Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas dari Vietnam yang paling diburu wisatawan. Pilihan buah tangan yang beragam dan sangat khas untuk dibawa pulang.

Sudah tidak diragukan lagi, bahwasanya Asia Tenggara memiliki banyak sekali negara yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Salah satunya yaitu yang terletak paling timur, ialah Vietnam. Negara dengan penduduk terpadat ke tiga belas ini, juga menawarkan berbagai macam destinasi yang mestinya sayang untuk tidak dikunjungi.

Mulai dari wisata alam berupa delta, sungai, teluk, pantai, dan yang paling terkenal adalah tour kapal disana. Selain itu, wilayah satu ini juga kaya akan budaya yang bisa untuk dilestarikan, dinikmati dan dikenal pula. Oleh karena itulah, banyak turis memilih berkunjung kesini untuk menghabiskan liburan mereka. tercatat lebih dari tiga juta turis berkunjung kesini setiap tahunnya.

Jika Anda berkenan untuk berlibur kesana, maka jangan lupa membeli buah tangan juga. Karena selain destinasi wisatanya, berbagai macam camilan, makanan atau kuliner, pernak-pernik di Vietnam juga layak untuk dicoba. Berikut ini ada daftar oleh-oleh khas Vietnam yang paling terkenal dan wajib untuk dibawa pulang sedari berkunjung.

1. Banh Pia

Banh Pia
Image Credit: Bukalapak.com

Banh Pia merupakan salah satu kue khas yang berasal dari Vietnam. Bentuknya bundar sama dengan pia di Indonesia hanya isiannya berbeda. Cita rasanya juga manis dan tentunya legit. Teksturnya juga renyah diluar dan sangat lembut di bagian dalamnya.

Pia satu ini hanya memiliki satu varian, yaitu durian. Uniknya nama dan merk makanan ini menempel pada kulit luarnya bukan pada bungkusnya. Harganya hanya berkisar Rp 25.000 sampai Rp 40.000 untuk satu bungkusnya. Setiap bungkus berisi empat buah pia dengan rasa yang dijamin membuat Anda ketagihan. Jadi jangan hanya membeli satu bungkus.

2. Bakiak

Bakiak
Image Credit: Alotravelasia.com

Sama halnya dengan bakiak yang biasa didengar. Hanya saja, di Vietnam barang ini memiliki nama Guoc Moc Sai Gon. Sandal ini dibuat dari akar bambu yang pastinya lembut dan nyaman saat dikenakan. Harganya berkisar Rp 70.000 hingga Rp 140.000, semua tergantung dari model, bentuk, serta hiasan yang tampilkan masing-masingnya.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Vietnam yang Paling Populer

Tak hanya sebagai pelindung kaki, sejak zaman dahulu bakiak dipercaya memiliki sebuah nilai spiritual. Benda ini menjadi sebuah perlambang betapa tidak fleksibelnya penduduk Vietnam terhadap cuaca buruk dan berubah-ubah. Oleh karena itu, orang-orang memilihnya karena aman dan kokoh saat digunakan pada musim penghujan maupun panas.

3. Kopi Vietnam

Kopi Vietnam
Image Credit: Viet-coffee.com.au

Kopi atau Chon merupakan oleh-oleh khas Vietnam yang sangat dicari oleh wisatawan karena rasa dan aromanya khas. Kebanyakan kopi disini berasal dari jenis Robusta, akan tetapi ada pula yang

paling terkenal adalah Trung Nguyen. Selain, kedua kopi tersebut masih ada juga kopi Arabika hanya saja harganya lebih mahal dari kedua kopi lainnya.

Banyak toko dan pusat perbelanjaan menjajakan kopi tersebut, berbagai macam kedai dan cafe juga. Perlu diketahui, bahwasanya kopi ini merupakan salah satu menu yang wajib ada di setiap hidangan dan jamuan Vietnam. Agar mudah dibawa, saat ini sudah disediakan Chon dalam sachet dengan harga yang tentunya tidak menguras kantong.

4. Lotus Seed

Lotus Seed
Image Credit: Archanaskitchen.com

Camilan satu ini bisa dibilang unik dan memang wajib dicoba. Pasalnya ini adalah biji teratai atau kacang teratai yang digoreng. Rasanya pasti renyah dan sangat gurih serta jarang ditemukan di tempat lain. Rasanya hampir sama dengan kacang koro dan bentuknya bulat-bulat. Selain enak, Lotus Seed ternyata menyehatkan dan tidak akan memicu kolestrol tinggi.

Khasiat lainnya, biji teratai bisa untuk memelihara dan menyehatkan fungsi hati, limpa, hingga ginjal. Kemudian juga menstabilkan debar jantung, menghilangkan kegelisahan, serta mengurangi insomnia. Oleh-oleh ini biasanya dibungkus mulai ukuran 250 gram hingga satu kilo. Harganya yang lumayan, sebanding dengan khasiat dan manfaatnya.

5. Ao Dai

Ao Dai
Image Credit: Ebay.blanja.com

Sama halnya dengan negara-negara lain, Vietnam juga memiliki pakaian adat sebagai ciri khasnya. Nama pakaian ini yaitu Ao Dai, bentuknya seperti dress panjang dengan belahan sampai pinggang. Jadi untuk memakainya digunakan celana. Pakaian ini disediakan untuk pria dan wanita, serta dibuat dengan cara tradisional juga.

