Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Batam, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Ketika Liburan Bersama Keluarga.

Kota Batam adalah kota ketiga dengan penduduk yang paling banyak se Pulau Sumatra. Kota satu ini memang berkembang cukup pesat di berbagai sektor termasuk wisatanya. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dan selalu ramai oleh wisata mancanegara maupun domestik. Jika Anda berencana untuk berlibur ke bagian Provinsi Kepulauan Riau ini, beberapa tempat wisata yang sedang hits di Batam berikut bisa dijadikan refrensi.

1. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh
Image Credit: Phinemo.com

Batam juga memiliki wisata bahari yang menakjubkan, salah satunya di Pulau Ranoh. Pulau ini begitu mempesona dengan hadirnya pantai bersih dan pasir putihnya. Ada banyak turis asing yang mengunjungi pulau ini untuk memanjakan indera penglihatan. Pulau ini juga masih sangat alami sehingga keindahannya akan membuat Anda terpukau. Ketika Anda sedang bermain air, ikan kecil berwarna warni akan berenang di antara terumbu karang.

Kegiatan di Pulau Ranoh ini cukup banyak, selain bersantai menikmati pulau tropis ini Anda juga bisa diving maupun snorkeling. Airnya yang jernih akan memudahkan Anda untuk melihat keberagaman bawah lautnya yang mempesona. Selain itu fasilitas di pulau ini juga sudah memadai, sehingga sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda. Kegiatan berburu foto menawan juga bisa dilakukan di tempat wisata yang sedang hits satu ini.

Lokasi: Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

2. Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure
Image Credit: Archdaily.com

Jika ingin wisata yang memiliki wahana permainan air, maka Sea Forest Adventure ini sangat cocok untuk dikunjungi. Tempat satu ini menawarkan ruang khusus agar Anda bisa puas bermain air. Lokasinya berada di tepi pantai dengan berbagai wahana yang seru dan menantang.

Tak hanya orang dewasa, anak anak juga bisa bermain di tempat ini. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga ketika singgah di Batam.

Lokasi: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam.

3. Ocarina Batam Theme Park

Ocarina Batam Theme Park
Image Credit: Bintantravel.co.id

Tempat wisata satu ini memang bukanlah tempat baru, namun hingga kini tetap hits dan banyak dikunjungi wisatawan. Ocarina Batam Theme Park memiliki luas sekitar 40 hektar dan akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda. Anda bisa menjajal berbagai wahana yang akan membuat liburan semakin seru. Wahana mulai dari waterpark, giant wheel, kiddy land dan waterpark tak bisa dilewatkan begitu saja.

Apalagi, tiket masuknya terbilang terjangkau sehingga sangat cocok jika liburan bersama keluarga. Bahkan waktu satu hari tidak akan cukup untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini. Selain banyak wahana, ada berbagai fasilitas yang akan memanjakan pengunjungnya. Anda juga bisa memburu foto foto menawan, karena pemandangan yang dihadirkan oleh theme park ini cukup cantik jika pandai mencari sudut yang pas.

Lokasi: Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam.

4. Bukit Tanjung Tritip

Bukit Tanjung Tritip
Image Credit: Qupas.id

Selain baharinya yang begitu banyak dan menawan, Batam juga menawarkan rekreasi perbukitan. Bukit Tanjung Tritip ini juga banyak dikenal dengan bukit cinta. Anda akan disuguhkan pemandangan kota Batam dari ketinggian yang begitu menawan.

Belum lagi pulau kecil kecil yang juga tersebar semakin membuat lukisan Tuhan ini menawan. Tempat satu ini sangat cocok untuk menghilangkan penat sekaligus berburu foto instagenic.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Batam yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir, Sekupang, Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam.

5. Welcome to Batam

Welcome to Batam
Image Credit: Oposisi-batam.blogspot.com

Sebuah tulisan selamat datang yang terpajang di tengah kota ini memang akan menyambut wisatawan ketika tiba di kota Batam. Namun bukan berarti tidak cocok dijadikan sebagai destinasi wisata. Banyak justru yang datang untuk mengambil foto dengan latar tulisan tersebut.

Tulisan besar yang ada di atas bukit ini memang mirip dengan Hollywood di Amerika. Sehingga tak heran jika tempat satu ini menjadi tempat yang begitu hits.

