Ketika mengunjungi suatu daerah rasanya tidak akan puas tanpa berburu oleh-oleh. Apalagi di Indonesia, dimana setiap daerah selalu memiliki buah tangan yang khas. Begitu juga ketika anda mengunjungi Tasikmalaya yang juga bisa menemukan berbagai panganan atau sovenir untuk dijadikan oleh-oleh.

Bagi anda yang sedang atau berencana ke kota ini, anda harus menyimak ulasan mengenai 12 oleh-oleh khas Kota Tasikmalaya yang populer berikut.

1. Wajit

Wajit
Image Credit: Bukalapak.com (Aneka Desa Tasikmalaya)

Wajit merupakan makanan tradisional yang memiliki rasa manis dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Rasanya yang manis dan teksturnya yang legit akan sangat pas di lidah masyarakat Indonesia. Wajit berbahan dasar ketan yang dicampurkan dengan gula merah dan kelapa. Anda bisa menemukan jajanan ini di berbagai daerah di kota Tasik, meskipun yang menjadi favorit yang berasal dari Cililin.

Wajit yang berasal dari daerah Cililin tak hanya memiliki rasa yang nikmat, namun juga bisa awet hingga 2 minggu. Inilah yang membuat jajanan tradisional ini sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh khas Tasik. Memang wajit ini tidak hanya bisa anda dapatkan di kota asalnya saja, karena memang sudah banyak marketplace yang menjualnya. Namun tidak ada salahnya memburu panganan ini ketika anda singgah di kota Tasikmalaya.

2. Kelontong

Kelontong
Image Credit: Travelingholic.com

Jajanan dari Tasikmalaya yang bisa anda jadikan oleh-oleh selanjutnya adalah Kolontong. Bagi anda yang bukanlah warga asli Tasikmalaya, mungkin akan merasa asing dengan nama makanan ini. Karena memang akan sangat sulit menjumpai makanan ini ada di tempat lain. Sehingga ketika anda sedang berkunjung ke Tasik, jangan sampai melewatkan jajanan dengan nama unik satu ini. Kolontong berbentuk memanjang dan lonjong layaknya pilus.

Hanya saja untuk rasanya memiliki rasa manis dan tekstur yang renyah. Rasa manisnya didapatkan dari gula merah yang membalur lapisannya. Kolontong terbuat dari bahan tepung ketan dan sangat mudah untuk anda temukan di Tasikmalaya. Anda bisa membelinya di beberapa wilayah yang biasanya menjual Kolontong ini. Kolontong termasuk awet sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga maupun kerabat.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru & Paling Hits

3. Opak

Opak
Image Credit: Pasar.mediadesa.id

Opak menjadi panganan selanjutnya yang juga terkenal sebagai buah tangan dari daerah Tasikmalaya. Sehingga tak heran jika Opak harus anda buru ketika anda berkunjung ke Tasik. Dan opak memang menjadi oleh-oleh yang populer dari Tasikmalaya yang memiliki rasa nikmat. Opak dibuat dari ketan yang ditambahkan dengan tepung, mentega dan juga gula pasir. Opak juga biasanya akan selalu hadir di acara acara seperti hajatan maupun lebaran.

Jika anda ingin membawa pulang opak ini tidak sulit, karena yang menjual opak di Tasikmalaya terbilang banyak. Toko oleh-oleh pasti akan menjual makanan ringan dengan tekstur renyah satu ini. Sebagai oleh-oleh yang populer, opak memang jajanan yang awet dan tahan lama. Sekalipun asal anda jauh, hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Mengunjungi Tasikmalaya tanpa membawa oleh-oleh ini pastinya tidak akan lengkap.

4. Sale Pisang

Sale Pisang
Image Credit: Pesonanusantara.co.id

Panganan lainnya yang tak kalah populer untuk menjadi buah tangan adalah Sale pisang. Olahan dari pisang ini memang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Rasanya yang manis dengan tekstur yang renyah dan khas menjadikan sale pisang begitu digemari. Sale pisang terbuat dari pisang yang juga ditambahkan dengan telur, tepung beras, gula serta tapioka. Kemudian semua bahan akan dicampurkan dan diolah dengan cara digoreng.

5. Rengginang

Rengginang
Image Credit: Kulinerpedastsm.blogspot.com

Masyarakat Indonesia tidak akan asing dengan jajanan yang bernama rengginang. Meskipun bisa ditemukan di daerah lainnya, namun rengginang juga menjadi salah satu komoditi dari Tasik yang banyak diburu sebagai oleh-oleh. Makanan yang terbuat dari beras ketan ini biasanya berbentuk bulat dan dijual dalam keadaan matang maupun mentah. Yang jelas makanan satu ini harus anda buru ketika mengunjungi Tasikmalaya dan cocok untuk keluarga.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, anda juga bisa menjadikan rengginang sebagai teman perjalanan anda. Oleh-oleh khas dari Tasik ini juga dijual dengan harga yang terjangkau. Setengah kilo rengginang akan dihargai mulai dari Rp. 20 ribu saja. Biasanya rengginang ditambahkan dengan rasa seperti terasi, udang maupun original yang tentunya membuat rasanya makin nikmat. Mengunjungi Tasik tak boleh melewatkan oleh-oleh satu ini.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bandung Terbaru & Paling Hits

6. Keripik Sukun

Keripik Sukun
Image Credit: Tasikasik.com

Masih berupa makanan, keripik sukun menjadi salah satu oleh-oleh dari Tasikmalaya yang juga wajib anda buru. Keripik sukun terbuat dari buah sukun yang sebelumnya sudah matang. Kemudian sukun akan ditambahkan dengan beberapa bumbu agar rasanya makin nikmat dan diolah menjadi keripik. Berbagai toko oleh-oleh di Tasik menyediakan keripik ini dalam berbagai kemasan untuk anda jadikan buah tangan bagi keluarga maupun kerabat.

