Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Blitar, Jawa Timur. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Terhits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Kota Blitar mempunyai potensi wisata yang tidak mampu ditolak keindahannya. Kota yang terletak di kaki Gunung Kelud membuatnya dikelilingi oleh banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata. Belum lagi adanya situs budaya dan sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Patria.

Oleh sebab itu setiap akhir pekan atau liburan, para pengunjung berdatangan dari berbagai penjuru. Rata-rata penasaran dengan destinasinya yang memiliki banyak pesona. Berikut rekomendasi tempat wisata di Blitar yang menarik Anda jelajahi.

1. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo
Image Credit: Wikipedia.org

Untuk mencapai destinasi ini Anda perlu menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Kemudian mengikuti petunjuk jalan menuju ke desa Tambakrejo, lalu berjalan sedikit ke arah pantai. Begitu tiba Anda langsung disambut suara pecahan ombak yang beradu dengan karang. Ombak pantai ini memang cukup ganas karena masih satu garis pantai dengan Pantai Selatan.

Hamparan pasir putih dan air laut biru menjadi paduan alam yang memanjakan mata. Bentuk pantai yang menyerupai teluk membuatnya jadi tempat memancing yang diakui banyak wisatawan. Di sekitar bibir pantai juga terdapat pelelangan ikan dengan harga murah. Sehingga Anda tidak perlu repot mencari buah tangan di luar area wisata.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

2. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit
Image Credit: Instagram.com @rachman.ah

Dari namanya mungkin terdengar horor namun percayalah jika keindahan alamnya tiada dua. Letaknya berada di sebelah timur Pantai Tambakrejo, tetapi untuk menujunya perlu melalui medan yang berat. Rasa lelah akan terbayar begitu menginjakkan kaki di bibir Pantai Gondo Mayit. Suasana tenang dan sunyi menyelimuti kawasan pantai karena relatif sepi pengunjung.

Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dan berwarna putih halus. Jadi Anda bisa menyusuri bibir pantai sambil menikmati sejuknya hembusan angin. Selain itu apabila berjalan ke arah laut, maka Anda akan melihat karang-karang karena jernihnya air laut. Anda juga disarankan berkemah di pantai ini, sembari menikmati syahdunya pantai saat malam.

Lokasi: Pantai Gondo Mayit, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

3. Goa Embultuk

Goa Embultuk
Image Credit: Instagram.com @gotravelly

Lokasi goa berjarak 40 kilometer dari jantung kota Blitar, tepatnya di kawasan desa Tumpak Kepuh. Dulunya Goa Embultuk merupakan tempat persembunyian kala terjadi kudeta di Kota Patria ini. Panjang goa kurang lebih 1500 meter dengan banyak aliran air di sepanjang goa. Jika ingin menyurinya disarankan untuk menyewa pemandu, serta memakai perlengkapan keamanan.

Lokasi: Desa Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

4. Gunung Butak

Gunung Butak
Image Credit: Pain-base.com

Bagi Anda yang menyukai aktivitas alam maka pilihan mendaki kesini sangat tepat. Trek yang tidak terlalu terjal sehingga cocok untuk para pendaki pemula. Anda akan merasakan suasana alam yang damai setelah berhasil mencapai puncak. Di atas ketinggian akan terlihat awan-awan putih yang menyelimuti gunung.

Setibanya di puncak Gunung Butak hawa dingin akan terasa menusuk ke tulang. Di pagi hari wisatawan dapat menyaksikan pesona matahari terbit. Sedangkan menjelang waktu senja pemandangan sunset menjadi daya tarik yang tak dapat ditolak. Latar belakang jajaran pegunungan menjadi spot foto yang paling diincar para pengunjung.

Lokasi: Area Hutan, Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Blitar

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Paling Populer

5. Chenoa Water Kedawung

Chenoa Water Kedawung
Image Credit: Google Maps (Danang Dwi Cahyo)

Taman bermain air ini merupakan pilihan tepat bila ingin berlibur bersama keluarga. Disini terdapat kolam renang yang aman untuk anak-anak. Selain itu beberapa fasilitas permainan yang tersedia juga ditujukan untuk anak-anak. Banyak wahana tersebut sudah didesain dengan tingkat keamanan berstandar. Jadi Anda sebagai orang tua tidak perlu cemas kondisi si kecil saat bermain disini.

Udara sejuk akan menemani wisatawan selama berkunjung di waterpark ini. Sehingga agenda liburan Anda terasa lebih menyenangkan dengan beberapa fasilitas hiburan. Area parkir yang tersedia cukup luas jadi bisa menampung sejumlah kendaraan pengunjung. Soal harga tiket masuk tak perlu khawatir karena ramah untuk kantong tipis.