Lokasi: Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

6. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam
Image Credit: Pesona.travel

Keberadaan kampung satu ini juga sudah ada sejak lama, namun tetap menjadi destinasi yang hits di kota Batam. Kampung Vietnam merupakan wisata sejarah yang dahulunya digunakan sebagai, tempat mengungsi penduduk Vietman akibat konflik internal. Para penduduk vietnam ini bisa mengungsi ke Indonesia setelah menyeberang dengan perahu ke Pulau Galang di Batam ini. Hingga kini Anda bisa melihat perahu yang diduga dipakai saat itu.

Pulau ini hingga kini tak ada penghuninya, dan masih ada beberapa bangunan atau peninggalan yang sengaja dibiarkan. Kini Kampung Vietman menjadi lokasi yang sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata. Tak ada berubah banyak, dan bisa menjadi saksi masa itu ketika Anda singgah ke sana. Lokasinya terawat dan sangat pas untuk dijadikan tempat berburu foto foto cantik untuk bisa diunggah ke media sosial.

Lokasi: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam.

7. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Taman Wisata Habibie 1000 Tangga
Image Credit: Tapedia.com

Tempat satu ini juga bisa menjadi alternatif jika Anda berada di Kota Batam. Meniti tangga yang tinggi dan panjang, Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu mengagumkan. Pantai serta bukit indah akan langsung menyapa indera penglihatan anda.

Lokasinya memang cukup tersembunyi, namun sangat hits setelah fotonya banyak tersebar di media sosial. Pemandangan akan semakin cantik ketika langit kemerahan di saat matahari berpulang.

Lokasi: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam.

8. Bukit Senyum

Bukit Senyum
Image Credit: Jalanjalanyuk.com

Ketika malam menjelang, Anda bisa mengunjungi Bukit Senyum di Batam ini. Bukit Senyum merupakan kawasan perbukitan yang menawarkan panorama city view ketika malam hari. Lampu lampu kota dengan beberapa gedung tinggi menjadi pemandangan yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi jika menghabiskan waktu bersama orang tersayang, pasti akan jadi kenangan yang tak terlupakan. Anda bahkan bisa menikmati keindahan Singapura di malam hari.

Tidak hanya itu, pesawat yang mondar mandir ke Bandara Changi juga bisa Anda saksikan. Tempat satu ini sangat hits, terutama di kalangan muda mudi. Karena memang dijadikan sebagai tempat nongkrong favorit. Bukit Senyum akan ramai pengunjung ketika akhir pekan ataupun musim liburan. Terutama di tahun baru, karena dari sini bisa menyaksikan kembang api yang sangat jelas di negara tetangga, Singapura yang tentunya begitu mempesona.

Lokasi: Jl. Kuda Laut, Kp. Seraya, Kec. Batu Ampar, Kota Batam.

9. Queen Garden Waterboom Batam

Queen Garden Waterboom Batam
Image Credit: Rutewisata.com

Batam memang memiliki banyak tempat yang menawarkan wisata air. Begitu juga dengan Queen Gardern Waterboom yang ada di Batam. Queen Garden menawarkan berbagai wahana yang akan membuat kegiatan liburan makin menyenangkan.

Terdapat slider dengan ketinggian yang beragam, mulai untuk orang dewasa hingga ank anak. Menariknya lagi, waterboom satu ini adalah waterboom paling besar di Kepulauan Riau, wajar jika tetap hits.

Lokasi: JL Cendrawasih, No. 1, Bengkong Harapan, Bengkong, Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam.

10. Pulau Abang

Pulau Abang
Image Credit: Linasasmita.com

Pulau Abang merupakan salah satu pulau di Batam yang menawarkan keindahan luar biasa, meskipun berpenghuni. Ada sekitar 1.500 jiwa yang mendiami pulau eksotis satu ini. Sehingga ketika berlibur, Anda juga bisa sekalian mengenal dan berinteraksi dengan masyarakat yang terkenal ramah ini. Apalagi bisa dikatakan jika Pulau Abang jauh dari perkotaan, yang mana kehidupannya pasti akan berbeda dan bisa jadi pengalaman unik.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Batam yang Paling Populer

Anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Tak hanya di permukaan, bawah laut Pulau Abang juga tak kalah menawan. Kegiatan diving maupun snorkeling merupakan kegiatan yang paling menjadi favorit di pulau ini. Terumbu karang lengkap dengan ikan kecil kecil akan membuat Anda terpana. Untuk menuju Pulau Abang, Anda bisa menggunakan jet boat yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi: Pulau Abang, Kec. Galang, Kota Batam.

11. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing
Image Credit: Tempatwisata.pro

Hutan wisata satu ini merupakan salah satu wisata edukasi di Batam yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di tempat ini, Anda akan mengenal berbagai flora maupun fauna terutama kepada anak anak. Kunjungan Anda di Hutan Wisata Mata Kucing akan semakin menarik bisa sekalian foto dengan satwa yang ada. Wisata satu ini hingga kini tetap menjadi favorit wisatawan lokal maupun luar negeri.

Lokasi: Jl. Taman Bukit Golf, Tanjung Riau, Kibing, Kec. Sekupang, Kota Batam.

12. Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk
Image Credit: Bintantravel.co.id

Apakah Anda penggemar panorama matahari terbit dan tenggelam? Jika iya Anda harus mampir ke Pulau Tunjuk saat liburan di Batam. Pulau Tunjuk memiliki pantai dengan pasir putih bersih yang akan sangat pas jika berpadu dengan birunya laut. Tak hanya itu, pulau ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan untuk pengunjung. Jika Anda tak ingin menginap di penginapan, mengelar tenda juga bukanlah ide yang buruk.

Justru akan menjadikan momen liburan Anda semakin berkesan. Pantai satu ini terbilang cukup aman untuk melakukan kegiatan bermain air atau berenang. Menikmati matahari terbit maupun tenggelam, membuat api unggun sambil melihat kerlip bintang akan jadi agenda liburan yang menyenangkan. Selain itu juga bisa langsung berdampingan dengan alam yang masih asri. Mengunjungi Pulau Tunjuk merupakan ide briliant ketika singgah ke Batam.

Lokasi: Pulau Tunjuk, Kec. Subangmas, Kota Batam

13. Pancur Telaga Bidadari

Pancur Telaga Bidadari
Image Credit: Pesona-batam.com

Destinasi satu ini letaknya cukup tersembunyi dan masih banyak yang belum mengetahuinya. Pancur Telaga Bidadari ini merupakan air mancur yang tak terlalu tinggi dan memiliki kolam alami di bawahnya.

Pancuran satu ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata swafoto dengan latar belakang yang cantik. Apalagi jika Anda memang menyukai foto di alam bebas, maka Pancur Telaga Bidadari ini sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Lokasi: Kabil, Kec. Nongsa, Kota Batam.

14. Batam Forest Top

Batam Forest Top
Image Credit: Windawijayanti.my.id

Batam Forest Top sebuah hutan yang sengaja dibuat menjadi destinasi wisata di Batam. Selain memiliki alam yang memukau, Anda juga bisa menjajal berbagai permainan yang seru. Wahana bermain seperti Tandem Rope, Tarzan Swing, Post Man hingga Flying Fox yang pastinya akan membuat liburan makin seru.

Terdapat juga rute petualangan yang membuat seakan akan Anda pencari harga karun. Wisata yang mirip dengan outbound ini tentunya sayang jika tak disinggahi.

Lokasi: Bukit Harimau, Kec. Sekupang, Kota Batam.

15. Bukit Tanjung Uma

Bukit Tanjung Uma
Image Credit: Batamnews.co.id

Pemandangan yang dihadirkan oleh Bukit Tanjung Uma ini akan membuat Anda terpesona. Wajar jika tempat ini menjadi begitu hits lantaran pesona yang luar biasa. Anda akan disuguhkan pemandangan laut serta perbukitan dari ketinggian.

Tak hanya di siang hari, di malam hari tempat satu ini juga akan memberikan pesona yang luar biasa. Terdapat ilalang tinggi yang seringkali dijadikan sebagai tempat foto. Dan ketika malam hari kerlap kerlip lampu begitu menawan.

Lokasi: Tanjung Uma, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam.

16. Pantai Cafe

Pantai Cafe
Image Credit: Pantainesia.com

Tempat satu ini tak hanya bisa dijadikan alternatif liburan, namun juga tempat nongkrong. Pantai yang mengusung konsep cafe ini memang memberikan view yang akan membuat Anda tersenyum. Menikmati kudapan yang menggoyang lidah lengkap dengan pemandangan eksotis tentunya sangat luar biasa. Menghabiskan sore hari menjelang petang merupakan pilihan waktu yang sangat pas dan tepat.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Batam yang Paling Populer

Pasalnya, Anda juga bisa sekalian melihat semburat jingga di langit yang mempesona. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, Anda bisa mencicipi berbagai minuman, aneka seafood hingga snack ringan. Tak jarang, tempat satu ini juga dijadikan tempat untuk mengambil foto yang cantik. Karena memang lokasinya yang strategis dan sangat instagramable. Mengunjungi bersama orang tersayang pasti akan terasa suasana romantisnya.

