Meskipun bukan sebuah keharusan, rasanya memang tidak lengkap jika pergi ke suatu kota tanpa membawa oleh oleh. Apalagi setiap kota selalu memiliki buah tangan yang belum tentu bisa ditemukan di kota lainnya. Begitu ketika Anda bertandang ke kota Tangerang, maka Anda harus memburu beberapa oleh-oleh khasnya.

Sebagai inspirasi, berikut beberapa oleh-oleh khas dari Kota Tangerang yang paling terkenal dan harus Anda bawa pulang. Simak ulasannya.

1. Ketan Bintul

Ketan Bintul
Image Credit: Traveloka.com

Makanan tradisional juga menjadi makanan yang begitu nikmat. Apalagi selalu ada resep rahasia yang membuatnya terlihat berbeda. Jika Anda ke Tangerang, maka Anda akan menemukan makanan tradisional yang begitu populer yaitu Ketan Bintul. Ketan Bintul menjadi salah satu oleh oleh dari Tangerang yang begitu diburu karena rasanya yang akan membuat siapapun ketagihan. Meskipun jika dilihat dari tampilan terlihat begitu sederhana.

Ketan Bintul dibuat dari ketan, dengan bagian atasnya diberikan berbagai topping. Menjadikan rasanya semakin nikmat, perpaduan dari rasa gurih yang menggoyang lidah. Anda bisa menemukan oleh oleh satu ini dengan mudah di Tangerang. Tak hanya di pasar tradisional, di toko oleh oleh juga banyak dijual. Umumnya akan dijual mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 25 ribu tergantung topping apa yang diberikan pada ketannya.

2. Dodol Ny. Lauw

Dodol Ny. Lauw
Image Credit: Mamikos.com

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis dodol yang bisa ditemui, dengan rasa dan keunikan yang berbeda dari masing masing daerah. Di Tangerang, Anda bisa menemukan dodol yang begitu populer dan banyak dicari yakni Dodol Ny. Lauw. Memang dodol satu ini tidak hanya bisa Anda temukan di kota lainnya. Namun rasanya tak akan bisa Anda lewatkan begitu saja. Karena memang dodol satu ini begitu unik jika dibandingkan dengan jenis dodol lainnya.

Rasanya yang manis dengan teksturnya yang empuk membuat Anda tak berhenti mencicipinya. Meskipun legit namun tidak lengket, dengan berbagai pilihan rasa yang memanjakan lidah penikmatnya. Untuk bisa mendapatkan pengalaman rasa yang kaya, Anda sebaiknya menjajal yang original lebih dahulu. Anda sangat mudah menemukan Dodol Ny. Lauw ini di Tangerang. Sebab banyak toko oleh oleh yang menyediakan dodol lezat satu ini.

3. Kecap Manis SH

Kecap Manis SH
Image Credit: Bacatangerang.com

Jika Anda berencana memberikan oleh oleh untuk ibu rumah tangga, maka Anda harus memberikan bumbu dapur. Dan di Tangerang terdapat buah tangan berupa kecap manis yang begitu kondang. Tak hanya digemari oleh masyarakat sekitar, namun para wisatawan juga banyak mencari kecap manis satu ini. Rasa manisnya yang pas dengan tingkat kekentalan yang juga tepat menjadikan kecap manis dari Tangerang ini semakin membuat masakan nikmat.

BACA:  30 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru & Paling Hits

Memang kecap manis ini terbilang di pasarkan secara lokal saja, namun soal rasa dan kualitasnya tidak bisa lagi diragukan. Kecap satu ini juga sangat mudah untuk Anda temukan di kota Tangerang. Terutama di Pasar Lama ataupun pusat oleh oleh. Tersedia dalam beberapa ukuran, Anda bisa memilih kemasan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk masalah harga, biasanya dibandrol mulai dari Rp. 6 ribuan hingga ratusan ribu tergantung dari ukurannya.

4. Tas Khas Baduy

Tas Khas Baduy
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tidak hanya makanan, Anda juga bisa memburu oleh oleh berupa barang. Di Tangerang ada souvenir yang terkenal yakni Tas khas Baduy yang bisa dijadikan buah tangan. Dinamakan Tas Khas Baduy karena penduduk suku asli Baduy masih banyak menggunakan tas satu ini. Tidak hanya unik, pembuatan tas satu ini juga masih menggunakan cara tradisional. Sehingga wajar jika tas ini memiliki nila seni tinggi dan banyak diburu oleh para pelancong.

