Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang dikenal memiliki oleh-oleh khas Sukabumi yang populer dan paling diburu wisatawan. Mulai dari camilan hingga makanan khas bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Saat berwisata ke Sukabumi, membeli oleh-oleh adalah rutinitas wajib yang bisa Anda lakukan. Sebab, di kota satu ini tersedia banyak sekali camilan yang memiliki rasa enak. Untuk itu, Anda pun akan lebih mudah menemukan berbagai macam jajanan unik dan khas yang bisa Anda berikan untuk keluarga di rumah.

Apa saja buah tangan yang diburu pelancong? Berikut deretan oleh-oleh khas dari Sukabumi yang wajib Anda bawa pulang.

1. Kerajinan Tanduk

Kerajinan Tanduk
Image Credit: Kerajinanindonesia.id

Bagi Anda yang bosan membawa oleh-oleh berupa makanan, maka hiasan meja dapat menjadi alternatif untuk Anda. Hal ini dikarenakan daerah Sukabumi memiliki jenis kerajinan khas yang cukup unik yakni terbuat dari tanduk kerbau. Oleh-oleh satu ini tentu saja sangatlah unik dan menjadi salah satu seni yang bernilai tinggi.

Ada berbagai macam hasil kerajinan dari tanduk kerbau yang bisa Anda temukan di kota ini. Sebut saja seperti ikan ikan, penggaruk, sisir dan juga gantungan kunci. Bahkan sendok dan garpu juga bisa Anda temukan disini. Untuk itu, kerajinan tanduk dapat menjadi salah satu oleh-oleh unik yang bisa untuk Anda bawa pulang.

2. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu
Image Credit: Indonesiakaya.com

Selain kerajinan tanduk, Anda juga bisa memberikan bingkisan untuk keluarga yakni kerajinan bambu. Hal ini dikarenakan Sukabumi memiliki masyarakat yang kreatif dan terampil dalam mengolah berbagai kerajinan. Sehingga, Anda pun akan bisa menemukan banyak sekali kerajinan yang bisa untuk Anda bawa pulang, salah satunya adalah kerajinan bambu.

Dengan bambu tersebut, tangan tangan lihai dan kreatif dari masyarakat setempat merubahnya menjadi barang yang bisa Anda gunakan sehari hari. Anda bisa dengan mudah untuk menemukan tutup meja, kapal laut, lampu, tas, hingga kursi dan juga berbagai macam kerajinan yang lain saat sedang berada disini.

3. Kerajinan Batu

Kerajinan Batu
Image Credit: Inisukabumi.com

Beragam batu juga bisa dibuat dan diukir dengan berbagai macam bentuk. Hal ini tentu saja akan sangat bisa untuk Anda temukan ketika sedang berada di Sukabumi. Pasalnya para pengrajin setempat mampu mengubah batu menjadi salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni terbilang cukup tinggi.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Depok yang Paling Populer

Banyak sekali hal yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi pusat kerajinan batu. Sebab, mulai dari piring, kalung, gelas, hingga beragam bentuk hewan seperti kura kura dan juga ikan serta bebek dapat menjadi hiasan yang bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh. Bahkan Anda pun bisa menyimpannya sendiri dan memajangnya di rumah.

4. Japlak

Japlak
Image Credit: Facebook.com @Japlakinstan

Setelah cukup berburu kerajinan, maka Anda juga bisa memberikan oleh-oleh berupa makanan khas dari Sukabumi. Salah satu yang bisa untuk Anda beli adalah Japlak. Cemilan satu ini merupakan salah satu makanan instan, yang mana memiliki bentuk siap saji. Karena bentuknya yang masih frozen, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membawanya.

Lalu bagaimana cara untuk menyantapnya? Cukup mudah, Anda hanya perlu untuk menuangkan japlak instan yang Anda beli pada mangkok. Kemudian, masukkan air hangat dan juga masukkan bumbu. Lalu, tutuplah wadah tersebut dan biarkan selama beberapa saat hingga japlak menjadi lebih lunak.

5. Sate Aci

Sate Aci
Image Credit: Facebook.com @wijayazura

Makanan serba aci tampaknya menjadi ciri khas dari oleh-oleh Sukabumi. Setelah Anda membeli Japlak yang juga terbuat dari aci, maka Anda juga bisa membungkus sate aci. Hidangan satu ini terbuat dari adonan tepung aci dan kemudian dibentuk bulat. Selanjutnya, distusuk dengan menggunakan lidi layaknya sate yang biasa Anda temui.

Untuk menyantapnya, Anda bisa menuangkan saus kacang yang terdapat di dalamnya. Tentu saja oleh-oleh satu ini sangat cocok untuk Anda bawa pulang. Terutama bagi Anda yang memiliki domisili atau tempat tinggal yang tidak jauh dari Sukabumi. Sehingga orang rumah pun dapat menyantapnya bersama.

6. Pisang Coklat Cakra

Pisang Coklat Cakra
Image Credit: Facebook.com @lieest.nengnong

Pisang Coklat Cakra menjadi salah satu oleh-oleh yang selalu diburu oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan memiliki rasa yang enak dan juga simpel. Bahkan Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk proses pembuatannya cukup mudah, Anda hanya perlu untuk menyiapkan pisang, coklat dan jangan lupa kulit lumpia.

