Inilah Pilihan Tempat Wisata Populer di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Layak Anda Jelajahi Saat Rencana Liburan ke Banjarbaru.

Banjarbaru merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang berlokasi di sebelah tenggara dari Banjarmasin ini memiliki topografi berupa dataran rendah, sungai, perbukitan, dan pegunungan di daerah timur dan utara. Kota ini memiliki segudang daya tarik wisata yang begitu populer dan sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Kota Banjarbaru dengan julukan kota seribu taman ini memiliki cukup banyak wisata taman yang mempesona. Tak hanya itu saja, berbagai tempat wisata menarik pun bisa Anda temukan di Banjarbaru. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Taman Labirin Banua (Kebun Raya Banua)

Taman Labirin Banua (Kebun Raya Banua)
Image Credit: Youtube.com (Fitriya Anggeriyani)

Jika kata kebun raya mengingatkan Anda dengan kota Bogor, ternyata Banjarbaru juga memiliki yang serupa, namanya yaitu Taman Labirin Banua atau lebih akrab disebut dengan nama Kebun Raya Banua. Di sini Anda bisa menjumpai berbagai taman seperti taman labirin untuk bermain petak umpet, taman bunga yang memiliki warna warni cantik, dan taman buah dengan pepohonan rimbun.

Lokasi: Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

2. Agrowisata Kebun Durian

Agrowisata Kebun Durian
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Agrowisata Kebun Durian berlokasi di kawasan Guntungmanggis, dan sangat cocok dikunjungi bagi Anda para pecinta durian. Objek wisata yang sering disebut dengan nama Meek Farm ini menyuguhkan serba serbi durian yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Di sini Anda bisa melihat bibit pohon durian unggul, yang bisa Anda bawa pulang dengan cara membelinya.

Tidak hanya itu saja, di Agrowisata Kebun Durian ini juga terdapat resto dengan tema durian. Dimana hampir semua menu yang disuguhkan memiliki bahan durian di dalamnya, benar benar dapat memanjakan para pecinta durian. Suasana yang ada di kebun ini pun sangat sejuk dan asri, jadi Anda bisa melahap santap hidangan durian dengan menikmati suasana segar dan tenang yang ada.

Lokasi: Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

3. Taman Van Der Pijl

Taman Van Der Pijl
Image Credit: Visitkalsel.com

Objek wisata selanjutnya di Banjarbaru yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Taman Van Der Pijl yang terletak di kawasan Loktabat Utara. Taman ini ditumbuhi oleh pepohonan yang cukup rimbun, sehingga menciptakan suasana taman yang sangat sejuk. Tempat ini banyak dimanfaatkan oleh warga setempat untuk bersantai saat akhir pekan. Di sini juga terdapat cukup banyak wahana permainan anak, seperti mobil mobilan, becak mini, dan masih banyak lagi.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pangeran Suriansyah, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

4. Wisata Danau Seran

Wisata Danau Seran
Image Credit: Introvertian.blogspot.com

Danau Seran dulunya merupakan sebuah area penambangan intan milik PT. Galuh Cempaka. Setelah aktivitas penambangan tidak dilakukan lagi, bekas galian dari tambang menjadi digenangi oleh air dan membentuk sebuah danau. Pesona dari danau ini sekarang dapat menggaet cukup banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Selain itu, di sini juga terdapat penyewaan sepeda air dan perahu yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling danau.

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

5. Embung Sidodadi

Embung Sidodadi
Image Credit: Banjarbaruklik.com

Embung Sidodadi berada di kawasan Loktabat Selatan, dan memiliki fungsi utama sebagai daerah tangkapan air. Selain menjadi kawasan tangkapan air, tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu wisata andalan yang terdapat di Banjarbaru. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas memancing, karena pemerintah kota telah menebarkan sekitar 12 ribu benih ikan yang terdiri dari jenis ikan lokal seperti Kelabau, Baung, Papuyu, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Sidodadi 2 No.96, Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.

6. Amanah Borneo Park

Amanah Borneo Park
Image Credit: Wartaniaga.com

Destinasi wisata selanjutnya yang sayang untuk Anda lewatkan yaitu Amanah Borneo Park. Objek wisata ini terletak di daerah Palam, Cempaka, dan menawarkan berbagai macam wahana yang siap untuk melengkapi liburan Anda bersama keluarga. Beberapa wahana yang bisa Anda temukan di taman hiburan ini yaitu wahana taman lalu lintas, flying fox, wisata petik buah, rabbit park, jambatan goyang, fishing park, sepeda udara, wisata keliling kebun, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Taruna Bhakti, RT.12 RW.04, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

7. Bekantan Park

Bekantan Park
Image Credit: Borneos.id

Saat Anda tiba di lokasi wisata Bekantan Park, Anda akan langsung disambut oleh sebuah ornamen bekantan yang besar dan begitu mencolok pada bagian gerbang pintu masuk. Tidak ketinggalan, di sini juga terdapat beberapa patung hewan lain seperti beruang, kura kura, biawak, dan ada juga replika dari jembatan Barito yang terkenal di Kalimantan Selatan. Anda bisa puas berfoto ria dengan patung patung tersebut sebelum menikmati berbagai wahana yang ada.

