Tulungagung dikenal memiliki wisata pantai yang indah dan juga menawarkan berbagai kuliner khas yang terkenal. Inilah beberapa jenis oleh-oleh khas dari Tulungagung yang menarik dibawa pulang, baik berupa kerajinan atau makanan khas yang unik.

Saat berkunjung ke Tulungagung, Jawa Timur, Anda pun bisa mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di kota tersebut. Namun tak hanya itu saja, Anda juga berkesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh khas Tulungagung yang unik dan paling diburu oleh wisatawan. Apa saja jenisnya? Simak rekomendasi buah tangan berikut ini.

1. Kerupuk Gadung

Kerupuk Gadung
Image Credit: Lazada.co.id

Oleh-oleh pertama yang bisa Anda bawa pulang saat berlibur di Tulungagung adalah Kerupuk Gadung. Kerupuk satu ini terbuat dari bahan dasar yakni gadung. Gadung sendiri merupakan sejenis singkong yang memiliki kandungan getah cukup berbahaya. Oleh karena itu, di dalam mengolah gadung tidak boleh sembarangan karena mampu memabukkan dan menimbulkan efek pusing.

Untuk itu, biasanya hanya orang orang tertentu saja yang mampu membuat dan mengolah kerupuk satu ini dengan benar. Proses pembuatannya pun dapat dikatakan sulit dan terbilang tidak mudah. Akan tetapi, Anda nantinya akan bisa mendapatkan kerupuk dengan rasa yang sangat istimewa. Untuk itu, selagi berada di Tulungagung, Anda bisa membawa pulang camilan satu ini.

2. Ledre

Ledre
Image Credit: Twitter.com @mew1517

Makanan selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah adalah Ledre. Ledre sendiri merupakan salah satu kuliner khas Tulungagung yang terbuat dari pisang. Camilan ini bisa Anda jadikan referensi untuk oleh-oleh karena cukup populer dan kerap kali diburu oleh wisatawan.

Apabila Anda perlu mengkonsumsi stick roll atau kue semprong, tentunya sudah tidak asing lagi dengan bentuk dari ledre ini. untuk teksturnya sendiri, ledre memiliki rasa yang terbilang cukup renyah sekaligus gurih. Ledre yang berasal dari Tulungagung ini juga dikenal dengan aromanya yang sangat harum.

Ketika Anda membawa kuliner satu ini untuk dibawa pulang, ada berbagai pilihan rasa yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah coklat yang memiliki rasa manis dan sangat enak. Karena ledre termasuk salah satu camilan dengan tekstur krispy, ada baiknya Anda memilih wadah kotak dibanding plastik. Hal ini bertujuan untuk menghindari agar ledre tidak rusak selama berada di perjalanan.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Madiun yang Murah & Enak

3. Manisan

Manisan
Image Credit: Facebook.com @suchii.affnyy

Kuliner lain yang berasal dari Tulungagung dan cocok untuk dijadikan buah tangan adalah manisan. Makanan ini memang sangat tidak asing, karena beberapa daerah juga memiliki makanan khas satu ini. Namun, ketika berada di Tulungagung Anda pun akan menemukan manisan yang berbeda dari biasanya.

Hal ini karena manisan tersebut memiliki bahan utama yakni jahe. Jahe tersebut telah dipilih yang terbaik dan berkualitas. Kemudian, pembuatannya sendiri yakni ditambah dengan tepung dan juga gula untuk menambah rasa manis. Selanjutnya, ketika akan disajikan, manisan ini akan diberikan taburan wijen.

Untuk soal rasa tak perlu diragukan lagi, pastinya akan membuat Anda ketagihan. Manisan satu ini tak hanya memiliki rasa yang enak saja, melainkan juga sangat bagus untuk kesehatan Anda. Oleh-oleh satu ini pun dapat menjadi buah tangan unik yang bisa Anda berikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

4. Manco

Manco
Image Credit: Facebook.com @ita.tune.9

Manco adalah jajanan khas Tulungagung yang biasanya disuguhkan ketika momen lebaran tiba. Kue satu ini memiliki bentuk lonjong lonjong dengan ukuran yang kecil. Meskipun Anda kerap kali mendapatinya dijual di kota lain, namun jangan salah karena manco yang ada di kota Tulungagung ini menggunakan bahan yang berbeda dengan yang lain.

Untuk itu, Anda pun bisa membelinya untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut. Jajanan ini terbuat dari bahan utama yakni tepung beras ketan yang dicampur dengan gula jawa dan air. Kemudian, adonan tersebut diaduk hingga kalis dan dimasukkan ke tempat yang telah dilumuri wijen. Setelah itu, jajanan ini akan digoreng hingga berubah warna menjadi kecoklatan.

5. Jenang Syabun

Jenang Syabun
Image Credit: Twitter.com @bistihana

Oleh-oleh khas ini dikenal memiliki rasa yang manis dan legit. Untuk itu, bagi Anda yang menyukai kuliner manis dan unik, disarankan untuk mencoba jenang syabun yang khas satu ini. bahan utama dari jenang tersebut adalah beras ketan pilihan. Sehingga nantinya Anda akan bisa merasakan tekstur yang kenyal dan rasa yang legit pada gigitan pertama.

