Bengkulu tidak hanya menjadi saksi perjuangan kemerdekaan, alam yang masih alami membuat Bengkulu memiliki beragam tempat wisata yang hits. Air terjun, pantai hingga danau yang memukau dapat memanjakan mata Anda.

Kota Bengkulu merupakan kota di Sumatera yang cukup besar. Dimana bangsa Indonesia, kota Bengkulu juga menjadi saksi bisu perjuangan panjang menuju kemerdekaan. Meskipun tak terdengar lantang tentang wisatanya, namun Bengkulu rupanya memiliki banyak pesona yang mengagumkan.

Bagi Anda yang ingin liburan ke kota satu ini, berikut 25 rekomendasi tempat wisata di Bengkulu yang sedang hits dan wajib untuk Anda kunjungi. Selengkapnya simak ulasan berikut.

1. Bukit Kaba

Bukit Kaba
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Bengkulu adalah Bukit Kaba. Bukit satu ini menawarkan pemandangan dari ketinggian yang mempesona. Bagaimana tidak, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan 8 kawah gunung berapi. Meskipun 5 diantaranya terteutup vegetasi, namun Anda bisa melihat keindahannya. Sebelum tiba di puncak, Anda harus menaklukkan 307 anak tangga lebih dulu. Namun semua lelahmu akan dibayar tuntas dengan keindahannya.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata, Anda juga bisa menunggu hingga matahari terbenam. Pemandangannya akan berjuta kali lebih cantik begitu berpadu dengan jingganya sang surya yang berpulang. Anda juga bisa menikmati matahari terbit di keesokan harinya, karena kegiatan kemping di tempat satu ini menjadi favorit. Selain itu, Anda juga bisa mengambil beberapa foto cantik ketika di Bukit Kaba ini.

Lokasi: Desa Sumber Urip, Kec. Selupuh Rejang, Kab. Rejang Lebong.

2. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Tempat satu ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi miliki kota Bengkulu. Keindahan baharinya masih terjaga dan alami sehingga wajar jika tempat satu ini begitu hits. Uniknya, pantai satu ini juga sekaligus menyajikan panorama danau yang memukau.

Danau dan juga pantainya hanya berbataskan dengan pasir putihnya yang lembut. Pantai Padang Betuah juga memiliki sumur besar dengan diameter 90 meter. Keindahannya yang dimilikinya akan membuat Anda terpukau.

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

3. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit: Merahputih.com

Mengunjungi Kota Bengkulu tak lengkap jika tak mengunjungi wisata alam satu ini. Danau Biru tak hanya satu danau yang menawan, Anda bisa menyaksikan 4 danau sekaligus dalam satu kawasan. Airnya yang jernih membuatnya seakan akan berwarna biru.

Hanya saja, untuk tiba di Danau Biru Anda harus menaklukkan bebatuan yang cukup menanjak. Perjalanan tersebut seakan tidak akan percuma, jika pelepas penatnya merupakan pemandangan yang menawan.

Lokasi: Jl. Stadion, Batu Galing, Kec. Curup Tengah, Kab. Rejang Lebong.

4. Sungai Air Berau

Sungai Air Berau
Image Credit: Tempatwisata.pro

Apakah Anda suka kegiatan yang menantang adrenalin? Jika iya maka Anda harus mengunjungi Sungai Air Beru ini. Sebab selain pemandangan yang indah, Anda juga bisa bermain kegiatan ekstrim arung jeram.

Tidak hanya itu, jika Anda beruntung Anda bisa melihat secara langsung upacara adat di sungai ini. Upacara adat ini dinamakan dengan upacara anak daro, di mana di dalam upacara ini anak yang baru lahir akan dimandikan di sungai Air Beru ini.

Lokasi: Desa Air Berau Kec. Pondok Suguh, Kab. Mukomuko.

5. Curug Sembilan

Curug Sembilan
Image Credit: Genpi.co

Tempat satu ini juga terbilang hits dan harus Anda kunjungi yaitu Curug Sembilan. Yang mana Anda bisa menyaksikan air terjun dengan 9 tingkatan. Bisa dikatakan jika tempat satu ini menjadi air terjun yang paling indah yang wajib Anda kunjungi. Anda bisa berburu foto foto menawan dengan background yang mempesona.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bengkulu yang Murah & Enak

Udaranya yang sejuk dan juga pepohonan rindang akan membuat Anda betah berlama lama. Meskipun untuk menuju Curug Sembilan Anda harus berjuang lebih dahulu.

Lokasi: Tanah Hitam, Marga Sakti, Kec. Padang Jaya, Kab. Bengkulu Utara.

6. Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan
Image Credit: Wisatakita.com

Kebun Teh Kebawetan bukanlah tempat baru, namun hingga kini masih menjadi tempat wisata hits. Terletak di ketinggian 600 hingga 1000 mdpl menjadikan hawa pegunungannya begitu terasa. Anda akan disajikan dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata dengan kabut tipis yang menyapa.

