Tegal merupakan salah satu kawasan yang terkenal sebagai surganya berburu kuliner. Selain dikonsumsi langsung di tempat, ada pula sederet kuliner yang bisa dijadikan buah tangan terbaik bagi keluarga maupun kerabat terkenal. Selain makanan, masih ada beberapa aksesoris yang tidak kalah menarik untuk dijadikan buah tangan unik. Penasaran apa sajakah oleh-oleh khas dari Tegal yang dimaksudkan? Berikut ulasannya.

1. Latopia atau Pia

Latopia atau Pia
Image Credit: Tribunnews.com

Selama ini Pia identik sebagai salah satu buah tangan khas dari Yogja, namun ternyata kota Tegal juga memilikinya. Dari segi isian memang hampir serupa, namun yang membedakan bisa terlihat dari tekstur kulit bagian luarnya. Pasalnya Pia khas Tegal memiliki kulit lebih tebal dan berukuran lebih jumbo, sehingga kamu bisa menyantapnya lebih puas untuk satu porsinya. Jika bertanya soal rasa, sepertinya tidak perlu dijelaskan bagaimana kelezatan rasanya.

Selama mengkonsumsi camilan ini, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan antara rasa kulitnya yang gurih dan isian berupa kacang hijau yang legit. Harmonisasi dari keduanya, berhasil membuat siapapun yang pernah mencobanya ketagihan. Demi memenuhi selera para penggemarnya, bahkan kini sudah tersedia dalam varian rasa yang cukup berlimpah. Mulai dari kacang hijau, nanas, gula aren, keju, hingga cokelat bisa dipilih sesuai selera.

2. Kacang Bogares

Kacang Bogares
Image Credit: Tokopedia.com (Farizka Shop Tegal)

Namanya tidak lagi asing disebutkan, pasalnya Kacang Bogares dikatakan sebagai salah satu camilan yang cukup terkenal di kota Tegal. Sesuai dengan namanya, camilan yang terbuat dari kacang ini berasal dari desa bernama Bogares di Kabupaten Tegal. Sebagian masyarakat disana lebih memilih menjadi pengrajin kacang, yang bahkan hingga kini produknya laku keras di pasaran karena rasanya yang sedap.

3. Tahu Aci

Tahu Aci
Image Credit: Masakandapurku.com

Tahu Aci sering menjadi incaran empuk para pemudik yang hendak pulang kampung, berkat rasanya yang sedap dan membuat siapapun ketagihan untuk menyantapnya tiada henti. Sebenarnya kuliner unik satu ini terbuat dari tahu kuning yang kemudian ditambahkan dengan tepung kanji, beberapa bumbu rahasia, serta potongan daun kucai. Isiannya tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam tahu yang sudah terpotong menjadi dua bagian secara diagonal.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Semarang yang Murah & Enak

Tahu yang sudah ditambahkan adonan aci akan digoreng hinga matang, lalu ditambahkan dengan aneka pilihan bumbu untuk meningkatkan rasa. Camilan satu ini paling nikmat ketika disantap saat hangat bersama dengan cabe rawit. Bahkan camilan sederhana ini mudah ditemukan, mengingat para penjualnya bisa ditemukan di setiap sudut kota. Jika ingin disantap selagi panas, akan lebih baik jika kamu membeli yang masih mentah untuk digoreng di rumah.

4. Manisan Cerme

Manisan Cerme
Image Credit: Manisancermekhastegal.id.tc

Selama berkeliling di kota Tegal, mungkin kamu bisa menemui beberapa pedagang tengah menawarkan manisan cerme. Umumnya camilan unik satu ini banyak ditemukan di kawasan wisata Guci Tegal, dimana masyarakatnya notabene berprofesi sebagai para petani yang menanam cerme. Hasil panennya didistribusikan di pasar tersebut bersamaan dengan menawarkan aneka sayuran dan buah buahan segar lainnya.

