Inilah Deretan Tempat Wisata Populer di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi, mulai dari wisata sejarah maupun wisata bahari juga menjadi daya tarik Kota Seribu Sungai.

Banjarmasin adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Selatan, yang dikelilingi oleh banyak aliran sungai. Sehingga tak heran jika kota satu ini memiliki julukan kota seribu sungai, bahkan terdapat sekitar 60 sungai yang mengalir di wilayah Banjarmasin. Karena itulah di sini sungai dijadikan sebagai pusat dari cukup banyak kegiatan warga, dan salah satunya menjadi tujuan wisata.

Selain sungai dan pasar terapungnya, Banjarmasin memiliki daftar tempat wisata lain yang populer bisa Anda pilih ketika berlibur bersama orang tercinta.

1. Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin
Image Credit: Topindonesiaholidays.com

Destinasi wisata pertama yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Banjarmasin tentu adalah Pasar Terapung Muara Kuin. Tempat wisata ini begitu populer, jadi rasanya kurang lengkap jika Anda ke Banjarmasin tanpa mengunjungi pasar apung tertua yang ada di Indonesia ini. Di sini Anda akan disuguhkan proses jual beli yang dilakukan di atas perahu, dimana konon katanya aktivitas tersebut sudah ada sejak tahun 400 tahun silam.

Di Pasar Terapung Muara Kuin ini Anda bisa menemukan berbagai macam kebutuhan, mulai dari bahan makanan, kebutuhan rumah tangga, hasil pertanian, bahkan pakaian juga ada. Yang menarik adalah adanya tongkat yang memiliki ujung kawat, dimana fungsinya yaitu untuk mengambil barang yang dibeli karena cukup sulit untuk mendekatkan perahu yang tengah dinaiki.

Lokasi: Jl. Alalak Selatan, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

2. Pasar Apung Lok Baintan

Pasar Apung Lok Baintan
Image Credit: Wikipedia.org

Satu lagi wisata pasar apung yang ada di Banjarmasin yaitu Pasar Apung Lok BaIntan yang berada di kawasan Desa Sungai Tandipah. Di sini Anda juga bisa merasakan sensasi wisata belanja sambil bergoyang di atas perahu.

Barang yang dijual juga cukup beragam, layaknya pasar tradisional pada umumnya seperti sayuran, buah buahan, hingga kuliner khas Banjarmasin bisa Anda cicipi di pasar satu ini.

Lokasi: Jl. Sungai Martapura, Kec. Sungai Tabuk, Kota Banjarmasin.

3. Pasar Terapung Siring

Pasar Terapung Siring
Image Credit: Visitkalsel.com

Berbeda dengan Pasar Terapung Muara Kuin dan Lok Baintan, Pasar Terapung Siring merupakan program langsung dari pemerintah Kota Banjarmasin. Pasar yang terletak di Siring Sungai Martapura ini, dibangun dalam rangka pelestarian pasar apung dirasa mulai punah termakan zaman.

Di pasar ini Anda juga bisa menemukan berbagai kebutuhan harian hingga wisata kuliner, yang tentunya dengan harga yang relatif murah meriah di kantong.

Lokasi: Jl. siring tendean, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

4. Pulau Kembang

Pulau Kembang
Image Credit: Flickr.com (linasinaga)

Pulau Kembang menjadi destinasi wisata berikutnya di Banjarmasin yang wajib untuk Anda kunjungi. Pulau ini terletak di tengah tengah sungai Barito, dan merupakan habitat dari kera serta beberapa jenis burung. Jika Anda berkunjung kemari disarankan untuk berhati hati dengan semua barang bawaan, karena kera di sini seringkali penasaran dan cukup jahil terhadap barang yang dibawa pengunjung.

Selain dapat berkenalan dengan sekelompok kera, Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang begitu indah dan berfoto ria di sana. Di Pulau Kembang ini juga terdapat sebuah kuil serta altar lengkap dengan arca berbentuk kera putih atau Hanoman. Altar tersebut biasanya digunakan oleh warga Tionghoa untuk meletakkan sesaji pada momen tertentu.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Paling Populer

Lokasi: Pulau Kembang, Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala.

5. Jembatan Barito

Jembatan Barito
Image Credit: Visitkalsel.com

Jembatan Barito juga tidak kalah populer dari tempat wisata lainnya, terlebih jika Anda berkunjung saat sore atau malam hari. Jembatan yang menghubungkan antara tepi timur sungai Barito dan tepi baratnya ini, pada sore hari akan menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang begitu mempesona.

Sembari melihat sunset, Anda bisa duduk di tepi jembatan dengan ditemani beberapa potong kue serta minuman yang dijajakan para pedagang.

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan, Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala.

6. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh
Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Dengan namanya yang unik, pantai ini mampu menyedot perhatian para wisatawan. Cukup banyak pengunjung yang datang memang dengan tujuan mencari jodoh di sini, bahkan objek wisata ini juga dikenal sebagai pantai bagi pasangan menikah.

Terlepas dari namanya, destinasi wisata ini memang pantas untuk Anda kunjungi karena pemandangannya yang begitu indah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Siring, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

7. Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos
Image Credit: Visitkalsel.com

Tempat wisata Hutan Pinus Mentaos bisa dijadikan destinasi alternatif bagi Anda ingin menghirup udara segar. Hutan mentaos memiliki suasana sejuk yang masih sangat asri, dengan tambahan pemandangan pohon pinus yang begitu eksotis.

Tak hanya itu, kini objek wisata ini juga lebih berwarna warni, karena telah dilengkapi dengan berbagai macam payung yang menggantung sehingga cocok untuk berswafoto ria.

Lokasi: Jl. Suriansyah Ujung, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjarmasin.

8. Mustika Dunia Fantasy

Mustika Dunia Fantasy
Image Credit: Wisata-pribadi.blogspot.com

Mustika Dunia Fantasy berada di kawasan Desa Landasan Ulin Barat, dan merupakan salah satu objek wisata yang cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga. Destinasi ini juga seringkali disebut sebut sebagai dufan mini milik Banjarbaru, karena terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan disini.

Permainannya mulai kolam renang anak anak dan dewasa, seluncur air, bom bom car, golf mini, water boom, bianglala, perahu columbus, carousel, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Kayu Bawang, Kec. Gambut, Kota Banjarmasin.

9. Pulau Kaget Asylum Margasatwa

Pulau Kaget Asylum Margasatwa
Image Credit: Youtube.com (Wisata Indonesia)

Pulau Kaget Asylum Margasatwa adalah habitat dari para Bekantan asli Kalimantan. Di sini Anda bisa melihat dengan jelas hidung panjang dari Bekantan yang unik dan langka, dimana hewan ini hanya ada di Kalimantan. Selain dihuni oleh Bekantan, pulau ini juga ditinggali oleh berbagai spesies kera lainnya seperti lutung dan monyet ekor panjang. Ada juga berbagai jenis burung seperti elang laut, elang bondol, betet, trucukan, dan kipas di hidup di hutan.

Suasana di Pulau Kaget Asylum Margasatwa masih sangat asri karena banyaknya pepohonan yang menghijau. Pohon yang paling dominan ada di pulau ini yaitu pohon jenis rambai, yang merupakan favorit dari para Bekantan. Untuk sampai ke lokasi pulau, Anda harus menggunakan perahu klotok sekitar 1,5 jam dari pusat kota Banjarmasin. Atau Anda juga bisa menggunakan speedboat untuk memangkas waktu agar lebih cepat sampai ke tujuan.

Lokasi: Tabunganen Muara, Kec. Tabunganen, Kab Barito Kuala.

10. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin
Image Credit: Youtube.com (Chanz)

Tak hanya sungai, ternyata Banjarmasin juga memiliki objek wisata air terjun dan salah satunya yaitu Air Terjun Bajuin. Objek wisata ini berada di kawasan pegunungan Meratus, dan memiliki keindahan yang tidak kalah dari air terjun lainnya. Di sini Anda dapat melihat panorama alam berupa pegunungan yang indah, berpadu dengan udara yang sangat sejuk dengan pepohonan yang membentang di sekitar air terjun.

Menariknya lagi di sini Anda tidak hanya akan melihat air terjun, Anda juga dapat menyaksikan berbagai jenis burung dan tanaman anggrek hutan bahkan ada juga bunga bangkai. Keberadaan semua keindahan alam tersebut dikelola dengan baik, serta dilakukan perkembangan setiap tahunnya oleh pengelola wisata setempat. Terbukti dengan dijadikannya kawasan ini sebagai ekowisata alam seperti climbing, hiking, dan tracking.

Lokasi: Desa Sungai Bakar, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

11. Taman Wisata Alam Pulau Bakut

Taman Wisata Alam Pulau Bakut
Image Credit: Borneo24.com

Selain Pulau Kembang dan Pulau Kaget, di Banjarmasin juga terdapat pulau lainnya yakni Pulau Bakut. Pulau kecil yang terletak di bawah Jembatan Barito ini memiliki luas kurang lebih 18 hektar, yang di dalamnya termasuk dengan taman wisata alam. Taman wisata tersebut dihuni oleh cukup banyak hewan, serta tumbuhan yang adaptif terhadap pasang surut air sungai.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Murah & Enak

Untuk dapat mencapai lokasi Pulau Bakut, Anda bisa menggunakan speedboat dari Banjarmasin dengan memakan waktu tempuh sekitar 20 menit. Namun jika Anda lebih suka menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan sekitar, maka Anda bisa menuju lokasi pulau dengan menggunakan perahu motor. Perahu motor akan membawa Anda kurang lebih 1,5 jam perjalanan untuk sampai di Pulau Bakut.

