Temukan Tempat Wisata Favorit di Bintan, Kepulauan Riau. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Populer dan Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi untuk Petualangan Liburan yang Seru.

Berwisata atau rekreasi merupakan salah satu ajang untuk melepas penat. Selain pulau Lombok dan Bali, salah satu pulau di Indonesia lainnya yang menawarkan surga wisata yaitu pulau Bintan. Pulau yang secara administratif masuk ke dalam Provinsi Kepulauan Riau ini, memang memiliki deretan destinasi wisata yang apik untuk dijelajahi. Berikut beberapa tempat wisata di Bintan yang paling populer dan menawarkan keindahan yang memukau.

1. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit : Google Maps (Chris Wong)

Pulau Bintan sendiri memang dikelilingi oleh lautan biru yang begitu eksotis. Meski begitu, banyak orang yang lebih terhipnotis oleh birunya air dari Danau Biru satu ini. Danau Biru sendiri sebenarnya bukan merupakan objek wisata, namun kepopulerannya sudah santer terdengar. Sehingga banyak wisatawan yang sengaja berkunjung kemari ketika berada di Bintan.

Destinasi yang berada di daerah Kawal ini, menyuguhkan pemandangan danau yang menakjubkan. Panorama alam yang terbentang semakin rupawan dengan tambahan bukit pasir berwarna putih di sekelilingnya. Kontrasnya pasir putih dengan birunya danau membuat perpaduan yang cantik, banyak yang menggunakannya sebagai latar belakang foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

2. Treasure Bay Lagoi

Treasure Bay Lagoi
Image Credit: Google Maps (Treasure Bay Bintan)

Treasure Bay Lagoi ini adalah kolam renang buatan yang terbesar di Asia Tenggara. Bahkan tercatat bahwa luasnya mencapai sekitar 6,3 hektar dengan panjang kurang lebih 800 meter. Bagian tepi kolamnya didesain melandai sehingga seolah olah seperti berada di pantai. Untuk bagian dasarnya, menggunakan fiber berwarna putih yang terlihat seperti pasir.

Sehingga bermain dan berenang di Treasure Bay Lagoi bisa membuat Anda seolah olah berada di pantai, namun dengan tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi. Menariknya lagi meski destinasi ini merupakan kolam buatan, namun kolam tersebut diklaim sangat ramah lingkungan. Hal tersebut terbukti dari penggunaan bahan kimianya yang 100 kali lebih sedikit.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawasan Pariwisata, Jl. Raja H. No.KM 01, Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

3. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung
Image Credit: Google Maps (Sohpeng Chua)

Apabila Anda ingin merasakan berwisata di gurun, tidak perlu jauh jauh ke Timur Tengah. Sebab dengan berkunjung ke Bintan, Anda bisa mendapatkan sensasi tersebut. Destinasi yang berada di daerah Seri Kuala Lobam ini dulunya merupakan bekas penambangan bauksit, dimana sekarang berubah menjadi sebuah gurun pasir cantik.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bintan yang Paling Populer

Untuk bertandang ke lokasi ini, Anda hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi. Karena tidak terdapat akses angkutan publik yang melewati letak dari objek wisata tersebut. Jika sudah berniat berkunjung kemari, jangan lupa untuk membawa kamera. Pasalnya, pemandangan indah dari gurun pasir akan memberi Anda sebuah foto estetik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

4. Rumah Arang

Rumah Arang
Image Credit: Facebook.com (Iwan Rental Tanjung Uban)

Apakah Anda pernah mendengar istilah Igloo ? Iglo atau Igloo merupakan rumah orang orang eskimo, yang terbuat atas tumpukan balok es. Meski terdiri atas balok es, rumah satu ini diklaim mampu menghangatkan orang dengan menahan suhu panas mencapai 50 derajat. Di Bintan, Anda dapat menemukan destinasi seru seperti rumah Igloo ini.

