Mendengar kota Bandung, pasti langsung bisa membayangkan banyaknya tempat wisata yang hits, lengkap dengan udaranya yang sejuk khas pegunungan. Siapapun tidak bisa menolak pesona dari kota Kembang ini. Bukan hanya memiliki banyak tempat wisata, panganan dari kota satu ini juga begitu populer.

Untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan, Bandung bisa jadi tujuan terbaik, dan berikut ada 33 tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi.

1. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Hargatiket.net

Keberadaan sosial media memang menjadi salah satu alat untuk membuat sebuah tempat yang baru dikenal banyak orang. Seperti dengan kehadiran Sendang Geulis Kahuripan yang baru baru ini sedang populer di kalangan traveller. Sendang Geulis merupakan sebuah mata air dengan air yang sangat jernih dan bersih. Suasana pedesaan yang masih asri juga turut membuat tempat ini makin eksotis. Talaga Cikahuripan Padalarang menjadi nama lain mata air ini.

Lokasinya memang terbilang tersembunyi, sehingga belum abnyak yang mengetahui keberadaan sendang ini. Dengan air yang sangat bersih, membuat Anda bisa mengambil foto underwater yang keren. Meskipun hair sebagai wisata alam, namun fasilitas yang ditawarkan oleh Senda Geulis Kahudipan sudah lengkap. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat yang indah dan asri ini, sebaiknya menggunakan motor saja mengingat aksesnya yang sempit.

Lokasi: Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat.

2. Barusen Hills

Barusen Hills
Image Credit: Wisatakaka.com

Ingin menikmati pemandangan kota Bandung dengan suasana yang tenang? Barusen Hills ini bisa menjadi alternatif. Udara yang egar akan menyambut Anda ketika tiba di bukit ini. Mata Anda akan dimanjakan dengan kebun bunga yang penuh warna. Terdapat juga danau mini yang bisa Anda eksplor dengan menggunakan perahu. Ada berbagai spot swafoto yang di sebar untuk memuaskan Anda yang menyukai kegiatan berpose di depan kamera.

Dari sekian banyak spot foto, yang paling digandrungi oleh pengunjung adalah jembatan bambu yang bentuknya ‘Love’. Dengan latar perbukitan yang hijau, membuat Barusen ini banyak dikunjungi wisatawan. Anda juga bisa menjajal water park yang juga menjadi salah satu daya tariknya. Apalagi fasilitas yang ditawarkan Barusen Hill juga terbilang lengkap dan memadai. Anda yang ingin berlama lama bisa menginap di Villa Barusen Hill nya.

Lokasi: Gambung Ciwidey, Cisondari, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung.

3. Indo Wisata Permata (IWP)

Indo Wisata Permata
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Mungkin nama Indo Wisata Permata atau IWP ini masih terdengar asing di telinga para traveller sekalian. Karena memang objek wisata satu ini masih terbilang baru namun sudah berhasil menarik banyak perhatian. IWP menawarkan wisata dengan tema wisata yang sangat cocok bagi Anda pecinta berlian. Sebab, di tempat ini Anda bisa menyimak proses pembuatan batu mulia yakni berlian ini secara langsung.

Pengolahan berlian di tempat satu ini tidak menggunakan cara tradisional, melainkan menggunakan alat alat canggih dengan teknologi terbaru. Tidak hanya menjadi tempat yang bisa menambah wawasan, IWP juga menjadi surga bagi Anda yang gemar mengkoleksi berlian. Di tempat ini terdapat galeri khusus yang bisa Anda singgahi untuk berbelanja berlian. Terdapat juga cafe yang juga menyediakan berbagai menu menarik.

Lokasi: Jl. Citra Green Blok N No.1-10, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

4. Upside Down World

Upside Down World
Image Credit: Grid.id

Upside Down World Bandung adalah destinasi wisata foto dengan konsep ruangan terbalik. Tempat satu ini bisa dikatakan sebagai tempat pertama di Indonesia yang memiliki konsep satu ini. Nuansanya mirip dengan rumah, hanya saja semua perabotan terbalik atau menggantung di langit.

Perabot yang digunakan juga merupakan perabotan asli dengan tatanan ruangan yang juga instagramable. Tempat satu ini akan membuat kita otomatis menjadi narsis.

Lokasi: Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

5. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Image Credit: Mongabay.co.id

Objek wisata satu ini terbilang sudah cukup lama, namun hingga kini masih menjadi tempat wisata yang hits. Di tempat ini pengunjung akan diajak untuk melihat pertunjukkan musik angklung, workshop alat musik hingga kerajinan dari bambu.