Warnanya yang merah dan tampak segar, selalu berhasil menyita perhatian untuk segera membelinya. Dan benar saja, camilan yang terbuat dari buah cerme satu ini memiliki rasa manis namun terdapat sedikit masam berhasil membuat kecanduan. Dikemas dengan apik agar tidak mudah tumpah, membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan yang tidak boleh dilewatkan. Apakah kamu sudah pernah mencicipinya ?

5. Keripik Tahu

Keripik Tahu
Image Credit: Was-was.com

Berkunjung ke kota Tegal akan terasa hampa tanpa membeli buah tangan. Salah satu camilan lain yang bisa dijadikan sebagai buah tangan adalah Kripik Tahu. Rasanya yang gurih nan renyah, dirasa cocok dijadikan sebagai teman beristirahat dikala senggang. Harganya pun cukup bersahabat, sehingga tidak ada salahnya memborong dalam jumlah banyak dan disantap bersama dengan keluarga di rumah.

6. GuCheez

GuCheez
Image Credit: Shopee.co.id (Yennysarwono)

GuCheez tampaknya harus masuk ke dalam list oleh oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung ke kota Tegal. Buah tangan kekinian ini sebenarnya adalah roti yang berisikan nanas madu lalu dibalut bersamaan dengan adonan empuk, susu, dan keju. Kombinasi isiannya tersebut, sangat lembut di mulut dan memiliki rasa yang sangat lezat. Dapat bertahan hingga 10 hari lamanya, oleh karennaya jajanan ini sangat cocok dijadikan oleh oleh.

7. Pilus Kletuk

Pilus Kletuk
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Pilus sedari dulu sudah dijadikan sebagai camilan terbaik sebagian masyarakat tanah air sembari menikmati waktu bersantai. Jika terbiasa menjadikannya camilan favorit, tampaknya kamu harus membeli Pilus Kletuk khas Tegal. Meski sama sama disebut sebagai pilus, camilan dari Tegal ini berbeda dari pilus kebanyakan. Pasalnya Pilus Kletuk hanyalah adonan tepung yang dibentuk bulat tanpa ada isian kacang di dalamnya.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Salatiga yang Murah & Enak

Selain dari segi isi, ukuran si Pilus Kletuk juga lebih mungil dibandingkan dengan pilus kacang biasa. Namun jika sudah menyangkut soal rasa, maka pilus khas Tegal ini tidak boleh diremehkan. Perpaduan rasa asin nan gurihnya tampak menyatu sempurna di mulut, yang justru membuatmu ketagihan untuk menyantapnya lagi seakan tanpa henti. Ditambah lagi suara kletuk yang dikeluarkan saat menggigitnya, seakan membawa kepuasan tersendiri.

8. Kue Kamir

Kue Kamir
Image Credit: Cookpad.com

Kue Kamir merupakan satu dari sejumlah jajanan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan khas Tegal. Meski sebenarya buah Khamir ini termasuk kuliner khas Pemalang, hanya saja jajanan ini cukup populer di Tegal. Kepoulerannya sendiri berasal dari rasanya yang sedap dan legit sejak gigitan pertama, sehingga wajar saja jika masyarakat Tegal menjadikannya sebagai camilan sehari hari yang tidak boleh dilewatkan.

Jika dilihat sekilas, camilan sederhana ini tampak seperti jajanan apem atau serabi berkat bentuknya yang bundar nan menggemaskan. Ada beberapa hal yang membedakannya dengan jajanan tradisional lainnya, dimana perbedaan tersebut terletak pada ukurannya yang sedikit lebih jumbo dan terasa lebih padat. Oleh karenanya, camilan sedap satu ini sangat cocok sebagai pengganjal ketika merasa lapar sebelum masuk jam makan berikutnya.

9. Telur Asin

Telur Asin
Image Credit: Kompas.com

Selain makanan siap santap lainnya, para pelancong juga bisa menjadikan telur asin sebagai buah tangan unik yang mungkin tidak terfikirkan sebelumnya. Dengan rasanya yang gurih, asin, dan sedap, wajar saja jika kuliner satu ini banyak diburu oleh para pelancong saat hendak kembali ke kampung halamannya. Harganya pun cukup bersahabat, sehingga tidak jarang pula yang membelinya dalam jumlah yang besar.

