Bingung Ingin Membeli Apa di Thailand? Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Negeri Gajah Putih yang paling populer dan wajib Anda bawa pulang.

Menikmati liburan dengan keluarga adalah kegiatan yang paling menyenangkan untuk bisa dilakukan. Bagaimana tidak, dengan liburan inilah waktu bersama keluarga akan semakin banyak dan tentunya bisa jalan-jalan.

Tak ada salahnya jika mencoba sensasi baru dengan berwisata ke negara favorit di Asia Tenggara. Ya negara itu adalah Thailand. Siapa yang tak tahu tentang Thailand? Negara kawasan Asia yang merupakan tanah kelahiran dari anggota girlband ternama Korea yaitu Lisa Blackpink.

Akan tetapi itu hanya menjadi setitik faktor yang membuat Thailand terkenal. Mengingat jika kuliner dan oleh-oleh khas dari Thailand menjadi daya pikat tersendiri untuk membuat wisatawan berdatangan.

1. Thai Tea Instan

Thai Tea Instan
Image Credit: Carousell.com

Thai Tea Instan merupakan minuman khas Thailand yang kini keberadaannya mulai menyebar ke negara-negara lain. Termasuk negara Indonesia. Rasanya yang cukup unik dan segar membuat Thai Thea Instan sangat banyak disukai oleh masyarakat.

Bahan dasarnya ialah perpaduan antara wanginya teh alami dengan susu kental yang manis. Meski di Indonesia juga sudah banyak yang menjualnya, tapi tak ada salahnya jika membeli oleh-oleh ini untuk saudara di rumah.

2. Produk Fashion

Produk Fashion
Image Credit: Bp-guide.id

Berbicara tentang oleh-oleh tak lengkap rasanya jika tak membeli produk fashion. Di negara Thailand sangat terkenal dengan surganya wisata perbelanjaan. Sebab di negara ini memiliki beragam produk fashion yang bisa dijadikan buah tangan oleh wisatawan.

Di pusat belanja wisatawan bisa memilih berbagai produk fashion seperti topi, tas, dompet, dsb yang semua itu merupakan kerajinan tangan khas Thailand. Selain itu, harga dari tiap produk yang ditawarkan tak akan menghabiskan uang wisatawan, karena sangat terjangkau.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Thailand yang Paling Populer

3. Pernak-Pernik khas Thailand

Pernak-Pernik khas Thailand
Image Credit: Blog.reddoorz.com

Pengunjung tak hanya bisa membeli produk fashion atau kulinernya saja. Melainkan juga pernak-pernik khas dari negara itu. Semua pernak-pernik yang bisa dibeli memiliki kualitas yang baik dan berbentuk lucu-lucu.

Sehingga tak heran jika banyaknya wisatawan yang datang ternyata ingin pula memiliki barang-barang mungil itu. Harganya yang murah juga membuat orang tak segan untuk memborong semua pernak-pernik khas Thailand itu.

4. Mie Instan Khas Thailand

Mie Instan Khas Thailand
Image Credit: Flickr.com @rusty_clark

Di negara ini mie instannya juga tak kalah populer dengan yang dimiliki Indonesia. Terbukti jika ada wisatawan yang berkunjung ke sana, pasti akan membawa pulang oleh-oleh Mie Instan Khas Thailand.

Mie Instan Khas Thailand sering juga disebut dengan istilah “MAMA”. Mie dengan jenis ini memiliki beragam varian rasa yang menarik, salah satunya adalah Tom Yum yang bercita rasa sangat enak. Sehingga tak heran jika kebanyakan wisatawan ingin mencicipi Mie Instan Khas Thailand.

5. Pad Thai Instan

Pad Thai Instan
Image Credit: Importfood.com

Mengunjungi negara Thailand rasanya tak berkesan jika tanpa membawa oleh-oleh apapun. Salah satunya dengan membeli Pad Thai Instan untuk buah tangan yang akan di bawa pulang. Jajanan instan satu ini merupakan kuliner khas yang adanya cuma di negara Thailand.

Sebab, cita rasa dari Pad Thai Instan yang dilansir lezat itu hanya bisa diracik oleh Thailand itu sendiri. Oleh karenanya, Pad Thai Instan menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Thailand.

6. Keripik Durian

Keripik Durian Thailand
Image Credit: Kumparan.com

Durian merupakan buah yang memiliki cita rasa manis dengan bau yang sangat menggoda untuk para pecintanya. Ternyata buah yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia itu juga ditemukan di Thailand. Malahan di negara ini durian diolah menjadi jajanan seperti keripik durian.

Keripik durian ini menjadi jajanan yang paling ramai peminat, mengingat tak semua negara bisa ditemukan durian. Sentuhan varian rasa yang beragam pada keripik durian membuat oleh-oleh satu ini bisa di bawa pulang untuk kerabat di rumah.

7. Manisan Buah

Manisan Buah Thailand
Image Credit: Blog.airpaz.com

Ada lagi jajanan khas Thailand yang terbuat dari olahan buah yaitu Manisan Buah. Tak heran jika memang Thailand memiliki beberapa olahan makanan yang berbahan dasar buah. Mengingat jika negara tetangga ini juga banyak menghasilkan buah-buahan yang beragam seperti Indonesia.