BACA:  10 Makanan Khas Vietnam yang Lezat & Wajib Anda Coba

Ada yang polos, ada yang memiliki motif dan bordir yang sangat indah. Untuk wanita, disediakan motif bunga, dedaunan, kupu-kupu dan lain-lain. Warnanya juga beragam, meskipun pada dasarnya berwarna putih. Sedangkan untuk warna kontras biasanya dipadukan pada celananya.

Cendera mata ini sangat cocok dibeli sebagai oleh-oleh untuk kaum hawa. Jika ingin membelinya, maka Anda bisa mengunjungi salah satu toko pakaian di Vietnam. Atau bisa juga memesan pada penjahit khusus dengan lama pengerjaan lima sampai tujuh hari. Harganya berkisar Rp 200.000 hingga Rp 700.000 saja.

6. Kain Sutra Vietnam

Kain Sutra Vietnam
Image Credit: Publicinsta.com

Penduduk Vietnam dalam kesehariannya biasa menggunakan pakaian yang terbuat dari kain sutra. Sehingga banyak sekali sudut yang menjual kain satu ini. Bahan dasarnya benar-benar dari kepompong ulat sutra yang dipintal dan dibuat secara manual.

Selain permukaannya yang lembut, kain sutra ini juga memiliki banyak motif dan warna. Tak hanya dijumpai dalam bentuk kain, banyak yang menjualnya sebagai kostum tradisional, selendang, hingga lukisan khas Vietnam. Harganya berkisar ratusan ribu hingga yang mahal mencapai jutaan. Akan tetapi banyak tempat yang menjualnya dengan harga murah.

7. Lacquerware

Lacquerware
Image Credit: Hanoihomestay.com

Saat berkunjung ke negeri ini, pasti Anda akan menemui banyak souvenirs, furnitur, vas, piring, dan perabot lain yang berhiaskan lukisan dan ukiran. nah, inilah yang disebut Lacquerware. Motif yang ditawarkan biasanya berupa siluet, gadis Vietnam yang cantik, keindahan Sungai Mekong nan begitu menawan, hingga berbagai macam flora dan fauna.

Warnanya juga sangat estetik dan beragam. Kemudian selain bisa digunakan sebagai perabot, bisa juga untuk hiasan dinding, pajangan, dan lain-lain. Buah tangan satu ini, sangat cocok untuk oleh-oleh yang berkesan mewah dan elit. Sehingga jangan kaget apabila harganya sedikit menguras isi dompet Anda.

8. Teh Lotus

Teh Lotus
Image Credit: Pprvietnam.com

Selain terkenal dengan kacang lotus dan kopinya, Vietnam juga memilik olahan lain dari bunga teratai yaitu teh lotus atau Lotus Tea. Rasanya sangat khas dan nikmat, kemudian aromanya yang harum sangat cocok untuk relaksasi dan bersantai.

BACA:  10 Wisata Pantai di Vietnam yang Paling Hits

Khasiat teh ini bisa mengurangi nyeri saat haid, menurunkan tekanan darah yang tinggi, serta mengobati diare. Akan lebih nikmat jika menikmati teh lotus bebarengan dengan menyantap aneka kuliner seafood di Vietnam.

Banyak toko, supermarket, hingga restoran yang menjual minuman satu ini. Untuk bisa membawa pulang, pilihlah teh lotus yang sudah dikemasi baik kardus ataupun sachet. Masalah harga, Anda tidak perlu khawatir. Cukup dengan Rp 10.000 saja teh enak penuh manfaat ini bisa dibawa pulang.

9. Buah Kering

Buah Kering
Image Credit: Shopee.sg

Selain berbagai macam kuliner lain, Vietnam juga memiliki dried fruit yang wajib untuk dicicipi. Camilan satu ini sangat cocok bagi Anda pecinta ngemil namun tetap ingin memilih makanan sehat. Pasalnya buah-buah yang digunakan juga masih alami.

Di Vietnam yang paling terkenal adalah dried fruit dari buah nangka. Akan tetapi banyak juga buah lain yang bisa didapat. Untuk menemukan oleh-oleh ini, tidaklah sulit. Banyak supermarket dan toko yang menjualnya. Agar tidak menyesal, sebaiknya cicipi dulu rasanya apakah manis atau tidak.

10. Snake Wine

Snake Wine
Image Credit: Travel.stackexchange.com

Bagi pemburu oleh-oleh yang sangat eksotis dan menarik, ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, minuman satu ini juga sangat pas bagi para pecinta minuman sejenis anggur atau wine. Namun, berbeda dari umumnya, anggur satu ini di dalam botolnya berisi ular. Ular yang dimasukkan biasanya sejenis ular kobra dengan kepala yang mekar dan badannya diputar.

Tak hanya ular, ada juga kalajengking dan hewan lain yang bisa ditambahkan. Botol yang digunakan juga biasanya transparan dengan bentuk yang unik. Meskipun terlihat menakutkan, akan tetapi wine ini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas pada tubuh. Harga yang dibanderol untuk satu botol snake wine bisa mencapai tiga juta lebih.

Itulah daftar oleh-oleh yang bisa Anda pilih dibeli di Vietnam untuk dibawa pulang diberikan kepada keluarga, kerabat, dan teman. Jangan hanya membeli sedikit, belilah yang banyak sekalian agar bisa dibagi-bagi. Selagi membeli pilihlah toko atau penjual yang menawarkan banyak pilihan. Kemudian jangan lupa juga untuk menawar dan jangan sampai mendapat harga yang terlalu tinggi.