Ingin Liburan ke Bima? Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Bima, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Layak Anda Jelajahi Saat Liburan.

Bima yang berada di Nusa Tenggara Barat memiliki destinasi wisata yang tidak kalah dari Bali. Keberagaman budaya hingga keindahan alamnya merupakan potensi wisata yang mampu menarik para wisatawan untuk datang berkunjung. Hal ini tidak terlepas dari latar belakang Bima yang dulunya merupakan pusat dari kesultanan Bima.

Jika Anda berlibur ke daerah satu ini, berikut beberapa tempat wisata di Bima yang menarik dan tidak boleh Anda lewatkan.

1. Pantai Pink

Pantai Pink
Image Credit: Instagram.com @dimasfqih_

Pantai Pink tidak hanya terdapat di pulau Lombok saja, karena Bima juga memiliki Pantai Pink yang tidak kalah indah. Sesuai dengan namanya, pantai satu ini memiliki keunikan berupa pasir pantainya yang tidak berwarna putih atau coklat melainkan mempunyai warna pink. Hamparan pasirnya yang berwarna pink berasal dari hewan bernama foraminifera, yang memberikan pigmen merah pada koral.

Koral yang terbawa menuju pesisir pantai kemudian hancur menjadi butiran, yang kini menjadi pasir pantai. Itulah yang membuat pantai ini menjadi dipenuhi pasir berwarna merah mudah tersebut. Dengan keunikannya ini, banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berfoto ria. Untuk menuju lokasi pantai Anda harus naik bus dari kota Bima atau menggunakan kendaraan pribadi, setelah itu naik perahu menuju ke Pantai Pink.

Lokasi: Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima.

2. Pantai Lariti

Pantai Lariti
Image Credit: Kompasiana.com

Bima memiliki deretan pantai yang begitu eksotis, dan sayang sekali untuk Anda lewatkan apabila berlibur di sana. Tidak hanya Pantai Pink saja yang memiliki keunikan, namun Pantai Lariti satu ini juga mempunyai keunikan sendiri yang patut untuk Anda saksikan. Keunikannya karena pantai ini bisa terbelah di malam hari. Hal tersebut terjadi saat lautan surut, kemudian terdapat gundukan pasir yang membelah laut.

Di atas gundukan pasir tersebut, Anda bisa menuju sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh dari pantai. Dari sana Anda bisa melihat pemandangan laut lepas yang begitu indah dan mempesona. Pantai Lariti sendiri biasanya akan terbelah dari pukul 10 pagi hingga 4 sore WITA, namun belum ada kalender pasti mengenai kemunculan terbelahnya laut Lariti tersebut.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bima yang Paling Populer

Lokasi: Soro, Kec. Lambu, Kab. Bima.

3. Pantai Kalaki

Pantai Kalaki
Image Credit: Berita11.com

Pantai Kaliki ini cukup mudah untuk diakses, karena pasti akan Anda lewati apabila Anda menuju kota Bima dari bandara. Selain mudah diakses, daya tarik pantai ini juga terletak pada panorama alamnya yang begitu menawan. Pasir putih lembut yang memiliki warna kontras dengan birunya laut memberikan perpaduan yang nampak mempesona. Ombak dari Pantai Kalaki juga tergolong cukup tenang, jadi di sini Anda bisa puas bermain air seharian.

Garis pantai yang dimiliki oleh Pantai Kalaki juga cukup panjang, membuat tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk berjalan jalan menikmati pemandangan wilayah setempat. Beberapa sudut pantai pun sangat instagramable, sehingga destinasi ini begitu populer di kalangan kawula muda kota Bima. Mengabadikan momen di sini dijamin bisa memuaskan kebutuhan sosial media Anda dengan baik.

Lokasi: Panda, Kec. Palibelo, Kab. Bima.

4. Pantai Wadu Baba

Pantai Wadu Baba
Image Credit: Kupasbima.com

Masih berbicara mengenai wisata bahari di Bima yang tidak ada habisnya, ada lagi Pantai Wadu Baba yang terletak di kawasan Sambane. Destinasi wisata satu ini juga menawarkan keindahan yang tidak kalah indah dari pantai lainnya di Bima. Pasir putihnya yang begitu halus, ditambah dengan air laut yang begitu jernih membuat siapapun pasti betah untuk menghabiskan waktu berlama lama di sini.

