Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Malaysia, mungkin Menara Kembar Petronas sudah masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi. Namun, tahukah Anda bahwa banyak sekali pantai-pantai eksotis yang bahkan belum terjamah dan sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Negeri Jiran tersebut?

Malaysia merupakan negara yang berada di garis khatulistiwa. Negara tetangga Indonesia ini juga memiliki iklim tropis yang membuat pulau-pulau kecil di sekitar negara ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menikmati kecantikan negara tropis ini.

Sejumlah pulau-pulau kecil yang tersebar di pesisir Negara Jiran ini memiliki air jernih yang bisa dinikmati dengan menyelam, snorkeling, ziplining, dan cara-cara lain yang mampu takjub para wisatawan. Di bawah ini 10 rekomendasi pulau menarik yang bisa Anda kunjungi di Malaysia.

1. Pulau Redang

Pulau Redang
Image Credit: Wikipedia.org

Ingin menikmati air pantai yang jernih dan menyaksikan keindahan panorama laut serta keanekaragaman flora dan fauna laut? Pulau Redang bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda untuk menikmati keelokan pulau tersebut. Pulau Redang sebenarnya tersusun dari sembilan pulau yang membentuk kawasan taman laut yang membentang dari Semenanjung Malaysia.

Tidak seperti pulau-pulau lainnya yang terbilang ramah kantong bagi para backpacker, kawasan wisata Pulau Redang ini justru menyajikan wisata kelas atas.

Mengunjungi Pulau Redang rasanya tidak lengkap tanpa menikmati pasir pantai yang putih bersih dan perairan yang jernih dengan menyelam maupun snorkeling. Beberapa pantai yang wajib Anda kunjungi di pulau ini antara lain Pantai Pasir Panjang, Pantai Mutiara, Pantai Teluk Dalam, dan Pantai Taaras yang terkenal paling elok di Pulau Redang.

Lokasi: 21090 Kuala Terengganu, Trengganu, Malaysia.

2. Pulau Mantanani

Pulau Mantanani
Image Credit: Mantananiisland.com

Pulau Mantanani terdiri dari tiga pulau kecil yang bisa Anda tempuh dalam kurun waktu 55 menit menggunakan speedboat dari Kuala Abai Jetty. Pulau ini memiliki bentuk seperti bilah pisau dengan berbagai jenis pemandangan laut yang bisa Anda saksikan dalam jarak pandang sekitar 40 m.

BACA:  33 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Paling Hits

Pulau Mantanani menjadi salah satu destinasi wisata populer di Malaysia karena menyajikan suasana pulau yang menenangkan, angin laut yang sejuk, serta keanekaragaman fauna laut yang mampu menarik banyak wisatawan lokal maupun manca negara.

Lokasi: Kampong Mantanani, Sabah, Malaysia.

3. Pulau Perhentian

Pulau Perhentian
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pulau Perhentian terdiri dari dua pulau utama yakni Pulau Perhentian Besar dan Perhentian Kecil. Kedua pulau ini merupakan pulau yang tak berpenghuni dan terbilang cukup sulit untuk dijangkau. Meski demikian, pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler karena banyaknya penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget para wisatawan dari berbagai kalangan.

Di pulau ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alami negara Malaysia di bagian timur laut. Perairan yang tenang dan hijaunya pepohonan sangat cocok untuk merasakan sensasi scuba diving dan snorkeling dengan biaya yang cukup terjangkau.

Lokasi: Pulau Perhentian, Trengganu, Malaysia.

4. Pulau Bohey Dulang

Pulau Bohey Dulang
Image Credit: Guideku.com

Pulau Bohey Dulang merupakan pulau kedua terbesar di kepulauan Laut Tun Sakaran. Pulau ini dinobatkan sebagai pulau favorit bagi para pendaki dan pecinta burung karena pengunjung bisa menikmati pemandangan yang megah dari ketinggian puncak.

Pulau ini sendiri adalah bagian dari kawah gunung yang sudah mati dan membentuk laguna alami yang fantastis. Di bagian timur pulau, pengunjung akan dimanjakan dengan kolam-kolam berukuran sekitar tiga meter yang terbuat dari batu kecil yang saling terhubung.

Lokasi: Pulau Bohidulong, Sabah, Malaysia.

5. Pulau Layang-Layang

Pulau Layang-Layang
Image Credit: Sejarah.my

Apabila Anda ingin menjauh dari hiruk pikuk kota dan mencari lokasi wisata yang sepi, Pulau Layang-Layang adalah jawabannya. Pulau yang merupakan hasil reklamasi ini dikelilingi oleh area perairan dengan kedalaman mencapai 2.000 m.

Pulau Layang-Layang juga sering dianggap sebagai salah satu lokasi penyelaman terbaik di seluruh dunia karena ekosistem lautnya yang sangat luar biasa. Karena area pulau ini dijaga ketat oleh Angkatan Laut Malaysia, tidak heran jika terumbu karang di pulau ini bebas dari para pelayan yang menangkap ikan menggunakan bom.

Di pulau ini para wisatawan bisa menyelam bersama berbagai jenis fauna laut seperti hiu martil yang jumlahnya mencapai ratusan. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat sekumpulan lumba-lumba, ikan baracuda, penyu, dan pari manta.

BACA:  15 Makanan Khas Malaysia yang Lezat & Wajib Anda Coba

Lokasi: Pantai Layang Layang, 87000, Daerah Federasi Labuan, Malaysia.