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

8. Aquatica Waterpark and Playground

Aquatica Waterpark and Playground
Image Credit: Aquatica.gr

Aquatica Waterpark and Playground ini merupakan sebuah kolam renang idaman dengan berbagai fasilitas arena air yang ditawarkan. Anda bisa berlibur bersama dengan keluarga tercinta di sini, terlebih untuk keluarga yang memiliki anak kecil. Karena berbagai arena bermain di dalamnya cukup ramah untuk anak anak, bahkan terdapat sekitar 3 perosotan yang berwarna warni dengan lebar berbeda yang bisa Anda sekeluarga nikmati.

Lokasi: Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

9. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh Cempaka
Image Credit: Kaltraveler.blogspot.com

Danau yang memiliki keindahan mempesona di Banjarbaru yaitu Danau Galuh Cempaka, yang terletak di daerah Palam, Cempaka. Tempat ini dulunya juga merupakan area pertambangan intan yang dimiliki oleh PT. Galuh Cempaka. Kini tempat tersebut sudah berubah menjadi danau dan dibuka sebagai kawasan objek wisata. Keindahan pada danau ni bisa Anda saksikan dengan menaiki perahu yang disewakan di sekitar area tersebut.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Paling Populer

Lokasi: Purnawirawan kelurahan, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

10. Danau Wisata Kota Citra

Danau Wisata Kota Citra
Image Credit: Banjarbaruklik.com

Danau Wisata Kota Citra berada di kawasan Gambut, Banjar, dan dimiliki oleh salah seorang pengusaha Kalimantan Selatan yaitu H. Norhin. Berbagai wahana bisa Anda jumpai pada destinasi wisata satu ini, seperti spot memancing, perahu bebek, wahana permainan air, outbound, area makan bersama, bahkan hingga ruang karaoke. Anda dijamin betah untuk berlama lama di sini, terlebih dengan suasananya yang begitu sejuk yang bisa memanjakan pengunjung.

Lokasi: Gambut, Kec. Gambut, Kota Banjar Baru.

11. Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos
Image Credit: Visitkalsel.com

Hutan Pinus Mentaos bisa Anda jadikan alternatif wisata saat ingin menghirup udara segar. Hutan ini menyuguhkan pemandangan eksotis dari pohon pinus yang banyak tumbuh di sana. Tak hanya itu, hutan ini sekarang juga lebih berwarna karena telah dilengkapi oleh beragam payung yang menggantung cantik sehingga cocok dijadikan latar belakang foto. Lalu ada juga penyewaan hammock, yang digantung pada pohon pohon pinus di hutan tersebut.

Lokasi: Jl. Suriansyah Ujung, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

12. Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang atau Rumah Jomblo

Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang atau Rumah Jomblo
Image Credit: Instagram.com @ayodolan

Objek wisata ini disebut dengan nama Rumah Jomblo, karena rumah yang terletak di belakang perumahan Perum Graha Praja Idaman ini terlihat menonjol dengan posisi menjulang tinggi dan satu satunya rumah kayu yang ada. Konon katanya rumah ini tidak bisa dirobohkan, sehingga keberadaannya kini viral dan menjadi objek tujuan wisata baru yang ada di Banjarbaru. Di sini Anda bisa berfoto ria dengan latar belakang Rumah Jomblo tersebut.

Lokasi: Desa Cempaka, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

13. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat
Image Credit: Visitkalsel.com

Bagi Anda yang ingin berwisata sembari menambah ilmu, maka bisa berkunjung ke wisata Museum Lambung Mangkurat yang berlokasi di kawasan Banjarbaru Utara ini. Di sini Anda akan mengenal sejarah berdirinya museum tersebut, dan menemukan cukup banyak peninggalan sejarah seperti kerangka dan lain sebagainya. Setelah berkunjung ke destinasi ini, dijamin pengetahuan Anda akan bertambah.

Lokasi: Komet, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

14. Kampung Iwak

Kampung Iwak
Image Credit: Redaksi8.com

Kampung Iwak juga berada di daerah Banjarbaru Utara, dan sangat cocok untuk dikunjungi bagi Anda para penggemar ikan. Di sini Anda bisa mencari benih ikan yang unggul, melakukan aktivitas memancing, bahkan makan bersama ikan yang berhasil Anda pancing bersama dengan keluarga. Menariknya, pada momen dan hari tertentu Anda bisa menjumpai lomba memancing di sini.