Anda bisa berburu spot swafoto ataupun berjalan jalan sembari menikmati udara segarnya. Anda juga bisa mampir ke warung kecil untuk segelas minuman hangat.

Lokasi: Jl. Kabawetan, Tangsi Baru, Kec. Kaba Wetan, Kab. Kepahiang.

7. Teluk Sepang

Teluk Sepang
Image Credit: Mongabay.co.id

Untuk Anda yang hobi surfing, Anda harus mengunjungi Teluk Sepang ini. Ombaknya yang tinggi hingga empat meter menjadikan tempat satu ini favorit para peselancar. Selain bisa menikmati kegiatan menantang ini, Anda juga bisa bersantai sambil memancing di teluk ini.

Airnya yang jernih menjadikan Anda bisa melihat bawah lautnya tanpa menyelam. Hal ini dikarenakan Teluk Sepang termasuk bagian dari kawasan Konservasi Taman Wisata Alam. Lokasi: Teluk Sepang, Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

8. Pulau Tikus

Pulau Tikus
Image Credit: Ksmtour.com

Kemolekkan wisata bahari Bengkulu juga bisa Anda rasakan dengan mengunjungi Pulau Tikus. Pulau yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini, memiliki terumbu karang yang mempesona. Tak hanya itu, di Pulau Tikus juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari bermain pasir hingga berenang di pinggir pantainya yang jernih.

Keindahan alam yang masih alami menjadikan Pulau Tikus ini tetap hits meskipun bukan merupakan pulau baru yang berada di Bengkulu.

Lokasi: Pulau Tikus, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu.

9. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci
Image Credit: Tobokito.com

Destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Sungai Suci. Yang menjadikan wisata satu ini unik adalah adanya jembatan kembar yang menantang adrenalin. Jembatan ini menghubungkan pulau kecil dan Pantai Sungai Suci.

Begitu Anda bisa melewati jembatan tersebut, Anda akan disuguhkan dengan panorama debur ombak yang menghantam karang. Tempat yang akan bisa mengusir semua penat yang Anda miliki.

Lokasi: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

10. Air Terjun Suban

Air Terjun Suban
Image Credit: Hariankoranbengkulu.co

Air Terjun di Bengkulu memang banyak yang menyimpan keindahan. Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Suban. Tidak hanya bisa menikmati satu air terjun saja, Anda bisa menikmati dua air terjun sekaligus.

Air Terjun Suban sangat cocok untuk Anda yang ingin menghempas segala penat dan merilekskan tubuh. Airnya yang jernih lengkap dengan suasana yang masih asri akan membuat Anda betah berlama lama.

Lokasi: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

11. Pulau Enggano

Pulau Enggano
Image Credit: Pedomanbengkulu.com

Pulau satu ini belakangan memang sedang hits di kalangan traveller. Terutama ketika fotonya mulai bertebaran di media sosial. Pulau Enggano memiliki keindahan yang memanjakan mata Anda. Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling maupun surfing di pulau satu ini.

Walaupun untuk tiba di Pulau Enggano, Anda harus menempuh perjalanan laut selama 12 jam. Jika ingin cepat sampai, Anda bisa menggunakan pesawat dan tentunya biayanya lebih mahal.

Lokasi: Malakoni, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara.

12. Danau Nibung

Danau Nibung
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Danau Tibung merupakan danau yang lokasinya berada di pusat Kota Mukomuko. Meskipun dekat dengan pusat kota, namun Danau Tibung termasuk dalam kawasan hutan lindung. Sehingga Anda akan mendapatkan udara yang bersih dan sejuk. Untuk mengelilingi danau, Anda bisa menggunakan perahu.

Selain itu, Anda juga bisa berburu foto instagenic dengan latar belakang yang menawan. Fasilitas danau satu ini juga terbilang lengkap dan memanjakan pengunjungnya.

Lokasi: Bandar Ratu, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko.

13. Bukit Batu Kandis

Bukit Batu Kandis
Image Credit: Cixdon.blogspot.com

Hal yang membuat bukit batu ini banyak dikunjungi adalah bentuknya yang mirip dengan Spink yang berada di Mesir. Di Puncak Bukit juga terdapat kolam mata air yang airnya cukup jernih. Banyak muda mudi yang memilih untuk mendirikan tenda. Kerena pemandangannya yang indah, akan membuat Anda betah.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Paling Populer

Bagi Anda yang menyukai tantangan, panjat tebing juga bisa Anda lakukan di Bukit Batu Kandis ini. Tak heran jika bukit batu satu ini begitu hits dan banyak dikunjungi.

Lokasi: Jl. Bengkulu – Kepahiang, Durian Demang, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah.

14. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough
Image Credit: Wikipedia.org

Bengkulu tak hanya memiliki wisata alam yang memukau, namun juga memiliki wisata sejarah. Benteng Marlborought ini merupakan benteng yang ada sejak zaman penjajahan Inggris. Selain kokoh hingga kini, Anda juga bisa melihat jika benteng ini memiliki bentuk seperti kura kura.

Benteng Marloborough bukan wisata terbaru, tetapi tetap hits dan banyak dijadikan tempat untuk hunting foto. Mengingat bangunan bersejarah ini juga begitu aestethic.

Lokasi: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

15. Pantai Lais

Pantai Lais
Image Credit: Northbengkulu.wordpress.com

Pantai Lais berada di Bengkulu Utara yang juga banyak dikunjungi wisatawan. Selain memiliki keindahan yang akan membuat Anda takjub, pantai ini juga berada di tepi jalan raya. Tak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum.

Lokasinya yang strategis juga menjadikan pantai satu ini populer dan hits. Pantai Lais memang belum banyak dikenal, sehingga pantai ini masih asri dan terjaga keindahannya.

Lokasi: JL.Pusara No.Kel, Pasar Lais, Kec. Lais, Kab. Bengkulu Utara.

16. Danau Lebong

Danau Lebong
Image Credit: Hariankoranbengkulu.co

Danau satu ini terbentuk karena galian tambang batu bara yang tidak mendapatkan reklamasi. Lambat laut berjalan menjadikannya sebagai danau dengan warna air biru yang menawan. Kendati kecantikannya tak terelakkan, airnya merupakan air asam yang beracun dan mampu untuk mencari lingkungan. Gradasi warna biru muda yang terkadang berubah menjadi hijau tosca ketika terkena sinar matahari, menjadikan daya tarik tersendiri.

Anda membutuhkan tenaga ekstra dan perjuangan kera untuk menuju Danau Lebong, Bengkulu ini. Memang menggunakan kendaraan, namun tetap saja medan yang dilalui tidaklah mudah. Untuk menuju Danau ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 35 km dari pusat kota Bengkulu. Jarak tersebut hanyalah permulaan, dan baru dilanjutkan medan yang sesungguhnya. Keindahannya memang mampu menghilangkan segala penat, tapi Anda harus tetap hati hati.

Lokasi: Kec. Daneu, Kec. Lebong Atas, Kab. Lebong.

17. Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup
Image Credit: Wisatasumatera.com

Air terjun Kepala Curup termasuk dalam air terjun yang populer di Bengkulu dan wajib dikunjungi. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter menjadikan airnya deras. Untuk sampai di Air terjun satu ini, Anda hanya perlu trekking sekitar 300 meter saja.

Keindahan alam dengan tebing yang kokoh menjadikan air terjun ini semakin menarik. Jangan lupakan untuk mengabadikan setiap momen Anda ketika di Air Terjun Kepala Curup yang cantik ini.

Lokasi: Jl. Raya Curup – Lubuk Linggau No.113, Cahaya Negeri, Kec. Sindang Kelingi, Kab. Rejang Lebong.

18. Air Terjun Muara Karang

Air Terjun Muara Karang
Image Credit: Youtube.com (Musavirudin Linggau)

Tempat selanjutnya tang tak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Muara Karang. Air terjun ini sangat unik, karena air terjunnya memiliki suhu yang berbeda. Ada sebagian yang suhunya hangat, ada juga yang dingin. Berada di Desa Belitar Seberang, air terjun ini memiliki 5 air terjun sekaligus. Dua di antaranya merupakan air terjun dengan air panas. Terdapat juga pemandian air panas yang dikelola oleh warga yang tergabung dalam POKDARWIS.

Untuk bisa mencapai air terjun dengan debit air tinggi ini, Anda bisa memilih dua alternatif rute. Anda bisa melewati Desa Belitar dan Desa Sindang Jati, jalur di Desa Sindang Jati dirasa lebih bagus meskipun lebih jauh. Sementara untuk rute Desa Blitar membutuhkan perjuangan, mengingat Anda harus berjalan kaki karena tak bisa dilewati kendaraan. Namun jaraknya menjadi lebih dekat, sangat asyik mengunjungi air terjun ini bersama rombongan.

Lokasi: Belitar Seberang, Kec. Sindang Kelingi, Kab. Rejang Lebong.

19. Arung Jeram Sungai Ketahun

Arung Jeram Sungai Ketahun
Image Credit: Twitter.com @Wisataextrem

Jika Anda masih belum puas melakukan kegiatan arung jeram, Anda bisa mengunjungi Sungai Ketahun. Terdapat spot arung jeram yang panjangnya sekitar 14 km dan pastinya akan sangat seru. Petualangan Anda juga akan semakin lengkap dengan eloknya pemandangan sekitarnya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Paling Populer

Spot foto menarik juga bisa Anda temukan, yakni lintasan gua serta lokasi yang dikenal dengan Green Canyonya Sungai Ketahun yang instagramable.