Meskipun memang tidak persis sama dengan Igloo karena Rumah Arang terbuat dari batu bata, namun destinasi ini patut untuk Anda jelajahi. Coba saja berpose di tengah tengah bangunan tersebut, maka foto instagramable akan Anda dapatkan untuk dibagi ke lini media massa. Rumah Arang sendiri bisa Anda temukan berada di sekitar daerah Busung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

5. Air Adventures Flying Club

Air Adventures Flying Club
Image Credit: facebook.com @onepersadatourandtravel

Anda ingin menikmati Bintan dengan cara yang unik dan berbeda ? Maka Air Adventures Flying Club ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, dengan menunggangi kokpit terbuka pesawat amfibi tersebut, Anda bisa melihat indahnya Bintan yang begitu menawan dari ketinggian beberapa kaki di atas udara.

Anda tidak perlu khawatir dan takut, karena pilot profesional dengan pengalaman terbang yang sudah lebih dari 20 tahun akan siap berkendara bersama. Anda hanya tinggal duduk manis dan melihat panorama Bintan di sekitar. Dengan biaya sewa tambahan, Anda bahkan bisa mendapat rekaman video spektakuler ketika sedang berada di atas awan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

6. Ria Bintan Golf Club

Ria Bintan Golf Club
Image Credit: Google Maps (Ria Bintan Golf Club)

Meski golf sering dikaitkan dengan olahraga mewah untuk kalangan kelas atas, namun sebagian orang ada saja yang menganggap kegiatan ini membosankan. Di Ria Bintan Golf Club, rasa bosan tersebut tentu tidak akan Anda dapatkan sedikitpun. Meski Anda belum mahir mengayunkan tongkat golf sekalipun, berkunjung kemari tetap menjadi pengalaman yang seru.

Hal ini dikarenakan suasana sekitar yang begitu menyenangkan. Pasalnya, Ria Bintan Golf Club tersebut berada di tepi laut. Sehingga dari sana Anda bisa langsung melihat pemandangan Laut Cina Selatan. Selain itu tempat ini juga dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang rindang, jadi suasananya sangat asri dan sejuk.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bintan yang Murah & Enak
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perigi Raja, Lagoi North Bintan, Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

7. Aroma River Spa

Aroma River Spa
Image Credit: Instagram.com @athaparaga

Jangan buru buru tidak mau memasukkan Aroma River Spa ke dalam daftar destinasi ketika berada di Bintan. Pasalnya destinasi satu ini bukan merupakan tempat spa biasa. Aroma River Spa bisa dibilang satu satunya tempat spa terapung yang ada di Bintan. Fasilitasnya terasa sangat menyatu dengan lingkungan, sehingga sangat menarik.

Di sekelilingnya terdapat hutan bakau yang rindang, sehingga suasana menjadi sangat asri dan sejuk. Setelah Anda selesai memanjakan tubuh dengan perawatan tradisional, Anda dapat melanjutkan kegiatan seru lainnya. Seperti kegiatan susur sungai menggunakan perahu, suasana yang damai di sekitar akan membuat batin lebih tenang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

8. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (Wen Sheng KONG)

Tentu jika berkunjung ke Bintan Anda tidak boleh melewatkan destinasi pantainya. Salah satu objek wisata bahari yang begitu apik yaitu Pantai Trikora. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih satu ini, merupakan favorit para wisatawan. Pemandangan yang disuguhkannya memang tidak main main.

Di sini Anda bisa berenang, snorkeling, diving, serta melakukan berbagai kegiatan khas pantai lainnya. Anda tidak perlu khawatir jika merasa haus atau lapar ketika berada di tempat, pasalnya berbagai warung sudah tersedia berjejer di tepi pantai. Banyak penjual yang menjajakan makanan ringan serta minuman dingin di sana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

9. White Sands Island

White Sands Island
Image Credit: Google Maps (Munish Goyal)

Sesuai dengan namanya, White Sands Island memiliki hamparan pasir putih yang sangat memukau. Destinasi ini bukan resort biasa, karena merupakan pulau pribadi yang siap memanjakan para tamu. Dengan suasana tropis yang sangat kental, di sini banyak sekali kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu luang.

