Temukan Beragam Tempat Wisata Populer di Ambon, Maluku. Objek Wisata Alam dan Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Menarik Dikunjungi untuk Liburan yang Menyenangkan.

Keindahan alam Kota Ambon tidak bisa diragukan lagi. Hal ini mampu mencuri perhatian banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, jangan terheran jika menemui berbagai pengunjung yang bukan dari Indonesia. Eksotisme dari kekayaan alam yang melimpah membuat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, baik berupa pantai, gua, air terjunnya, serta keunikan tempat bersejarah yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Namun, ada beberapa yang menjadi destinasi favorit di kalangan traveller. Untuk lebih detailnya, berikut daftar tempat wisata di Kota Ambon yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Pantai dengan Pasir Lembut, Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat
Image Credit: Instagram.com @triptrapliburan

Salah satu keindahan alam terbaik yang patut dibanggakan Indonesia adalah Pantai Ngurbloat. Letaknya yang ada di Pulau Kei ini, mampu memberikan lanskap alam yang menawan. Pantai yang terbentuk dengan kontur indah ini terdiri dari gradasi warna biru laut, pasir berwarna putih, serta hijaunya pepohonan sekitar, dimana membuat banyak sekali pengunjung yang tersihir akan pesonanya.

Eksotisme dari pantai ini tidak berhenti sampai di situ saja, Anda bisa melihat keistimewaan lainnya. Yaitu pasir di pantai ini memiliki tekstur yang begitu halus jika dipegang. Karena halusnya pasir tersebut, Pantai Ngurbloat dinobatkan sebagai pantai berpasir terhalus se – Asia. Keajaiban dari indahnya pantai yang menawan ini hanya bisa Anda temukan di Tual, Kabupaten Maluku Tenggara.

Lokasi: Ngurbloat, Tual, Kec. Manyeuw, Kab. Maluku Tenggara.

2. Keindahan Pulau Tropis Molana

Pulau Tropis Molana
Image Credit: Instagram.com @didikasim

Terdapat destinasi wisata yang tidak kalah menariknya di Desa Haria, Kabupaten Maluku Tengah. Pasalnya, Anda bisa mengunjungi pulau dengan sebutan tropis ini yaitu Pulau Molana. Pulau kecil ini menawarkan keindahan unik bagi wisatawan yang menyukai wisata alam. Deretan pohon bakau yang tumbuh di area pulau menambah kesejukan dan keasrian dari suasana pantai yang kerap kali dianggap panas.

Pulau Molana sungguh akan membuat siapa saja yang datang terpukau dengan keistimewaannya. Dengan ditumbuhi hutan bakau yang hijau, terumbu karang, pasir putih yang cantik, air laut yang jernih, menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh sampai dilewatkan begitu saja. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau ini adalah jam lima sore karena air sedang surut dan sunset yang indah telah menanti.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Ambon yang Paling Populer

Lokasi: Pulau Molana, Kec. Saparua, Kab. Maluku Tengah.

3. Pulau Bair yang Menawan

Pulau Bair
Image Credit: Instagram.com @kimtarifa

Pulau yang sering disebut dengan surga tersembunyi ini bisa ditemukan di kecamatan Dullah Utara, Maluku. Sering kali Pulau Bair dibandingkan dengan Raja Ampat yang ada di Papua karena keindahan alamnya serta jernihnya perairan yang ada di sini. Begitu beningnya, Anda bisa melihat dasar perairan yang ditumbuhi berbagai biota laut dengan jelasnya. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan dari hutan bakau yang tumbuh alami di tebing sekitar pulau ini.

Tidak perlu jauh – jauh ke Papua untuk menikmati keindahan alam laut yang memesona. Hanya datang ke Pulau Bair, pemandangan yang menakjubkan akan disuguhkan di lokasi wisata ini. Tebing batu yang bertekstur keren berpadu dengan mangrove yang menawan, menjadikan pulau ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Untuk membuktikannya langsung, Anda bisa langsung datang ke Pulau Bair ini.

Lokasi: Pulau Bair, Kec. Pulau Dullah Utara, Kab. Maluku Tenggara.

