya berbeda hanyalah tebal dari potongan singkongnya saja.

Dengan memiliki rasa yang renyah dan gurih, maka Anda pun akan ketagihan dan tidak berhenti mengunyah ketika mencicipi makanan satu ini. Ada beberapa varian rasa yang bisa untuk Anda pilih, mulai dari rasa balado, ayam bakar, rasa pedas, rasa gurih dan juga rasa keju, maka Anda pun akan bisa memilih sesuai dengan selera anda.

7. Serundeng

Serundeng
Image Credit: Tokopedia.com (Aping’s Shop)

Serundeng, juga bisa menjadi salah satu oleh oleh yang bisa Anda bawa pulang ketika berada di Solo. Cara pembuatan serundeng ini pun juga tidak berasal dari kelapa yang diparut saja, melainkan juga adanya daging di dalamnya. Sehingga nantinya serundeng ini pun akan memiliki tekstur layaknya abon. Makanan satu ini pun sangat pas untuk Anda sajikan dengan nasi hangat ataupun mie goreng.

8. Serbat Jahe

Serbat Jahe
Image Credit: Tiyangjawi.com

Mencari oleh oleh khas Solo yang bisa unutk menghangatkan tubuh? Maka Anda pun bisa mencoba serbat jahe. Minuman yang berasal dari jahe dan juga rempah rempah tradisional lainnya pun akan berfungsi untuk membuat tubuh Anda menjadi hangat. Anda pun juga bisa membeli minuman ini dalam bentuk tablet, sehingga akan sangat mudah untuk Anda jadikan sebagai oleh oleh.

9. Klengkam

Klengkam
Image Credit: Tokopedia.com (Homemade Bu Mur)

Sebagian dari Anda pastinya masih merasa asing dengan oleh oleh satu ini. Sehingga sebelum Anda meninggalkan kota Solo, maka Anda pun wajib untuk membeli kuliner satu ini. Klengkem sendiri merupakan istilah dari kering kentang yang diberikan rempah untuk bumbunya. Sehingga, nantinya akan menghasilkan rasa yang sangat khas ketika disajikan. Untuk Anda yang ingin membelinya, maka Anda pun bisa mengunjungi sentra oleh oleh yang ada di Solo.

BACA:  33 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Paling Hits

10. Brem Solo

Brem Solo
Image Credit: Tiyangjawi.com

Makanan yang terbuat dari olahan ragi air tape ini menjadi salah satu oleh oleh yang diburu oleh wisatawan ketika sedang berada di Solo. Hal yang membuat brem Solo menjadi istimewa adalah rasanya yang masam, dingin dan langsung melumer ketika berada di mulut. Untuk Anda yang tertarik mencobanya, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukan oleh oleh satu ini ketika berada di kota Solo.

11. Rambak Petis

Rambak Petis
Image Credit: Surakarta.go.id

Mencari oleh oleh khas Solo yang memiliki rasa gurih? Rambak Petis adalah pilihan yang tepat untuk anda. Makanan khas yang berasal dari Solo ini terbuat dar kulit sapi atau kulit kerbau yang telah digoreng kering. Dengan cita rasa yang asin dan gurih, maka Anda pun bisa membawa makanan satu ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi pedas, maka Anda pun bisa mencocolkan petis ketika akan mengonsumsinya. Untuk harga satu kilo rambak petis ini yakni mulai dari 120 ribu rupiah. Nantinya, Anda pun akan bisa membawa pulang satu kilogram rambak ditambah dengan petis yang akan membuat Anda ketagihan. Untuk Anda yang ingin membawa pulang dalam bentuk kecil, maka tersedia kemasan dengan ukuran 50 gram saja.

12. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo
Image Credit: Mamikos.com

Untuk Anda yang merupakan pecinta abon, tak ada salahnya untuk mencoba abon satu ini ketika sedang berada di Solo. Makanan ini pun juga bisa Anda jadikan sebagai oleh oleh ataupun makanan pelengkap selama Anda berada di Solo. Terbuat dari olehan daging ayam dan daging sapi, maka Anda pun nantinya bisa memilih varian rasa yang Anda inginkan. Tersedia dua varian yang bisa untuk Anda pilih, yakni manis dan pedas.

Untuk itu, Anda pun bisa memilih varian rasa yang Anda inginkan. Abon Mesran Solo ini pun akan sangat pas untuk Anda nikmaiti dengan nasi hangat ataupun ketika Anda sedang menikmati nasi goreng. Bagi Anda yang ingin membawa makanan satu ini sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah, maka Anda pun bisa menyiapkan uang sekitar 35 ribu rupiah untuk satu porsinya.

13. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep
Image Credit: Omiyago.com

Salah satu jenis roti berbahan dasar tepung ketan ini pun dapat menjadi pilihan yang pas untuk dibawa pulang. Hal ini dikarenakan roti satu ini memiliki daya tahan yang cukup lama ketika Anda menyimpannya dengan baik. Sehingga akan sangat cocok untuk Anda jadikan oleh oleh. Memiliki rasa yang manis dan juga gurih ini membuat Anda bisa menikmati roti ini dengan secangkir teh hangat saat sore hari.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Salatiga yang Murah & Enak

Ada beragam ukuran yang bisa untuk Anda pilih ketika ingin membeli roti satu ini. Yakni mulai ukuran yang besar hingga ukuran yang kecil akan tersedia sesuai dengan selera anda. Untuk harga yang harus Anda bayarkan ketika membeli roti kicik ganep ini yakni antara 5 ribu hingga 60 ribu rupiah saja. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, maka Anda pun akan bisa membawa pulang roti ini dalam jumlah yang cukup banyak.

14. Serabi Solo

Serabi Solo
Image Credit: Surakarta.go.id

Makanan khas Solo ini memang banyak diburu oleh para wisatawan. Entah untuk dicicipi di tempat ataupun dibawa pulang untuk oleh oleh keluarga dan kerabat. Tidak perlu membelinya di tempat khusus, hal ini dikarenakan Anda nantinya akan sangat mudah untuk menemukan kuliner satu ini. Anda pun akan bisa menemukannya di sentra kuliner ataupun pusat oleh oleh khas Solo.

Ada beragam toping yang bisa untuk Anda pilih ketika ingin membawa pulang serabi ini. Mulai dari polos atau original hingga potongan toping yang hits di kalangan anak muda. Selain itu, adonan serabi pun juga dicampur dengan beberapa varian bubuk perasa, seperti cokelat, strawberry dan juga vanilla. Sehingga makanan tradisional ini pun telah mengalami perkembangan dan mencoba untuk mempertahankan eksistensi di tengah maraknya makanan baru yang mulai bermunculan.

15. Ampyang

Ampyang
Image Credit: Tribunnews.com

Salah satu oleh oleh khas Solo yang memiliki rasa manis nan legit adalah ampyang. Memiliki nama lain Gula Kacang, makanan satu ini pun memiliki komposisi yang sederhana. Mulai dari kacang, gula merah, dan jahe makanan satu ini pun banyak diminati dan dicari oleh sebagian orang. Untuk cita rasanya sendiri, ampyang memiliki rasa yang manis dan akan membuat Anda ketagihan. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mencobanya maka Anda pun bisa membelinya dengan harga yang terjangkau.

Beberapa makanan khas tersebut bisa menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas dari Solo yang bisa untuk Anda bawa pulang. Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung untuk memilih oleh oleh, maka tak ada salahnya untuk mencoba beberapa camilan tersebut. Dengan memiliki rasa yang enak dan sangat khas, maka Anda pun akan bisa memberikan buah tangan khas Solo yang mungkin tidak akan bisa untuk Anda temui di tempat lain.