Ingin Liburan ke Bantul? Periksa List Tempat Wisata Populer di Bantul, Yogyakarta. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Dikunjungi untuk Liburan Seru dan Berkesan.

Bantul yang merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta juga menarik untuk dijelajahi. Bantul juga terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan membuat siapapun ingin menelusurinya. Sedang merencanakan liburan, Anda bisa menyaksikan pesona alam kabupaten ini untuk mendapatkan liburan yang lebih berkesan. Berikut beberapa tempat wisata di Bantul yang bisa Anda pilih.

1. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Instagram.com @hamsvibes

Melihat pemandangan dari ketinggian memang menjadi hal yang begitu menyenangkan. Dan Anda bisa mendapatkan pemandangan yang mengagumkan. Suasananya yang asri dengan udara yang sejuk akan membuat siapapun betah berlama lama menghabiskan waktu di bukit Panguk Kediwung ini.

Gardu gardu pandang sengaja disediakan untuk para pengunjung bisa melihat panorama lebih jelas. Gardu pandang ini juga seringkali dijadikan tempat untuk mengambil swafoto. Ketika datang pagi hari, Anda akan melihat Bukit Panguk Kediwung masih diselimuti kabut. Waktu paling tepat mengunjunginya adalah ketika sore dan pagi hari.

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

2. Pinus Pengger

Image Credit: Google Maps (Sunnymoon)

Destinasi wisata hits di Bandul selanjutnya adalah Pinus Pengger. Memang tempat satu ini masih terbilang baru, tetapi sudah berhasil menarik perhatian banyak wisatawan. Tempat wisata dengan bukit pinus ini memang menyajikan pemandangan yang menawan. Tidak hanya bisa menikmati panorama di kala matahari masih terang, pemandangan malamnya tak kalah memukau.

Anda akan disuguhkan dengan gemerlap lampu kota yang memberikan kesan romantis yang kental. Memiliki banyak spot yang instagramable, Pinus Pengger hingga kini masih menjadi jujugan kawula muda. Selain menikmati panorama indah dan juga udara yang sejuk, Pinus Pengger juga menawarkan fasilitas yang lengkap dan memadai.

Lokasi: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

3. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan
Image Credit: Instagram.com @jaluksm

Di Bantul memang Anda akan banyak disuguhkan wisata alam yang menyediakan gardu pandang untuk lihat pemandangan. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah Jurang Tembelan yang juga begitu hits di kalangan traveller. Jurang Tembelan menawarkan panorama matahari terbit yang begitu memukau siapapun yang menyaksikannya.

Belum lagi, Anda juga akan melihat kelok sungai Oyo dari atas ketinggian yang seakan membelah daratan. Udaranya yang sejuk karena rindangnya pepohonan pinus akan siap menghempas semua penat. Wisata satu ini juga sangat cocok untuk berburu foto yang cantik. Karena ada banyak spot yang disediakan, salah satunya adalah spot perahu raksasa.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kulon Progo yang Murah & Enak

Lokasi: Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

4. Puncak Becici

Puncak Becici
Image Credit: Instagram.com @arif_josselalu

Belum puas menikmati hutan pinus dan pemandangan dari ketinggian? Anda bisa mengunjungi Puncak Becici yang tak kalah hits. Puncak Becici memiliki hutan pinus dengan luas sekitar 4,4 hektar. Suasana dan kondisi alamnya yang masih asri memang sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Anda juga bisa menikmati panorama dengan menaiki gardu pandangnya.

Pengunjung bisa merasakan bersantai di tengah tengah hutan pinus yang tenang. Selain itu, keindahan sunset dari Puncak Becici juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda yang ingin berlama lama di Puncak Becici juga bisa sekalian mendirikan tenda. Area camping Groundnya luas dan siap untuk jadi tempat Anda bermalam di Puncak Becici.

Lokasi: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

5. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps (Jogja Baguus)

Masih seputar wisata bukit, Bukit Lintang Sewu juga bisa dijadikan alternatif. Keindahan yang ditawarkan tidak kalah dengan bukit bukit lainnya. Jika menilik dari namanya, Lintang Sewu yang berarti seribu bintang ini memang tidak salah. Ketika malam datang, semarak cahaya perkotaan laksana bintang yang bertaburan.

Menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian dan suasana yang sejuk memang menjadi pelipur penat yang pas. Bukit Lintang Sewu lebih banyak dikunjungi oleh kawula muda yang ingin habiskan waktu dengan teman atau kekasih. Deretan spot foto kekinian turut disematkan untuk dijadikan background berpose di depan kamera.

