Tidak hanya kaya nilai sejarah, Kota Banda Aceh juga memiliki daya tarik tempat wisata yang memukau, mulai dari pemandangan berupa air terjun, danau hingga pantai eksotis.

Setelah menjalani rutinitas sehari hari tentu akan ada masanya untuk merasa jenuh dan membutuhkan hiburan. Di keadaan tersebut Anda bisa mulai berlibur ke suatu tempat untuk menyegarkan pikiran kembali. Seperti misalnya dengan mengunjungi salah satu kota yang ada di Pulau Sumatera ini, yakni Kota Banda Aceh. Lalu apa saja tempat wisata terhits yang ada di kota nan indah tersebut? Yuk simak penjelasannya secara lebih lengkap disini.

1. Air Terjun Pekan Bilui

Air Terjun Pekan Bilui
Image Credit: Idntimes.com

Air Terjun Pekan Bilui adalah salah satu destinasi wisata andalan dari kota ini. Pemandangan alam yang asri adalah daya tarik tersendiri yang ditawarkan di kawasan wisata tersebut. Saat menuju ke lokasi dari tempat wisata ini, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Mulai dari persawahan penduduk hingga jajaran Bukit Barisan yang siap memanjakan mata yang memandangnya.

Lokasi: Lamsod, Kec. Darul Kamal, Kab. Aceh Besar.

2. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Image Credit: Kompas.com

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, dapat memilih berkunjung ke tempat wisata ini. Area wisata yang berupa pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan juga dari daerah yang lainnya. Pemandangan pantau ini juga sangat eksotis sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Belum lagi ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang memanjakan orang yang memandangnya.

Di area Pantai Lampuuk diketahui pula terdapat tempat untuk konservasi satwa berupa penyu. Dengan keberadaan wilayah konservasi ini tak ayal membuat tempat tersebut sebagai wahana edukasi biota laut. Banyak aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di pantai ini. Sebut saja berselancar, berlayar, dan juga berenang. Sekedar berjalan jalan di pantai ini juga menjadi pilihan yang menyenangkan untuk menghabiskan momen liburan.

Lokasi: Jl. Pantai Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

3. Taman Ratu Safiatuddin

Image Credit: Tempatwisata.pro

Untuk Anda yang ingin memiliki momen liburan yang kental akan unsur budaya di dalamnya, dapat memilih berkunjung ke taman ini. Terdapat banyak spot foto menarik yang bisa Anda ambil di area taman ini. Beragam rumah tradisional khas Aceh dapat pula Anda temui di area taman tersebut.

Tidak hanya itu, di waktu waktu tertentu akan digelar banyak acara di sana. Sebut saja pameran kuliner dan juga pertunjukan tari yang menarik.

Lokasi: Bandar Baru, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

4. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka
Image Credit: Acehtourism.travel

Air Terjun Kuta Malaka adalah lokasi wisata berikutnya yang dapat Anda tuju selagi berada di Aceh. Keadaan alam di sekeliling air terjun yang masih alami juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata tersebut.

Area ini juga terbilang sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kesan liburan yang lebih dekat dengan alam. Banyak spot menarik yang bisa Anda ambil saat berkunjung ke tempat wisata alam unggulan di Aceh ini.

Lokasi: Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Kec. Suka Makmur, Kab. Aceh Besar.

5. Museum Rumah Cut Nyak Dhien

Museum Rumah Cut Nyak Dhien
Image Credit: Tiptrus.com

Siapa yang tidak mengenal Cut Nyak Dien, yakni salah satu tokoh pahlawan dari Indonesia yang ikut berjuang pada zaman dahulu. Dengan berkunjung ke museum ini, Anda dapat mengenal lebih dekat apa saja senjata yang digunakan pada kala itu untuk melawan penjajah.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Banda Aceh yang Paling Populer

Dengan berwisata sejarah, terdapat banyak hal yang bisa dipelajari akan cerita masa lalu dari bangsa Indonesia dalam melawan para penjajah yang ada di tanah air.

Lokasi: Lampisang, Kec. Peukan Bada, Kab. Aceh Besar.

6. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Image Credit: IndonesiaKaya.com

Pantai Lhoknga juga merupakan salah satu pantai yang masuk ke jajaran destinasi wisata hits di Banda Aceh. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu area favorit penduduk setempat untuk menghabiskan musim liburan. Panaroma alam yang masih terkesan alami di pantai inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai tersebut. Tak ayal tidak sedikit wisatawan yang jauh jauh datang unruk melihat keindahan pantai yang ada.

Belum lagi ditambah dengan fasilitas yang memadai di pantai ini. Hal trersebut menjadikan banyak pengunjung yang tidak seganuntuk datang lagi di musim liburan berikutnya. Bahkan terdapat lapangan golf di kawasan pantai ini. Tidak hanya itu, terdapat pula area khusus yang digunakan untuk kegiatan selancar yang layak untuk Anda coba. Pemandangan pantai di sore hari pun telah terkenal akan keindahannya.

Lokasi: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab.  Aceh Besar.

7. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh
Image Credit: Nusantaranews.co

Tentu semua masyarakat di tanah air masih mengingat akan tragedi tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam. Dengan keberadaan museum inilah, tragedi besar tersebut dikenang.

Selain itu, Museum Tsunami Aceh juga memiliki agenda untuk memberi edukasi mengenai bencana yang terjadi. Wawasan para pengunjung yang datang pun akan meningkat dengan hal ini. Arsitrektur dari museum ini juga terbilang unik dan sangat artistik.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

8. Puncak Geurutee

Puncak Geurutee
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat yang tenang dan damai, dapat memilih untuk pergi ke Puncak Geurutee ini. Karena di tempat wisata hits ini pemandangan alamnya akan membuat pikiran menjadi tenang. Serta dapat pula membuat perasaan menjadi lebih damai. Di puncak tersebut Anda bisa memandang lautan luas yang jernih dan kebiruan. Kepulauan kecil di area sekitarnya pun terlihat dengan jelas dari puncak yang ada.

Tidak hanya itu, sembari datang ke tempat wisata ini, Anda bisa mencicipi sajian kuliner yang tersedia di sana. Sajian yang dijual juga merupakan menu khas dari daerah Aceh yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Selain itu, tempat wisata ini terbilang cocok bagi Anda yang menyukai dunia fotografi. Karena terdapat banyak spot foto menarik yang dapat diambil di destinasi wisata populer ini.

Lokasi: Jl. Meulaboh – Banda Aceh, Babah Ie, Kec. Jaya, Kab. Aceh.

9. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Image Credit: Kumparan.com

Masjid Rasa Baiturrahman adalah salah satu tempat ibadah umat muslim dan juga destinasi liburan yang layak untuk Anda kunjungi. Dengan datang ke sana, Anda akan disuguhi pemandangan arsitektur yang megah dari masjid tersebut.

Arsitektur dari masjid raya ini memang serupa dengan masjid yang ada di Madinah. Selain itu, Anda pun dapat belajar akan kebudayaan Islam di masjid yang menjadi ikon Kota Aceh ini.

Lokasi: Jl. Moh. Jam No.1, Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

10. Sungai Pucok Krueng Raba

Sungai Pucok Krueng Raba
Image Credit: Travellink-indonesia.com

Tidak hanya wisatawan dari dalam negeri saja, banyak turis mancanegara yang berlibur ke tempat nan indah ini. Salah satu daya tarik dari tempat wisata alam yang satu ini adalah dari kondisi alam dan juga pemandangannya. Keasrian alam di sekitar kawasan sungai tersebut juga masih sangat terjaga dengan baik. Tentu saja hal ini tidak dapat lepas dari berbagai pihak yang telah berupaya menjaga alam dari tempat wisata yang satu ini.

Belum lagi ditambah dengan pemandangan pegunungan kapur yang ada di kejauhan. Hal ini menjadikan pemandangan di sungai tersebut semakin indah dan manawan. Banyak kegiatan yang dapat Anda lalukan saat berkunjung ke tempat ini. Seperti misalnya berenang dan juga menyewa perahu bebek yang ada di sana. Sekedar bersantai sambal menikmati sajian kuliner khas Aceh juga dapat menjadi opsi yang tepat saat berlibur ke tempat ini.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Banda Aceh yang Murah & Enak

Lokasi: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab.  Aceh Besar.