10. Teh Tegal

Teh Tegal
Image Credit: Indonesia.go.id

Dijuluki sebagai kota Bahari, namun tidak ada yang menyangka bahwa Tegal mampu memproduksi teh unggulan yang ada di Indonesia. Tidak tanggung tanggung, bahkan setidaknya Tegal memiliki 4 pabrik teh populer yang menggunakan daun teh pilihan dari hasil tani di kawasan tersebut. Mengetahui potensi tersebut, maka tidak ada salahnya membeli teh khas Tegal untuk dikonsumsi sendiri maupun dijadikan sebagai buah tangan.

11. Mug Tanah Liat

Mug Tanah Liat
Image Credit: Tokopedia.com (Kedai Cantik)

Bosan menjadikan makanan sebagai buah tangan namun bingung ingin membeli hadiah bagi keluarga yang sudah menunggu di rumah ? Tidak perlu risau, karena kamu bisa membeli Mug Tanah Liat sebagai alternatifnya. Souvenir sederhana namun menggemaskan ini, mudah ditemukan di berbagai toko souvenir yang ada di kota Tegal. Sedangkan dari segi harga, dijamin tidak akan menguras isi dompetmu dalam sekali beli.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Magelang yang Paling Populer

12. Kaos Galgil

Kaos Galgil
Image Credit: Kaos-galgil.business.site

Ingin mencari buah tangan yang tidak hanya dijadikan sebagai pajangan semata ? Sepertinya membeli Kaos Galgil adalah keputusan cerdas, mengingat pakaian kemungkinan akan dikenakan oleh sang penerimanya. Merk kaos satu ini cukup terkenal di Tegal, dimana semua produknya ditawarkan dengan harga bersahabat dan berkualitas jempolan. Bukan hanya kaos semata, sebab disini masih banyak jenis barang lain yang tidak kalah menarik untuk dibeli.

Beberapa barang yang ditawarkan seperti tas, sandal yang dilengkapi tulisan nasihat maupun plesetan bahasa ngapak Tegal, dan masih banyak lainnya. Warna dan ukurannya pun cukup beragam, sehingga kamu hanya perlu memastikan ukuran baju maupun sandal yang pas bagi sang penerima oleh oleh tersebut. Meski cukup sederhana, dijamin buah tangan ini lebih awet digunakan dan nyaman dikenakan.

13. Poci Tanah Liat

Poci Tanah Liat
Image Credit: Dayyamesin.com

Sejak dahulu masyarakat Indonesia gemar membuat teh menggunakan poci yang terbuat dari tanah liat. Meski kini budaya tersebut mulai sirna, namun ternyata kota Tegal masih menerapkannya hingga saat ini. Menurut masyarakat setempat, menyeduh teh menggunakan poci mampu menghasilkan citarasa yang berbeda dan terasa lebih nikmat.

Perbedaan tersebut dapat dirasakan dari aroma yang dikeluarkan, rasa manis, tingkat kekentalan dirasa lebih sempurna ketika menggunakan poci. Oleh karenanya, kamu bisa membeli poci sebagai pelengkap ketka membeli teh khas Tegal. Oleh oleh satu ini pun cukup mudah ditemukan, bahkan kamu bisa membelinya si supermarket tertentu dengan harga yang terbilang ramah di kantong.

Terkenal sebagai tempat berburu makanan khas dengan harga murah nan sedap, wajar saja jika Tegal seringkali dikunjungi oleh para pemburu kuliner. Sebelum pulang ke daerah asal, rasanya akan belum lengkap tanpa membeli buah tangan unik untuk dijadikan sebagai kenang kenangan ataupun diberikan kepada kerabat maupun keluarga. Mulai dari jajanan khas Tegal hingga aneka aksesoris cantik bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh khas terbaik.