6. Pulau Langkawi

Pulau Langkawi
Image Credit: Narayatrip.com

Jika di Indonesia, Pulau Langkawi adalah Pulau Dewata Bali yang memiliki beragam jenis objek wisata yang eksotis dan mampu menggaet banyak wisatawan lokal maupun asing. Pulau ini sendiri berbatasan langsung dengan Thailand. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang elok, hutan hujan, area pepohonan mangrove, dan masih banyak lagi.

Pengunjung juga bisa menaiki kereta kabel untuk menikmati keindahan Pulau Langkawi dari ketinggian. Selain itu pengunjung masih dimanjakan dengan sejumlah aktrasi kebudayaan dan juga bisa berkeliling dengan menunggangi gajah.

Lokasi: 07000 Langkawi, Kedah, Malaysia.

7. Pulau Tioman

Pulau Tioman
Image Credit: Peoples.com.my

Pulau ini terletak di Laut Cina Selatan dan termasuk lokasi wisata di Negeri Jiran Malaysia yang terkenal mempesona serta lengkap berbagai macam fasilitas yang siap memanjakan para wisatawan. Pulau ini dihuni oleh delapan desa yang masih terjaga kealamiannya. Pepohonan yang hijau serta bebatuan karang yang memenuhi area pesisir pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Bahkan keindahan pulau ini menarik banyak sutradara film untuk dijadikan sebagai salah satu lokasi pengambilan film. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Tioman, seperti snorkeling, rock climbing, scuba diving, bermain golf, menikmati air terjun, wisata belanja di Kampung Tekeng, dan masih banyak lagi.

Pulau Tioman juga masih mampu mempertahankan kealamian panorama alamnya dan masih banyak satwa liar yang berkeliaran seperti biawak. Namun, biasanya satwa-satwa tersebut cenderung menghindari pemukiman manusia.

Lokasi: Mersing, Pahang, Malaysia.

8. Pulau Pangkor

Pulau Pangkor
Image Credit: Malaysia-hotels.net

Wisata pantai selalu menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Sebagai negara yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Malaysia sendiri menyuguhkan banyak sekali pulau-pulau kecil dengan pantai eksotis yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Pangkor.

Meski hanya memiliki luas sekitar 8 kilometer, Pulau Pangkor merupakan salah satu tujuan wisata populer di Negeri Jiran. Banyak kegiatan yang bisa dicoba di Pulau Pangkor seperti menaiki banana boat, jet ski, jungle trekking, dan berenang di malam hari untuk menyaksikan sekumpulan plankton yang memancarkan cahaya biru.

BACA:  25 Tempat Wisata di Bekasi Terbaru dan Paling Hits

Disamping itu ada beberapa tempat peninggalan bersejarah yang bisa dikunjungi di Pulau Pangkor seperti Kuil Fu Lin Kong dan Kuil Kali Amman yang kental dengan budaya Cina.

Lokasi: 32300, Perak, Malaysia.

9. Pulau Penang

Pulau Penang
Image Credit: Wisataliburan.com

Pulau Penang merupakan pulau terbesar di Malaysia. Karena lokasinya yang strategis dan berada di tengah-tengah jalur perdagangan laut, pulau ini juga dikenal dengan sebutan Mutiara Timur. Pulau ini sangat kaya akan warisan budaya dan kuliner yang populer di seluruh dunia.

Banyak sekali bangunan-bangunan kolonial yang bisa Anda saksikan sambil berjalan-jalan maupun menunggangi becak. Anda juga bisa menikmati deburan ombak dan keindahan pesisir pantai Batu Ferringhi dengan menunggangi kuda, dan mengakhiri perjalanan Anda dengan berwisata belanja maupun kuliner.

Lokasi: Pulau Pinang, Malaysia.

10. Pulau Sipadan

Pulau Sipadan
Image Credit: Peoples.com.my

Setelah perselisihan panjang dengan Indonesia, pada tahun 2002 akhirnya Mahkamah Agung memutuskan bahwa Pulau Sipadan resmi menjadi milik Malaysia. Semenjak saat itulah pemerintah Malaysia merevitalisasi Pulau Sipadan.

Pulau Sipadan sendiri berada di lepas pantai semenanjung Malaysia dengan panorama indah yang siap memanjakan mata para pelancong. Pulau yang satu ini juga dihuni oleh beragam fauna eksotik seperti ikan karang, hiu martil, ikan kembung, ikan baracuda, dan penyu.

Selain itu, Pulau Sipadan memiliki perairan jernih yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling maupun menyelam sambil menyaksikan keindahan flora dan fauna bawah laut yang masih terjaga kealamiannya. Apabila Anda beruntung, Anda bisa berenang bersama satwa laut yang populer di Pulau Sipadan.

Lokasi: Pulau Sipadan, Sabah, Malaysia.

Sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan dan negara Indonesia, tak heran jika Malaysia menyimpan banyak pulau-pulau cantik nan eksotik yang cocok menjadi daftar destinasi wisata Anda saat berkunjung ke Malaysia. Rekomendasi 10 pulau menarik di atas bisa Anda jadikan referensi untuk menikmati indahnya pulau-pulau kecil dengan pasir pantai putih, perairan jernih, dan berbagai jenis flora dan fauna laut di Negeri Jiran Malaysia.