Berjalan jalan ke kota Pahlawan di Jawa Timur membuatmu mendapatkan pengalaman baru karena banyak hal dan tempat yang dapat dieksplor. Mulai dari kebun binatang yang menawarkan berbagai hewan langka di habitatnya, monumen kapal selam yang memberikan informasi baru, sejarah, dan strukturnya, serta masih banyak lainnya.

Namun tidak lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas dari Surabaya. Mari intip beberapa rekomendasinya buah tangan yang populer dibeli wisatawan.

1. Almond Crispy

Almond Crispy
Image Credit: Kompas.com

Beberapa jajanan baru mampu menjadi oleh-oleh yang laris di pasaran karena rasanya yang unik dan harganya yang terjangkau. Salah satu makanan favorit para pengunjung kota Surabaya adalah almond crispy. Jajanan ini masih tergolong baru, tetapi tidak kalah dengan makanan yang telah melegenda di kota yang terkenal rapi di Jawa Timur ini. Komposisinya cukup simple, yaitu tepung, telur, gula, susu bubuk, keju, dan tentu saja almond sebagai toping di atasnya.

Tiga rasa menjadi favorit dari almond crispy, yaitu cheese, cokelat, dan green tea. Kemasannya sederhana tetapi rasa yang ditawarkan tidak boleh diragukan dan hanya dibandrol seharga 45 ribu rupiah. Satu kotak dapat kamu berikan sebagai oleh-oleh dari kota Pahlawan ini untuk para kerabat atau orang tersayang. Cara menikmati jajanan berbentuk bulat tipis ini dapat kamu padukan dengan teh hangat atau kopi panas di sore hari sambil menikmati matahari terbenam.

2. Sambal Udang Bu Rudy

Sambal Udang Bu Rudy
Image Credit: Agenkuliner.com

Jawa Timur terkenal dengan cita rasa makanannya yang asin dan pedas, sehingga tidak heran jika Surabaya memiliki oleh-oleh yang dapat memuaskan pecinta rasa tersebut. Sambal udang Bu Rudy ini memiliki cita rasa pedas yang cocok untuk penyuka pedas dan udangnya pun sangat terasa. Kamu tidak akan menemukan cita rasa yang sama di produk sambal lainnya dan yang paling penting, harganya juga terjangkau karena hanya dibandrol 28 ribu rupiah.

3. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno
Image Credit: Blanja.com

Siapa yang tidak tahu kue spiku dengan warna dan rasanya yang khas? Spiku adalah salah satu kue khas Surabaya yang sangat digemari banyak orang, termasuk para wisatawan. Oleh karena itu, kamu wajib membeli kue ini jika berkunjung ke kota yang memiliki ikon patung ikan sura dan buaya ini. Kue ini terdiri atas tiga lapis dan dua warna, yaitu kuning cokelat dan kuning. Teksturnya pun sangat lembut, sehingga cocok untuk semua kalangan baik tua maupun muda.

Oleh-oleh satu ini telah berdiri sejak 1976 dengan buatan tangan Nyonya Santoso, hingga saat ini masih berdiri dan digemari banyak orang. Penerusnya adalah Paulus Santoso yang ingin melestarikan budaya dan resep ibunya. Bisnis keluarga ini memiliki cita rasa yang unik dan tidak pernah berubah hingga saat ini, sehingga cocok bagi kamu yang ingin memberikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harga yang harus kamu keluarkan cukup 90 ribu rupiah per kotak,

4. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran
Image Credit: Destinasiwisataulvanurshofiatin.wordpress.com

Salah satu destinasi yang ramai dikunjungi di Surabaya adalah Pantai Kenjeran karena alam yang indah dan hasil laut yang melimpah. Para pelancong wajib mencoba kerupuk berbahan seafood yang terdiri atas tiga jenis, yaitu kerupuk cumi, kerupuk udang, dan kerupuk rumput laut. Kamu wajib menjajalnya satu per satu karena harganya sangat terjangkau, mulai dari 15 ribu rupiah. Semua jenis kerupuk tersedia dalam 2 bentuk, yaitu siap santap dan mentah.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Malang yang Murah & Enak

5. Guna Guna Snack

Guna Guna Snack
Image Credit: Shopback.co.id

Bagi para pecinta singkong, sekarang dapat menikmatinya dalam bentuk yang berbeda dan rasa yang unik. Snack guna guna menjadi jawaban yang tepat untuk kamu yang ingin jajanan unik dengan varian rasa manis, balado, kentang pedas, semprit keju, dan masih banyak lainnya. Rasa yang kekinian membuat jajanan ini digemari banyak anak muda Surabaya dan wajib kamu coba. Harganya pun sangat ramah di kantong, yaitu mulai dari 20 ribu rupiah per toples.

