Jika Berencana Liburan ke Balikpapan, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Balikpapan, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Balikpapan merupakan salah satu kota maju di Indonesia, kota ini bahkan menjadi sumber minyak yang memiliki perkembangan sangat pesat. Dibalik julukannya sebagai kota minyak, Balikpapan ternyata memiliki sejuta keindahan yang patut untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

Beragam objek wisata yang kaya pesona di Balikpapan mampu menggaet banyak pelancong dari dalam negeri maupun luar negeri untuk singgah dan menikmati keindahannya. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata paling hits yang ada di Balikpapan.

1. Pantai Melawai

Pantai Melawai
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata pertama yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Balikpapan yaitu Pantai Melawai. Pantai ini menawarkan pesona yang sangat cantik serta mengagumkan ketika dipandang. Suasananya yang masih sangat asri, sejuk, serta tenang, menjadikannya banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin beristirahat serta bersantai dari segala aktivitas yang melelahkan.

Di pantai Melawai pengunjung bisa dengan mudah untuk melihat indahnya matahari terbenam di sore hari, karena sunset terlihat jelas di pantai tersebut. Anda bisa menikmati indahnya lautan biru yang ditimpa dengan cahara oranye dari matahri terbenam, sungguh akan menjadi suasana romantis yang tidak dapat dilupakan. Pantai cantik ini berlokasi di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

2. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari
Image Credit: Travellers.id

Objek wisata pantai lainnya yang tak kalah menarik yakni Pantai Manggar Segarasari, yang terletak di Manggar Baru. Destinasi wisata bahari ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Terdapat banyak wahana yang bisa Anda mainkan bersama, seperti banana boat, volley pantai, bahkan bermain layang layang di pantai juga adalah aktivitas yang sangat seru. Di sini Anda pun bisa hanya sekedar menikmati pasir putih yang sangat lembut.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

3. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Lamaru menjadi salah satu objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. di sini Anda bisa menemukan pemandangan alam berupa pantai, yang di bagian tepinya terdapat banyak pohon cemara menjulang tinggi ke atas.

Di Pantai Lamaru pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri, sejuk, indah, dan sangat mempesona. Anda bisa menikmati minuman segar di bawah pohon cemara untuk menambah suasana sejuk.

Lokasi: Jl. Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

4. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Image Credit: Ibukotakita.com

Pantai Kemala berada tidak jauh dari Pantai Melawai, namun hal ini tidak lantas membuat pengunjung pantai ini sepi. Di sini Anda dapat menemukan banyak wisatawan yang datang, sehingga pantai selalu tampak ramai.

Banyaknya animo pengunjung tersebut karena pantai ini menghadirkan pesona alam yang begitu indah, tidak kalah dengan pantai lainnya. Udaranya yang begitu sejuk berpadu dengan aroma laut selalu mampu membuat pengunjung terpesona.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

5. Pantai Monpera

Pantai Monpera
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Wisata pantai lainnya yang ada di Balikpapan adalah Pantai Monpera. Destinasi ini berada tidak jauh dari pusat kota yaitu sekitar 19 menit perjalanan, sehingga Anda tidak akan sulit untuk menemukannya.

Selain itu, di depan pantai juga telah berdiri patung besar yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan di Kalimantan Timur. Sehingga Anda akan semakin mudah untuk menemukan lokasi pantai tersebut, Anda juga bisa sekaligus mengenal sejarahnya.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.1, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

6. Pantai AURI Sepinggan

Pantai AURI Sepinggan
Image Credit: Pantainesia.com

Satu lagi pantai yang berada tidak jauh dari pusat kota, yakni Pantai AURI Sepinggan. Pantai ini berada daerah Sepinggan dan berjarak kurang lebih 11 km dari pusat kota Balikpapan. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 24 menit perjalanan melalui Jalan Syarifuddin yoes untuk sampai di lokasi.

Beragam fasilitas pun tersedia lengkap di Pantai AURI Sepinggan ini, Anda bahkan bisa menemukan beberapa gazebo untuk beristirahat di sekitar area wisata pantai ini.