Mulai dari berenang, mengayuh kayak untuk mengitari pulau, snorkeling menikmati indahnya biota laut, hingga berkemah menikmati keindahan bintang bintang. Untuk sampai di lokasi resort dan menikmati berbagai keindahannya, Anda harus berkendara menggunakan boat paling tidak sekitar 15 menit melalui dermaga di daerah Trikora.

Harga Tiket: Mulai Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

10. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling
Image Credit: Google Maps (Mulyana Yusuf Fitra)

Destinasi bahari lainnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan yaitu Pantai Senggiling. Meski belum setenar pantai lainnya, keindahan yang ditawarkan tidak perlu Anda ragukan. Dengan hamparan pasir putih yang begitu lembut, ditambah batu batu besar yang menghiasi. Garis pantai yang panjang patut untuk Anda jelajahi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

11. Pulau Penyusuk

Pulau Penyusuk
Image Credit: Instagram.com @bintan.trans.pratama

Banyak masyarakat Bintan yang berkunjung ke Pulau Penyusuk di akhir pekan atau ketika liburan tiba. Tempat satu ini sendiri sangat cocok dikunjungi ketika ingin melepas penat, dan menjauh sejenak dari hiruk pikuknya perkotaan. Bagaimana tidak, Pulau Penyusuk menyajikan keindahan pantai dengan suasana yang begitu damai.

BACA:  20 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

12. Pantai Sakera

Pantai Sakera
Image Credit: Google Maps (Desdi Nasywirda Harahap, ST.)

Pantai lainnya yang menjadi favorit yaitu Pantai Sakera yang berada di daerah Bintan Utara. Objek wisata satu ini bahkan terlihat tidak pernah sepi, meski di luar musim liburan sekalipun. Selain karena keindahannya, fasilitas memadai yang tersedia merupakan daya tarik dari Pantai Sakera. Di sini Anda bisa menemukan banyak pondok dan penginapan di pinggir pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Uban Utara, Kec. Bintan Utara, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

13. Gunung Bintan

Gunung Bintan
Image Credit: Instagram.com @bintanresortsofficial

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, tentu wajib untuk mencoba menaklukkan Gunung Bintan. Gunung dengan tinggi sekitar 340 meter di atas permukaan laut ini, memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Bahkan di sana Anda bisa menjumpai air terjun yang cantik. Selain itu di waktu waktu tertentu, Anda dapat mencicipi buah durian Bintan yang tumbuh di sekitar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bintan Buyu, Kec. Teluk Bintan, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

14. Vihara Patung 1000 Wajah

Wihara Patung 100 Wajah
Image Credit: Google Maps (Pringadi Surya)

Salah satu wisata religi yang bisa Anda temukan di Bintan yaitu Vihara Patung 1000 Wajah, atau biasa juga disebut Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau 500 Lohan Temple. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa menemukan sejumlah 500 patung murid Buddha dalam berbagai ekspresi. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 13 km dari Tanjung Pinang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

15. Bukit Panglong

Bukit Panglong
Image Credit: Google Maps (Mariyo Saputra)

Terakhir, ada pula Bukit Panglong yang juga sangat layak untuk Anda kunjungi. Bukit ini merupakan salah satu daerah yang dulunya dijadikan sebagai area pertambangan. Bekas tambang membuat sekitar bukit menjadi danau indah dengan air yang bersih dan jernih. Dari ketinggian bukit tersebut, Anda dapat melihat panorama alam yang amat rupawan.

Harga Tiket: Rp Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kijang Kota, Kec. Bintan Timur, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

Melihat keberagaman tempat wisata yang dimiliki oleh Bintan, tentu Anda harus mengunjunginya setidaknya sekali seumur hidup. Tidak hanya panorama alamnya saja yang begitu mempesona, namun destinasi destinasi ini bahkan menawarkan banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan. Tunggu apa lagi, sudah siap bertandang ke Bintan dalam waktu dekat?