Terletak di ujung paling timur pulau Jawa, Banyuwangi memiliki julukan the Sunrise of Java. Dengan letak geografis yang strategis, Banyuwangi memiliki beragam wisata yang begitu populer di mata wisatawan. Mudahnya akses media sosial, membuat destinasi wisata yang belum terkenal menjadi dikenal.

Lantas apa saja destinasi wisata baru ini? Berikut 25 rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi terbaru dan paling hits yang perlu Anda ketahui.

1. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
Image Credit: Tourbanyuwangi.com

Di Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi terdapat taman nasional bernama Alas Purwo. Disebut sebut, taman nasional ini sebagai hutan paling alami di benua Asia. Seperti taman nasional lainnya, di destinasi wisata satu ini pengunjung bisa menemui banyak ekosistem alam tropis yang begitu memesona. Mulai dari pantai, hutan tropis, hingga gua, semuanya bisa ditemukan di Taman Nasional Alas Purwo.

Taman Nasional satu ini juga kerap kali dihubungkan dengan hal hal yang berbau mistis. Namun hal tersebut, tentu saja tidak bisa menghalangi para wisatawan untuk menikmati keindahan yang tersaji di tempat wisata ini. menyandang gelar sebagai hutan tropi paling tua di pulau Jawa, membuat Taman Nasional Alas Purwo memiliki pesona keindahan alam yang memukau dan tentu saja ada banyak misteri di dalamnya yang menarik untuk dijelajahi.

Lokasi: Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

2. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider
Image Credit: Youtrips.wordpress.com

Objek wisata alam yang hits ini, merupakan air terjun tertinggi di kota Banyuwangi dengan ketinggian mencapai 60 meter. Terletak di kawasan lereng gunung, Air Terjun Lider menyuguhkan suasana yang indah dengan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Jika Anda datang berkunjung di waktu yang tepat, mungkin bisa memiliki kesempatan melihat pelangi. Dimana pelangi ini tercipta karena adanya percikan air yang dipantulkan oleh sinar matahari.

Lokasi: Lider, Sumberarum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi.

3. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung
Image Credit: Kompas.com

Pantai satu ini memiliki nama plengkung karena bentuknya yang melengkung. Tidak hanya itu, pantai ini juga dikenal dengan nama G-land karena bentuk pantai yang melengkung seperti huruf G.  Masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, pantai Plengkung memiliki potensi yang besar untuk bisa menarik wisatawan. Khususnya mereka yang gemar dengan permainan air berselancar atau surfing, sebab ombak yang berada di pantai ini bisa mencapai ketinggian 8 meter.

Dengan keberadaan ombak besar tersebut, pantai Plengkung telah ditetapkan termasuk dalam daftar pantai dengan spot surfing terbaik se Asia Tenggara. Namun tidak hanya untuk bermain surfing, pantai ini juga cocok untuk kegiatan lain. Contohnya seperti jalan jalan di sepanjang bibir pantai, sembari menikmati keindahan pasir putih dan juga bebatuan karang yang terhampar luas di depan mata.

Lokasi: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

4. Taman Blambangan

Taman Blambangan
Image Credit: Njhamidah.blogspot.com

Saat berkunjung ke Banyuwangi, akan sangat disayangkan jika tidak mampir ke taman Blambangan. Pasalnya taman yang berada di pusat kota ini, mudah diakses karena letaknya yang berada di antara jalan jalan utama di Banyuwangi. Sebagai taman di pusat kota, tempat ini menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk dinikmati. Diantaranya ada lapangan basket, jalur untuk jogging, arena skateboard, dan juga lokasi wisata kuliner ketika perut membutuhkan asupan makan.

Selain itu, di taman Blambangan juga terdapat gasibu Blambangan yang merupakan sebuah Gelanggang Seni dan Budaya. Yang lebih unik, bangunan gelanggang ini memiliki bentuk yang menyerupai candi sehingga menjadi suatu hal yang terlihat sangat ikonik. Namun yang membuat taman ini banyak pengunjung adalah tempatnya yang nyaman dan juga asri untuk beristirahat meskipun hanya sejenak.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.2, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Paling Hits

5. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk
Image Credit: Dakatour.com

Untuk Anda yang ingin mendapatkan kesan hutan yang seperti dalam film atau dongeng dongeng, mungkin bisa mampir ke Jawatan Benculuk saat berkunjung ke Banyuwangi. Di tempat ini, pengunjung akan terkesima dengan keindahan yang disuguhkan oleh hutan yang awalnya dibangun bukan untuk destinasi wisata melainkan sebagai daerah resapan air.