Lokasi: Jl. Mastrip, Salam, Kedawung, Kec. Nglegok, Kab. Blitar

6. Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko
Image Credit: Facebook.com (BLITAR ARUNG JERAM)

Jenis wisata ekstrem bisa menjadi rekomendasi apabila Anda memiliki adrenalin tinggi. Salah satung arung jeram yang berlokasi di Kabupaten Blitar ini. Wisatawan akan diajak untuk menyusuri aliran sungai sepanjang 9 kilometer. Anda harus menaklukkan ganasnya arus sungai dan melewati tingkat kesulitan yang berbeda pada grade 2 serta grade 3.

Jika belum profesional jangan takut tidak bisa merasakan wahana air ini, sebab ada instruktur yang siap menemani. Tak lupa memakai perlengkapan keamanan sesuai aturan karena nanti Anda akan menghantam banyak batuan. Bila tiba-tiba nyali ciut setelah melihat medannya, Anda masih tetap bisa menikmati permainan sambil menyesap secangkir kopi di kedai sekitar.

Lokasi: Jl. Tegal Asri, Tegalasri, Kec. Wlingi, Kab. Blitar.

7. Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte
Image Credit: Google Maps (onny iman)

Sesuai dengan namanya yang unik, tempat wisata ini pun punya aura magis tersendiri. Letaknya yang berada di tengah area sawah dan perbukitan membuat nuansanya terkesan sunyi. Namun suasana seperti itulah yang dicari oleh para wisatawan, terutama bagi yang ingin refreshing pikiran. Udara sejuk serta pepohonan hijau menjadi kombinasi komplit dari wisata ini.

Hanya menempuh jarak sekitar 30-40 menit dari pusat kota, maka Anda bisa menyaksikan air telaga yang jernih. Airnya berwarna hijau kebiruan karena adanya ganggang di dalam air. Setelah puas menikmati pesona telaga, wisatawan dapat menjelajahi perkebunan teh yang berada di sekitarnya. Baik bersama pasangan ataupun keluarga berlibur ke tempat ini terasa menyenangkan.

Lokasi: Tirtomoyo, Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

8. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
Image Credit: Google Maps (very daendels)

Kota Blitar dikenal sebagai tempat kelahiran presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Di kota inilah tertinggal banyak jejak sejarah Sang Proklamator, sekaligus tempat peristirahatan beliau dengan tenang. Seringkali para tokoh besar datang ke makam beliau, untuk berziarah dan mendoakan semoga arwah beliau damai di alam sana.

Banyaknya peziarah yang datang membuat area makam Bung Karno beralih menjadi tempat wisata. Sebelum berziarah ke makam, Anda dapat berkeliling sebentar ke museum yang memajang berbagai kisah perjuangan Bung Karno. Kemudian di pintu keluar Anda akan disuguhi pasar yang menjual beragam souvenir dan makanan khas kota Blitar.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar.

9. Pantai Pangi

Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Ahmad Fajrian)

Kawasan wisata ini merupakan surga tersembunyi karena diapit oleh perbukitan dan tebing tinggi. Lokasinya pun lumayan jauh dari pusat kota dan perlu menjelajahi area hutan. Namun Anda akan terkesima dengan pemandangan alam yang disuguhkan. Pepohonan hijau dan langit biru menjadi paduan panorama yang tak tergantikan.

Hamparan pasir putihnya sangat halus jadi kaki tidak akan terluka saat berjalan diatasnya. Deburan ombak terdengar tenang dengan riak yang membelai kaki dengan lembut. Air laut biru dan jernih menjadi tempat berkumpulnya beragam jenis ikan. Saking jernihnya Anda bisa melihat keindahan biota laut dan terumbu karang dari permukaan.

Lokasi: Desa Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

10. Pantai Serang

Pantai Serang
Image Credit: Facebook.com @pesonapantaiserang

Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang panjang, jadi Anda bisa berjalan-jalan santai di sepanjang bibir pantai. Sembari berjalan-jalan Anda dapat menikmati pemandangan alam di sekitar Pantai Serang. Deretan perbukitan hijau serta langit biru mampu menjadi pelepas jenuh. Semilir angin sejuk semakin menambah kesan damai selama Anda berlibur disini.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Murah & Enak

Bisa dibilang tempat wisata ini relatif sepi pengunjung karena letaknya yang sulit dijangkau. Oleh sebab itu, wisatawan akan merasakan layaknya berada di pulau sendiri saat berkunjung. Ketika waktu sore sudah tiba segeralah merapat ke tepian pantai untuk menyaksikan sunset. Semburat senjanya menampilkan siluet pantai yang memanjakan mata.

