Berkunjung ke Kota Tarakan terasa kurang lengkap jika tidak berburu oleh-oleh khas daerahnya. Beberapa kerajinan tangan dan makanan khas layak Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Bisa dikatakan, Kota Tarakan merupakan salah satu wilayah di Kalimantan yang cukup besar dan terkenal. Kota Tarakan memiliki lokasi yang berdekatan dengan laut, maka bisa disimpulkan banyak sekali oleh-oleh yang terbuat dari hasil lautan. Dari hasil laut yang dibuat dalam bentuk makanan hingga barang kerajinan, semuanya bisa Anda dapatkan jika mengunjungi kota yang satu ini. Bisa jadi, cindera mata dan kuliner tersebut tak bisa ditemukan di daerah lain.

Apa saja buah tangan menarik tersebut? Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Tarakan yang wajib Anda beli untuk dibawa pulang.

1. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut
Image Credit: Blanja.com

Rumput laut merupakan jenis ganggang yang biasanya hidup di dasar laut. Sebagai info, rumput laut ini memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, para nelayan di Kota Tarakan memanfaatkan hasil lautan berupa rumput laut ini untuk dijadikan kudapan yang bernutrisi tinggi. Salah satu kudapan yang berhasil dibuat dari rumput laut ialah dodol. Dengan potensi rumput laut yang melimpah, warga Tarakan berhasil menyulapnya menjadi olahan yang lezat.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya apakah rumput laut bisa dijadikan dodol? namun nyatanya kuliner satu ini sukses menjadi salah satu kudapan yang banyak dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Dodol rumput laut ini memiliki rasa gurih dan legit. Perpaduan rasa tersebut menjadikan jajanan yang satu ini tak hanya enak, namun juga kaya nutrisi. Harga per kemasan dodol juga dipatok dengan harga terjangkau, Anda pun bisa membawanya dalam jumlah banyak.

2. Abon Kepiting Soka

Abon Kepiting Soka
Image Credit: Disperindagkop.kaltaraprov.go.id

Abon merupakan salah satu makanan yang bisa ditemui di berbagai daerah. Ada banyak sekali macam abon yang bisa dicoba, diantaranya abon sapi, abon ikan, abon udang, abon ayam, dan lain lain. Namun, untuk jenis Abon Soka terbuat dari kepiting segar yang memiliki proses hampir sama dengan pembuatan abon jenis lainnya. Sebagai informasi, Kota Tarakan juga terkenal dengan hasil lautnya seperti udang, kepiting, dan kerang yang berlimpah.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Paling Hits

Oleh sebab itu, warga Tarakan banyak membuat olahan hasil laut menjadi beragam kudapan yang bisa dibawa pulang. Abon Kepiting Soka ini sudah tersedia di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Tarakan. Untuk setiap stoples mika dipatok dengan harga sekitar mulai dari Rp 25 ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Kepiting merupakan salah satu hasil laut yang memang memiliki nilai jual tinggi oleh sebab itu, harga olahannya juga relatif tinggi.

3. Ikan Pepija Asin Pipih

Ikan Pepija Asin Pipih
Image Credit: Shopee.co.id

Salah satu buah tangan Kota Tarakan yang populer belakangan ini adalah ikan Pepija pipih. Ikan Pepija merupakan jenis ikan di Tarakan yang memiliki struktur tulang lembek dan tidak keras seperti jenis ikan lainnya. Warga Tarakan mengolah hasil laut yang satu ini dengan sangat baik, sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan renyah layaknya kerupuk. Kebanyakan para wisatawan yang singgah ke kota ini membawa Ikan Asin Pipih Pepija untuk oleh-oleh.

Kuliner yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan teman bersantap di pagi, siang, maupun malam hari. Ikan asin pipih ini terbagi ke dalam dua jenis, yakni ikan asin biasa dan ikan asin yang dilumuri cabe atau sambal khas Tarakan. Semua jenis ikan asin pipih baik rasa orisinal maupun pedas dapat menggugah nafsu makan setiap orang yang mencicipinya. Masalah harga, oleh-oleh yang satu ini juga sangat ekonomis, yakni sekitar Rp. 25 ribuan saja.

4. Udang Kering Khas Tarakan

Udang Kering Khas Tarakan
Image Credit: Bukalapak.com

Jika berbicara mengenai udang kering, Anda bisa menemukannya di berbagai daerah dengan begitu mudahnya. Udang kering khas Tarakan sudah menjadi trade center yang dikirim hingga ke luar negeri. Hal tersebut juga membuktikan bahwa jajanan yang satu ini layak dijadikan buah tangan ketika mengunjungi Kota tarakan. Udang Kering Khas Tarakan memiliki rasa gurih dan renyah yang sangat menggoyang lidah. Harga per kilonya juga sangat terjangkau.

5. Amplang Bandeng Khas Tarakan

Amplang Bandeng Khas Tarakan
Image Credit: Shopee.co.id

Sebenarnya, Amplang Bandeng bisa ditemukan di berbagai daerah luar Tarakan seperti Samarinda. Namun, tidak ada salahnya untuk mencicipi Amplang Bandeng khas Tarakan yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Penduduk di sekitaran pusat Kota Tarakan banyak menjajakan makanan yang satu ini dengan harga yang relatif terjangkau. Dikarenakan bentuknya hampir mirip seperti kerupuk, Amplang Bandeng sangat cocok dijadikan teman bersantap.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Tarakan yang Murah & Enak

Ampalah atau Amplang Bandeng ini dibuat dari olahan ikan bandeng dengan campuran bumbu rahasia yang menghasilkan rasa gurih dan aroma yang khas. Lezatnya jajanan yang satu ini akan terasa semakin menggoda apabila disantap dengan saus sambal. Dengan rasa gurih dan pedas yang diciptakan dapat membuat siapa saja yang mencicipinya merasa ketagihan. Untuk dapat mencicipi rasa Amplang Bandeng, Anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau.