Adanya kehadiran pohon pohon trembesi yang menjulang tinggi dengan begitu rindang akan sayang untuk dilewatkan. Jawatan Benculuk selain memiliki udara yang sejuk, tetapi juga memiliki deretan pohon trembesi yang akan sangat cantik bila digunakan sebagai spot foto. Hingga akhirnya banyak warga Banyuwangi yang berkunjung ke tempat ini, untuk sekedar jalan jalan atupun mengabadikan keindahan Jawatan benculuk dalam lensa kamera.

Lokasi: Purwosari, Benculuk, Kec. Cluring, Kab. Banyuwangi.

6. Kawah Ijen

Kawah Ijen
Image Credit: Banyuwangibagus.com

Destinasi wisata satu ini adalah salah satu kebanggaan kota Banyuwangi, sebab tempat ini sudah terkenal keindahannya yang menakjubkan hingga ke kancah mancanegara. Setelah ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO, Kawah Ijen semakin naik pamor dan menjadi objek wisata favorit di Banyuwangi. Yang paling terkenal di kawasan ini adalah adanya fenomena alam api biru atau blue fire yang hanya muncul di jam 5 pagi,tepatnya di area penambangan sulfur.

Setelah melihat blue fire, pengunjung bisa langsung menyaksikan pemandangan matahari terbit yang tidak kalah memesona nan elok. Selain itu, aktivitas pertambangan sulfur di area tersebut juga tidak kalah menarik untuk diperhatikan. Namun sebelum mendaki, jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan dan juga mengkonsumsi vitamin agar tubuh tetap vit. Kemudian siapkan juga masker untuk menghindari aroma belerang yang terlalu menyengat.

Lokasi: Lidjen, Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi.

7. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Image Credit: Tripcetera.com

Di Taman nasional Baluran, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan dari padang savana dengan segala keindahan alam di sekitarnya. Bahkan taman nasional ini, memiliki julukan little Africa van Java. Hal ini dikarenakan di tempat ini, pengunjung bisa merasakan suasana berada di alam terbuka yang di dalamnya dihuni oleh satwa liar mulai dari rusa, ular, kerbau, banteng, burung merak, monyet ekor panjang, dan masih banyak lagi.

Di taman ini juga terdapat beberapa wilayah yang bisa dikunjungi, mulai dari padang savana Bekol yang membentang luas dengan dihiasi oleh pemandangan gunung Baluran di belakangnya. Kemudian juga ada hutan Evergreen yang lebat dan penuh dengan pepohonan rindang. Selain itu, juga ada hutan Mangrove dan hutan Payau, hingga pantai Bama dengan keelokan biota laut yang bagus untuk menunjang kegiatan snorkeling.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

8. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai yang terletak sekitar 75 kilometer dari pusat kota ini, menyuguhkan keindahan yang tidak kalah dengan pantai pantai lain yang ada di Banyuwangi. Memiliki ombak yang cukup tenang, pengunjung bisa dengan leluasa menikmati keindahan di pantai Rajegwesi. Dengan pasir putih yang bersih dan birunya air laut, membuat pantai ini begitu sayang jika dilewatkan begitu saja. adanya banyak kapal nelayan yang berlabuh di pantai, membuat keindahan tersebut semakin bertambah.

Lokasi: Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

9. Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi
Image Credit: Banyuwangibagus.com

Meskipun masih belum cukup ramai dikunjungi karena letaknya yang tersembunyi, namun objek wisata satu ini akan sayang jika dilewatkan jika berkunjung ke Banyuwangi. Pasalnya di pantai Parang Kursi memiliki daya tarik yang cukup unik, yakni adanya karang besar yang berbentuk mirip kursi.

Mitosnya, kursi tersebut adalah tempat Nyi Roro Kidul pertama kali muncul di dunia. Yang lebih unik lagi, ada air yang menyembur dari laut melewati karang tersebut.

Lokasi: Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

10. Kalibaru

Kalibaru
Image Credit: Graybackpack.wordpress.com

Kawasan wisata Kalibaru cocok untuk Anda yang gemar dengan trakking. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut memiliki suasana yang asri karena dikelilingi berbagai gunung seperti gunung Terong, gunung Raung, gunung Gumitir, gunung Gending, dan gunung Menyan.

Apalagi dengan adanya air terjun dengan udara yang segar, kawasan wisata Kalibiru sangat bagus jika digunakan sebagai tempat untuk relaksasi dan lebih dekat dengan alam.

Lokasi: Dusun Karanganyar, Desa Kajarharjo, Kec. Kalibaru, Kab. Banyuwangi.