Lokasi: Talang Ratu, Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Lebong.

20. Rumah Pengasingan Bung Karno

Image Credit: Okezone.com

Mengunjungi Bengkulu rasanya tak lengkap jika tak mampir ke tempat bersejarah ini. Rumah Pengasingan Bung Karno ini memang dibuka untuk wisata. Rumah yang telah berubah menjadi museum ini kerap dikunjungi pelajar maupun muda mudi. Anda bisa menemukan sepeda ontel yang digunakan oleh Bunga Karno, koleksi beberapa buku hingga surat cinta Bung Karno yang ditujukan untuk Ibu Fatmawati.

Di depan rumah ini, Anda akan menemukan taman yang tertata rapi. Mengunjungi tempat satu ini tak hanya untuk rekreasi namun juga wisata sejarah. Jejak masa lalu begitu terasa ketika Anda menginjakkan kaki di rumah yang bersejarah ini. Rumah miliki Tan Eng Cian yang merupakan pengusaha Tionghoa ini masih berdiri dengan kokoh. Untuk bisa menikmati museum satu ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk tiket masuk sekitar Rp. 2500 saja.

Lokasi: Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu.

21. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi
Image Credit: Wisatakita.com

Pantai satu ini bukanlah pantai yang baru, tetapi sampai saat ini masih menjadi favorit. Selain indah, Pantai Tapak Paderi juga dijadikan pelabuhan penjajah Inggris pada masa silam. Ketika musim liburan wisata pantai satu ini selalu membludak pengunjungnya. Anda juga bisa menikmati indahnya sunset di pantai satu ini.

Fasilitasnya juga terbilang lengkap, Anda juga bisa mengunjunginya pasca dari Benteng Marlborough karena lokasinya tak jauh.

Lokasi: Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

22. Danau Tes

Danau Tes
Image Credit: Ksmtour.com

Danau Tes adalah danau terbesar yang berada di Bengkulu dan membentang di antara dua dusun adat dari Suku Rejang. Danau Tes berada di tengah tengah dan dikelilingi oleh taman Nasional Kerinci Seblat. Hal ini menjadikan danau Tes memiliki pemandangan yang memukau.

Anda bisa menikmati barisan bukit hijau hingga hamparan sawah warga. Anda bahkan bisa bertemu dengan endemik langka Bengkulu yang berterbangan di hamparan danau.

Lokasi: Kutai Donok, Kec. Lebong Selatan, Kab. Lebong.

23. Pemandian Air Panas Suban

Pemaindian Air Panas Suban
Image Credit: Gapuranews.com

Wisata satu ini bukan wisata yang baru, namun belakangan mulai banyak dikenal. Anda bisa merilekskan badan Anda sebentar dengan berendam di Pemandian Air Panas Suban ini. Kolam air panas ini konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti pegal linu, rematik hingga penyakit kulit. Serunya, di pemandian ini juga terdapat air terjun serta peninggalan Suku Rejang yang berupa Batu Megalitikum.

Lokasi: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

24. Bukit Daun

Bukit Daun
Image Credit: Febripane.blogspot.com

Menikmati panorama dari ketinggian memang begitu menakjubkan. Jika Anda masih ingin berpetualang, Bukit Daun bisa dijadikan pilihan. Bukit Daun menawarkan suasana yang masih asri dan terjaga. Anda bahkan bisa menemukan aliran air dair bukit yang begitu jernih dan segar. Pohonnya yang besar juga menambah kesejukkan dan keunikan. Mampir ke Bukit Daun akan menghempas segala penat Anda.

Lokasi: Bukit Daun, Kec. Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong.

25. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah
Image Credit: Phinemo.com

Selain air terjun, Bengkulu juga banyak memiliki danau yang menawan. Salah satunya yang cukup kondang adalah Danau Dendam Tak Sudah. Nama danau ini memang cukup unik, dan rupanya namanya diambil dari cerita rakyat yang berkembang. Terlepas dari cerita rakyatnya, danau satu ini juga memiliki pemandangan yang mengagumkan. Dikelilingi perbukitan hijau, flora dan fauna beragam menjadikan tempat ini tak boleh dilewatkan.

Lokasi: Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Bengkulu tak hanya dikenal dengan pantai pantainya yang eksotis, Anda juga bisa menemukan banyak air terjun. Kondisi alamnya yang masih terjaga menjadi daya tarik tersendiri untuk habiskan waktu liburan. Selain memiliki alam yang jempolan, wisata sejarahnya juga tak bisa dilewatkan. Beberapa destinasi wisata hits di Bengkulu dalam ulasan tersebut, manakah yang akan Anda masukkan dalam daftar liburan Anda?