Untuk tampilan permukaan dari makanan satu ini bisa dibilang sangat licin dan halus. Namun, untuk bagian dalamnya sendiri sangat lembut dan juga memiliki aroma yang manis. Jenang Syabun ini memiliki model yang mirip dengan dodol. Akan tetapi, jenang ini hanya memiliki satu rasa saja. sehingga Anda pun wajib untuk membawanya pulang.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Tuban yang Paling Populer

6. Kue Sagon

Kue Sagon Tulungagung
Image Credit: Twitter.com @sultonyschmad

Kue yang memiliki bahan utama dari sagu ini menjadi oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda pilih. Selain sagu, pada kue ini juga ditambahkan kelapa dan tepung ketan untuk menambah selera. Cara pembuatannya sendiri yakni dicetak sehingga berbentuk bulat setengah lingkaran.

Bagi Anda yang penasaran akan rasanya, ada baiknya ketika berada di Tulungagung, Anda bisa mencoba untuk membelinya. Kue satu ini memang sangat cocok sebagai teman untuk minum teh atau kopi di sore hari. Aroma yang lezat dari kelapa tersebut akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya.

7. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang
Image Credit: Facebook.com @gethukpisang.bariklana

Buah tangan unik lainnya yang bisa Anda temui ketika berada di Tulungagung adalah Gethuk Pisang. Oleh-oleh satu ini memiliki bentuk yang serupa dengan lontong. Akan tetapi, untuk tekstur dan warna dari gethuk ini tentunya sangat berbeda dengan lontong. Sebab, gethuk pisang memiliki warna merah kecoklatan yang cenderung mirip dengan terasi.

Untuk Anda yang ingin membelinya, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya di toko oleh-oleh yang tersebar di kabupaten ini. Pisang yang biasanya digunakan untuk membuat gethuk ini juga tidak sembarang pisang. Melainkan haruslah pisang kepok atau pisang ambon.

Hal ini bertujuan agar rasa gethuk tetap manis dan memiliki aroma yang sedap. Cara mengkonsumsi makanan satu ini adalah dengan memotong bagiannya secra bulat bulat. Nantinya Anda pun akan mendapatkan tekstur yang sangat lembut sekaligus empuk ketika mengunyahnya.

8. Madumongso

Madumongso
Image Credit: Twitter.com @bistihana

Kuliner satu ini mungkin telah sering Anda dengar, terutama bagi Anda yang berdomisili di Pulau Jawa. Camilan yang terbuat dari bahan utama madu dan juga ketan hitam dan ketan putih yang dicampur dengan beberapa bahan lain ini memang dikenal dengan rasanya yang manis. Untuk resepnya sendiri, ada beberapa yang ketannya dibuat dan difermentasikan terlebih dahulu menjadi tape.

Madu mongso ini merupakan salah satu kuliner yang biasa Anda temui dengan kemasan panjang panjang. Biasanya dibungkus dengan memakai kertas warna warni dan banyak ditemukan di pusat oleh-oleh. Untuk bentuk dari tampilannya sendiri yakni menyerupai permen. Anda pun bisa menemukan kudapan ini ketika momen lebaran tiba.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Paling Populer

9. Enting Enting Kacang

Enting Enting Kacang
Image Credit: Facebook.com @entingentingmatahari

Olahan kacang satu ini juga bisa Anda temukan di Tulungagung. Enting enting kacang adalah kudapan yang memiliki cita rasa manis dan terbuat dari campuran kacang tanah serta wijen. Untuk pembuatannya sendiri, ditambah gula merah yang sebelumnya telah dilarutkan. Kemudian, gula tersebut diaduk dan dicetak sesuai dengan yang diinginkan.

Ketika Anda menggigit enting enting kacang ini akan menghasilkan rasa yang sangat manis nan legit. Anda bisa mendapatkannya ketika sedang berada di Tulungagung. Rasanya yang sangat enak tersebut membuat oleh-oleh satu ini kerap kali diburu oleh wisatawan untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah. Anda pun bisa mendapatkanya di sekitar kota Tulungagung.

10. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak
Image Credit: Facebook.com @nana.setyawati

Kerupuk tampaknya menjadi salah satu buah tangan yang digemari. Jika Anda sedang bertandang ke Tulungagung, kerupuk rambak menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Hal ini dikarenakan rasanya yang enak dan gurih menjadikan camilan ini kerap kali diburu oleh pengunjung yang berwisata ke kota satu ini.

Bahan utama dari pembuatan kerupuk ini adalah kulit sapi ataupun kulit kerbau. Sehingga, bagi Anda yang yang ingin mencobanya bisa mencari cemilan satu ini di toko terdekat. Dengan menggunakan bahan yang unik, tentunya rasa yang dihasilkan oleh kerupuk ini juga tidak main main.

Tampilannya sendiri yakni berwarna putih kekuningan. Sedangkan untuk bentuknya sendiri yakni umumnya akan dibuat dengan panjang panjang atau dengan ukuran yang kecil kecil. Namun, jika Anda mencari ukuran yang besar pun juga bisa menemukannya dengan mudah di kota satu ini. umumnya, kerupuk rambak ini dikonsumsi sebagai camilan. Namun banyak juga yang dikonsumsi untuk menu pendamping sayur.

Itulah beberapa oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Tulungagung. Buah tangan yang ada di kota satu ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Terutama dari segi rasa yang cenderung manis. Namun Anda juga bisa menemukan banyak camilan dengan rasa gurih yang menggoda selera. Untuk itu, jika Anda berkesempatan mampir ke kota ini, carilah oleh-oleh yang sesuai dengan selera Anda.