4. Kemegahan Dinding Tebing Hatupia

Tebing Hatupia
Image Credit: Instagram.com @lagingehitz_

Meskipun hanya sebuah batu, namun Tebing Hatupia dijamin akan membuat Anda berdecak kagum. Karena dinding tebing yang satu ini tidak hanya menjulang tinggi saja, tetapi juga mempunyai nuansa yang menawan dan tak bisa begitu saja dilewatkan. Selain disuguhkan dengan panorama tebing yang megah, Anda bisa melihat dengan mudah pemandangan bawah laut yang eksotis. Keanekaragaman biota laut di sini menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Lokasi: Desa Sawai, Kec. Seram Timur, Kab. Maluku Tengah.

5. Pulau Pasir di Pantai Ngur Butut

Pantai Ngurbutut
Image Credit: Instagram.com @ilhamarch

Jika Anda menginginkan destinasi wisata yang bisa menjadi bahan untuk di unggah di sosial media, Pantai Ngur Butut menjadi solusinya. Keunikan dari pantai ini hanya bisa dilihat ketika air sedang surut. Air laut yang jernih berpadu dengan pasir putih yang menawan akan membuat Anda tidak ingin melewatkan untuk mengabadikan momen di sini. Maka dari itu, Pantai Ngur Butut menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Ambon.

Lokasi: Pulau Warbal, Kec. Kei Kecil Barat, Kab. Maluku Tenggara.

6. Batu Lubang Liliboi

Batu Lubang Liliboi
Image Credit: Google Maps (Audy Noya)

Pantai istimewa selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Liliboi. Pasalnya untuk menuju lokasi, Anda akan disuguhkan dengan lubang besar dari karang yang seakan menjadi pintu gerbang. Letaknya yang tersembunyi menjadikan pantai ini memiliki spot menarik berupa kolam air tawar. Di sini Anda juga akan menemukan dinding bebatuan yang karam, memisahkan air asin dan air tawar.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ambon yang Murah & Enak

Lokasi: Liliboi, Kec. Leihitu Barat, Kab. Maluku Tengah.

7. Goa Hawang dengan Pemandangan Laut yang Menakjubkan

Goa Hawang
Image Credit: Google Maps (Didik Hariadi)

Tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Ambon adalah Goa Hawang yang ada di Pulau Kei Kecil. Gua ini terendam oleh air laut dan memiliki struktur stalaktit dan stalagmit yang unik. Kejernihan airnya membuat destinasi wisata ini menjadi spot menawan untuk dijelajahi. Selain keindahannya, terdapat cerita menarik yaitu siapa saja yang menyelam di sekitar gua akan mendapat keberuntungan berupa jodoh dan anak.

Lokasi: Letvuan, Kec. Kei Kecil, Kab. Maluku Tenggara.

8. Air terjun Lumoli Piru yang Berundak

Air terjun Lumoli
Image Credit: Instagram.com @fear_syah

Jika Anda benar – benar pecinta alam, maka lokasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Lumoli. Karena untuk menuju wisata ini, Anda harus melewati perjalanan yang tidak mudah. Namun, sesampainya di air terjun Anda dapat menikmati keindahan yang disuguhkan oleh wisata alam ini. Bukan hanya air terjunnya yang megah saja, suasana alami di sekitarnya mampu menyihir Anda untuk menikmati kesegaran dari airnya.

Lokasi: Lumoli, Kec. Seram Barat, Kab. Seram Barat.

9. Air Terjun Telaga Pange yang Indah

Air Terjun Telaga Pange
Image Credit: Instagram.com @bimstifler

Keindahan alami yang masih terjaga serta udara yang segar menjadikan alasan kuat untuk datang ke wisata Air Terjun Telaga Pange. Untuk menikmati pesonanya, Anda harus melewati berbagai perjalanan yang cukup panjang karena lokasinya tersembunyi. Namun, jika sudah tiba di lokasi, dijamin Anda tidak akan kecewa karena banyaknya pemandangan yang istimewa untuk menikmati keseruannya.

Lokasi: Desa Rumah tiga, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon.

10.Benteng Amsterdam Hila

Benteng Amsterdam Hila
Image Credit: Google Maps (arief firmansyah)

Jika ingin berkunjung ke wisata bersejarah, Anda bisa mengunjungi Benteng Hila yang ada di Kecamatan Hila. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota, Anda bisa menjadikan tujuan wisata yang pertama untuk dikunjungi setibanya di daerah ini. Benteng ini dulunya dipakai untuk berbagai fungsi pada saat masa penjajahan Belanda. Pada awalnya, benteng buatan Belanda ini menjadi penyimpanan rempah yang kemudian dialih fungsikan menjadi benteng militer.