11. Bukit Soeharto

Bukit Soeharto
Image Credit: Abulyatama.ac.id

Salah satu tempat wisata lain yang ada di Aceh adalah Bukit Soeharto. Sesuai dengan namanya, area ini dulunya juga kental akan cerita bersejarah yang berkaitan dengan kepemimpinanan Indonesia di era Soeharto.

Pemandangan alam yang indah mejadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini. Selain itu, lautan yang luas pun terlihat dengan jelas dari atas bukit yang ada. Anda dapat pula melihat Pelabuhan Malayahati dari atas bukit ini.

Lokasi: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar.

12. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai Pasir Putih Lhok Mee
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Pantai Pasir Putih Lhok Me adalah salah satu pantai yang terkenal di kawasan Aceh. Pemandangan alam yang indah akan tergambar dengan jelas begitu Anda berada di pantai ini. Belum lagi ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang tampak eksotis. Uniknya di permukaan laut yang ada di pantai ini Anda bisa menemukan beberapa pohon yang tumbuh berjajar. Tentu saja hal ini manjadikan pemandangan pantai ini semakin unik dan menarik.

Tempat wisata alam yang satu ini terbilang ramah untuk wisata keluarga. Kejernihan air laut di pantai tersebut juga menjadi nilai lebih dari destinasi wisata andalan dari Aceh ini. Dengan keadaan air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa menikmati keindahan surga bawah laut secara langsung. Beragam biota laut yang unik dan menarik dapat Anda lihat dengan berkunjung ke pantai yang tidak ada duanya ini.

Lokasi: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar.

13. Taman Bustanussalatin

Taman Bustanussalatin
Image Credit: Viva.co.id

Taman Bustanussalatin ini juga dikenal dengan sebutan Taman Sari. Arsitektur dari bangunan yang ada di taman tersebut pun dapat Anda nikmati selagi berkunjung ke sana. Banyak hal yang dapat dilkuakan di taman ini.

Penduduk lokal juga banyak menghabiskan waktu untuks ekedar bersantai di area Taman Raja Aceh tersebut. Selain itu, beragam fasilitas pun telah tersedia dengan baik dan terbilang memadai.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

14. Simpang Mesra

Simpang Mesra
Image Credit: Modusaceh.co

Belum lengkap rasanya saat mengunjungi suatu daerah jika belum mencoba sajian lezat yang dimilikinya. Bagi Anda yang berkunjung ke Banda Aceh sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat bernama Simpang Mesra ini. Karena di area tersebut terdapat banyak kuliner khas Aceh yang dijajakan dan dapat Anda nikmati. Wisata kuliner sembari menikmati pemandangan Kota Aceh pun akan menghasilkan momen yang indah.

Contoh sajian khas dari daerah tersebut adalah ayam tangkap. Sajian ayam yang lezat akan Anda rasakan saat memesan jenis hidangan yang satu ini. Tidak hanya makanan berat saja, di tempat ini terdapat pula aneka jenis camilan yang dapat Anda pilih. Selain itu, harga dari setiap jenis hidangan atau camilan yang dijual pun relatif ramah di kantong bagi para wisatawan yang datang ke sana.

Lokasi: Jl. Teuku Nyak Arief, Jeulingke, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

15. PLTD Apung 1

PLTD Apung 1
Image Credit: Kompas.com

Bagi Anda yang menyukai kesan liburan yang unik dan berbeda, dapat berkunjung ke area PLTD Apung 1 ini. PLTD Apung 1 sendiri merupakan kapal penyuplai listrik pada masanya yang terdampar ke Aceh karena terjadinya tsunami. Dengan baik ke kapal tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan indah di Banda Aceh.

Pemandangan berupa Bukit Barisan pun terlihat dengan jelas dari atas akapal ini. Di dalamnya terdapat pula banyak spot foto yang menarik.

