Ingin Liburan ke Bojonegoro? Periksa Daftar Tempat Wisata Menarik di Bojonegoro, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Populer & Paling Hits Dikunjungi untuk Petualangan Liburan Seru.

Jika Anda berencana liburan ke Bojonegoro, jangan khawatir tidak bisa melihat sisi keindahannya. Kabupaten ini memiliki sejumlah objek wisata yang menawarkan keindahan yang luar biasa. Mulai dari wisata alam, peninggalan sejarah, spot-spot foto keren, hingga pusat kuliner. Selama berkunjung di Bojonegoro dijamin Anda tidak kecewa, berikut rekomendasi tempat wisata yang populer bisa Anda jelajahi.

1. Bukit Tono

Bukit Tono
Image Credit: Google Maps (Nata Alam)

Berlokasi di Desa Sambungrejo tepatnya Dusun Kadung, akses jalannya menanjak jadi perlu menggunakan motor. Sejauh mata memandang Anda akan menemukan pemandangan jajaran bukit hijau. Udara sekitar wisata ini sejuk khas pegunungan sebab letaknya yang berada di atas ketinggian. Panorama perbukitan yang dihadirkan tampak asri dan menenangkan.

Pengelola wisata menyediakan beberapa spot foto yang instgramable. Salah satunya gardu pandang berbentuk sangkar burung yang antreannya paling ramai. Background berupa perbukitan terlihat cantik dalam jepretan kamera. Ada juga bumi perkemahan yang mana Anda bisa menginap disini. Tempat sewa tenda sudah tersedia Anda tinggal membangunnya saja.

Lokasi: Jl. Sambongrejo, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro.

2. Taman Wisata Sariyo

Taman Wisata Sariyo
Image Credit: Google Maps (David Reza DC)

Jika Anda sedang mencari wisata yang ramah untuk anak-anak, maka Taman Sariyo pilihannya. Tempat rekreasi ini menyediakan beragam wahana air yang bisa Anda gunakan. Seperti waterboom dengan kolam renang dan papan seluncur untuk si kecil. Lalu danau kecil dengan beberapa fasilitas yaitu becak air, perahu-perahuan, serta area pemancingan.

Anda bisa berkeliling danau menggunakan perahu bebek yang digowes. Perahu ini hanya bermuatan dua orang, dengan harga murah Anda bisa bermain sepuasnya. Jika malas untuk bermain Anda bisa duduk-duduk santai di gazebo. Semilir angin sejuk turut menemani wisatawan yang berkunjung ke taman bermain ini.

Lokasi: Jl. Blimbing, Purworejo, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro.

3. Go Fun Theme Park

Go Fun Theme Park
Image Credit: Google Maps (Agrefpin Rachmat)

Sebutan lainnya adalah Go Fun Entertaiment, yang menawarkan keindahan wisata malam di Bojonegoro. Susunan taman mengadopsi konsep seperti Disney Land yang berada di negara Jepang. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di sekitar jantung kota. Ada banyak wahana yang bisa Anda nikmati di pasar malam ini, baik bersama keluarga atau teman-teman.

Go Fun menyajikan wisata malam yang lengkap dengan segala fasilitas terbaik. Anda bisa coba naik komedi putar atau biang lala agar bisa melihat indahnya tempat ini dari ketinggian. Gemerlap lampu warna-warni membuat suasana wisata semakin menarik. Pengunjung kerap memanfaatkan lampu-lampu ini sebagai spot foto kekinian.

BACA:  20 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Veteran No.20, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

4. Kayangan Api

Kayangaan Api
Image Credit: Google Maps (Sangaji M. Febrianto)

Keunikan dari wisata satu ini ialah kobaran api abadi yang tidak pernah mati. Konon menurut warga setempat, api tersebut sudah ada sejak zaman Majapahit dan tetap menyala sampai sekarang. Oleh sebab itu sebagian besar menganggap wisata ini cukup fenomenal dan sakral. Anda akan menemukan situs-situs peninggalan yang berlokasi di sekitar api.