6. Bunarendang

Bunarendang
Image Credit: Katalogwisata.com

Beberapa orang menyukai makanan cepat saji karena lebih praktis, mudah dinikmati dan cocok di berbagai lidah. Oleh karena itu, mahasiswa di Ibukota Jawa Timur ini membuat terobosan baru dengan menciptakan makanan cepat saji ala Indonesia. Bunarendang ini berasal dari burger nasi rendang yang dijual di beberapa swalayan Surabaya. Idenya berasal dari rendang yang menjadi salah satu kuliner lezat di dunia, sehingga patut dikembangkan jadi makanan lain.

Bunarendang ini dibentuk dari nasi dan rendang khas Padang yang memakai daging dan dibumbui dengan rempah rempah khas Indonesia. Nasi yang dibentuk bun dan daging rendang diletakkan di tengahnya dibandrol seharga 10 ribu rupiah. Jika kamu ingin makan dengan porsi yang sedang, jajanan ini sangat cocok untuk mengisi perut. Oleh-oleh dari salah satu kota besar di Jawa Timur ini dapat kamu bawa dan nikmati bersama keluarga di rumah.

7. Kaos Cak Cuk

Kaos Cak Cuk
Image Credit: Ksmtour.com

Surabaya terkenal dengan sapaan khasnya, yaitu cuk sehingga arek arek Suroboyo memiliki ide membuat distro dengan desain dan kata kata unik. Kaos ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu beli saat ke Surabaya, seperti kaos dari Joger atau Dagadu. Produk dari distro ini tidak hanya kaos, tetapi juga gantungan kunci, mug, pin, tas, dan lain lainl. Harganya pun sangat terjangkau dan gerainya berada di beberapa titik, sehingga sangat mudah ditemukan.

8. Jenang dan Sirup Mangrove

Jenang dan Sirup Mangrove
Image Credit: Katalogwisata.com

Tidak semua tempat atau kota memiliki mangrove karena pohonnya hanya ditanam di destinasi wisata tertentu. tanaman satu ini membuat objek wisata semakin menarik dan asri, tetapi cukup jarang ditemukan. Oleh karena itu, beberapa petani mangrove di Rungkut, Surabaya memiliki ide untuk semakin meningkatkan sektor ekonomi mereka. Mangrove memiliki daya tarik yang cukup tinggi, sehingga perlu dilestarikan dan diolah menjadi produk lain yang juga menarik.

Tercetuslah pembuatan jenang dan sirup dari mangrove dengan cara pengolahan yang cukup mudah. Jenang hasil olahan mangrove ini berwarna cokelat dan bertekstur kenyal, sehingga dapat kamu berikan pada semua orang. Sirup yang dihasilkan memiliki cita rasa asam, manis, dan segar jika kamu sajikan dalam keadaan dingin. Keduanya menjadi oleh-oleh yang sangat cocok untuk kerabat atau orang tersayang karena harganya juga sangat ramah di kantong.

9. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro
Image Credit: Mamikos.com

Bagi para pecinta abon sapi, wajib membeli oleh-oleh dari kota Surabaya satu ini karena cita rasanya sangat lezat. Selain itu, abon sapi dapat digunakan sebagai oleh-oleh karena sangat awet bahkan berjangka panjang. Biasanya abon dari daging sapi dipadukan dengan nasi hangat. Tersedia dua varian rasa, yaitu manis dan pedas dengan berbagai ukuran berbeda. Yang paling menarik, kamu dapat melihat pembuatan abon sapi sehingga sangat aman dan terpercaya.