Terlebih di sekitar Pantai Wadu Baba juga terdapat deretan perbukitan yang mengitarinya, membuat area pantai menjadi semakin indah. Pemandangan perbukitan yang hijau akan menyegarkan mata, membuat Anda lupa dengan berbagai masalah yang ada. Pantai ini masih tergolong baru dan sepi pengunjung, sehingga akan memberikan suasana damai yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi: Sambane, Rupe, Kec. Langgudu, Kab. Bima.

5. Pantai Tanjung Meriam

Pantai Tanjung Meriam
Image Credit: Youtube.com (Awaluddin Metalera)

Jika umumnya pada objek wisata pantai Anda akan menikmati keindahan pasir serta air laut yang jernih, maka di Pantai Tanjung Meriam ini Anda bisa merasakan pengalaman yang berbeda. Selain dapat menikmati keindahan alam sekitar yang begitu mempesona, di sini Anda juga dapat sekaligus menyaksikan peninggalan sejarah dari kota Bima. Tempat wisata ini diberi nama Tanjung Meriam karena adanya banyak meriam yang terdapat di area pantai.

Meriam meriam tersebut merupakan sisa peninggalan sejarah, dan menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat banyak wisatawan berkunjung ke sini. Saat berada di lokasi, Anda akan melihat banyak sekali pengunjung mengabadikan momen berfoto ria di depan meriam. Bahkan tidak jarang juga ada yang datang untuk melakukan pemotretan untuk foto pre wedding.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bima yang Paling Murah & Enak

Lokasi: Pantai Tanjung Meriam, Kec. Sape, Kab. Bima.

6. Bukit Pundu Nence

Bukit Pundu Nence
Image Credit: Garagaratraveler.blogspot.com

Berada di ketinggian membuat destinasi wisata satu ini menjadi lokasi yang tepat dijadikan spot menikmati keindahan matahari terbenam. Selain menikmati keindahan sunset, banyak juga pengunjung yang datang di pagi hari untuk menyaksikan detik detik matahari muncul dari ufuk timur. Udara di puncak bukit yang begitu segar dan sejuk akan membuat suasana berlibur di sini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Lokasi: Ntoke, Kec. Wera, Kab. Bima.

7. Gunung Tambora

Gunung Tambora
Image Credit: Kompasiana.com

Tak hanya wisata pantai, Bima juga memiliki destinasi wisata pegunungan yang wajib untuk Anda kunjungi. Bagi Anda yang mempunyai jiwa petualang, mendaki Gunung Tambora adalah salah satu aktivitas liburan yang akan sangat menyenangkan. Bahkan jika beruntung, Anda juga bisa melihat festival tambora. Dimana pada festival tersebut Anda bisa menikmati kekayaan budaya serta seni dari Nusa Tenggara Barat.

Lokasi: Kawinda Toi, Kec. Tambora, Kab. Bima.

8. Pulau Ular

Pulau Ular
Image Credit: Lombokatraktif.blogspot.com

Mendengar namanya saja mungkin sudah membuat sebagian orang takut. Namun banyak pula pelancong yang jauh jauh datang ke Bima hanya untuk melihat sendiri pulau satu ini. Seperti namanya, Pulau Ular ini dihuni oleh ribuan spesies ular berbisa. Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan minat dari wisatawan yang datang. Syaratnya jika ingin berkunjung ke sini adalah Anda harus bersama dengan warga lokal.

Lokasi: Wera, Sarae, Kec. Rasanae Barat, Bima.

9. Pulau Sangeang

Pulau Sangeang
Image Credit: Bksdantb.org

Selain Gunung Tambora, Anda yang gemar mendaki gunung sebaiknya tidak ketinggalan untuk mencoba destinasi satu ini. Di dalam Pulau Sangeang ini terdapat dua puncak gunung yang masih aktif, dan tentunya akan sangat menantang untuk didaki. Pulau yang berada di kawasan Kecamatan Wera ini memang tidak berpenghuni karena status gunung aktifnya tersebut. Namun banyak wisatawan yang menguji adrenalin dengan mencoba mendakinya.