7. Tutug Oncom

Tutug Oncom
Image Credit: Detik.com

Jika anda penggemar masakan Sunda, anda tidak akan asing dengan kuliner tutug oncom. Di Tasikmalaya anda juga bisa dengan mudah menemukan tutug oncom ini. Tutug dalam bahasa Sunda berarti Tumbuk, sehingga tutug oncom adalah oncom yang ditumbuk. Tidak hanya bisa anda nikmati langsung, anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Karena sekarang sudah ada tutug oncom yang dikemas secara instan.

8. Ladu

Ladu
Image Credit: Lazada.co.id (Gula Kawungsari)

Ladu yang memiliki rasa manis dan terbuat dari beras ketan ini memang sangat nikmat. Tekstur ladu mirip dengan dodol yang lembut dan akan membuat siapapun ketagihan. Ladu biasanya akan lebih banyak ditemui ketika dekat dengan lebaran. Namun kini bisa ditemui di hari hari biasa, sebab Ladu termasuk oleh-oleh dari Tasikmalaya. Jika anda mengunjungi Tasikmalaya anda harus memburu makanan yang memiliki warna hitam ini.

9. Citruk

Citruk
Image Credit: Cookpad.com

Meskipun bukanlah menjadi oleh-oleh yang begitu populer, Citruk menjadi panganan khas Tasik yang juga bisa anda buru. Memang kini keberadaan citruk ini sudah cukup jarang ditemui. Citruk merupakan kerupuk yang berbahan tepung terigu dan juga kanji. Camilan ini begitu digemari karena memiliki rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Tak hanya yang original, anda juga bisa menemukan rasa pedas yang tak kalah membuat ketagihan.

10. Batik Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya
Image Credit: Rizkiabdillah.wordpress.com

Jika anda ingin membeli oleh-oleh khas dari Tasikmalaya selain makanan, anda juga bisa menjadikan batik sebagai oleh-oleh. Kain dengan corak dan motif yang unik ini memang menjadi kebanggaan dari Tanah air. Tasikmalaya juga memiliki batik yang tak kalah unik dan cocok dijadikan buah tangan. Motif yang dimiliki oleh batik dari Tasikmalaya terbilang berbeda dengan daerah lainnya. Selain itu juga terdapat berbagai ukuran dari kain batiknya.

Anda bisa menemukan ukuran M hingga ukuran XL yang akan dibandrol mulai dari Rp. 200 ribuan. Batik Tasikmalaya juga memiliki banyak warna menarik dari tosca, biru, kuning hingga abu abu yang begitu menawan. Bagi anda yang tertarik untuk menjadikan batik sebagai oleh-oleh, anda bisa langsung mengunjungi sentra industri batik yang berada di Cipedes. Batik menjadi oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan dan tetap dilirik hingga saat ini.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Paling Hits

11. Payung Geulis

Payung Geulis
Image Credit: Mystoretasikmalaya.blogspot.com

Selain batik, anda juga bisa menjadikan payung geulis sebagai buah tangan yang unik dan khas dari Tasikmalaya. Berdasarkan artinya, payung geulis yang berarti payung cantik ini memang memiliki model yang sangat menawan dan cantik. Payung payung ini memiliki bentuk yang cantik dan juga unik. Tak heran jika payung geulis juga menjadi salah satu ikon dari kota Tasikmalaya. Payung ini terbuat dari kayu untuk bagian rangkanya.

Sementara untuk bagian penutup dibuat dari kain bordir dengan berbagai motif yang cantik. Ada beberapa ukuran yang bisa dijadikan pilihan bagi anda yang ingin membeli payung geulis ini. Kerajinan khas tasik ini akan dijual cukup tinggi, seperti diameter 66cm yang bisa mencapai Rp. 350 ribuan. Sementara untuk yang lebih besar yakni 84 cm akan dihargai mulai dari Rp. 400 ribuan. Harga tersebut tentunya sesuai dengan keindahan dan kerumitan yang dimilikinya.

12. Kelom Geulis

Kelom Geulis
Image Credit: Trend.koropak.co.id

Satu lagi oleh-oleh yang selain makanan dan bisa anda buru ketika anda singgah di Tasikmalaya. Kelom geulis merupakan kerajinan yang terbuat dari kayu mahoni dan tentunya kerajinan ini dibuat dengan tangan. Kelom Geulis memiliki arti sebagai alas kaki yang cantik sehingga anda bisa memburunya. Terutama untuk para perempuan yang gemar mengkoleksi sandal sandal cantik dengan berbagai motif dan model yang beragam.

Kota Tasikmalaya termasuk ke dalam kota di Jawa Barat yang juga memiliki banyak tempat wisata. Kota ini juga menawarkan berbagai kuliner yang bisa menggoyang lidah anda. Belum lagi oleh-oleh khas Tasik yang memiliki banyak jenis, dari makanan hingga barang yang unik. Jika anda mengunjungi Tasikmalaya, anda bisa memburu beberapa oleh-oleh yang telah disebutkan dalam ulasan sebelumnya. Sudah memutuskan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga yang mana?