Mengajak keluarga ke Saung Angklung Udjo ini akan jadi liburan yang seru sekaligus untuk menambah wawasan. Desainnya yang apik juga menambah daya tarik dari Saung ini.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

6. Little Seoul Bandung

Little Seoul Bandung
Image Credit: Wattpad.com

Apakah Anda penggemar apapun yang berhubung dengan Korea? Bandung memiliki replika kota Seoul yang tak kalah menawan untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati tempat tempat foto yang instagenic. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makanan khas Korea yang bisa Anda jajal.

Menariknya lagi, Anda bisa menyewa kostum khas Korea yakni Hanbook untuk befoto-foto. Little Seoul akan membawa Anda seakan-akan sedang berada di negeri Ginseng.

Lokasi: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Panama Park 825 Bandung

Panama Park 825 Bandung
Image Credit: Bisnishotel.com

Tempat satu ini baru dibuka di tahun 2019 lalu, dan menjadi salah satu tempat liburan yang asik untuk keluarga. Panama Park 825 menawarkan arena permainan indoor dengan berbagai wahana permainan, yang dikembangkan oleh Games Master.

Daya tarik yang paling digemari adalah bermain salju pertama di Bandung. Saljunya yang real dan wahana lain yang tak kalah menarik membuat tempat ini menjadi tempat wisata yang hits di kota Bandung.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.825, Cijerah, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung.

8. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut
Image Credit: Dakatour.com

Danau yang dikenal dengan nama Sanghyang Heuleut ini merupakan destinasi yang banyak dituju bagi para pelancong. Karena memang danau satu ini memiliki keelokan yang tidak akan bisa Anda tolak. Tebing bebatuan yang eksotis mengelilingi danau dengan warna kehijauan yang jernih.

Alam sekitarnya yang masih asri turut menjadi daya tarik lainnya dari danau ini. Bukan hanya bisa berswafoto, menikmati pemandangannya juga jadi obat paling mujarab.

Lokasi: Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

9. Stone Garden

Stone Garden
Image Credit: Travelspromo.com

Stone Garden menjadi salah satu destinasi yang sedang naik daun, apalagi ketika foto fotonya berkeliaran di Instagram. Anda akan disuguhkan dengan panorama lembah dan juga perbuktikan dari atas ketinggian.

Ketinggian yang mencapai 900 mdpl ini akan memberikan pemandangan dan pengalaman liburan tak terlupakan. Bukit ini merupakan batuan kabur dengan rongga layaknya karang di lautan dengan bentuk beragam yang membuatnya makin cantik.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

10. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis
Image Credit: Yourbandung.com

Jika Anda ingin menikmati pemandangan kawah yang berbeda, kawah Rengganis Bandung ini bisa menjadi pilihan. Pemandangan alam yang berada di sekitar kawah ini juga memiliki sungai sungai kecil yang dialiri air hangat.

Selain bisa menikmati pemandangan, Anda juga bisa berendam dan merilekskan tubuh di air hangat ini. Konon, air hangat yang mengandung belerang ini bisa mengatasi berbagai macam penyakit kulit dan juga reumatik.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

11. Green Hill Park TWA Cimanggu

Green Hill Park TWA Cimanggu
Image Credit: Yukwisatakuliner.blogspot.com

Untuk Anda yang ingin menikmati nuansa alam yang menyenangkan, Green Hill Park TWA Cimanggu bisa jadi pilihan. Tempat satu ini mengusung konsep terpadu, yang akan membuat liburan Anda menyenangkan.

Anda bisa menikmati camping ground, pemandian air panas, area outbond, waterpark dan lain sebagainya. Bisa dikatakan jika tempat satu ini menyuguhkan liburan seru dan juga fasilitas yang memadai serta lengkap.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

12. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek
Image Credit: Fresh.suakaonline.com

Bandung juga terkenal dengan curugnya yang menawan, salah satunya yang sedang hits saat ini adalah Curug Batu Templek. Curug ini cukup unik karena menyajikan pemandangan tekstur tebing cadas dan air terjun di tengahnya.

Tentunya akan jadi pemandangan yang menyejukkan mata sekaligus jadi tempat foto yang keren. Wisata alam Bandung satu ini sangat menantang untuk dikunjungi, meskipun fasilitas yang ditawarkan belum lengkap.