Banyak momen berharga yang terjadi disini, salah satunya lokasi pengambilan api untuk PON XV pada tahun 2000. Tidak jauh dari lokasi api, Anda akan menjumpai sebuah kubangan lumpur bernama belukutuk. Sumur tersebut mempunyai aroma seperti belerang dan dilestarikan. Biasanya sumur ini dijadikan sebagai tempat untuk membersihkan benda-benda pusaka.

Lokasi: Jl. Ngembul, Sendangharjo, Kec. Ngasem, Kab. Bojonegoro.

5. Sendang Grogolan

Sendang Grogolan
Image Credit: Facebook.com @bengkel.senirupa

Wisata ini menawarkan aliran air sungai yang sangat jernih dan lingkungan asri serta alami. Sungai tersebut memiliki kedalaman yang aman untuk anak-anak, serta dikelilingi oleh pepohonan rindang. Suasana sejuk akan menemani Anda selama berlibur disini, sebab lokasinya berada di tengah hutan. Anda dijamin betah berlama-lama di tempat liburan seru kali ini.

Wisatawan boleh berenang sepuasnya atau melakukan rafting, dengan perlengkapan yang sudah tersedia. Arus sungai tidak terlalu besar, jadi aman untuk Anda yang baru belajar olaharaga air tersebut. Paduan keindahan alam yang disajikan menghasilkan lanskap wisata yang mengagumkan. Anda dapat mengambil foto-foto yang instagenic untuk koleksi album pribadi.

Lokasi: Jl. Grogolan, Ngunut, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro.

6. Banyu Kuning

Banyu Kuning
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ali Maftuh)

Berkunjung ke Bojonegoro jangan lupa mampir ke pemandian air panas Banyu Kuning. Wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan alam yang memesona, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini karena air hangat mengandung belerang yang cukup tinggi. Sehingga diyakini mampu mengobati berbagai penyakit, utamanya penyakit kulit dan gatal-gatal.

Bukan hanya itu saja, sensasi air hangat bisa memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Bagi Anda yang sedang stres dan butuh refreshing, maka disarankan untuk berkunjung kesini. Rasa penat serta lelah yang menghantui dijamin langsung hilang, dan tubuh kembali segar. Tidak heran bila pengunjung terus silih berganti, rata-rata penasaran ingin melihat kolam unik ini.

Lokasi: Jl. Krondonan, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro.

7. Negeri di Atas Angin

Negeri di Atas Angin
Image Credit: Google Maps (Hadi Siswanto)

Tempat wisata ini cukup populer di kalangan wisatawan, terutama pengunjung yang gemar fotografi. Lokasinya berjarak kurang lebih 50 kilometer dari pusat kota Bojonegoro. Jadi Anda perlu menempuh perjalanan yang lumayan memakan waktu. Tapi tak masalah sebab panorama alam yang ditunjukkan dari ketinggian 650 mdpl sangat memesona.

Anda dapat melihat hamparan Kota Bojonegoro dari puncak bukit, layaknya berada di atas bukit. Berkat keindahannya tempat wisata ini sering dimanfaatkan para fotografer untuk mengambil gambar alam. Anda juga bisa bermalam di bukit ini tepatnya di area camping ground. Semakin larut, pemandangan gemerlap bintang di langit benar-benar indah.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Malang yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Tasangin, Deling, Kec. Sekar, Kab. Bojonegoro.

8. Grojogan Pucangarum

Grojogan Pucangarum
Image Credit: Google Maps (Widagdo 1986)

Perjalanan menuju lokasi wisata memang cukup sulit, dari lahan parkir Anda masih berjalan kaki sekitar 500 meter. Sebelumnya Anda perlu melewati jalur ekstrem sepanjang 4 km, lalu memasuki kawasan hutan. Namun semua lelah terbayar setelah menemukan pemandangan yang masih alami. Ditambah air terjun tinggi dengan kolam tampung yang airnya sangat segar.