Lokasi: Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

7. Pasar Klandasan

Pasar Klandasan
Image Credit: Kotabalikpapan.wordpress.com

Jika Anda ingin melakukan wisata belanja sembari menikmati keindahan pantai, maka Pasar Klandasan merupakan pilihan yang tepat. Pasar Klandasan ini merupakan pasar tradisional yang berada di dekat pantai yang indah.

Di pasar ini Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari bahan makanan hingga berbagai macam pakaian. Harga barang yang dijual pun cukup terjangkau, layaknya pasar tradisional pada umumnya.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.9, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

8. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan
Image Credit: Dlh.balikpapan.go.id

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata primadona di Balikpapan, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung kemari. Kebun raya ini menawarkan pemandangan alam yang masih begitu hijau dan asri, sehingga sejuk serta sedap dipandang mata.

Kebun raya yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta KM 15 ini berada di kawasan hutang lindung, dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun rombongan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Km.15, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

9. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
Image Credit: Traverse.id

Jika Anda ingin merasakan suasana berwisata yang cukup menegangkan dan ekstrim, maka wisata Penangkaran Buaya Teritip adalah jawabannya. Di sini Anda akan berjumpa dengan banyak sekali buaya, yang memiliki ukuran cukup besar sehingga akan terasa menantang. Jumlah buaya yang telah dipelihara di penangkaran ini mencapai 1450 ekor, dan beberapa di antaranya merupakan spesies yang hampir terancam punah seperti buaya supit.

Anda juga bisa merasakan sensasi memberikan makan buaya, dengan membeli ayam seharga 10 ribu rupiah saja sebagai umpannya. Anda tidak perlu khawatir, karena banyak petugas atau pawang buaya yang akan mendampingi. Selain buaya di sini juga ada gajah, hewan bersahabat ini siap mengantarkan Anda untuk berkeliling dengan naik di punggungnya.

Lokasi: Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

10. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark
Image Credit: Travelspromo.com

Destinasi wisata air merupakan salah satu objek wisata favorit dan banyak dikunjungi oleh masyarakat. Balikpapan ternyata memiliki wahana bermain air terbesar di Indonesia, yaitu Caribbean Island Waterpark yang berada di kawasan Sepinggan.

Objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama yang sudah memiliki anak. Sebab, banyak sekali wahana permainan anak yang bisa Anda jumpai di sini.

Lokasi: Jl. Ruhui Rahayu, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

11. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain
Image Credit: Triptrus.com

Jika Anda ingin bertemu dengan maskot Kota Balikpapan, maka Hutan Lindung Sungai Wain adalah tempatnya. Hutan ini merupakan rumah bagi beraneka macam satwa, seperti beruang madu, bekantan, orangutan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan yakni Jahe Balikpapan. Luas hutannya sendiri mencapai 10 ribu Ha, yang bisa Anda jelajahi dan nikmati keindahan dari flora serta fauna di dalamnya.

Lokasi: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

12. Taman Bekapai

Taman Bekapai
Image Credit: Okezone.com

Bagi Anda yang suka berselancar di dunia maya, maka Taman Bekapai bisa menjadi destinasi yang tepat untuk Anda tuju. Pasalnya, di sini disediakan wifi gratis untuk para pengunjung yang bersantai di area taman. Di sisi luar taman terdapat banyak pedagang yang menyediakan berbagai makanan serta minuman untuk Anda yang ingin bersantap ria. Bekapai sendiri memiliki arti santai, oleh sebab itu taman ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

13. Bukit Bangkirai Balikpapan

Bukit Bangkirai Balikpapan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tempat wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat berada di Balikpapan yaitu Bukit Bangkirai yang berada di kawasan Karya Merdeka, Kecamatan Semboja. Bukit satu ini menawarkan pemandangan alam yang masih sangat hijau dengan suasana yang sangat sejuk.

Anda bisa berpetualang menyusuri sebuah jembatan yang menghubungkan 5 buah pohon bangkirai, dan merasakan keseruan di atas jembatan yang terbuat dari tali dengan alas papan tersebut.