Lokasi: Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

11. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps (sjy liem)

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Blitar, Pantai Jolosutro memiliki pasir berwarna hitam. Meskipun warna pasir tidak terlihat menarik, ternyata di dalamnya mengandung butiran biji besi. Karena masih satu garis pantai dengan Pantai Selatan, maka ombaknya mempunyai karakteristik ombak tinggi. Sehingga sangat cocok untuk menjadi lokasi olahraga surfing.

Pantai dikelilingi oleh pohon-pohon rimbun dan tebing tinggi, alhasil nuansa alamnya begitu melekat. Angin yang berhembus mampu membuat perasaan gundah hilang seketika, tergantikan oleh rasa damai dan bahagia. Pengunjung juga boleh mendirikan tenda di sekitar pantai. Jika tak ingin berkemah Anda dapat mencari penginapan yang jaraknya agak jauh dari area wisata.

Lokasi: Desa Ringinrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar.

12. Air Terjun Coban Wilis

Air Terjun Coban Wilis
Image Credit: Google Maps (Mas Ari Front Pembela Hutan)

Bagi Anda yang hobi berpetualang mungkin tempat wisata ini menjadi tantangan tersendiri. Dengan trek menanjak, Anda membutuhkan waktu 2 jam berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun. Selama perjalanan Anda disuguhi pohon-pohon tinggi dan sesekali melewati aliran sungai kecil. Udara sejuk khas pegunungan akan menemani petualangan seru kali ini.

Begitu sampai di lokasi air terjun Anda dapat melihat derasnya debit air. Belum lagi panorama bukit hijau yang mengitari air terjun, seakan menambah poin plus untuk wisata ini. Cipratan-cipratan air yang mengenai kulit terasa sangat menyegarkan. Paduan alamnya menjadi latar belakang cantik untuk mengambil foto instagaramable.

Lokasi: Slumbung, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

13. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru
Image Credit: Google Maps (Bocah Blitar)

Garis pantai kota Blitar yang panjang membuatnya dipenuhi dengan wisata tema pantai. Tak heran bila Kota Patria ini kerap dipenuhi pengunjung yang penasaran dengan keindahan pantai. Salah satu yang ramai didatangi ialah Pantai Umbul Waru, berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru. Bahkan rela menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Bagaimana tidak menawan jika yang disuguhkan adalah hamparan pasir putih halus. Ditambah kombinasi laut serta tebing tinggi membuat wisata ini tampak semakin indah. Di sisi kiri terdapat air terjun mini yang bermuara langsung ke pantai. Selain itu Anda dapat menemukan beragam spesies ikan, sehingga agenda memancing tak boleh dilewatkan saat berkunjung.

Lokasi: Desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

14. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps (Geris Novita)

Posisinya yang tersembunyi membuat pantai ini jauh dari jangkauan wisatawan. Itulah mengapa lingkungan Pantai Peh Pulo masih alami dan terawat. Jika Anda berkunjung kesini maka akan merasakan udara yang masih bersih. Begitu pun dengan air laut berwarna biru dan jernih yang memberi kesan memanjakan mata.

Dari permukaan laut Anda bisa melihat beragam biota laut dan terumbu karang yang hidup bebas. Tidak ada sampah berserakan yang merusak pemandangan, jadi pengunjung bisa menikmati alam yang tampak cantik. Karena belum banyak akomodasi yang tersedia termasuk warung makan, sehingga pengunjung disarankan membawa bekal sendiri asal tetap menjaga kebersihan.

Lokasi: Desa Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

15. Air Terjun Jurug Bening

Air Terjun Jurug Bening
Image Credit: Google Maps (Kuni Zakiyah)

Air terjun ini berada di tebing tinggi dan memiliki kontur yang bergelombang. Pada saat air jatuh akan menciptakan embun yang menenangkan pikiran. Di bawah curug juga terdapat kolam alami yang terbentuk selama ratusan tahun. Airnya pun relatif bersih dan bening membawa sensasi kesegaran tersendiri ketika bersentuhan dengan kulit.

Kolam tersebut bisa dibuat tempat berendam bersama keluarga atau teman-teman. Namun perlu waspada ketika musim hujan, karena biasanya debit air lebih meningkat. Di sekitar air terjun hanya dikelilingi oleh tumbuhan hijau. Sehingga panorama alam yang ditampilkan benar-benar memberikan memori liburan yang sangat berkesan.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Sumberurip, Purworejo, Kec. Wates, Kab. Blitar.

16. Air Terjun Sirah Kencong

Air Terjun Sirah Kencong
Image Credit: Google Maps (Adie Cak Prie)

Lokasinya yang tersembunyi membuat Anda harus melewati jalan setapak terlebih dahulu. Selama perjalanan rasanya seperti berpetualangan karena perlu membuka jalan untuk menuju ke air terjun. Tiba disana Anda langsung disuguhi air terjun yang tidak terlalu tinggi. Namun tetap memberikan kesan menyegarkan sehingga Anda betah berlama-lama disini.