Lokasi: Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Banda Aceh yang Murah & Enak

16. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Wartawisata.id

Tidak lengkap rasanya saat berkunjung ke Banda Aceh jika belum mengunjungi pantai yang satu ini. Pemandangan di pantai ini terlihat menawan dan memanjakan mata yang mamandang. Diketahui pula bahwa letak dari Pantai Ulee Lheue berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pasir di kawasan pantai ini juga memiliki warna hitam sehingga membuatnya terlihat unik dan berbeda.

Keindahan sunset di pantai tersebut pun sayang untuk dilewatkan begitu saja. Selain itu, tempat ini juga terkenal akan jenis pantai yang tenang. Bagi Anda yang berkunjung ke destinasi wisata ini, dapat pula berburu sajian kuliner lezat yang ada di sekitarnya. Biasanya pada sore hari, area Pantai Ulee Lheue ini juga selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang yang tinggal di kawasan tersebut.

Lokasi: Banda Aceh, Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh.

17. Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang
Image Credit: Disbudpar.acehprov.go.id

Taman Putroe Phang adalah salah satu tempat yang bisa dituju untuk mengurangi kepenatan. Area dari taman ini juga terbilang strategis serta mudah untuk dijangkau. Banyak terdapat spot foto indah yang bisa Anda temui dengan berkunjung ke area wisata ini.

Selain itu, fasilitas yang ada di Taman Putroe Phang ini pun terbilang sangat memadai. Hal inilah yang menjadikan taman ini membuat orang yang mengunjunginya merasa betah.

Lokasi: Jl. Merapi No.37, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

18. Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga
Image Credit: Pasirpantai.com

Keindahan sunset di senja hari yang begitu indah menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Alue Naga ini. Tidak sedikit warga setempat yang datang ke pantai di Aceh ini saat momen tersebut. Saat momen terbenamnya sang mentari tersebut juga banyak diabadikan oleh para wisatwan atau penduduk lokal yang datang ke sana. Dengan berkunjung ke pantai ini, kepenatan yang dirasakan pun akan berkurang. Kesan aksotis pun tergambar dengan jelas di pantai ini.

Selagi berada di pantai nan indah ini, Anda pun akan dipayungi oleh pepohonan cemara yang ada di kawasan tersebut. Untuk menuju ke lokasi pantai ini juga terbilang mudah. Hal ini karena akses jalan untuk menuju ke area wisata alam ini memiliki kondisi yang mulus dan dapat dikatakan sangat layak. Pantai ini juga diketahui merupakan area bertemunya aliran Sungai Lamnyong dengan air laut.

Lokasi: Andaman Sea, Alue Naga, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

19. Gua Sarang Aceh

Gua Sarang Aceh
Image Credit: Okezone.com

Goa Sarang Aceh adalah destinasi wisata berikutnya yang dapat Anda kunjungi selagi berada di Aceh. Keindahan goa yang tersembunyi ini telah dikenal oleh banyak orang. Dengan berkunjung ke sana, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata.

Terlebih dengan pemandangan goa yang berpadu dengan jernihnya air laut di sekitarnya. Spot foto menarik pun dapat Anda peroleh dengan datang ke tempat ini.

Lokasi: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

20. Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe
Image Credit: Wisato.id

Destinasi wisata berikutnya yang bisa Anda datangi selagi berlibur di sini adalah Goa Sarang Aceh. Tempat wisata ini juga sangat tepat dikunjungi untuk menghilangkan kepenatan yang dirasa. Keindangan alam yang ada di sekeliling area ini menjadi nilai lebih tersendiri. Pikiran pun dapat menjadi lebih tenang dengan datang ke wisata alam hits tersebut. Beragam spot foto dengan latar pemandangan alam yang asri pun dapat Anda peroleh.

Lokasi: Jl. Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Nusa, Kec. Lhoknga Kab. Aceh.

Terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di kota Banda Aceh. Mulai dari tempat wisata sejarah, alam, edukasi, hingga tempat wisata kuliner. Dengan momen liburan yang diperoleh tentu akan menjadikan pikiran lebih segar. Hari hari pun dapat dijalani dengan lebih baik selepas menikmati momen liburan tersebut. Dari ulasan ini, tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi pertama kali?