Lokasi: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah.

11. Benteng Ferangi

Benteng Ferangi
Image Credit: Facebook.com @bgrd.ambon

Indonesia dulunya menjadi tempat jajahan negara maju seperti Belanda dan Portugis. Hal tersebut membuat banyak sekali peninggalan sejarah yang terdapat di Indonesia khususnya di Kota Ambon. Pasalnya, di daerah ini terdapat kekayaan yang melimpah, sehingga negara lain sangat tertarik untuk memilikinya. Maka dari itu, di Kota Ambon terdapat beberapa peninggalan termasuk dari Portugis.

Salah satunya adalah Benteng Ferangi. Pada mulanya, lokasi ini menjadi pusat pemerintahan dan sebagai gudang penyimpanan rempah – rempah. Tetapi, setelah Indonesia meraih kemerdekaannya, benteng ini dijadikan tempat wisata bersejarah yang banyak dikunjungi oleh pelancong karena jaraknya yang dekat dari pusat Kota Ambon. Ketika memasuki wisata ini Anda akan menemukan berbagai meriam kuno dan benda bersejarah lainnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ambon yang Murah & Enak

Lokasi: Uritetu, Kec. Sirimau, Kota Ambon.

12. Benteng Belgica yang Megah

Benteng Belgica
Image Credit: Google Maps (Vbee Nazhief)

Lokasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi jika ingin mengenang masa dahulu adalah Benteng Belgica. Benteng ini termasuk yang paling megah di Ambon. Keberadaannya pun juga cukup strategis, karena Anda akan disuguhkan dengan pemandangan area yang luas jika berada di dalam benteng satu ini. Hal menarik lainnya yang bisa Anda nikmati jika mengunjungi wisata bersejarah ini adalah bentuknya yang persegi lima.

Lokasi: Nusantara, Kec. Banda, Kab. Maluku Tengah.

13. Pemandian Air Panas Tulehu

Pemandian Air Panas Tulehu
Image Credit: Google Maps (Andre Nova)

Apabila Anda melakukan perjalanan singkat ke Kota Ambon, wisata pemandian air panas Tulehu bisa menjadi salah satu alternatif liburan. Jaraknya hanya sekitar 30 kilometer dari Kota Ambon, tepatnya di sekitar perbukitan pinggiran Ambon. Menariknya, terdapat dua kolam air panas yang memiliki perbedaan suhu. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan. Fasilitas yang dibangun di sini cukup lengkap seperti tempat ibadah, warung, saung, dan tempat karaoke.

Lokasi: Tulehu, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah.

14. Pantai Santai

Pantai Santai
Image Credit: Google Maps (Parjolo Aritonang)

Jika Anda ingin berkunjung ke pantai yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota, jawabannya adalah Pantai Santai. Pantai ini berada di Desa Luhat dengan jarak 16 kilometer saja dari Kota Ambon. Sesuai dengan namanya, Anda bisa bersantai atau nongkrong untuk melepas penat dari rutinitas sehari – hari. Selain itu, aktivitas yang bisa Anda lakukan lainnya saat ada di sini, seperti snorkeling, dan menaiki perahu.

Lokasi: Jl. Amanhuse, Latuhalat, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon.

15. Masjid Tertua Wapauwe

Masjid Tertua Wapauwe
Image Credit: Instagram.com @ophiziadah

Masjid ini merupakan bangunan tertua di antara masjid yang ada di Maluku. Selain menjadi tempat ibadah yang bersejarah, masjid ini merupakan cikal bakalnya penyebaran ajaran Agama Islam. Secara arsitektur, masjid ini mengusung desain dari Jawa yang mirip dengan Masjid Agung Demak. Keunikan lainnya adalah masjid ini dibuat tanpa memakai paku sebagai perekatnya.

Lokasi: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah.

Itulah beberapa tempat wisata terhits di Ambon yang menarik untuk dikunjungi. Kekayaan alamnya mampu menyihir pelancong baik lokal maupun mancanegara. Anda bisa menikmati pesonanya seperti pantai, gua, pemandian air panas, air terjun dan pulau kecil yang indah. Selain destinasi alam, Anda juga bisa mengunjungi lokasi bersejarah seperti benteng peninggalan penjajah dan masjid tertua.