Lokasi: Jl. Pucungarum, Kec. Baureno, Kab. Bojonegoro.

9. Air Terjun Kedung Gupit

Air Terjun Kedung Gupit
Image Credit: Google Maps (Hadi Siswanto)

Letak curug tersembunyi di balik bukit, berangkat dari Desa Krondonan lalu berjalan kaki sekitar 1 km melewati jalan setapak. Begitu tiba di lokasi air terjun Anda menjumpai curug dengan ketinggian 8 meter. Alirannya melebar ke sisi-sisi tebing kemudian ditampung oleh kolam di bawahnya. Bermain air yang segar serta berfoto menjadi aktivitas mengesankan selama disini.

Lokasi: Jl. Desa Klino Kec. Sekar, Kab. Bojonegoro.

10. Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor
Image Credit: Facebook.com (JATIM harmony)

Kawasan wisata dikelilingi oleh hutan jati yang membuat pemandangan kian menajubkan. Deretan tebing kokoh serta lingkungan asri menjadi spot utama dari wisata air terjun ini. Kolam tampungnya cukup luas serta dangkal dan berwarna kehijauan, sehingga Anda bebas berenang di dalamnya. Jangan lupa mengambil banyak foto sebab paduan alamnya sangat cantik.

Lokasi: Jl. Clebung, Bubulan, Kec. Clebung, Kab. Bojonegoro.

11. Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi
Image Credit: Google Maps (Ramara Paramoyaga)

Bagi Anda yang ingin liburan murah meriah, cobalah datang ke taman kota ini. Walaupun berada di pinggir jalan tetapi suasana alam yang dihadirkan cukup sejuk. Anda bisa menikmati liburan santai bersama keluarga. Ada fasilitas jogging track dan arena bermain anak yang aman untuk si kecil. Datanglah waktu sore dan nikmati semilir angin yang menyejukkan.

Lokasi: Jl. Rajekwesi, Pondokasri, Klangon, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

12. Wana Tirta Dander

Wana Tirta Dander
Image Credit: Google Maps (Wishnu Andriawan)

Jaraknya kurang lebih 13 km dari jantung kota, trek yang ditempuh pun mudah dan ada petunjuk arahnya. Pemandangan yang disajikan sangat indah, berupa pepohonan rindang nan hijau. Anda bisa menjelajahi beragam fasilitas yang tersedia seperti kolam arus, seluncur air, dan lain-lain. Tidak ketinggalan area outbond, kolam renang dewasa, sampai lapangan golf.

Lokasi: Jl. Alang-alang Kemangi, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro.

13. Watu Gandul

Watu Gandul
Image Credit: Google Maps (Prawoto R.Sujadi)

Akses jalan menuju kawasan wisata cukup ekstrim, cocok bagi Anda yang menyukai petualangan. Anda semakin ditantang untuk menaklukkan treknya yang terjal dan panjang. Setibanya di lokasi wisatawan disuguhi deretan batu andesit berukuran raksasa. Batuan tersebut memiliki bentuk yang artistik dan tertata rapi, serta menjadi daya tarik utama.

Ada tiga buah batu berukuran besar yang tampak menggantung, dengan satu batu besar sebagai penopangnya. Keunikan Watu Gundul semakin menarik karena adanya pohon besar, yang tumbuh di sela-sela batuan. Susunan batu tersebut terlihat kokoh dan kuat, serta kerap menjadi latar belakang untuk mengambil foto.