Lokasi: Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

6. Watu Goyang

Watu Goyang
Image Credit: Google Maps (Arich Villiano)

Sebelumnya, Watu Goyang dijadikan sebagai tempat yang sakral bagi masyarakat sekitar. Namun kini perlahan Watu Goyang yang dalam bahasa Indonesia berarti batu bergoyang ini sudah menjadi wisata favorit. Nama ini bukan tanpa alasan, karena memang ada batu yang ketika didorong akan bergoyang dan sudah ada sejak ratusan tahun lalunya.

Memiliki sejarah yang ada kaitannya dengan kota Jogja sendiri, para pengunjung sebaiknya mentaati semua peraturan yang ada. Selain fenomena watu goyang, Anda juga bisa menyaksikan panorama yang memanjakan mata. Belum lagi deretan spot instagramable lengkap dengan fasilitas fasilitas yang akan memanjakan pengunjung.

Lokasi: Jl. Watu Goyang No.1, Griloyo, Mangunan, Kec. Imogiri, Kab. Bantul.

7. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo
Image Credit: Instagram.com @katabintan

Fotonya yang berlalu lalang di media sosial menjadikan Pintu Langit Dahromo begitu kondang. Berada di Dlingo, wisata alam perbukitan ini memang begitu menarik perhatian. Masih terbilang baru, sehingga banyak yang penasaran dengan keindahannya. Hijau pemandangan yang Anda nikmati dari ketinggian menjadi daya tarik utamanya.

Pepohonan lebat dengan udara yang sejuk menjadi daya tarik selanjutnya. Belum lagi kala matahari tenggelam, langit berwarna tembaga akan membuat Anda terpesona. Spot foto berupa pintu yang akan menuju ke langit menjadi ikonnya dan begitu hits. Setiap sudut memang cocok untuk hunting foto, tetapi ikon satu ini menjadi yang paling favorit.

Lokasi: Jl. Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Paling Hits

8. Wisata Gunung Mungker

Wisata Gunung Mungker
Image Credit: Instagram.com @mastitiswae

Gunung Mungker menjadi salah satu destinasi baru di Bantul yang belakangan begitu hits. Berada di kawasan Dlingo, destinasi satu ini menawarkan panorama perbukitan hijau yang menawan. Menjadi kondang, Gunung Mungker menawarkan Spot spot foto kekinian dan Udara yang sejuk dengan sajian sunrise atau sunset tentunya sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Pantirejo, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

9. Pinus Asri

Pinus Asri
Image Credit: Google Maps (Ferdian octa dinata)

Melepas penat di hutan Pinus memang bukanlah ide yang buruk. Pinus Asri Bantul bisa dijadikan sebagai pilihan, destinasi ini terbilang baru. Dan sudah mengalami permak wajah di beberapa bagian, terutama pada fasilitasnya. Gardu pandang menjadi spot paling diburu di Pinus Asri. Belum lagi spot spot barunya yang juga disambut gembira pecinta swafoto.

Lokasi: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

10. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari
Image Credit: Instagram.com @fendys7

Setelah puas menjelajah pemandangan bukitnya, kini saatnya menikmati panorama air terjunnya. Bantul memiliki air terjun Randusari yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan Anda. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter ini hadir dengan begitu menawan. Airnya yang jernih membentuk kolam alami di bawahnya. Jangan lupakan udaranya dan suasananya yang asri.

Lokasi: Jl. Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

11. Curug Pulosari

Curug Pulosari
Image Credit: Instagram.com @dedyarahide

Curug Pulosari memang tidak sebesar Air terjun Randusari, tetapi air yang jatuh dari ketinggian di tempat ini juga tak kalah indah. Berada di lokasi yang cukup kering, hadirnya curug ini memiliki keindahan tersendiri. Menikmati air terjun cantik dengan udara sejuk akan membuat semua penat Anda hilang.

Lokasi: Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul.

12. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo
Image Credit: Google Maps (Dhedy Setiawan)

Air terjun Lepo menjadi air terjun alami yang mengalir dari puncak bebatuan. Sebuah kolam alami di bawahnya terbentuk akibat jatuhnya air terus menerus ini. Batuan sekitarnya begitu unik dan estetik, membuat siapapun akan jatuh pada pesonanya. Selain itu airnya yang jernih akan mengundang siapa saja untuk berendam. Udaranya sejuk membuat Anda betah berlama lama.

