Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Memilih Berlibur ke Bontang.

Indonesia memang terkenal dengan segudang wisata alam yang memiliki panorama menakjubkan dan mampu menghipnotis siapa saja yang datang. Bontang, salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur ini menyuguhkan beragam destinasi wisata dengan pesonanya yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan keadaan geografisnya yang mendukung, tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Bontang untuk menikmati segala keindahan dari tempat wisatanya. Berikut ulasan beberapa tempat wisata di Bontang yang bisa Anda kunjungi ketika musim liburan tiba.

1. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai
Image Credit: Ksdae.menlhk.go.id

Taman Nasional Kutai merupakan salah satu objek wisata di Bontang yang paling utama untuk dikunjungi. Destinasi ini membentang luas sekitar 200.000 hektar, bahkan termasuk ke dalam dua wilayah di Kalimantan Timur yaitu Bontang dan Kutai Kartanegara.

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, Anda bisa menemukan populasi orang utan khas Kalimantan seperti Bekantan dan melihat beragam macam tumbuhan yang jarang ditemui sehari hari.

Lokasi: Jl. Awang Long No.33, Bontang Baru, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

2. Bontang Mangrove Park

Bontang Mangrove Park
Image Credit: Wartawisata.id

Destinasi ini lebih dikenal dengan nama BMP dan masih bagian dari Taman Nasional Kutai. Di Bontang Mangrove Park Anda akan merasakan suasana yang tenang dan nyaman untuk habiskan masa liburan. Ketika berkunjung kesini, Anda bisa menyusuri jalan setapak sepanjang 1,3 kilometer sambil memandangi keindahan taman bakau. Menariknya lagi disini terdapat menara pandang yang tingginya hingga 20 meter.

Menara tersebut digunakan untuk para wisatawan melihat pemandangan hamparan Selat Makassar dari atas dengan jarak pandangnya yang luas. Bagi Anda yang ingin datang ke tempat ini, disarankan untuk datang saat sore hari menjelang matahari terbenam. Karena Anda bisa menikmati suasana senja diantara pepohonan bakau, serta melihat kawanan burung endemik yang pulang ke sarang mereka.

Lokasi: Jl. Cut Nyak Dien, Bontang Baru, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

3. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
Image Credit: Ksmtour.com

Pulau Beras Basah ini bisa diakses dengan perjalanan hampir 45 menit dari Bontang Kuala atau Tanjung Laut. Destinasi wisata ini menawarkan wahana air yang sangat menyenangkan. Para pengunjung bisa menaiki beragam wahana seperti banana boat, berenang, dan snorkeling.

Di pulau ini Anda akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih dan lautan biru yang indah. Tak hanya itu Pulau Beras Basah juga terdapat tumpukan batu beton yang cocok digunakan sebagai spot foto kekinian.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Samarinda yang Murah & Enak

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

4. Pantai Segajah

Pantai Segajah
Image Credit: Wartawisata.id

Ketika mengunjungi Pulau Beras Basah, belum lengkap rasanya tanpa mampir ke Pantai Segajah ini. Pulau seluas dua hektar ini hanya muncul pada siang hari saja, karena ketika menjelang sore atau saat air laut sedang pasang pulau ini akan hilang begitu saja.

Para wisatawan kerap menuju Pulau Segajah dan menggunakannya sebagai titik berangkat untuk melakukan snorkeling di perairan sekitar pulau. Saat berkunjung kesini, Anda akan disuguhkan pemandangan lautan biru yang indah.

Lokasi: Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

5. Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus Samboja
Image Credit: Instagram.com @ratihwulan

Menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Bontang, Hutan Pinus Samboja ini menyuguhkan jajaran pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga membuat pemandangan yang khas.

Banyak wisatawan yang datang kesini karena ingin menikmati suasananya yang masih asri dan segar, karena wisata ini sendiri berada di kawasan pegunungan. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari udara segar dan terbebas dari polusi perkotaan.

Lokasi: Samboja, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara.

6. Bukit Biru

Bukit Biru
Image Credit: Radiseofeastborneo.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai hunting foto, Bukit Biru merupakan salah satu spot terbaik yang bisa Anda gunakan untuk referensi spot foto. Jika tertarik untuk datang ke wisata ini, disarankan Anda datang saat senja atau sore hari, karena pemandangan yang disuguhkan begitu indah dan cocok sekali untuk foto instagenik.

Tak hanya itu, objek wisata yang berada di Bontang ini juga cocok bagi Anda yang suka berpetualang karena terdapat jalur pendakian gunung.

Lokasi: Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

7. Taman Cibodas Bontang

Taman Cibodas Bontang
Image Credit: Travellink-indonesia.com

Taman Cibodas merupakan salah satu spot wisata yang ada di Bontang dan berlokasi di Kawasan Industri Pupuk Kalimantan Timur. Destinasi wisata ini juga menjadi salah satu favorit bagi para pendatang maupun pengunjung lokal.