Tas satu ini memang terlihat sederhana, namun ada beberapa pilihan warna maupun desain yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan tas selempang yang unik satu ini. Sebab banyak pusat oleh oleh yang menyediakan tas khas suku Baduy ini. Untuk harganya ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat. Tas satu ini juga multifungsi, karena bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pemakai tasnya.

5. Bolu Tape Benteng

Bolu Tape Benteng
Image Credit: Twitter.com @Mamabolu1

Bolu Tape Benteng bisa dikatakan sebagai kue asli yang berasal dari Tangerang dan memang hanya bisa ditemukan di Tangerang saja. Anda yang menyukai tape, harus mencoba sendiri bolu tape satu ini. Rasanya yang nikmat dengan tekstur yang lembut menjadikan bolu tape Benteng begitu terkenal dan diminati. Anda bisa dengan mudah menemukan buah tangan berupa makanan yang rasanya sudah tak diragukan lagi ini.

6. Cucur

Cucur
Image Credit: Tangerangnews.com

Untuk Anda pecinta makanan tradisional, Anda harus mencicipi kudapan satu ini. Dan mnariknya camilan yang populer ini juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh, namun hanya untuk tujuan dekat. Cucuer memiliki rasa manis dan juga gurih yang akan membuat siapapun ketagihan. Dibuat dari tepung beras, biasanya kue ini memiliki warna hijau. Dalam penyajiannya akan ditambahkan dengan parutan kelapa dan membuat rasanya makin nikmat.

7. Bontot

Bontot
Image Credit: Mamikos.com

Bontot merupakan camilan yang terbuat dari tepung aci yang telah dicampur dengan ikan juga terasi. Memiliki tekstur kenyal dengan cita rasa yang sedikit asin namun gurih. Untuk mendapatkan bontot bukanlah hal yang sulit. Karena sentra oleh oleh yang ada di Tangerang banyak yang menawarkannya. Apalagi harganya juga terbilang bersahabat dengan berbagai kemasan yang bisa Anda pilih. Camilan satu ini cukup awet sehingga cocok untuk jadi oleh oleh.

BACA:  12 Wisata Kuliner di Tangerang yang Murah & Enak

8. Gantungan Kunci Khas Tangerang

Gantungan Kunci Khas Tangerang
Image Credit: Tokopedia.com (Scarlettegroup)

Cindera mata berupa gantungan kucing merupakan salah satu item oleh oleh yang banyak dipilih. Benda kecil satu ini memang selalu memiliki corak yang unik di setiap kota. Begitu juga dengan gantungan kunci yang bisa Anda temukan di Tangerang. Bagi Anda yang ingin mencari buah tangan selain makanan, item satu ini bisa menjadi pilihan. Selain mudah untuk ditemukan serta simpel, Anda juga tak perlu khawatir jika oleh oleh akan basi maupun busuk.

Gantungan kunci yang ada di Tangerang umumnya memiliki corak Baduy maupun gambar dari berbagai destinasi wisata yang ada di Tangerang. Souvenir ini memiliki berbagai model dan bentuk sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera anda. Menariknya, ketika Anda membeli dalam jumlah banyak, umumnya akan mendapatkan potongan harga yang lumayan. Anda bisa mendapatkan di pasar oleh oleh dengan harga yang tak akan membuat kantong jebol.

9. Ceplis

Ceplis
Image Credit: Mamikos.com

Ceplis merupakan nama dari camilan yang bentuknya mirip dengan emping. Bahan dasar yang digunakan juga dari melinjo hanya saja, bentuknya lebih tipis serta pipih. Nantinya akan berwarna putih kekuningan ketika sudah matang. Camilan satu ini bisa Anda temukan dalam bentuk mentah maupun yang sudah digoreng. Rasanya yang gurih sangat cocok untuk teman bersantai. Berbagai pusat oleh oleh menjual camilan yang begitu populer dari Tangerang ini.