Lokasi: Jl. Gondang, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

14. Hutan Jati

Hutan Jati
Image Credit: Google Maps (Bikit “Jati Buto)

Sebagian besar pemasok kayu jati di Jawa Timur berasal dari kawasan hutan jati ini. Meskipun tampak menyeramkan tapi pengunjung sering berdatangan. Selain merasakan segarnya udara di hutan jati, tak jarang ditemukan pengunjung yang berolahraga disini. Biasanya pepohonan kering saat musim kemarau merupakan spot foto paling favorit.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ngawi yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Alun-alun, Kauman, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

15. Goa Kikik

Goa Kikik
Image Credit: Google Maps (Nyoma Rianto)

Tidak hanya memamerkan goa untuk dijelajahi, ternyata wisata ini juga mempunyai air terjun cantik. Kondisi alamnya masih alami sehingga suasananya nyaman untuk tempat berlibur. Ditambah kolam tampung air terjun berwarna biru kehijauan dan menyegarkan. Jangan lupa membawa kamera saat berkunjung ke goa ini, karena lanskap alamnya begitu mengagumkan.

Lokasi: Jl. Sumberejo, Malo, Tinawun, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

16. Teksas Wonocolo

Teksas Wonocolo
Image Credit: Google Maps (Puji Yulianto)

Alangkah baiknya saat berkunjung ke tempat ini mengajak anak usia perkembangan. Hal ini karena kawasan wisatanya sangat edukatif dan memberikan wawasan baru. Salah satunya pengetahuan tentang pengeboran minyak dengan cara tradisional. Ada sekitar 250 sumur bor minyak bumi yang sudah tidak aktif, kini justru menjadi daya tarik bagi pecinta fotografi.

Lokasi: Jl. Wonocolo, Kec. Kedewan, Kab. Bojonegoro.

17. Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing
Image Credit: Google Maps (Sukran Rafid)

Objek wisata ini memberikan suasana liburan yang menyenangkan untuk Anda ingin melepas jenuh. Dengan luas lahan sekitar 20 hektar, sebagian besarnya dimanfaatkan untuk pembudidayaan buah belimbing. Anda boleh memetik buah kuning ini langsung dari pohonnya, lalu bisa Anda bawa pulang atau langsung makan di lokasi.

Lokasi: Jl. Ngringinrejo, Kec. Kalitidu, Kab. Bojonegoro.

18. Air Terjun Clebung Bubulan

Air Terjun Clebung Bubulan
Image Credit: Facebook.com (Lanching Kusumo)

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan aliran airnya cukup tenang. Letaknya di tengah hutan dengan trek yang lumayan terjal, dan menjadi salah satu primadona wisata Bojonegoro. Kolam tampung di bawahnya sangat jernih dan menyegarkan, apalagi suasana wisatanya begitu menenangkan. Kombinasi batuan yang kokoh dan curug tinggi tampak mengesankan.

Lokasi: Jl. Bubulan, Clebung, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

19. Waduk Pacal

Waduk Pacal
Image Credit: Facebook.com @BENDUNGANPACAL

Waduk ini merupakan peninggalan Belanda dan sudah dibangun sejak tahun 1933. Penduduk setempat memanfaatkannya untuk irigasi sawah, yang mengaliri lahan pertanian desa. Anda bisa memancing disini sebab kawasan waduk mempunyai beragam jenis ikan. Hasil pancingan boleh Anda bawa pulang atau diolah sekaligus di lokasi.

Lokasi: Jl.  Kedungsumber, Kec. Temayang, Kab. Bojonegoro.

20. Sumber Arum

Sumber Arum
Image Credit: Siscaykp.blogspot.com

Kejernihan mata air ini menyuguhkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ketika Anda berenang di kolam ini akan terasa sensasi segarnya. Datanglah saat cuaca sedang terik maka hawa panas dalam tubuh langsung mereda. Untuk menikmati segala keunggulan wisata ini, para pengunjung tidak dikenai biaya masuk.

Lokasi: Jl. Singayudha, Sumberarum Dua, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro.

Berkunjung ke Bojonegoro tidak cukup hanya satu hari, bila ingin menjelajahi objek wisatanya perlu waktu lebih lama. Meskipun tidak semua wisata dikunjungi, tetapi beberapa rekomendasi tempat wisata boleh dipertimbangkan. Kapan lagi Anda mendapatkan kesempatan, untuk berpetualang di kawasan wisata sekaligus melepas penat.