Lokasi: Sangiang, Kec. Wera, Kab. Bima.

10. Air Terjun Bombo Roi

Air Terjun Bombo Roi
Image Credit: Thisisbima.blogspot.com

Bima memiliki primadona baru yang tidak kalah populer dari deretan pantainya, yaitu Air Terjun Bombo Roi. Objek wisata ini menawarkan pemandangan air terjun yang begitu indah dan menyegarkan, yang mengalir ke dalam kolam jernih di bawahnya. Akses menuju lokasinya juga cukup mudah sehingga membuat para wisatawan datang berbondong bondong kemari.

Lokasi: Roi, Kec. Palibelo, Kab. Bima.

11. Gua Ringi Ncanga

Gua Ringi Ncanga
Image Credit: R0ch4.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berwisata yang berbeda, maka bisa mencoba wisata susur gua di Gua Ringi Ncanga ini. Saat melakukan susur gua, Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan, yang membuat Anda tidak bisa berhenti berdecak kagum. Letak geografis Bima yang merupakan kawasan karst memang membuat wilayah ini memiliki banyak gua, yang begitu indah dan layak untuk dijelajahi.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Lombok yang Murah & Enak

Lokasi: Oi Foo, Kec. Rasanae Timur, Kab. Bima.

12. Pulau Kambing

Pulau Kambing
Image Credit: Lombokatraktif.blogspot.com

Destinasi Pulau Kambing tentu tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Bima. Objek wisata yang masih dalam tahap perkembangan ini menawarkan berbagai aktivitas menarik di dalamnya. Di sini Anda bisa bermain volly pantai, ski air, skydiving, hingga snorkeling. Dan semua peralatan untuk melakukan aktivitas tersebut sudah disediakan dan disewakan untuk para pengunjung.

Lokasi: Pulau Kambing, Bajo, Kec. Soromandi, Kab.Bima.

13. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa
Image Credit: Instagram.com @bppdntb

Pulau Kelapa menyuguhkan wisata komplit untuk para pengunjungnya, bagaimana tidak, di sini Anda bisa menikmati indahnya pantai dengan air laut yang jernih dan pemandangan eksotis di sekeliling. Selain itu Anda juga bisa melakukan treking ke atas bukit yang berada di dekat pantai, di sana Anda bisa menikmati cantiknya pemandangan dari ketinggian. Banyak juga yang mendaki bukit untuk melihat proses matahari terbenam.

Lokasi: Pulau Kelapa, Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima.

14. Museum Asi Mbojo

Museum Asi Mbojo
Image Credit: Portal.bimakota.go.id

Tidak hanya menikmati wisata alam saja, di Bima Anda juga bisa berkunjung ke wisata sejarah dan menambah wawasan. Salah satunya yang begitu terkenal adalah Museum Asi Mbojo, dimana Anda bisa belajar mengenai sejarah Kesultanan Bima. Museum ini memang menyimpan berbagai koleksi peninggalan dari kesultanan tersebut, bahkan desain arsitektur bangunannya juga memiliki ciri khas tersendiri.

Lokasi: Dara, Kec. Rasanae Barat, Kab. Bima.

15. Cagar Budaya Uma Lengge

Cagar Budaya Uma Lengge
Image Credit: Kumparan.com

Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki keberagaman budaya, bisa Anda saksikan melalui Cagar Budaya Uma Lengge ini. Rekomendasi tempat wisata di Bima yang terakhir ini merupakan sebuah kompleks rumah adat Uma Lengge, yang menjadi rumah adat suku setempat. Uniknya, ketika berkunjung para wisatawan juga harus menggunakan pakaian ada yang akan disediakan oleh warga lokal.

Lokasi: Sambori, Kec. Lambitu, Kab. Bima.

Itulah beberapa tempat wisata di Bima yang menarik untuk Anda kunjungi. Setelah Indonesia ditetapkan menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia pada tahun 2019 silam oleh GMTI atau Global Muslim Travel Index. Kementerian Pariwisata semakin gencar untuk mempromosikan wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa yang termasuk Bima di dalamnya. Hal ini karena NTB termasuk salah satu branding wisata halal Indonesia terbaik. Keindahan alam hingga tradisi yang berakar kuat bisa Anda temukan di Bima.