Lokasi: Marabahan Baru, Kec. Anjir Muara, Kab. Barito Kuala.

12. Wisata Danau Seran

Wisata Danau Seran
Image Credit: Introvertian.blogspot.com

Wisata Danau Seran dulunya merupakan area penambangan intan milik PT. Galuh Cempaka. Namun setelah aktivitas penambangan berhenti, bekas galian kemudian digenangi air dan menjelma menjadi sebuah danau. Tempat ini sekarang menjadi objek wisata yang menawarkan pesona indah, sejuk, dan asri kepada para pengunjung. Anda bisa menyewa sepeda air atau perahu untuk mengelilingi danau seluas sekitar 10 hektar tersebut.

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

13. Taman Van Der Pijl

Taman Van Der Pijl
Image Credit: Visitkalsel.com

Objek wisata selanjutnya yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar ketika berkunjung ke Banjarmasin yaitu Taman Van Der Pijl. Taman ini berada di kawasan Loktabat Utara, dan menawarkan suasana alam yang sangat sejuk karena terdapat banyak pepohonan rimbun di sana. Taman Van Der Pijl ini dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat refreshing di akhir pekan, jadi tak heran jika datang ke sini Anda akan menjumpai banyak anak kecil di arena permainan.

Lokasi: Jl. Pangeran Suriansyah, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

14. Agrowisata Kebun Durian

Agrowisata Kebun Durian
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Jika Anda merupakan salah seorang pecinta raja buah yaitu durian, maka Anda wajib berkunjung ke destinasi wisata satu ini. Di Agrowisata Kebun Durian atau yang biasa disebut Meek Farm, Anda bisa melihat bibit dari pohon durian unggul yang bisa Anda beli sekaligus. Tak hanya itu, di dalam objek wisata ini Anda juga bisa menemukan restoran dengan tema durian. Jadi setiap menu yang ditawarkan mengandung buah durian, benar benar akan membuat Anda puas.

Lokasi: Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

15. Museum Wasaka

Museum Wasaka
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, maka sangat disarankan untuk mengunjungi Museum Wasaka saat berlibur di Banjarmasin. Nama wasaka sendiri diambil dari motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan yang berbunyi Waja Sampai Kaputing, sehingga menambah kesan bersejarah pada tempat ini. Museum yang terletak di Banjarmasin Utara ini memiliki gaya arsitektur dari rumah adat Banjarmasin, yaitu berbentuk panggung dengan atap yang tinggi.

Lokasi: Jl. Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

16. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin
Image Credit: Treya.io

Objek wisata Menara Pandang tentu tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Banjarmasin, sebab menara ini disebut sebut sebagai ikon dari kota Banjarmasin yang telah diresmikan sejak 2004 silam. Gedung yang memiliki 3 lantai dengan ketinggian sekitar 21 meter ini, menawarkan pengalaman melihat pemandangan menakjubkan dari setiap sudut kota. Dari atas menara Anda bisa melihat pemandangan kota dengan jelas, bahkan hingga bagian sudutnya.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.07, RT.16/RW.2, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

17. Bukit Rimpi

Bukit Rimpi
Image Credit: Indonesiakaya.com

Ternyata Banjarmasin juga memiliki bukit seperti bukit teletubis yang sangat hijau dan menawan, bukit ini yaitu Bukit Rimpi yang ada di kawasan Tampang, Pelaihari. Tidak hanya cantik dan mempesona, bukit ini juga menawarkan kesejukan yang bisa menyegarkan mata. Sebab ladangnya yang sangat hijau dilengkapi dengan hadirnya gerombolan hewan ternak membuat pemandangan menjadi sangat menarik.

Lokasi: Tampang, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

18. Bukit Langara

Bukit Langara
Image Credit: Ksmtour.com

Satu lagi bukit yang tak kalah indah dari Bukit Rimpi, yaitu Bukit Langara. Untuk dapat mencapai puncak dari bukit satu ini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit di atas jalan setapak berbatu. Setelah sampai di puncak, Anda seketika akan disuguhkan pemandangan alam Banjarmasin yang begitu memukau, perpaduan antara tebing batu dan aliran sungai begitu apik untuk diabadikan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Paling Populer

Lokasi: Desa Lumpangi, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

19. Rafting Bambu di Sungai Amandit

Rafting Bambu di Sungai Amandit
Image Credit: Indonesiaexpat.biz

Bagi Anda pecinta wisata yang menantang adrenalin, maka wajib hukumnya untuk merasakan sensasi rafting di Sungai Amandit. Pasalnya rafting di sini cukup berbeda dengan rafting pada umumnya, sebab yang digunakan pada rafting di sini yaitu menggunakan bambu. Rute yang akan Anda lewati adalah aliran sungai yang cukup deras, dengan pemandangan hijau di kiri kanannya. Nantinya perjalanan rafting akan diakhiri di Desa Tanuhi.