11. Pantai Cemara

Pantai Cemara
Image Credit: Travelspromo.com

Pantai satu ini memiliki nama Cemara karena tempatnya yang dikelilingi oleh pohon cemara, lebih tepatnya dikelilingi lebih dari 16.000 pohon cemara. Dimana keberadaan pohon tersebut membuat pantai Cemara menjadi teduh dan sedikit berbeda dengan pantai lain. Karena terlalu banyak pohon cemara yang hidup di pantai ini, kemudian terbentuk sebuah lorong atau gua yang sangat bagus untuk spot jalan jalan sekaligus spot foto. Jika lapar, maka pengunjung bisa mampir  ke warung warung di sekitar pantai.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Pantai Cemara, Pakis, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

12. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade
Image Credit: Yukbanyuwangi.co.id

Pantai satu ini merupakan pantai yang dikenal sebagai tempat konservasi penyu. Jadi, untuk Anda yang ingin melihat proses penyu bertelur, bisa berkunjung ke pantai Sukamade. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat proses pelepasan anak penyu ataupun melihat secara langsung penyu penyu yang muncul dari laut dan naik ke daratan untuk bertelur dari atas perahu. Karena penyu bertelur pada malam hari, jika ingin melihat proses tersebut ada baiknya datang di saat hari sudah petang.

Lokasi: Jl.Sukamade No.99, Dusun Sukamande, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

13. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Wikipedia.org

Nama Wedi ireng, diambil dari bahasa Jawa yang berarti pasir hitam. Dimana pasir hitam ini adalah keunikan yang dimiliki oleh pantai di Banyuwangi tersebut. Yang lebih menarik, pasir hitam ini tersembunyi di bawah lapisan pasir putih yang ada di permukaan. Di pantai wedi Ireng terbagi menjadi dua sisi, yakni sisi barat dan timur. Di sisi barat pantai memiliki ombak yang lebih besar dan tinggi, sedangkan di sisi timur cenderung tenang sehingga aman untuk bermain air.

Lokasi: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

14. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
Image Credit: Pegipegi.com

Berlibur ke Banyuwangi, maka tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke pantai Pulau Merah. Pantai satu ini terkenal dengan adanya pulau kecil berbentuk seperti bukit dan berada di tengah laut. Selain itu, pulau juga terkenal dengan tanahnya yang berwarna merah dan ditutupi dengan vegetasi hijau. Nah saat air laut sedang surut, maka pengunjung pantai diperbolehkan berjalan kaki menuju pulau Merah ini.

Lokasi: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

15. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Pantai dengan nama Teluk Hijau ini, terkenal di kalangan wisatawan dengan nama Green Bay. Hal ini dikarenakan pantai tersebut memiliki air yang berwarna kehijauan, sedangkan jika bergeser agak ke tengah air tersebut berwarna biru. Keindahan pantai satu ini tambah memikat dengan adanya pasir putih yang bersih, sehingga membuat para wisatawan merasa betah memandangi indahnya panorama pantai Teluk Hijau.

Namun tidak hanya itu saja yang menjadi daya tarik pantai ini, sebab masih ada keunikan lain. Salah satunya adalah keberadaan air terjun di salah satu tepi pantai dan air terjun tersebut dikelilingi dengan batu karang yang elok. Dengan ketinggian sekitar 8 meter, air terjun ini membuat daya tarik pantai Teluk Hijau menjadi semakin memesona. Apalagi Ditambah dengan keindahan batu batu yang tersusun rapi secara alami

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

16. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring
Image Credit: Hargawisataterbaru.blogspot.com

Ingin snorkeling dan merasakan indahnya biota bawah laut? Anda bisa datang ke pantai Bangsring, sebab pantai yang berada di Banyuwangi ini memiliki spot snorkeling yang cukup keren. Hal ini dikarenakan pantai Bangsring adalah tempat hidupnya berbagai jenis flora dan fauna yang ada di laut.

Selain snorkeling, di pantai ini pengunjung juga bisa berkano atau menaiki banana boat. Atau jika suka dengan tantangan, bisa mencoba berenang bersama hiu sirip hitam.

Lokasi: Bangsring, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi.

17. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan
Image Credit: Kumparan.com

Tidak hanya wisata pantai saja yang memukau, wisata pulau di Banyuwangi juga tidak kalah indah dan seru. Yakni menyeberang ke pulau Tabuhan yang terletak di selat Bali. Meskipun pulau tersebut tidak berpenghuni, tapi ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan di pulau ini. Di antaranya seperti snorkeling, berjalan jalan di sekitar pulau, hingga berswafoto.

Lokasi: Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi.

18. Air Terjun Tirto Penganten

Air Terjun Tirto Penganten
Image Credit: Banyuwangibagus.com

Air terjun Tirto Penganten adalah sepasang air terjun yang kembar. Tempat wisata satu ini cukup populer di kalangan wisatawan karena memiliki suasana yang sejuk dan segar. Diketahui, bahwa aliran air yang mengalir di air terjun ini ternyata berasal dari mata air gunung Raung dan mengalir di antara rerimbunan pohon pohon yang masih asri. Sehingga membuat pemandangan di tempat wisata satu ini begitu meneduhkan.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Madiun yang Murah & Enak

Lokasi: Dusun Sumber Baru, Kalibaruwetan, Kec. Kalibaru, Kab. Banyuwangi.

