Temanggung terkenal kaya akan keberagaman kuliner dan kerajinannya. Deretan kuliner dan buah tangan selalu diburu oleh wisatawan dijadikan sebagai oleh-oleh khas Temanggung untuk sanak saudara maupun teman.

Hari libur sudah semakin dekat, berkunjung ke Temanggung bisa menjadi ide yang baik. Salah satu kabupaten di daerah Jawa Tengah tersebut memang mempunyai banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Tidak lupa, setelah pulang dari sana jangan ketinggalan membawa oleh-oleh khasnya. Apa saja buah tangan dari kota perwira Temanggung yang paling diminati wisatawan? Yuk simak ulasan berikut.

1. Ketan Gudig

Ketan Gudig
Image Credit: Temanggungkuliner.blogspot.com

Ketan gudig menjadi kuliner pertama yang wajib untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh dari Temanggung. Ketan gudig ini berupa jajanan manis, yang biasanya seringkali dijadikan hidangan untuk jamuan pesta hajatan. Selain sebagai hidangan pesta, menu satu ini sekarang juga populer sebagai oleh-oleh khas dari Temanggung.

Rasanya yang manis dengan tekstur lembut sangat cocok untuk disantap sembari minum teh di sore hari. Camilan tradisional yang mempunyai bahan dasar beras ketan, yang kemudian dicampur dengan kacang gelandang tersebut bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh di wilayah Temanggung.

2. Keripik Emping

Keripik Emping
Image Credit: Republikseo.net

Siapa yang tidak suka dengan keripik, rasanya setiap olahan keripik selalu populer di masyarakat. Karena cocok dijadikan sebagai teman makan nasi, atau hanya dikonsumsi ketika ngobrol ngobrol santai. Di Temanggung, terdapat keripik emping yang juga cukup terkenal sebagai oleh-oleh dari daerah setempat.

Meski keripik emping mungkin juga banyak ditemukan di daerah Jawa Timur, namun camilan dari Temanggung satu ini mempunyai cita rasa khas yang sedikit berbeda. Jika biasanya Anda dapat merasakan sedikit rasa pahit pada keripik emping, maka pada keripik emping Temanggung ini Anda hanya akan merasakan rasa gurih akibat dari tambahan rempah tradisionalnya.

3. Jaddah

Jaddah
Image Credit: Facebook.com @bayu.purnoto

Jaddah menjadi kuliner berikut yang tidak boleh Anda lewatkan dari Temanggung. Jajanan satu ini merupakan makanan tradisional, yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. Jaddah diolah dengan cara digoreng, sehingga teksturnya kenyal namun ada rasa renyah renyah gurih di bagian luar. Anda tentu bisa dengan mudah mendapatkannya di seluruh Temanggung.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Salatiga yang Murah & Enak

4. Ndas Borok

Ndas Borok
Image Credit: Facebook.com @andunk.bayumur

Bagi masyarakat Jawa, ketika mendengar nama ndas borok mungkin akan mengernyitkan dahi. Sebab jika di dalam bahasa Jawa, nama tersebut mirip dengan penyakit. Meski sebutannya seperti itu, namun jajanan satu ini banyak disukai oleh orang karena rasanya yang begitu lezat sekaligus legit. Nikmat untuk dikonsumsi dalam berbagai kondisi.

Jenis jajanan tradisional tersebut semakin digemari karena umumnya masih diolah dengan cara yang tradisional pula. Sehingga rasanya tidak pernah berubah sejak dulu, masih begitu lezat dan khas. Bahan utama dari ndas borok sendiri yaitu singkong, yang diparut lalu dicampur dengan irisan gula jawa serta parutan kelapa.

5. Lento

Lento
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Panganan lain yang juga cocok dijadikan sebagai buah tangan setelah bertandang ke Temanggung yakni lento. Lento ini juga terbuat dari bahan dasar singkong, namun tidak semua singkong bisa digunakan sebagai bahan pembuat lento. Karena hanya singkong muda yang digunakan, kemudian dimasak hingga lembut dan dibentuk seperti perkedel.