10. Sagon Bakar

Sagon Bakar
Image Credit: Tokopedia.com (Albana Shop)

Camilan khas Kota Tangerang yang juga menjadi incaran wisatawan adalah sagon bakar. Sagon bakar memiliki rasa gurih dengan tekstur lembut yang membuatnya semakin banyak penggemar. Anda juga bisa menemukan makanan ringan ini dalam berbagai rasa yang menarik. Sagon Bakar sangat cocok dijadikan buah tangan, karena bisa bertahan lama. Bukan hanya itu rasanya lezat dan termasuk jajaran oleh oleh yang ramah dengan kantong.

11. Sirup Rosella

Sirup Rosella
Image Credit: Tokopedia.com (Rosellafreshop)

Tak melulu camilan, minuman yang unik satu ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan kerabat di rumah. Sirup Rosella merupakan minuman khas dari Kota Tangerang yang dibuat dari bunga rosella. Rasanya yang manis akan semakin nikmat dan segar ketika disajikan dengan es. Warnanya kemerahan dan tak menggunakan bahan pewarna melainkan warna alami yang keluar dari rosellanya. Oleh oleh populer satu ini sangat mudah untuk Anda temukan di pusat oleh oleh.

BACA:  30 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru & Paling Hits

12. Kue Gipang

Kue Gipang
Image Credit: Silausurya.com

Kue Gipang mempunyai bentuk yang mungil dan memiliki tekstur yang renyah. Camilan satu ini juga tak kalah kondang dengan camilan lainnya untuk dijadikan cindera mata. Rasanya manis dan sedikit lengket di bagian luarnya begitu cocok dengan lidah orang Indonesia. Kue Gipang dibuat dari bahan sederhana yakni air gula serta ketan. Camilan ini sangat cocok dijadikan teman pendamping minum kopi maupun teh. Ada berbagai rasa yang bisa dipilih dan mudah didapatkan.

13. Kacang Cisoka

Image Credit: Twitter.com @akhyarsulhan

Kacang merupakan salah satu camilan yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Jika Anda ingin mencoba camilan yang unik, Anda bisa mencoba kacang cisoka. Kacang satu ini berbahan dasar kacang tanah, dengan rasanya yang gurih dan ada sedikit rasa manisnya. Kacang satu bisa Anda dapatkan di daerah Kec. Cisoka saja, karena memang belum distribusi secara luas. Sangat cocok dijadikan buah tangan karena camilan ini bisa bertahan lama.

14. Kue Lapis Beneng

Kue Lapis Beneng
Image Credit: Lapis-beneng-pusat-oleh-oleh-khas-tangerang.business.site

Apakah Anda ingin membawa kue kekinian untuk dijadikan buah tangan khas dari Tangerang? Maka Anda bisa menjadikan kue Lapis Beneng ini sebagai pilihan. Jajanan yang memiliki rasa manis ini memang memiliki banyak penggemar. Belum lagi Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan rasa yang menarik. Tersedia rasa original chocopandan, blueberry, keju dan rasa lain yang tak kalah nikmat untuk Anda jajal.

Lapis Beneng ini memiliki bentuk seperti roll cake, kue lapis hingga brownies. Yang menjadikan kue dari toko ini berbeda adalah, penggunaan tepung singkong sebagai bahan utamanya. Membuat teksturnya lembut dengan rasa unik yang akan membuat Anda ketagihan. Anda bisa menuju tokonya langsung yang ada di daerah Batu Ceper. Harganya berkisar mulai Rp. 25 ribu ke atas untuk setiap kotaknya.

15. Kue Jojorong

Kue Jojorong
Image Credit: Putratravel.net

Kue satu ini termasuk kue basah, sehingga tidak disarankan dijadikan oleh oleh bagi Anda yang tujuan pulangnya jauh dari kota Tangerang. Kue unik ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji dan juga gila merah. Biasanya dibungkus menggunakan wadah dari daun pisang. Rasanya yang gurih bercampur nikmat membuat makanan satu ini begitu populer. Anda bisa menemukannya di pasar tradisional maupun toko kue.

Oleh-oleh khas yang ada di kota Tangerang tidak hanya dalam bentuk makanan saja. Beberapa juga ada yang berupa minuman maupun souvenir. Bagi Anda yang tujuannya jauh, sebaiknya membeli oleh oleh yang bisa tahan lama. Mengingat beberapa oleh oleh yang populer di Kota Tangerang berupa kue basah. Setelah melihat ulasan mengenai buah tangan dari Kota Tangerang, apakah Anda sudah menentukan berburu oleh oleh yang mana?