Lokasi: Jl. Cisanggarung, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

13. Amazing Art World

Amazing Art World
Image Credit: Yourbandung.com

Mengunjungi museum juga bukan ide yang buruk untuk menghabiskan liburan. Di Bandung ada Amazing Art World yang digadang gadang sebagai museum 3D paling besar di Indonesia. Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai karya seni menarik dan juga mampu membuat Anda terkesima.

Museum ini juga menawarkan banyak spot foto artistik nan unik yang cocok untuk Anda yang suka berpose. Tertarik mengunjungi museum cantik satu ini?

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

14. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Image Credit: Travelspromo.com

Mungkin Tebing Keraton ini keberadaannya sudah cukup lama, namun belakangan menjadi tempat wisata alam yang hits. Para wisatawan yang berkunjung kebanyakan berburu sunrise dengan pemandangan alam yang mempesona.

Tebing Keraton berada di area Hutan Raya Juanda sehingga suasana hutannya pasti terasa. Selain bisa menikmati pemandangan indah sekaligus berburu foto keren, Anda juga bisa menikmati udara segar khas pegunungan.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat.

15. Curug Cinulang

Curug Cinulang
Image Credit: Nativeindonesia.com

Menikmati air terjun yang jatuh dari ketinggian tentunya jadi pemandangan yang luar biasa. Apalagi dengan pemandangan alam sekitarnya yang juga mendukung. Pepohonan rindang, air yang jernih dan suara burung yang bersahutan akan jadi obat penghilang penat yang ampuh.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru & Paling Hits

Curug Cinulang merupakan salah satu curug di Bandung yang paling hits. Memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan fasilitas yang sudah terbilang lengkap dan memadai.

Lokasi: Jl. Curug Cinulang, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung.

16. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Image Credit: Unsplash.com

Keindahan danau atau yang juga dikenal dengan Situ Patenggang ini juga layak jadi destinasi liburan terbaik. Anda akan disuguhkan pemandangan hutan dan juga danau yang bersisihan. Selain bisa melihat pemandangan Anda, juga bisa menaiki perahu atau sepeda air untuk mengelilingi danau.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, sebaiknya datang ketika pagi hari. Cahaya matahari yang mengenai danau sungguh sangat mempesona.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

17. Ranca Upas

Ranca Upas
Image Credit: Beritagar.id

Tempat satu ini memang bukan tempat yang baru, namun masih hits hingga kini. Ranca Upas sendiri sebenarnya merupakan area perkemahan. Udaranya yang sejuk dengan alam yang masih asri akan membuat Anda betah berlama lama.

Atraksi yang paling digemari oleh pengunjung adalah berinteraksi dengan rusa. Karena di ranca Upas juga ada penangkaran rusa. Selain itu, juga ada fasilitas memadai seperti ATV, outbond dan lainnya untuk liburan yang makin seru.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

18. Tebing Citatah

Tebing Citatah
Image Credit: Ksmtour.com

Apakah Anda termasuk orang yang suka dengan olahraga ekstrim seperti panjat tebing? Maka Anda bisa menjadikan Tebing Ciatatah Bandung sebagai destinasi wisata Anda. Setidaknya terdapat 3 tebing utama yang bisa ditakhlukkan dengan ketinggian yang berbeda.

Untuk melakukan panjat tebing juga harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak yang bersangkutan. Yang jelas liburan satu ini tetap menarik bagi para petualang.

Lokasi: Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

19. Goa Pawon Bandung

Goa Pawon Bandung
Image Credit: Holamigo.id

Goa Pawon Bandung juga bisa Anda kunjungi jika ingin berlibur di Bandung dengan nuansa yang berbeda. Goa yang terbentuk secara alami ini memiliki panjang 38 m dengan lebar 16 m. Di dalam goa terdapat ruangan ruangan dengan jendela alami, terdapat juga benda kuno di dalamnya.

Peninggalan zaman purba seperti pisau batu asah, anak panah hingga gelang batu bisa Anda temukan. Pernah juga ditemukan kerangka yang diduga manusia Purba Suku Sunda.

Lokasi: Kp. Cibukur, Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

20. Dago Dream Park

Dago Dream Park
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Tempat satu ini sudah ada sejak tahun 2016, dan belakangan banyak yang meliriknya. Dago Dream Park memiliki konsep fun in nature yang bisa hadirkan liburan yang seru. Anda bisa menjajal berbagai wahana menarik seperti fyling fox, perahu dayung, sirkuit sepeda dan lainnya.

