Sorong dikenal memiliki oleh-oleh khas daerah yang unik dan bisa dibawa pulang. Tidak hanya lezat, buah tangan dari Sorong dipercaya berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Sorong merupakan salah satu kota yang terletak di Papua Barat, dimana kota ini selalu dijadikan destinasi wisata favorit para pelancong. Ketika bertandang ke Kota Minyak ini, diwajibkan bagi Anda untuk berburu beragam oleh-oleh yang bisa dibagikan kepada orang orang tersayang di kampung halaman.

Penasaran ada apa saja? Berikut deretan oleh-oleh khas dari Sorong yang sering diburu wisatawan dan menarik dibawa pulang.

1. Buah Merah

Buah Merah
Image Credit: Kumparan.com

Apabila Anda mencari buah tangan yang memiliki kandungan berbagai macam khasiat bagi kesehatan, maka buah merah merupakan pilihan yang tepat. Buah yang bernama latin Pandanus conoideus ini tumbuh di sekitar wilayah Papua seperti Pegunungan Jayawijaya, Ayamaru Sorong, Timika, Nabire, Manokwari, dan Jayapura.

Masyarakat Papua biasanya mengonsumsi buah merah dengan cara dimakan langsung atau dipotong potong, kemudian direbus ataupun dipanggang. Biji serta daging buah merah dapat dimanfaatkan dengan cara ditumbuk, dicampur dengan air, dan disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan agar lebih sedap.

Selain itu minyak ekstrak buah merah tersebut juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami. Tak hanya digunakan sebagai makanan saja, buah merah juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat Papua sebagai obat tradisional. Mereka percaya bahwa buah merah ini bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Mulai dari menghambat sel kanker, hingga membuat seseorang panjang umur. Pada beberapa penelitian pun melaporkan jika ekstrak dari buah merah ini bisa melawan sel kanker myeloma seperti, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker paru paru. Di dalam buah merah, terkandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, kalori, dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosianin. Bagi Anda yang ingin menggunakan buah merah ini sebagai oleh-oleh, tak perlu khawatir karena kini banyak toko souvenir yang menjual buah merah dalam bentuk minyak atau sarinya yang sudah dikemas.

2. Kopi Senang

Kopi Senang
Image Credit: Instagram.com @christwerinussa

Di kota Sorong, terdapat salah satu merek kopi yang telah populer di kalangan para wisatawan dan sering dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah yaitu kopi senang. Minuman khas satu ini merupakan salah satu bisnis yang didirikan oleh seorang pria Tionghoa bernama Pak Budi asal Padang pada tahun 1985 silam.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sorong Terbaru & Paling Hits

Sebenarnya Kota Sorong bukanlah wilayah penghasil kopi, bahkan hampir tidak ada perkebunan kopi di daerah satu ini. Meski begitu, Pak Budi berinisiatif untuk mengumpulkan biji kopi robusta dari berbagai daerah di Indonesia. Perpaduan biji kopi dari berbagai daerah ini mampu membuat aroma kopinya menjadi sangat harum.

Buah tangan satu ini memiliki cita rasa yang begitu nikmat dan berbeda dibandingkan kopi pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan hingga pengemasannya dibuat secara khusus. Karena pada saat proses pembuatannya tersebut sang pemilik selalu menjaga kebersihan, sehingga kopi ini sangat aman untuk dikonsumsi serta bebas dari berbagai bahan pengawet.

Uniknya ternyata ada kisah dibalik pemberian nama pada produk kopi satu ini. Di saat Pak Budi memutuskan untuk merantau ke Papua Barat, ia dan istrinya berkeinginan untuk berbisnis kopi. Lalu mereka menceritakan hal tersebut kepada orang tua mereka. Ketika memberitahukan keinginannya tersebut, orangtua Pak Budi hanya berkata semoga kopi tersebut bisa membuat senang.

Dari kejadian tersebutlah, Pak Budi memutuskan untuk memberikan nama kopi ini sebagai Kopi Senang. Jika Anda berkeinginan membawa pulang Kopi Senang ini, Anda bisa mengunjungi salah satu toko oleh-oleh yang ada di Kota Sorong. Di sana, Anda akan ditawarkan dengan dua jenis kopi yaitu robusta dan arabika. Tak hanya itu saja, kopi ini juga dijual dalam bentuk biji, bubuk, sachet, dan celup.

3. Sarang Semut

Sarang Semut
Image Credit: Instagram @denayaherbal

Selain buah merah, terdapat pula tanaman lainnya yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh yaitu sarang semut. Tumbuhan ini memiliki nama latin myrmecodia yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan area kepulauan yang membentang hingga Benua Australia. Sarang semut termasuk ke dalam jenis tumbuhan yang menempel pada tanaman lain atau disebut sebagai tanaman epifit.

Namun pada kenyataannya, sarang semut hanyalah memanfaatkan tanaman lain yang ditempelinya sebagai tempat bernaung semata. Jika dilihat dari tampilan fisiknya, tanaman ini memiliki rongga yang menyerupai labirin rumit layaknya sarang semut. Masyarakat setempat biasanya menggunakan sarang semut untuk mengobati segala jenis penyakit.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Sorong yang Murah & Enak

Bahkan terdapat berbagai penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa tanaman satu ini mampu mengobati penyakit kronis seperti kanker dan tumor. Kemampuan menyembuhkan tersebut dikarenakan sarang semut memiliki kandungan beragam nutrisi dan zat lainnya yang menguntungkan. Misalnya saja kandungan antioksidan dan tokoferolnya yang bekerja sangat baik untuk mengobati rematik.