19. Waduk Jatirono

Waduk Jatirono
Image Credit: Merdeka.com

Hanya berjarak 15 menit dari stasiun Kalibaru, waduk Jatirono menjadi salah satu objek wisata di Banyuwangi yang digemari oleh para wisatawan. Di tempat ini, pengunjung bisa menenangkan diri karena suasana yang begitu tenang. Apalagi air di waduk ini sangat tenang dengan warna kehijauan dan dibingkai oleh pepohonan yang rindang. Tidak mengherankan jika banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk menenangkan pikiran atau hanya sekedar melepas penat.

Lokasi: Dusun Karanganyar, Kajarharjo, Kec. Kalibaru, Kab. Banyuwangi.

20. Desa Wisata Osing Kemiren

Desa Wisata Osing Kemiren
Image Credit: Detik.com

Untuk Anda yang ingin merasakan kearifan lokal dan corak budaya asli Banyuwangi, maka bisa berkunjung ke desa Osing Kemiren. Desa satu ini terkenal masih teguh mempertahankan tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi. Berkunjung di desa ini, maka akan disuguhkan langsung dengan pola kehidupan sehari hari masyarakat Osing. Selain dapat berkeliling desa, pengunjung juga akan disuguhi dengan berbagai kesenian khas desa tersebut.

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi.

21. Air Terjun Kalipait

Air Terjun Kalipait
Image Credit: Pegipegi.com

Air terjun satu ini memiliki daya tarik yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Hal ini dikarenakan aliran airnya merupakan lelehan air yang mengalir dari kawah Ijen. Karena air tersebut adalah bagian dari kawah Ijen, maka ai terjun tersebut mengandung belerang sehingga sangat dilarang untuk meminum air tersebut. Namun meskipun begitu, pengunjung masih bisa menikmati suasana air terjun yang begitu asri dan tenang.

Lokasi: Curah Macan, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowos.

22. Kawah Wurung Banyuwangi

Kawah Wurung Banyuwangi
Image Credit: Befreetour.com

Bertempat tidak jauh dari lokasi wisata Kawah Ijen, maka akan sangat disayangkan jika tidak mampir ke Kawah Wurung Banyuwangi. Tempat ini sering disebut sebagai bukit teletubbies, karena memang bentuknya yang mirip dengan bukit di kartun teletubbies. Jika berkunjung ke tempat ini, maka hamparan rumput hijau bisa dinikmati sepanjang mata memandang. Namun ada baiknya datang kesini pada bulan maret atau april, sebab di waktu itu rumput yang tumbuh masih segar untuk dilihat.

Lokasi: Margahayu, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

23. Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism
Image Credit: Titinwulan.wordpress.com

Objek wisata satu ini menawarkan wisata edukasi alam yang membahas seputar pelestarian pohon mangrove. Karena letaknya dekat dengan Taman Nasional Alas Purwo, pengunjung selain datang ke Mangrove Bedul Ecouturism juga bisa berkunjung ke pantai pantai sekitarnya. Selain itu, di objek wisata satu ini pengunjung juga menemukan tempat untuk membeli hasil laut yang bisa dimasak langsung di tempat.

Lokasi: Dusun Bloksolo, RT. 1, RW. 2, Desa Sumberasri, Kec. Purwoharjo, Kab. Banyuwangi.

24. Kampung Warna Warni Kalilo

Kampung Warna Warni Kalilo
Image Credit: Travelblog.id

Sebelumnya kampung di bantaran sungai Kalilo ini tidaklah bagus, bahkan sempat dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun setelah direnovasi dan diperbaiki, kampung Kalilo menjadi lebih indah dipandang dan bahkan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Banyuwangi. Jika Anda doyan hunting foto aestetik ataupun hanya ingin berselfie ria bersama teman, maka tidak ada salahnya berkunjung ke Kampung Warna Warni Kalilo.

Lokasi: Jl. Kalilo, Singonegaran, Pengantigan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

25. Pantai Boom

Pantai Boom

Tidak jauh dari pusat kota, pantai Boom acap kali dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat Banyuwangi ataupun para pelancong. Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama sembari merasakan semilir angin berhembus. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai spot cantik untuk melihat sunset. Jika Anda ingin menikmati pemandangan sunset yang begitu elok dan romantis, jangan sampai tidak mampir ke pantai Boom saat berkunjung ke Banyuwangi.

Lokasi: Desa Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata yang paling hits di Banyuwangi yang bisa Anda jadikan alternatif dalam daftar kunjungan di waktu libur. Dengan dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, Banyuwangi memiliki banyak tempat yang sangat potensial sebagai tempat wisata. Nah dari banyaknya wisata dalam ulasan ini, kira kira destinasi wisata mana yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?