Spot untuk foto juga melimpah, seperti misalnya permadani terbang ala Aladin yang menjadi favorit pengunjung. Ditambah dengan alam pegunungan yang membuat betah berlama lama.

Lokasi: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kab. Bandung Barat.

21. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung
Image Credit: Myfave.com

Bandung tidak hanya memiliki tempat seperti Korea, namun juga ada yang menawarkan nuansa China yang kental. Chinatown akan membawa kita ke Chinatown jaman dahulu. Kampung Pecinan ini tidak hanya memiliki banyak spot foto kece, namun juga memiliki tempat bersejarah layaknya klenteng yang sudah berdiri sejak lama.

Anda juga bisa menyewa kostum pakaian China untuk mengambil foto sekaligus nuansa yang lebih terasa.

Lokasi: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung.

22. Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid Forest Cikole Lembang
Image Credit: Pegipegi.com

Nama tempat wisata satu ini seakan tidak pernah redup. Orchid Forest Cikole bukan hanya teman anggrek yang mempesona, tempat yang dipenuhi hutan pinus ini juga memiliki banyak wahana menarik.

Tempat satu ini sangat cocok dikunjungi oleh segala usia, karena ada banyak atraksi yang bisa disesuaikan. Mengingat tempat ini juga memiliki banyak spot foto epic dan ramah dengan anak anak. Orchid Forest cocok untuk menghabiskan liburan Anda bersama keluarga.

Lokasi: Genteng, Cikole, Lembang, Kab. Bandung Barat.

23. Puncak Bintang

Puncak Bintang
Image Credit: Superadventure.co.id

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang banyak digandrungi. Dan Anda bisa menikmati hal ini dengan mengunjungi puncak Bintang Bandung. Nuansa alamnya yang masih terjaga lengkap dengan pemandangan kota yang menawan menjadi daya tariknya.

Puncak Bintang bisa dikatakan sebagai tempat strategis untuk menikmati kota Bandung dari ketinggian. Fasilitas di tempat ini juga terbilang lengkap dan memadai.

Lokasi: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung.

24. The Lodge Maribaya Lembang

The Lodge Maribaya Lembang
Image Credit: Piknikasik.com

The Lodge Maribaya tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang menawan, tempat satu juga memiliki banyak wahana yang menarik. Terutama bagi Anda yang ingin memiliki foto yang lain dari biasanya.

Mengingat spot foto yang dihadirkan oleh The Lodge Maribaya juga menantang adrenalin. Seperti sky swing, sky tree hingga zip bike atau menaiki sepeda di atas ketinggian. Belum lagi Anda juga bisa menginap di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Maribaya No. 149/252 RT.03/RW.15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kab. Bandung Barat.

25. The Great Asia Africa

The Great Asia Africa
Image Credit: Yourbandung.com

Seperti namanya, Anda akan disuguhkan dengan miniatur 7 keajaiban dunia. Di antaranya di Indonesia, India, Korea, Jepang, Thailand, Timur Tengah dan Afrika. Saat menginjakkan kaki Anda seakan sedang di luar negeri. Tidak hanya bangunannya yang cantik, Anda juga akan dimanjakan dengan spot foto yang melimpah.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Depok yang Paling Populer

Selain itu juga menikmati makanan khas dari berbagai daerah tersebut, sekaligus menyewa pakaian adat dari berbagai negara.

Lokasi: Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kab. Bandung Barat.

26. Kiara Artha Park

Kiara Artha Park
Image Credit: Twitter.com @detik_Bandung

Kiara Artha Park merupakan salah satu taman kota di Bandung yang kini juga menjadi ikon wisata kota Kembang. Di kalangan wisatawan sedang hits dan naik daun. Sebab tidak hanya memiliki fasilitas yang menarik, namun juga terdapat banyak spot menarik. Salah satunya adanya Kampung Korea yang masih ada di area Kiara Park ini. Ada juga taman lampu, bus Bandros hingga food court untuk memanjakan perut Anda.

Lokasi: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

27. Fairy Garden

Fairy Garden
Image Credit: Ridwanderful.com

Berburu spot Instagramable bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Fairy Garden. Fairy Garden ini mengusung konsep negeri dongeng dengan suasana yang sangat mendukung. Bahkan para petugas juga mengenakan kostum layaknya di negeri dongeng.