Kemudian kandungan flavonoid yang terdapat di sarang semut ini menjadi faktor penting untuk menangkal tumor maupun kanker. Bahkan dengan kandungan mineral, kalium, serta kalsium tingginya tersebut juga mampu menangani berbagai gejala penyakit jantung. Untuk mendapatkan segala khasiatnya tersebut, cukup dengan mengonsumsi air rebusan sarang semut secara rutin.

Apabila Anda tertarik membawa pulang buah tangan khas Sorong satu ini, maka Anda tidak perlu khawatir karena dapat dijumpai dengan mudah di beberapa pusat oleh-oleh di Sorong. Bahkan kini tumbuhan sarang semut khas Sorong ini, banyak diperjualbelikan melalui jejaring sosial lebih tepatnya di berbagai marketplace yang tersedia.

4. Keripik Keladi

Keripik Keladi
Image Credit: Instagram.com @keripikkeladi

Keripik Keladi merupakan salah satu panganan khas dari Sorong yang wajib Anda coba. Sesuai dengan namanya, camilan satu ini terbuat dari buah keladi atau umbi khas Sorong. Cara pembuatan dari keripik keladi ini pun cukup mudah, yaitu pertama potong tipis tipis keladi tersebut berbentuk bulat kemudian dicampurkan dengan beragam bumbu khas, baru digoreng.

Di Sorong, camilan khas satu ini memiliki beragam rasa mulai dari original, pedas, jagung, dan masih banyak lagi lainnya. Selain memiliki cita rasa yang khas, Keripik Keladi juga merupakan camilan favorit para wisatawan baik itu dari domestik maupun mancanegara. Bahkan keripik keladi ini pula memiliki kandungan vitaminnya yang sangat melimpah, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B6 dan beka-karoten.

Masyarakat sekitar percaya bahwa camilan khas Sorong ini memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh seseorang. Misalnya saja sebagai sumber pangan yang penting, mengingat keripik satu ini berasal dari umbi khas Sorong yang terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin lainnya. Tumbuhan keladi juga sering digunakan sebagai obat tradisional.

Bagi penderita gangguan kolesterol dan sodium tinggi, maka keripik keladi sangat layak untuk Anda pilih. Sebab kandungan yang ada di dalamnya mampu mengobati segala gangguan kesehatan, bahkan mampu menjaga kolesterol darah agar tetap rendah. Biasanya keripik keladi ini sangat cocok disantap bersama anggota keluarga di rumah atau ketika menikmati liburan di Sorong.

BACA:  15 Tempat Wisata di Biak Numfor Terbaru & Paling Hits

5. Abon Gulung

Abon Gulung
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Meski sebenarnya abon gulung merupakan oleh-oleh khas Manokwari, namun Anda masih bisa menemukannya dengan mudah di Sorong. Sesuai dengan namanya, buah tangan khas satu ini berupa roti berbentuk bulat lonjong yang berisikan abon. Roti ini memiliki warna kecoklatan dengan tumpukan abon yang terbungkus kulit roti serta diberikan taburan wijen.

Abon gulung merupakan salah satu buah tangan yang digemari oleh berbagai kalangan wisatawan. Bahkan terdapat wisatawan dari luar daerah yang jauh jauh datang ke Sorong hanya untuk membeli buah tangan khas dari sini. Namun perlu Anda ketahui, bahwa abon gulung saat ini telah terdapat beragam macam variasi rasa yang tak kalah lezatnya.

Sesuai dengan namanya, makanan khas Sorong ini merupakan abon dalam jumlah banyak yang dibungkus dengan roti gulung. Ketika menggigit makanan khas ini ini, Anda akan merasakan kelembutannya yang berpadu dengan kerenyahan dari abon. Karena makanan satu ini begitu padat, sehingga Anda yang menyantapnya akan membuat perut kenyang seketika.

Abon gulung terdiri dari bahan utamanya yaitu abon sapi khas buatan industri rumahan yang ada di Papua. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kini abon gulung telah memiliki varian rasa yaitu pedas, asin, coklat, isi sosis, hingga abon gulung yang diberikan susu dalam penyajiannya. Beragam varian rasanya bertujuan agar para penikmat makanan satu ini tidak bosan dengan satu jenis rasa saja.

Tak hanya nikmat ketika disantap saja, abon gulung pula memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bisa Anda bayangkan jika dalam satu potong abon gulung terdapat kandungan protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, hingga beragam jenis vitamin lainnya. Beberapa kandungan tersebut dipercaya mampu memberikan tenaga serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Apabila Anda memiliki kesempatan untuk bertandang ke Sorong, maka jangan sampai lewatkan untuk tidak membeli beragam buah tangannya yang khas. Beberapa oleh-oleh khas tersebut tidak hanya nikmat ketika disantap, namun juga memiliki beragam khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkannya pun tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu mengunjungi pusat oleh-oleh terdekat di Sorong.