Lokasi: Komplek Pantai Permata, Blk. E No.1-6, Tanjung Uma, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

17. Bukit Piayu Laut

Bukit Piayu Laut
Image Credit: Spinaclaban.blogspot.com

Pemandangan lautan daru atas bukit memang selalu menjadi tujuan wisata yang begitu diburu. Apalagi jika memberikan spot untuk swafoto, pasti akan selalu ramai pengunjung. Bukit Piayu Laut merupakan salah satu bukit di Batam yang hits.

Di Bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan laut lengkap dengan bukit bukit kecil yang eksotis. Menikmati semilir angin, sambil menikmati pemandangan indah ini pastinya akan menghempas semua penat anda.

Lokasi: Tanjung Piayu, Kec. Sei Beduk, kota Batam.

18. Alun Alun Engku Putri

Alun Alun Engku Putri
Image Credit: Tempatwisata.pro

Berkunjung ke Batam, tak lengkap rasanya jika tak menyambangi alun alunnya. Alun alun Engku Putri merupakan sebuah lapangan besar yang letaknya di pusat kota. Alun alun yang tertata rapi dan menjadi lokasi untuk nongkrong ini memang tak pernah sepi. Keberadaannya memang sudah lama, namun tetap menjadi tujuan wisata yang hits. Terutama untuk keluarga yang sedang menghabiskan sore hari bersama anak anak.

Lokasinya yang dekat dengan pusat perbelanjaan hingga perkantoran semakin menjadikan ikon kota Batam ini tak pernah sepi. Tak hanya bisa bersantai di taman yang ukurannya besar ini, Anda juga bisa sekalian berburu foto foto cantik. Kegiatan lainnya yang juga banyak dilakukan adalah berburu kuliner di pasar dadakan. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, sehingga Anda akan dimanjakan ketika berkunjung ke alun alun ini.

Tak jauh dari Alun Alun terdapat juga Masjid Agung Batam yang bangunannya begitu megah dan luas. Arstitekturnya yang unik turut menjadikan masjid Agung ini semakin menarik. Ketika Anda berkunjung ke Alun Alun, tak ada salahnya untuk sekalian mampir ke Masjid Agung Batam ini. Selain wisata religi, banyak juga pengunjung yang datang untuk mengagumi cantik dan megahnya masjid kebanggaan warga Batam ini.

Lokasi: Jl. Engku Putri, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

19. Pantai Mirota

Pantai Mirota
Image Credit: Setjen.pu.go.id

Pantai Mirota mendapatkan julukan sebagai surga pasir putih di Ujung Batam. Julukan ini memang sangat cocok karena Pantai Mirota memang memiliki hamparan pasir putih yang mempesona. Keindahan pantai ini menjadikannya sebagai destinasi yang hits dikunjungi.

Alamnya yang masih asri dan terjaga akan membuat Anda betah berlama lama di Pantai Mirota ini. Wisata bahari kota Batam satu ini memang sangat sayang jika tak disinggahi ketika Anda di Batam.

Lokasi: Desa Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam.

20. Golden Prawn

Golden Prawn
Image Credit: Hotelgoldenview.com

Sebagai penutup perjalanan Anda menjelajah Kota Batam, maka tak ada salahnya mengunjungi wisata kuliner andalan satu ini. Golden Prown merupak restoran yang menyediakan menu seafood yang menggoyang lidah.

Tak heran jika tempat ini sangat hits di kalangan wisatawan yang memang menyukai olahan seafood. Selain menjadi restoran, Golden Prown juga menyediakan hotel bintang 5 yang juga sangat direkomendasikan bagi traveller.

Lokasi: Jl. Golden Prawn, Tanjung Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam.

Batam tak hanya menjadi surga belanja, namun juga menawarkan berbagai tempat wisata yang akan menghempaskan segala penat. Wisata alamnya memang didominasi oleh wisata bahari, namun bukan berarti setiap pemandangan yang ditawarkan akan sama. Kota yang dekat dengan Singapura ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan anda. Jadi, destinasi wisata mana yang akan Anda masukkan dalam list liburan ke Batam Anda nantinya?