6. Kaltara Fried Crab

Kaltara Fried Crab
Image Credit: Facebook.com @KaltaraFriedCrab

Tak hanya dalam bentuk abon, olahan kepiting di Kota Tarakan berhasil disulap menjadi makanan ringan yang mudah dikonsumsi. Berbeda dengan Abon Kepiting Soka, Kaltara Fried Crab ini memiliki visual kepiting yang hampir mirip dengan ayam krispi pada umumnya. Olahan kepiting yang satu ini dibuat dengan cara digoreng di suhu panas hingga teksturnya melunak. Sebelumnya, badan kepiting dilumuri oleh tepung krispi terlebih dahulu.

Setelah melalui masa penggorengan, kepiting akan dibumbui dan diberi taburan wijen di atasnya. Hal tersebut membuat oleh-oleh yang satu ini memiliki rasa renyah, gurih, dan nikmat yang akan membuat Anda ketagihan. Apalagi jika ditambahkan dengan saus sambal khas Tarakan, dijamin rasanya lebih kaya dan nikmat. Untuk bisa mencicipi jajanan yang satu ini, Anda bisa mendapatkannya di toko pusat oleh-oleh di Tarakan dengan harga relatif murah.

7. Tas dan Dompet Khas Tarakan

Tas dan Dompet Khas Tarakan
Image Credit: Pesonatravel.id

Beralih ke kerajinan tangan, salah satu buah tangan berupa barang yang bisa Anda bawa pulang ialah tas dan dompet hasil kerajinan Tarakan. Buah tangan tersebut memiliki bentuk yang tidak sembarangan. Ada banyak sekali motif unik dan khas dari perpaduan Suku Dayak yang menghasilkan tampilan menarik. Tentunya, oleh-oleh yang satu ini hanya bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke Kota Tarakan saja. Harga yang dipatok juga bervariatif.

8. Peci Khas Dayak dan Tarakan

Peci Khas Dayak dan Tarakan
Image Credit: Shopee.co.id

Kerajinan dengan motif khas Dayak lainnya ialah Peci. Buah tangan yang satu ini memiliki visual yang hampir sama dengan peci pada umumnya. Namun, yang menjadi pembedanya ialah motif dan cara pembuatannya. Jika kebanyakan peci ditemui dengan warna putih atau hitam, peci di Kota Tarakan ini memiliki motif unik dengan warna yang bervariasi. Sama halnya seperti kerajinan tas dan dompet, Peci Dayak ini hanya bisa ditemukan di Kota Tarakan saja.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Tarakan yang Murah & Enak

Peci tersebut dibuat dari kain beludru yang digunakan sebagai alas untuk menempelkan payet atau manik manik khas Kalimantan. Jika Anda berminat untuk membawa pulang oleh-oleh ini, silahkan kunjungi pusat pembuatan Peci Dayak yang berada di daerah Pusat Kota Tarakan dengan harga yang bervariatif. Semakin sulit proses pembuatan peci, maka harga yang dipatok bisa saja semakin mahal. Peci ini juga sangat cocok dan mendukung perlengkapan ibadah.

9. Batik Khas Tarakan

Batik Khas Tarakan
Image Credit: Bukalapak.com

Di kota Tarakan ini juga memiliki kain batik dengan motif khas pencampuran budaya Tarakan dan Suku Dayak. Perbedaan mencolok yang bisa dilihat dari warna yang lebih cerah jika dibandingkan dengan kain batik lainnya. Bagi Anda yang gemar mengoleksi kain batik, jangan lupa untuk membeli beberapa potong kain batik khas Tarakan. Anda bisa membeli kain tersebut sebagai koleksi sendiri, maupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

10. Dodol Buah Cempedak

Dodol Buah Cempedak
Image Credit: Daerahkita.com

Cempedak merupakan salah satu buah tropis yang berbentuk mirip nangka. Namun, ukuran buah cempedak lebih kecil jika dibandingkan dengan nangka. Meski begitu, buah cempedak memiliki rasa yang tak kalah manis dan nagih dari buah nangka. Sebagai salah satu daerah yang menghasilkan buah cempedak, Tarakan berhasil menyulapnya menjadi oleh-oleh yang digemari banyak orang. Hasil olahan buah cempedak tersebut berupa dodol dengan rasa legit.

Di Tarakan, dodol cempedak ini dibuat dengan cara mencampurkan buah dengan tepung ketan dan bahan bahan lainnya. Warga setempat juga sering menyebut jajanan dodol cempedak sebagai Lempok Cempedak. Perpaduan rasa manis alami dari buah cempedak dengan tepung ketan menghasilkan tekstur yang benar benar mirip dengan jeli. Rasanya pun manis tapi tidak enek, sangat cocok jika dijadikan teman untuk minum teh.

Terkenal dengan hasil lautnya yang berlimpah, Kota Tarakan menjadi salah satu tujuan berwisata yang paling menarik di kunjungi. Ragam budaya dan kulinernya menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang singgah ke Kota Tarakan. Ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan di Kota Tarakan, salah satunya adalah berburu oleh-oleh khasnya. Ada banyak sekali barang khas Tarakan yang bisa dibawa pulang setelah mengunjungi kota tersebut.