Lokasi: Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

14. Wisata Kampung Atas Air Margasari

Wisata Kampung Atas Air Margasari
Image Credit: Klikhotel.com

Dulunya kawasan objek wisata satu ini merupakan daerah gersang dengan bau yang tidak sedap di sekitarnya. Namun kini setiap sore banyak warga yang meluangkan waktu menuju ke Kampung Atas Air Margasari. Jika beruntung Anda bisa berfoto di atas jembatan kayu ulin, dengan latar belakang pemandangan laut serta matahari terbenam yang sangat mempesona. Dijamin foto tersebut sangat apik untuk dipajang di feed instagram atau sosial media lainnya.

Kampung Atas Air ini terletak di daerah Margasari, dan untuk mencapai lokasinya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum yang menjangkau sampai dengan pasar kampung baru. Di sini Anda bisa menikmati keindahan dari kampung tersebut, sembari melihat kehidupan penduduk di sekitar. Di sana juga terdapat banyak gazebo yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk beristirahat.

Lokasi: Jl. Sepaku, Baru Tengah, Kec. Balikpapan Barat, Kota balikpapan.

15. Angkasa Airsoftgun Area

Angkasa Airsoftgun Area
Image Credit: Tni-au.mil.id

Angkasa Airsoftgun Area atau A3 ini sering disebut sebagai satu satunya arena permainan tempur resmi di Indonesia, yang dimiliki oleh TNI AU dan dibuka untuk umum. Tempat wisata yang telah dibangun pada tahun 2009 ini memiliki area dengan luas sekitar 8 hektar, dan memiliki arena permainan indoor maupun outdoor. Permainan seru tersebut bisa dimainkan pada siang atau malam hari oleh dua kelompok, yang masing masingnya minimal beranggotakan 5 orang.

Destinasi wisata yang ada di Jalan Iswahyudi, Komplek TNI AU, Lanud Balikpapan ini menawarkan kegiatan wisata sambil olahraga. Di sini Anda bahkan bisa berjumpa dengan perkumpulan pecinta Soft Gun yang memiliki BBMAD atau Balikpapan Beruang Madu Airsoft Detachment. Untuk mencapai lokasi Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum yang lewat di depan RS TNI AU.

Lokasi: Jl. M.R. Iswahyudi, No.06, RT.08, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

16. Bukit Alpha

Bukit Alpha
Image Credit: Tribunnews.com

Bukit satu ini merupakan salah satu objek wisata yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Saat tiba di lokasi, Anda akan langsung disapa dengan pemandangan hijau yang sangat menyejukkan mata. Bukit Alpha ini ditumbuhi oleh ilalang yang mencapai ukuran pinggang orang dewasa. Sehingga untuk Anda yang hobi fotografi, maka tempat ini bisa menjadi rujukan ketika ingin hunting foto atau sesi pemotretan ala ala music video.

Lokasi: Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

17. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo
Image Credit: Sewamobilmurahbalikpapan.com

Hutan Bakau Margomulyo terletak hanya sekitar 4 hingga 5 km dari pusat kota, sehingga para wisatawan dapat dengan mudah menemukan lokasinya. Hutan ini menawarkan pemandangan hijau yang masih sangat asri dan alami, ditambah dengan udaranya yang sejuk serta begitu menyegarkan. Di sini Anda akan menemukan jembatan kayu dengan panjang sekitar 800 meter, dan biasa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati pemandangan area hutan.

Lokasi: Jl. AMD, Margo Mulyo, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

18. Taman Tiga Generasi Ring Road

Taman Tiga Generasi Ring Road
Image Credit: Godiscover.co.id

Setiap akhir pekan banyak sekali pengunjung yang datang untuk berjalan jalan di taman satu ini. Taman Tiga Generasi Ring Road begitu ramai pada waktu sore hari, dipenuhi oleh anak anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Di setiap sudut taman ada beberapa hiasan yang begitu menarik, sehingga taman nampak lebih cantik dan hidup. Para pengunjung juga seringkali menggunakan hiasan tersebut sebagai objek swafoto mereka.

Lokasi: Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

19. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru
Image Credit: Heikaku.com

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Balikpapan yaitu Danau Cermin Lamaru. Pada destinasi wisata ini, Anda bisa menikmati indahnya danau yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Selain itu, air danau yang begitu jernih seperti cermin membuat Anda bisa melihat dasarnya yang sangat indah dan juga eksotis. Udara yang sangat sejuk akan menemani Anda dalam menikmati hamparan danau yang begitu cantik tersebut.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Samarinda yang Murah & Enak

Di Danau Cermin Lamaru ini, Anda juga bisa menaiki perahu serta berfoto di berbagai tempat yang sangat instagramable di sana. Oleh karena itu, tak heran jika tempat wisata satu ini menjadi incaran bagi para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri. Anda akan menemukan destinasi ini begitu ramai pengunjung di akhir pekan, sehingga Anda pun wajib untuk mengunjunginya.