Lokasi: Sirahkencong, Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar.

17. Kebun Buah Karangsari

Kebun Buah Karangsari
Image Credit: Google Maps (eed ju’ed)

Desa Karangsari mempunyai perkebunan buah yang menjadi komoditi andalan Blitar. Buah yang paling unggul ialah jenis belimbing Filipina dan belimbing Bangkok. Pengunjung boleh memetik buah kuning ini langsung dari pohon dan bisa dibawa pulang. Tak hanya area perkebunan saja, Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Blitar di tempat wisata ini.

Lokasi: Karangsari, Kec. Sukorejo, Kota Blitar.

18. Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran Rusa Maliran
Image Credit: Google Maps (SNoW Hat)

Bukan hanya wisata alam saja, Blitar juga menyuguhkan wisata edukatif yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Di penangkaran rusa ini Anda dapat bersantai sambil melihat binatang rusa yang berkeliaran bebas. Anda boleh mengajak si kecil untuk memberi makan rusa dari bahan makanan yang sudah disediakan. Ada pula taman bermain yang dipenuhi dengan wahana aman untuk anak-anak.

Lokasi: Jatianom, Jatilengger, Kec. Ponggok, Kab. Blitar.

19. Pemandian Sumber Udel

Pemandian Sumber Udel
Image Credit: Google Maps (Dewi Anisatur Rahmah)

Wisata buatan ini berhasil menyedot perhatian pengunjung dari berbagai daerah. Lokasinya yang berjarak 500 meter dari makam Bung Karno membuat pemandian sering menjadi jujugan wisata. Terdapat wahana air lengkap seperti kolam anak-anak dan kolam dewasa. Tambahan taman rapi dan terawat untuk tempat bersantai bersama keluarga, sambil mengadakan piknik kecil.

Lokasi: Jl. Kalibrantas No.31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar.

20. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng
Image Credit: Google Maps (agung priyantono)

Kondisi alam yang masih asri dan alami merupakan sisi istimewa dari destinasi ini. Didukung oleh suhu udara segar membuat siapapun tak rela pulang cepat-cepat. Ekosistem di sekitar air terjun benar-benar lestari dan jauh dari tangan tidak bertanggung jawab. Berenang di kolam bawahnya menjadi agenda yang menyenangkan, karena sensasi kesegaran air dari Air Terjun Grenjeng.

Lokasi: Kalibentak, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

21. Curug Kedung Badrun

Curug Kedung Badrun
Image Credit: Tempatwisata.pro

Air terjun ini mempunyai ketinggian 9 meter, sebenarnya tidak terlalu tinggi namun tingkatan curug menjadi daya tariknya. Di bawah air terjun terdapat sungai yang alirannya tenang dan cukup panjang. Lingkungan wisata yang masih lestari memberikan suguhan pemandangan alam yang menenangkan hati. Sungai tersebut tidak terlalu dalam jadi Anda bisa bermain air bebas di kolam curug.

Lokasi: Desa Bakung, Kec. Bakung , Kab. Blitar.

22. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
Image Credit: Google Maps (marchiano anselmus)

Akses menuju tempat ini mudah karena berada di pusat kota, jadi Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi. Nuansa alam yang alami dan damai cocok untuk wisatawan yang butuh refreshing pikiran. Jajaran pepohonan rindang serta udara yang sejuk membuat Anda betah berlama-lama disini. Tidak lupa rasakan kesegaran air ketika Anda berenang di kolam di bawah air terjun.

Lokasi: Perkebunan Kawisari, Pht. Pijiombo, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

23. Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad

Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad
Image Credit: Facebook.com @EkoPuspaJagad

Konsep pedesaan menjadi andalan dari wisata buatan ini, menawarkan suasana desa yang tenang dan damai. Anda akan diajak kembali ke memori masa kecil yang penuh tawa saat bermain bersama teman-teman. Di samping itu, di kampung wisata ini terdapat beberapa kuliner khas Blitar yang dapat Anda cicipi. Rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk berlibur dengan keluarga.

Lokasi: Desa Semen, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

Kota Blitar mempunyai sejumlah tempat wisata yang sayang dilewatkan begitu saja. Bila diberi kesempatan berkunjung, cobalah menelusuri beberapa kawasan wisata. Rata-rata destinasi yang ditawarkan menjanjikan momen berkesan selama liburan. Alhasil waktu berlibur Anda berhasil mengurai penat dan menjadi refresh kembali. Sudah tertarik untuk berkunjung?