Selain singkong, bahan bahan tambahan lain untuk membuat lento di antaranya kacang hijau, tepung, dan lain sebagainya. Anda bisa dengan mudah menemukan lento di toko toko maupun pusat buah tangan di Temanggung. Bahkan jika melakukan blusukan ke dalam pasar, Anda juga bisa menemukan lento dengan harga yang sangat terjangkau.

6. Mendut Siram Santan

Mendut Siram Santan
Image Credit: Dapur-bunda-pintar.blogspot.com

Meski tidak bisa bertahan terlalu lama layaknya oleh-oleh lain, namun nama jajanan mendut siram santan selalu masuk ke dalam daftar buah tangan yang harus Anda bawa dari Temanggung. Hal ini karena rasanya yang begitu lezat dan khas, sehingga banyak wisatawan yang selalu memburunya untuk dikonsumsi selama perjalanan atau dibawa pulang.

Bisa dikatakan bahwa mendut siram santan tersebut mempunyai visual yang nyaris mirip dengan kue mochi, yang berasal dari negara Jepang. Namun kue jajanan tradisional ini mempunyai bahan dasar beras ketan, yang kemudian diberi tambahan isian gula merah di bagian dalamnya. Anda cukup mengeluarkan biaya terjangkau untuk merasakan kelezatannya.

7. Entho Cothot

Entho Cothot
Image Credit: Enthocotot.blogspot.com

Temanggung memang mempunyai banyak kuliner yang berbahan dasar singkong, salah satunya yaitu Entho Cothot satu ini yang juga menjadi oleh-oleh khasnya yang terkenal. Cita rasa dari Entho Cothot sendiri sangat nikmat, dan disebut sebut mempunyai rasa yang luar biasa. Jajanan satu ini diolah dengan cara digoreng, kemudian diberi tambahan cairan gula pasir di dalamnya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tegal yang Murah & Enak

Dari luar bentuknya seolah terlihat seperti pastel, namun begitu digigit Anda akan merasakan rasa manis yang menguar di dalam indera pengecap. Selain nikmat, Entho Cothot ditawarkan dengan harga yang relatif murah meriah. Sehingga menambah kepopulerannya di mata para wisatawan. Tentunya Anda juga bisa dengan mudah menemukan kuliner satu ini di tengah kota.

8. Balung Kuwuk

Balung Kuwuk
Image Credit: Facebook.com @astri.t.eyexx

Berikutnya ada balung kuwuk, salah satu hidangan yang tidak kalah populer di mata masyarakat. Balung kuwuk terbuat dari singkong atau ketela yang kemudian diiris tipis tipis, sehingga membentuk rupa keripik. Irisan dari singkong tersebut selanjutnya dijemur hingga kering, lalu digoreng dan diberi bumbu bumbu rahasia sehingga rasanya menjadi sangat gurih dan nikmat.

Saat ini, Anda bisa menemukan jajanan balung kuwuk dalam berbagai varian rasa. Sebab semakin kesini, banyak pedagang yang melakukan inovasi terhadap jenis makanan tersebut. Dengan kemasan yang cukup praktis, banyak pusat oleh-oleh yang menjajakan balung kuwuk dengan harga terjangkau. Sehingga Anda tidak boleh melewatkannya ketika berkunjung ke Temanggung.

9. Kerajinan Sepatu Rajutan

Kerajinan Sepatu Rajutan
Image Credit: Shopee.co.id

Selain aneka kuliner, Anda juga bisa membawa cinderamata berupa barang yang dapat dijadikan sebagai kenang kenangan. Jadi ketika menggunakannya, Anda seketika akan langsung teringat dengan Temanggung. Salah satu barang kerajinan tangan yang patut Anda buru yaitu sepatu rajutan khas dari daerah ini.

Kerajinan tangan sepatu rajut tersebut dibuat dengan menggunakan benang warna, sehingga diperoleh tampilan cantik dan menawan ketika dikenakan. Mulai dari sepatu anak anak, hingga orang dewasa bisa Anda dapatkan dengan harga yang bervariasi. Tentunya semakin detail dan cantik sepatu, maka harga yang dibanderol juga jauh lebih tinggi.