Lokasi: Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

20. Monpera Balikpapan

Monpera Balikpapan
Image Credit: Wulanprasojo.wordpress.com

Selain menghadirkan segudang wisata alam yang menawan, Kota Balikpapan juga menyuguhkan wisata bersejarah dan edukasi. Salah satunya yaitu Monpera Balikpapan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu. Objek wisata ini merupakan sebuah monumen yang dibangun sebagai bukti perjuangan rakyat dalam berperang melawan penjajah pada zaman dahulu. Uniknya, monumen ini memiliki latar pantai pasir putih yang begitu cantik.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

21. Hutan Wanawisata

Hutan Wanawisata
Image Credit: Nusantarawisata.com

Bagi Anda para pecinta alam, maka mengunjungi Hutan Wanawisata merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Destinasi wisata ini begitu terkenal di kalangan masyarakat Balikpapan, sehingga kerap kali dikunjungi oleh warga sekitar. Selain menawarkan pemandangan yang indah, hutan ini juga sangat cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

22. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit
Image Credit: Reddoorz.com

Destinasi wisata yang sangat cantik ini tentu tidak boleh untuk dilewatkan, karena banyak sekali panorama alam yang bisa Anda saksikan di sekitar objek wisata tersebut. Liang Mangkulangit ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta alam, karena suasana alam di area ini masih sangat asri dan begitu sejuk. Anda bahkan dapat mendengar suara tetesan air yang mengenai bebatuan, sehingga benar benar terasa seperti di alam bebas.

Lokasi: Muara Kuaro, Kec. Muara Komam, Kab. Paser.

23. Mangrove Center Graha Indah

Mangrove Center Graha Indah
Image Credit: 10travlr.com.au

Apabila Anda berkunjung ke Mangrove Center Graha Indah, Anda bisa menambah banyak pengetahuan sekaligus berwisata menggunakan perahu. Di kawasan ini Anda bisa menyewa perahu klotok untuk menyusuri sungai Somber selama kurang lebih 1 jam bolak balik, dan tentunya dipandu oleh seorang tour guide yang akan menjelaskan seluk beluk tempat wisata tersebut.

Lokasi: Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

24. Gunung Dubs

Gunung Dubs
Image Credit: Balikpapanpremio.com

Meski diberi nama Gunung Dubs, namun destinasi wisata ini bukan merupakan gunung melainkan sebuah dataran tinggi Dubs yang ada di Balikpapan. Tempat wisata ini berada du kompleks perumahan Pertamina, dan dekat dengan tambang minyak. Di sini Anda bisa melihat drum raksasa, yang merupakan tempat perkilangan minyak. Serta menikmati udara sejuk dan pemandangan alam mempesona yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Lokasi: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

25. Dahor Heritage

Dahor Heritage
Image Credit: Idntimes.com @mela hapsari

Terakhir ada objek wisata sejarah yang bisa untuk Anda kunjungi ketika berada di Balikpapan, yakni Dahor Heritage. Di sini Anda dapat melihat rumah pekerja kilang yang sudah ada sejak zaman Belanda. Tak tanggung tanggung, di Dahor Heritage Anda bisa melihat sebanyak 27 rumah panggung milik pekerja kilang yang masih terawat dengan baik hingga saat ini.

Lokasi: Jl. Dahor No.1, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

Balikpapan yang memiliki julukan kota beriman ini memang memiliki sederet pesona tempat wisata yang begitu menakjubkan. Tidak hanya panorama dari wisata alamnya yang begitu cantik dan masih sangat asri, namun ada juga wisata bersejarah dan lain sebagainya yang patut untuk Anda kunjungi. Dan terdapat banyak sekali spot foto menarik pada berbagai tempat wisata tersebut, yang tentunya akan begitu apik untuk menghiasi laman sosial media anda.