BACA:  15 Makanan Khas Thailand yang Lezat & Wajib Anda Coba

Untuk bisa mendapatkan Manisan Buah, Thailand sudah menyiapkan tempat khusus seperti Pasar Oleh-Oleh dan Pusat Oleh-Oleh. Sehingga hal itu akan mempermudah wisatawan untuk mencari buah tangan yang mereka inginkan.

8. Snack Rumput Laut

Snack Rumput Laut
Image Credit: Tiket.com

Di Thailand snack ini memiliki nama Tao Kae Noi yang diartikan sebagai jajanan ringan yang berbahan baku rumput laut. Meski di Indonesia juga banyak sekali ditemukannya jajanan seperti ini, tapi tak salah jika ingin mencoba dari negara lain.

Tao Kae Noi atau Snack Rumput Laut juga banyak tersedia di pusat oleh-oleh. Tampilannya yang dibuat menarik dengan taburan bumbu khas Thailand membuat jajanan ini sangat rekomendasi untuk dibeli.

9. Souvenir Tuk-Tuk

Souvenir Tuk-Tuk
Image Credit: Bukalapak.com

Tuk-Tuk adalah sebutan untuk alat transportasi tradisional negara Thailand. Di Indonesia sendiri Tuk-Tuk lebih mirik dengan bajai, hanya saja tampilan kendaraan yang ada di Thailand lebih menarik. Souvenir Tuk-Tuk juga dapat menjadi oleh-oleh khas Thailand yang sangat cocok untuk dibawa pulang.

Selain karena harganya yang cukup murah Souvenir Tuk-Tuk juga bertuliskan nama Thailand yang bisa menjadi ciri khas tersendiri untuk barang ini. Tak hanya itu saja, souvenir ini juga menjadi oleh-oleh yang menjadi sorotan dunia, karena memang Tuk-Tuk adalah ikon dari negara Thailand.

10. Celana Muay Thai

Celana Muay Thai
Image Credit: Tokopedia.com

Muay Thai merupakan sejenis olahraga bela diri yang berasal dari Thailand. Bahkan olahraga ini sudah melegenda di seluruh negara. Oleh karenanya di Thailand dapat ditemukan banyak oleh-oleh berupa Celana Muay Thai.

Bahkan di setiap toko memiliki celana ini untuk dijual pada wisatawan. Gambarnya yang unik khas negaranya membuat celana ini juga sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

11. Beras Melati

Beras Melati Thailand
Image Credit: Batamfm.com

Jika Indonesia beras pandan wangi, maka Thailand memiliki Beras Melati yang juga terkenal. Sesuai dengan namanya, ciri khas dari Beras Melati adalah baunya yang seperti melati ketika di masak.

Selain itu, tiap bulir beras memiliki perbedaan yang mencolok dengan beras Indonesia. Bentuknya yang memanjang dan sangat lembut membuat beras ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

BACA:  10 Wisata Pantai di Thailand yang Paling Hits

12. Kain Sutra

Kain Sutra Thailand
Image Credit: Alibaba.com

Rekomendasi buah tangan selanjutnya adalah kain sutra khas Thailand. Di Thailand hasil olahan sutra didominasi oleh corak dan warna yang terang. Meski ada beberapa yang memiliki warna kalem, namun yang mencolok lebih banyak jumlahnya.

Nah, meskipun di Indonesia juga memiliki olahan kain sutra sendiri, tapi tak ada salahnya jika mencoba kain sutra dari Thailand. Tak hanya dalam bentuk kain saja yang bisa dibeli melainkan juga sudah diolah menjadi produk jadi seperti dompet, sarung bantal, selendang dll.

13. Porselen Benjarong

Porselen Benjarong
Image Credit: Thaipothonggiftshop.com.au

Porselen Benjarong adalah souvenir cantik yang berbentuk seperti guci, gelas, asbak dan lain-lain yang menjadi barang khas dari Thailand. Konon katanya Porselen Benjarong hanya dibuat dan dipakai untuk keluarga kerajaan saja.

Namun, seiring perkembangan jaman benda itu malah semakin banyak diperjual belikan karena diminati oleh wisatawan. Coraknya yang unik dengan perpaduan warna yang cantik membuat Porselen Benjarong sangat laris untuk menjadi oleh-oleh khas Thailand.

14. Snack Thailand

Snack Thailand
Image Credit: Enaknyakemana.com

Makanan ringan seperti snack memang sangat banyak beredar di belahan dunia. Salah satunya adalah di Thailand. Namun, uniknya snack di sana memiliki bahan dasar yang berbeda.

Misalnya saja ada Squidy yang berbahan dasar cumi-cumi, lalu Taro yang berbahan dasar ikan serta Royal Chitralada yang berbahan dasar susu. Semuanya wajib dicoba jika berada di negara ini.

15. Sabun Beras

Sabun Beras Thailand
Image Credit: Agensabunberasthailandtermurah.blogspot.com

Tak hanya kuliner ataupun souvenirnya saja yang bisa dibeli untuk oleh-oleh dari Thailand. Melainkan ada Sabun Beras Khas Thailand yang juga rekomendasi untuk dicoba.

Bahan dasar dari sabun beras sendiri yaitu kombinasi antara beras dan susu. Sehingga membuat kulit akan lebih bersih dan lembut. Oleh karenanya sabun beras juga bisa menjadi buah tangan yang bermanfaat.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Thailand yang paling terkenal dan patut untuk dicoba. Jika pergi ke sana jangan lupa untuk membeli buah tangan di atas, agar mengetahui perbedaan souvenir dan kuliner Thailand dengan Indonesia.