Lokasi: Hulu Banyu, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

20. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh Cempaka
Image Credit: Kaltraveler.blogspot.com

Danau Galuh Cempaka berlokasi di kawasan Purnawirawan Kelurahan, dan merupakan bekas area pertambangan intan milik PT. Galuh Cempaka. Beberapa warga sekitar menyebutkan, bahwa danau ini tercipta karena adanya sumber air yang keluar dari dalam tanah bekas galian tambang. Namun beberapa yang lainnya menyebutkan bahwa danau ini terbentuk karena bekas galian yang digenangi air. Terlepas dari itu, keindahan objek wisata ini tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Purnawirawan, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

21. Embung Sidodadi

Embung Sidodadi
Image Credit: Banjarbaruklik.com

Embung Sidodadi merupakan salah satu objek wisata Andalan yang ada di Banjarbaru. Tempat wisata ini sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai daerah tangkapan air, namun juga sangat cocok menjadi destinasi liburan di akhir pekan untuk melepas penat. Terlebih di sini Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing, karena pemkot sendiri telah menebarkan sekitar 12 ribu benih ikan yang terdiri dari 4 ribu jenis yang berbeda.

Lokasi: Jl. Sidodadi, Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.

22. Taman Labirin Banua (Kebun Raya Banua)

Taman Labirin Banua (Kebun Raya Banua)
Image Credit: Youtube.com (Fitriya Anggeriyani)

Jika umumnya kebun raya akan mengingatkan Anda dengan kota Bogor, maka jangan salah karena Banjarbaru juga memiliki kebun raya yang bernama Taman Labirin banua (Kebun Raya Banua). Objek wisata ini terletak di kawasan Palam, Cempaka, dan merupakan salah satu destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. di sini Anda bisa menjumpai berbagai taman, seperti taman labirin, taman buah, dan taman bunga.

Lokasi: Jl. Aneka Tambang, Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru.

23. Bekantan Park

Bekantan Park
Image Credit: Borneos.id

Saat tiba di lokasi wisata Bekantan Park, Anda akan disambut dengan ornamen dari bekantan yang sangat besar dan mencolok pada bagian pintu gerbangnya. Tidak ketinggalan juga di sini ada berbagai patung hewan lain seperti kura kura, beruang, dan biawak, bahkan ada juga replika dari jembatan Barito. Di Bekantan Park Anda bisa bermain sepuasnya bersama keluarga karena terdapat banyak sekali wahana permainan di sini, seperti flying fox, kolam renang, dan lainnya.

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

24. Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang atau Rumah Jomblo

Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang atau Rumah Jomblo
Image Credit: Instagram.com @ayodolan

Objek wisata ini disebut dengan Rumah Jomblo, karena rumah yang ada di belakang perumahan Perum Graha Praja Idaman ini terlihat begitu menonjol dan menjulang tinggi di atas gundukan tanah. Selain itu, rumah ini merupakan satu satunya bangunan kayu yang ada di sekitar perumahan tersebut. Konon katanya jika ada yang mencoba menjatuhkan bangunan ini, maka orang tersebut akan jatuh sakit.

Lokasi: Desa Cempaka, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

25. Waterboom Banua Anyar

Waterboom Banua Anyar
Image Credit: Google Maps (Faesal Marcin)

Destinasi wisata terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Banjarmasin yaitu Waterboom Banua Anyar. Objek wisata yang berada di kawasan Benua Anyar ini menawarkan berbagai wahana seru untuk para pengunjungnya. Di sini Anda bisa puas bermain air bersama keluarga, karena berbagai fasilitasnya yang begitu menunjang seperti sewa peralatan renang, kolam anak, water slide, wahana permainan air, dan banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. Banua Anyar RT.1, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Ternyata daerah yang dijuluki kota seribu sungai ini tidak hanya menyuguhkan sungai sebagai daya tariknya, tetapi banyak sekali tempat wisata yang begitu menarik lainnya di Banjarmasin. Jika Anda berkunjung ke berbagai tempat wisata tersebut, perhatikan apa yang harus Anda persiapkan serta barang apa saja yang perlu Anda bawa agar perjalanan liburan Anda menjadi lebih nyaman.