BACA:  19 Oleh-Oleh Khas Malang yang Paling Populer

10. Bandang Asap

Bandang Asap
Image Credit: Pengetahuanpintar.com

Ikan bandeng memiliki cita rasa yang unik dan tetap digemari meskipun durinya sangat banyak. Akan tetapi, biasanya ikan bandeng dimasak dengan tiga cara, yaitu digoreng, disayur, dan dipresto. Oleh karena itu, proses memasak dengan cara diasap ini sangat digemari karena berbeda daripada yang lain. Aroma bakaran dari daging ini menjadi ciri khas dan cita rasa yang membuat banyak orang menyukainya, sehingga para wisatawan yang ke Surabaya wajib membelinya.

11. Surabaya Patata

Surabaya Patata
Image Credit: Agenkuliner.com

Menjadi salah satu kue artis yang patut kamu coba saat berkunjung ke kota Pahlawan. Kakak beradik, Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis mencoba terjun ke dunia kuliner dengan mengeluarkan oleh-oleh khas Surabaya dengan bahan utama yang sangat sederhana. Kentang dipilih sebagai bahan utama kue ini memiliki keunikan dan cita rasa yang unik, sehingga mampu menarik orang untuk membelinya. Labelnya sebagai kue artis ternyata tidak membuat kualitasnya diragukan.

Terdapat beberapa macam varian rasa, yaitu keju, Nutella, cokelat, matcha, kacang, dan pisang sehingga dapat menjangkau semua lidah. Rasa manisnya yang sangat pas pun membuat kue artis ini digemari oleh berbagai rentang usia, sehingga kamu dapat membelinya untuk semua kerabat atau teman. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari 65 ribu rupiah sehingga tidak membuat budget liburanmu membengkak karena oleh-oleh yang dibeli terlalu mahal.

12. Bolu Joeang

Bolu Joeang
Image Credit: Sabigaju.com

Bolu adalah salah satu kue yang terkenal dan laris manis di pasaran, termasuk di Surabaya. Oleh karena itu, Ariel Tatum dan Diyon Wiyoko pun memutuskan untuk membuka toko kue yang fokus untuk menawarkan kue bolu kepada masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa rasa, yaitu keju, red velvet, matcha, mangga, dan cokelat. Harga untuk satu kotak bulu mulai dari 60 ribu rupiah dengan taburan rasa yang membuatnya lebih nikmat dan menarik.

13. Snow Cake

Snow Cake
Image Credit: Tribunnews.com

Mengisi deretan kue artis, Zaskia Sungkar pun memiliki usaha yang patut diperhitungkan dari segi rasa ataupun harga. Putri dari Mark Sungkar ini tidak pernah main main dalam usaha yang digelutinya, sehingga ia pun menggarap bisnis kulinernya dengan baik. Ia memiliki kue spiku dengan cita rasa kekinian yang mampu menjangkau berbagai kalangan usia, baik tua maupun muda. Hal itu dikarenakan Zaskia menyelipkan rasa masa kini di dalam resep tradisional spiku.

Terdapat beberapa varian rasa yang ditawarkan di Snow Cake, yaitu cokelat, keju, oreo, dan masih banyak rasa lainnya yang wajib kamu coba. Oleh-oleh dari Surabaya ini wajib kamu beli untuk orang orang terdekat karena menjadi ciri khas kota Pahlawan ini. Selain itu, 3 lapisan roti sangat lembut dan empuk serta balutan pastrynya pun renyah, sehingga sangat nikmat,

14. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep
Image Credit: Tokopedia.com (SenTajai Shop)

Bagi pecinta olahan bebek, tidak perlu khawatir untuk membelinya sebagai oleh-oleh karena saat ini telah hadir Bebek Djangkep. Kemasannya yang praktis dan ekonomis membuatnya cocok digunakan sebagai oleh-oleh. Selain itu, rasanya tidak perlu diragukan lagi karena rempah rempah yang digunakan sangat khas dan diklaim tanpa bahan pengawet. Kamu dapat membeli olehan bebek satu ini untuk penyimpanan maksimal satu hari agar rasanya tidak berubah.