Kemudian, Anda bisa membalut pisang yang telah dicampur coklat dengan menggunakan kulit lumpia. Lalu, Anda pun bisa menggorengnya hingga matang. Renyahnya perpaduan kulit lumpia dan juga manisnya coklat akan membuat Anda ketagihan. Untuk Anda yang tak ingin ribet, maka Anda pun bisa langsung membelinya saat sedang berada di Sukabumi.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Bogor yang Murah & Enak

7. Pepes Ikan

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang adalah pepes ikan. Pepes ikan di Villa Ibu Tatty ini memiliki rasa yang sangat spesial. Hal ini dikarenakan terdiri dari ikan mas duri lunak. Sehingga, Anda pun akan bisa langsung menyantapnya sekaligus dengan durinya. Anda bisa mengkonsumsinya langsung di tempat atau membawanya sebagai buah tangan.

8. Sagon Bakar

Sagon Bakar
Image Credit: Tokopedia.com

Camilan kue kering satu ini menjadi salah satu makanan khas Sukabumi selanjutnya yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Karena memiliki bentuk yang kering, maka Anda pun tidak perlu repot untuk membawanya. Untuk Anda yang ingin mencarinya juga cukup mudah. Sebab, Anda hanya perlu mampir ke toko oleh-oleh di pinggir jalan maupun di toko besar.

9. Kue Jahe

Kue Jahe
Image Credit: Facebook.com (Sari)

Oleh-oleh lain yang wajib untuk Anda bawa pulang adalah kue jahe. Kue jahe menjadi salah satu camilan khas dari Sukabumi. Makanan satu ini terbuat dari parutan jahe, yang mana akan memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Selain itu, kue satu ini juga akan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Umumnya, kue satu ini akan sangat cocok apabila disajikan dengan teh dan juga kopi. Rasa hangat dari minuman tersebut akan berpadu dengan aroma yang dihasilkan dari kue jahe tersebut. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berkunjung ke salah satu kota yang ada di Sukabumi ini tak ada salahnya untuk membelinya sebagai buah tangan.

10. Coklat Unaichoco

Coklat Unaichoco
Image Credit: Facebook.com @UnaiChoco

Selain membawa oleh-oleh berupa makanan tradisional, saat berada di Sukabumi Anda juga bisa untuk mencoba deretan makanan kekinian. Salah satunya adalah coklat Unaichocho yang dikemas dengan konsep modern. Coklat satu ini juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa untuk Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Untuk coklat satu ini dibuat dengan menggunakan teknik khusus. Dengan begitu, akan menghasilkan rasa yang sangat unik. Tak hanya rasa coklat original saja, Anda juga bisa membawa pulang varian coklat dengan rasa yang lain. Sebut saja seperti coklat permen, coklat strawberry dan juga coklat permen.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Sumedang yang Murah & Enak

11. Bolu Pisang

Bolu Pisang
Image Credit: Reresepan.com

Bolu pisang juga kerap kali menjadi oleh-oleh yang sering dicari wisatawan saat sedang berada di Sukabumi. Roti bolu ini merupakan kombinasi dengan buah pisang yang akan memberikan rasa manis yang terasa sangat alami dan tidak membuat enek. Untuk Anda yang ingin mencobanya, maka toko roti milik Bu Onih dapat menjadi alternatif.

12. Kue Mochi Lampion

Mochi Kaswari Lampion
Image Credit: Google Maps (Ramdan Parid gozali)

Kue mochi yang kenyal dan memiliki rasa manis ini dapat menjadi salah satu buah tangan untuk keluarga di rumah. Dengan memiliki tekstur yang lembut, membuat Anda bisa membawanya untuk oleh-oleh. Ditambah lagi dengan warnanya yang beragam akan menjadikannya tampak cantik sebagai oleh-oleh.

13. Bandros Mang Ata

Bandros Mang Ata
Image Credit: Google Maps (yuariesty yoneda)

Kelezatan dari bandros Mang Ata memang telah tersohor, bahkan hingga wisatawan yang berasal dari luar kota. Untuk itu, Anda bisa mampir sejenak ketika ke Sukabumi. Dan jangan lupa untuk membungkus beberapa buah untuk keluarga di rumah. Anda bisa mencobanya dengan ditemani segelas teh hangat.

Ditambah lagi, harga dari bandros ini pun cukup terjangkau. Sehingga, Anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak untuk keluarga di rumah. Meskipun Anda membawa pulang oleh-oleh satu ini dalam jumlah yang tak sedikit. Hal ini tentu saja tak akan membuat kantong Anda menjadi jebol.

14. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi
Image Credit: Reresepan.com

Surabi nampaknya menjadi makanan yang sering Anda jumpai di daerah lain, namun tentu saja surabi Sukabumi akan memiliki rasa yang beda dengan biasanya. Hal ini dikarenakan surabi ini memiliki rasa durian yang sangat menggoda. Untuk itu, bagi Anda yang merupakan penggemar durian, tak ada salahnya untuk mencoba cemilan satu ini.

15. Roti Priangan

Roti Priangan
Image Credit: Facebook.com @sface1815

Roti priangan menjadi salah satu kuliner legendaris Sukabumi yang wajib untuk Anda jadikan oleh-oleh. Sebab, rasa yang ditawarkan memang sebanding dengan kualitas pembuatannya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membelinya bisa mengunjungi Toko roti Oey Tjiang Lie. Rasa yang lezat dari roti satu ini akan membuat Anda ketagihan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Sukabumi yang paling populer. Tak lengkap rasanya apabila Anda berkunjung ke kota satu ini tanpa membawa buah tangan. Oleh karena itu, sebagian oleh-oleh tersebut dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang masih bingung akan memberikan buah tangan untuk keluarga di rumah.