Terdapat beberapa wahana untuk anak anak dan juga edukasi. Seperti Lola’s Library, Bouncy Castle, Menunggang kuda dan lain sebagainya. Liburan keluarga sangat pas dihabiskan di Fairy Garden.

Lokasi: Jl. Raya Maribaya, Cibodas, Lembang, Kab. Bandung Barat.

28. Palalangon Park

Palalangon Park
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Jika kita menuju Kawasan Bandung Selatan, akan menemukan Palalangon Park yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga, akan semakin menyenangkan. Mengingat selain ada spot foto juga ada kolam renang, playground, perahu angsa hingga villa serta tempat makan. Menariknya lagi untuk masuk ke dalam tempat wisata hits ini, Anda hanya perlu merogoh mulai Rp. 20 ribuan setiap orangnya.

Lokasi: Kp. Leuwiliang, Cibodas, Pasirjambu, Kab. Bandung.

29. Glamping Lakeside dan Pinisi Resto

Glamping Lakeside dan Pinisi Resto
Image Credit: Nativeindonesia.com

Pernahkah Anda membayangkan menginap di tepi danau? Jika pernah, kini Anda bisa menikmatinya dengan mengunjungi Glamping Lakeside dan Pinisi Resto di Bandung. Menginap dengan sistem tenda atau glamoure Camping ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan. Apalagi ada Pinisi Resto yang merupakan tempat makan yang tempatnya di atas perahu pinisi. Suguhan pemandangan yang mempesona bisa Anda nikmati sambil makan.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

30. Dermaga Ponton dan Skywalk Cantigi Kawah Putih

Dermaga Ponton dan Skywalk Cantigi Kawah Putih
Image Credit: Dolanyok.com

Kawah Putih Bandung, bukanlah tempat yang asing di telinga para wisatawan. Meskipun bukan tempat baru, namun hingga kini tetap menjadi favorit. Saat ini selain bisa menikmati danau eksotis, Anda juga bisa wahana baru yang dinamakan dermaga Ponyon dan Skywalk Cantigi. Dermaga ini memiliki panjang 50 m dan lebar 2m. Di atas dermaga ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang lebih cantik sekaligus sebagai spot swafoto yang instagenic.

Lokasi: Desa Alam Endah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

31. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo
Image Credit: Fourstar-holiday.com

Lembang kini memiliki atraksi baru yakni kebun binatang modern dengan taman bermain. I dalam Lembang Park and Zoo ini, Anda berkesempatan bertemu dengan 350 satwa di dalamnya. Setelah puas bertemu dengan para satwa, Anda juga bisa menikmati waterboom atau berkuda.

Meskipun terbilang baru, namun tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Mengunjungi bersama keluarga akan jadi liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kab. Bandung Barat.

32. Centrum Million Balls

Centrum Million Balls
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Kota Bandung, memang banyak memiliki tempat wisata dengan banyak tempat foto. Centrum Millon Balls akan memberikan pengalaman mandi bola dengan bola yang jumlahnya mencapai jutaan. Sebab di dalam kolam raksasa ini, akan ada banyak bola yang bisa dijadikan tempat untuk mengambil foto.

Selain itu, ada spot pendukung seperti Boba Shop, Butter Popcorn, Yello Bubble Shower, Avocado Shake dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Belitung No.10, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

33. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug
Image Credit: Ksmtour.com

Jika Anda ingin menikmati tempat wisata baru dan masih terjaga keasriannya, maka Curug Bugbrug bisa menjadi pilihan. Nama curug Bugbrug diambil dalam bahasa Sunda yang artinya tumpang tindih atau bertumpuk. Saat jatuh memang airnya akan terlihat bertumpuk atau tumpang tindih.

Di bawah air terjunnya, terdapat kolam alami dengan kedalaman 3 sampai 4 meteran. Keindahannya akan membuat Anda terpesona, walaupun tak diijinkan berenang.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

Kota Bandung memang seakan tidak kehabisan tempat untuk berlibur. Selalu hadir tempat baru yang bisa untuk Anda eksplor. Alamnya yang cantik dengan udara yang subur memang sangat mendukung untuk menjadikan Bandung sebagai tempat berwisata terbaik. Kehadiran media sosial juga turut membantu promosi sehingga makin hits dan terkenal. Menghabiskan liburan panjang atau akhir pekan sangat pas dihabiskan di kota Kembang ini. Tempat manakah yang ingin Anda kunjungi?