Lokasi: Jl. Veteran, Sungai Sipai, Cindai Alus, Kec. Martapura, Kota Banjar Baru.

15. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi
Image Credit: Fatimahaqila.com

Banjarbaru memang mempunyai cukup banyak kampung yang unik, salah satunya yaitu Kampung Pelangi yang berada di kawasan Banjarbaru Selatan. Sesuai dengan namanya, kampung ini memiliki nuansa warna warni layaknya pelangi. Anda bisa merasakan asyiknya berfoto ria, dan berjalan jalan dengan suasana penuh warna di kampung yang dibangun di atas bantaran Sungai Kemuning tersebut.

Lokasi: Jl. Kemuning Ujung/Delima Ujung, RT.03/RW.01, Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Murah & Enak

16. Kampung Pejabat

Kampung Pejabat
Image Credit: Banjarmasinpost.co.id

Satu lagi kampung unik yang ada di Banjarbaru yaitu Kampung Pejabat, dimana kampung ini juga berada di daerah Banjarbaru Selatan. Di sini Anda akan disambut dengan pemandangan dari jejeran tanaman obat serta rempah yang ada di dalam pot. Pot tersebut tersusun rapi di setiap halaman rumah warga setempat. Anda juga bisa menjumpai berbagai payung serta bola warna warni bergantung cantik, di sepanjang jalan yang ada di Kampung Pejabat ini.

Lokasi: Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.

17. Kampung Purun Palam

Kampung Purun Palam
Image Credit: Borneo24.com

Kampung Purun Palam telah ada dan berdiri sejak tahun 2016 silam, dan menjadi salah satu destinasi wisata unik yang harus Anda kunjungi. Selain bertani, sejak dulu warga kampung tersebut memanfaatkan potensi tanaman purun yang berlimpah sebagai sumber mata pencaharian mereka. Banyak variasi produk yang dihasilkan dari tanaman tersebut, seperti dompet, tikar, dan tas. Menariknya Anda bisa belajar menganyam tanaman purun tersebut di sini.

Lokasi: Jl. Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

18. Monumen ALRI Divisi IV

Monumen ALRI Divisi IV
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Satu lagi objek wisata bersejarah yang bisa Anda temukan di Banjarbaru yaitu Monumen ALRI Divisi IV. Monumen ini berdiri kokoh di atas Bundaran Liang Anggang, yang menghubungkan Banjarbaru, Banjarmasin, dan Pelaihari. Kawasan ini termasuk destinasi yang paling banyak dikunjungi untuk berfoto ria mengabadikan momen, mengingat adanya meriam dan tank yang merupakan aset pertahanan langka yang bisa dilihat di Kalimantan Selatan.

Lokasi: Jl. A. Yani KM.20, Kayu Bawang, Kec. Gambut, Kota Banjar Baru.

19. Bukit Batas

Bukit Batas
Image Credit: Martapurapost.com

Bukit Batas yang berada di kawasan Aranio ini memiliki ketinggian lebih dari 200 kaki, dan menawarkan panorama keindahan alam yang sangat mempesona. Dari atas bukit ini Anda bisa melihat megahnya waduk riam, dengan hamparan air segar yang ditampungnya. Dikelilingi oleh hutan yang hijau, membuat suasana di Bukit Batas menjadi terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Oleh karena itu bukit ini sering dijadikan sebagai tempat camping, dan lain sebagainya.

Lokasi: Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kota Banjar Baru.

20. Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Satu lagi bukit yang ada di kawasan Aranio, yaitu Bukit Matang Kaladan yang juga menawarkan keindahan alam tak kalah indah dari bukit lainnya. Lokasi ini terbilang cukup sulit untuk ditaklukan, jadi sangat cocok untuk Anda para pecinta alam. Setelah sampai di puncak bukitnya, Anda akan langsung disuguhi pemandangan hijau padang rumput yang menghiasi bukit tersebut. Menariknya lagi, di sini Anda juga bisa menemukan spot untuk berfoto ria.

Lokasi: Aranio, Kec. Aranio, Kota Banjar Baru.

Kalimantan yang begitu luas memang tidak ada hentinya menawarkan berbagai objek wisata yang indah. Tak terkecuali dengan Banjarbaru yang ada di Kalimantan Selatan, daerah ini juga menawarkan tempat wisata yang sangat menarik. Mulai dari wisata alam, wisata taman, hingga wisata museum yang menyimpan banyak peninggalan sejarah. Setelah menyimak deretan wisatanya, jadi Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata Banjarbaru yang mana?