10. Kerajinan Kayu

Kerajinan Kayu
Image Credit: Batuholiday.com

Selain kerajinan tangan berbentuk rajutan sepatu, daerah Temanggung juga banyak memproduksi kerajinan kayu yang sangat dijadikan sebagai souvenir untuk dibawa pulang. Beberapa barang kerajinan kayu yang bisa Anda pilih di antaranya bingkai foto, nampan, kotak perhiasan, cobek dan ulekan, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentunya semua kerajinan kayu tersebut 100 persen dibuat dari tangan warga lokal. Sehingga membelinya berarti sama dengan memajukan perekonomian masyarakat setempat. Harga yang ditawarkan untuk setiap kerajinan tangan juga cukup bervariasi, tergantung dari barang apa yang ingin Anda beli.

11. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu
Image Credit: Facebook.com (TIC Jawa Tengah)

Jika ingin barang yang lebih awet dari kayu, maka Anda bisa memilih kerajinan yang terbuat dari bambu. Di Temanggung, Anda bisa menemukannya dengan mudah yang tentunya tanpa merogoh kocek dalam. Beberapa produk dari bambu yang dapat Anda pilih di antaranya lampu bambu, kapal kapalan, miniatur berbagai transportasi, dan lain sebagainya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pemalang yang Paling Populer

Kerajinan satu ini akan sangat cocok untuk dipajang di rumah, baik di ruang tamu maupun di dalam kamar. Beberapa produk bahkan menyajikan tulisan Temanggung yang bisa Anda pilih. Jadi ketika melihatnya, Anda bisa mengingat bagaimana pengalaman liburan menyenangkan yang pernah dilalui di kota perwira tersebut.

12. Kerajinan Gerabah Tanah Liat

Kerajinan Gerabah Tanah Liat
Image Credit: Facebook.com (TIC Jawa Tengah)

Ada lagi kerajinan lain yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda jadikan sebagai cinderamata, yaitu kerajinan gerabah tanah liat. Kreativitas dari warga lokal memang tidak main main, di sini Anda bisa menemukan banyak sekali kerajinan gerabah dalam berbagai bentuk. Mulai dari teko, tatakan gelas, gelas, dan masih banyak lagi.

13. Relief Tembaga Kuningan

Relief Tembaga Kuningan
Image Credit: Kerajinanindonesia.id

Ingin mempunyai kerajinan yang lebih unik ? Maka relief tembaga kuningan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena kerajinan tangan satu ini sangat detail, dan terlihat berkelas. Terdapat cukup banyak bentuk lukisan, kaligrafi, lampu gantung, maupun barang lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Harganya dibanderol sesuai dengan tingkat kerumitan dari reliefnya.

14. Anyaman Mendong

Anyaman Mendong
Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Ada lagi bentuk kerajinan tangan lain yang semakin menegaskan kepiawaian tangan warga lokal, yaitu anyaman mendong. Beberapa bentuk anyaman yang ditawarkan di antaranya tas, tempat pensil, wadah tissue, dan juga sandal. Meski merupakan produk lokal, kualitas seninya tidak perlu Anda pertanyakan lagi karena terlihat begitu indah dan menawan.

15. Batik Mliwis

Batik Mliwis
Image Credit: Antaranews.com

Temanggung juga mempunyai kain batik khas yang juga cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Jenis kain batik mliwis bahkan sudah dilestarikan sejak tahun 1966 silam, dan saat ini banyak ditawarkan di berbagai pusat oleh-oleh di Temanggung. Kain tradisional ini sendiri mempunyai corak dengan gambar burung, yang terkenal akan mitos Angling Dharma.

Ternyata selain mempunyai banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi, Temanggung juga memiliki deretan oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang. Bahkan tak hanya berbentuk kuliner, buah tangan dari kota perwira ini juga ada yang berbentuk barang. Sehingga bisa dijadikan sebagai penanda kunjungan Anda ke daerah Temanggung.