15. Inul Cake and Pastry

Inul Cake and Pastry
Image Credit: Pergikuliner.com

Inul dikenal sebagai penyanyi dangdut yang cukup kontroversi karena lagu dan goyangannya di panggung hiburan. Akan tetapi, tidak hanya itu karena ia pun telah terjun di dunia bisnis cukup lama mulai dari karaoke hingga kuliner. Sebagai orang jawa tentu Inul Daratista mengetahui cita rasa yang unik dan khas dari Ibukota Jawa Timur ini. oleh karena itu, ia mengeluarkan produk kue dengan menambahkan cita rasa kekinian yang dapat diterima oleh lidah anak muda.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Paling Hits

Varian rasa yang ditawarkan sangat beragam, sehingga harganya pun juga berbeda beda mulai dari 69 ribu hingga 92 ribu. Kamu dapat menikmati dua lapis kue dengan filling di bagian tengah yang sangat melimpah. Yang paling unik dari kue Inul ini karena diberi nama yang berbeda dan tidak mungkin kamu temukan di toko kue lainnya. Ia memakai nama Bu Risma untuk kue bolu rasa telur asin dan Cak Adam untuk varian cake yang memakai abon dari daging ayam.

16. Suoklat

Suoklat
Image Credit: Telusurindonesia.co

Tidak hanya kue ataupun makanan, Surabaya juga memiliki minuman yang sangat unik. Bagi para pecinta cokelat, saat ini telah hadir minuman dengan bahan dasar cokelat yang dikemas dalam bentuk sachet dari Surabaya. Nama Suoklat adalah akronim dari Surabaya Coklat yang menjadi brand cukup terkenal hingga saat ini. Minuman cokelat ini dapat kamu sajikan dengan cara dingin ataupun hangat, lalu dinikmati di sore hari saat bercengkerama dengan orang orang tercinta.

17. Vallen Cake

Vallen Cake
Image Credit: Njajan.com

Kue satu ini merupakan cabang yang baru dibuka di kota berikon Ikan Sura dan Buaya ini. Pada awalnya, kue dengan varian yang cukup banyak ini dibuka di kota Solo dengan harga yang cukup terjangkau yaitu 50 ribu rupiah. Surabaya menjadi kota selanjutnya yang memiliki vallen cake untuk oleh-oleh dengan varian rasa baru, yaitu cokelat keju dan tiramisu. Dua rasa ini hanya ada di Surabaya, sehingga sangat spesial jika kamu berikan saat kembali ke kota asal.

18. Oseng Tuna Asap

Oseng Tuna Asap
Image Credit: Shopee.co.id (Otajinara)

Jika kamu menyukai makanan yang praktis dan dapat dinikmati dengan nasi hangat, oseng tuna asap ini sangat cocok. Harganya pun tergolong ramah di kantong, yaitu 55 ribu rupiah untuk satu toples oseng tuna asap dengan berat 500 gram. Cara pembuatan oseng tuna ini sangat aman karena hanya diasap, lalu durinya dibuang dan dikemas. Kamu dapat membelinya untuk orang tua atau kerabat karena rasanya sangat unik dan nikmat di semua kondisi.

19. Kopi Bandrek Sreg

Kopi Bandrek Sreg
Image Credit: Republikseo.net

Menjadi salah satu minuman khas Jawa Timur yang wajib kamu coba, Kopi Bandrek Sreg pun masih eksis hingga saat ini. Kemasannya sangat praktis sehingga cocok dipakai sebagai oleh-oleh. Rasanya tidak perlu diragukan karena telah memadukan rempah rempah tradisional dengan cita rasa kekinian. Bahan bahan yang dipakai, yaitu gula putih, gula palm, kopi, krim nabati, jahe, dan ramuan tradisional, sehingga rasanya sangat kuat.

20. Belinjo Udang Surabaya

Belinjo Udang Surabaya
Image Credit: Medium.com

Makanan olahan udang selalu menarik karena memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Oleh karena itu, belinjo udang satu ini sangat laris di pasaran bahkan di kalangan anak mudah. Rasa yang khas dari melinjo dan aroma dari udang dipadukan dengan rempah rempah membuatnya cocok untuk camilan ataupun lauk makan. Kamu dapat membelinya dengan harga yang cukup ramah di kantong, yaitu sekitar 20 ribu hingga 50 ribu tiap kemasannya.

Menjajal makanan dari daerah lain selalu menjadi hal yang nikmat karena setiap kota memilih cita rasa yang berbeda beda. Begitu pula dengan Surabaya yang memiliki makanan, minuman, serta oleh-oleh khas lain yang wajib dicoba. Harga yang harus kamu keluarkan juga cukup terjangkau, sehingga tidak membuat budget liburanmu membengkak. Oleh karena itu, kamu wajib membeli beberapa oleh-oleh khas dari kota Pahlawan ini untuk kerabat di rumah.