Lokasi: Desa Dlingo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

13. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit
Image Credit: Instagram.com @anggaputtra19

Wisata satu ini menjadi wisata edukasi yang juga menarik untuk Anda kunjungi. Bepergian dengan anak anak, Anda bisa mengenalkan alam pada anak anak. Pepohonan rindang menjadikan udara sekitarnya begitu sejuk. Anda bisa menjajal wahana seperti flying fox, atau berfoto foto di rumah hobbitnya. Tentunya akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Lokasi: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

14. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung
Image Credit: Google Maps (yuo)

Wisata yang tak kalah menarik dan menawarkan edukasi selanjutnya adalah Kampung Edukasi Watu Lumbung. Dinamakan dengan kampung edukasi, karena Anda bisa belajar beberapa nilai. Mulai dari kejujuran, rasa peduli, menghargai, kesederhanaan hingga mencintai alam. Berbagai fasilitas dan pemandangan khas pedesaan juga akan disuguhkan.

Lokasi: Duwuran, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

15. Wisata Teknologi 360 Dome Theatre

Wisata Teknologi 360 Dome Theatre
Image Credit: Google Maps (Rahadi Saptata Abra)

360 Dome Theatre merupakan wisata edukasi tentang teknologi yang ada di Bantul. Nantinya pengunjung akan diajak untuk menyaksikan film tentang planet, terbentuknya bumi dan lainnya. Tidak hanya itu, dari segi bangunan saja tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Bangunan ini memiliki bentuk setengah lingkaran yang unik dan ikonik.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kulon Progo yang Paling Populer

Seperti namanya, ketika menonton proyeksi gambar akan 360 derajat. Dan sudah pasti memiliki kualitas gambar super apik. Tidak seperti bioskop pada umumnya, pengunjung bisa berbaring di atas rumput sintetis dengan ruangan full AC. Di dalam Dome, bisa menampung sekitar 400 orang sekali pemutaran filmnya. Walaupun sebenarnya bisa menampung hingga 1000 orang sekalipun.

Lokasi: Bangunharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul.

16. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps ( Wisata Jogja)

Wisata satu ini memang bukan wisata baru, tetapi bisa menjadi tujuan Anda saat di Bantul. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombak besarnya dan panorama pantai yang indah. Saat ini juga sudah fasilitas tambahan yang membuat wisatawan makin dimanjakan. Jangan lupakan untuk berburu sunset di pantai kondang satu ini dan melakukan berbagai kegiatan menarik.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

17. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps (Riyawan Wahyudi)

Selain Parangtritis, Pantai Parangkusumo juga menawarkan pesona pantai yang tak kalah cantik. Keindahan dari pantai ini sudah terkenal dan semakin kondang berkat upacara Melasti atau Labuhan. Jika perlu, Anda bisa mencari tahu dan sekalian menyaksikan upacara ini. Fasilitas pantai Parangkusumo juga sudah lengkap dan memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

18. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Image Credit: Google Maps (Chandhra Ochand)

Gumuk Pasir Parangkusumo bisa Anda jadikan tujuan selanjutnya jika berada di kawasan pantai. Padang pasir ini seakan akan seperti Anda berada di padang pasir Afrika. Tidak hanya dijadikan sebagai lokasi berburu spot foto kekinian. Gumuk pasir ini juga menawarkan kegiatan sandboarding yang menantang adrenalin dan berikan pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

19. Pantai Samas

Pantai Samas
Image Credit: Google Maps (Yan Arief)

Pantai Samas sajikan panorama pantai menawan yang begitu eksotis. Ombak besar dan angin yang cukup kencang menjadi sambutan pertama yang nantinya Anda dapatkan. Memang Anda tidak bisa berenang atau bermain air, tetapi memandang hamparan laut ini akan menghapus semua penat Anda. pantai Samas cocok untuk berburu spot spot foto yang cantik.

Lokasi: Dodogan, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul.

20. Pantai Depok

Pantai Depok
Image Credit: Google Maps (gustraprasaja galihjatisantosa)

Perjalan wisata bahari Anda akan semakin lengkap jika mengunjungi Pantai Depok. Pantai yang memiliki pasir kehitamanan ini tak jauh dari Parangtritis. Panoramanya yang tak kalah indah, membuat namanya juga makin dikenal. Tidak hanya bisa menikmati pesona pantainya saja, Anda juga bisa sekalian mencicipi olahan laut yang tak kalah nendang.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

Itulah beberapa objek wisata di Bantul yang terkenal di kalangan wisatawan. Tempat wisatanya memang didominasi oleh panorama perbukitan. Tetapi tentunya menawarkan keindahan dan keunikan tersendiri. Jadi sudah tahu, tempat mana yang akan masuk dalam daftar liburan Anda berikutnya? Pastikan untuk menyiapkannya jauh-jauh hari.