Tak perlu khawatir untuk bisa mencapai wisata ini, karena aksesnya sangat mudah sehingga bisa dilalui menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas hiburan serta beragam spot foto kekinian.

Lokasi: Belimbing, Kec. Bontang Barat, Kota Bontang.

8. Lembah Permai Adventure Park

Lembah Permai Adventure Park
Image Credit: Baca.co.id

Bukan hanya restoran semata, Lembah Permai Adventure Park yang telah dibuka sejak tahun 2018 ini menyediakan beragam wahana yang bisa dinikmati oleh tiap pengunjungnya. Sejak pembukaannya, objek wisata ini telah digemari oleh berbagai komunitas lokal untuk mengadakan gathering.

Beragam wahana yang bisa memanjakan Anda ketika berkunjung kesini ialah kolam renang, outbond, telaga buatan untuk bermain kayak, kolam ikan, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim RT 51 KM 3, Belimbing, Bontang Barat, Kota Bontang.

9. Cafe Singapore

Cafe Singapore
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Apabila Anda ingin melihat patung Merlion khas Singapura, kini tak perlu jauh jauh lagi karena cukup datang ke Cafe Singapore Anda bisa melihat replikanya yang sangat mirip. Restoran satu ini telah populer di kalangan masyarakat Bontang, karena tak hanya terdapat replika patung merlion saja tetapi menyuguhkan pemandangan yang begitu menakjubkan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Paling Populer

Anda juga bisa menikmati suasana menyantap makanan lezat sambil melihat pemandangan sunset yang begitu indah.

Lokasi: Beras Basah, Tanjung Laut Indah, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

10. Kenari Waterpark

Kenari Waterpark
Image Credit: Infosatu.co

Kenari Waterpark sudah cukup populer di masyarakat Bontang, karena memiliki berbagai fasilitas wahana air yang lengkap. Wahana air yang cukup lengkap dan menantang, membuat tempat wisata ini cocok dikunjungi saat masa liburan tiba bersama keluarga.

Kolam renang yang ada di destinasi wisata ini juga dikategorikan berdasarkan usia mulai dari anak anak hingga dewasa, demi menghindari segala kejadian yang tidak diinginkan.

Lokasi: Api-Api, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

11. Taman Tanjung Laut

Taman Tanjung Laut
Image Credit: Dolandolen.com

Tak hanya Taman Cibodas, di Bontang juga terdapat taman yang menyuguhkan pemandangan yang indah yaitu Taman Tanjung Laut. Objek wisata ini selalu ramai dipadati oleh warga sekitar untuk sekedar nongkrong, berolahraga, ataupun bersantai sambil menikmati suasana di sore hari.

Di taman ini juga terdapat beragam fasilitas yang dapat dinikmati bersama anak anak seperti seluncuran, ayunan, track lari, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Jendral Soedirman No.69,Tj. Laut, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

12. Pantai Marina

Pantai Marina
Image Credit: Triptrus.com

Meski pada awalnya digunakan sebagai tempat wisata khusus untuk pegawai dan karyawan PT Badak NGL, namun kini pantai ini telah dibuka secara umum dan bisa dinikmati oleh masyarakat setempat untuk berakhir pekan.

Ketika berkunjung ke Pantai Marina ini Anda bisa menikmati keindahan hamparan pasir pantai serta pemandangan yang disuguhkan. Para pengunjung yang datang ke Pantai Marina ini harus mematuhi berbagai peraturan dan terdapat area yang tak boleh sembarangan dimasuki.

Lokasi: Satimpo, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

13. Bontang Kuala

Bontang Kuala
Image Credit: Bontangkota.go.id

Anda ingin berwisata ke tempat yang unik dan menarik ? Maka Anda bisa datang ke perkampungan terapung di Bontang ini. Ketika berkunjung kesini Anda akan dibuat takjub begitu melihat suasana serta pemandangan pada perkampungan terapung ini.

Tak hanya itu, air lautnya juga sangat bersih dan jernih. Pemandangan yang disuguhkan oleh Bontang Kuala ini sangat cocok digunakan sebagai spot foto instagenik.

Lokasi: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

14. Erau Pelas Benua

Erau Pelas Benua
Image Credit: Qureta.com

Destinasi wisata ini dikenal karena adanya Sungai Guntung yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk berbagai acara sakral. Tak heran jika para pengunjung datang kesini untuk melihat dan mengetahui segala kegiatan adat dan budaya masyarakat setempat.

Erau Pelas Benua sendiri merupakan suatu upacara adat tradisional setempat, yang berfungsi untuk membersihkan tempat tinggalnya dari segala energi negatif secara beramai ramai.

Lokasi: Guntung, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

15. Desa Tihi-Tihi dan Selangan

Desa Tihi-Tihi dan Selangan
Image Credit: Kaltimkece.id

Objek wisata satu ini terkenal uniknya, karena menawarkan wisata keramba yang digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut. Terletak diantara dua desa, destinasi wisata ini memang menyuguhkan kuliner rumput laut yang khas dan lezat.

Tak heran jika tempat ini selalu ramai akan pengunjung yang mencicipi sajian kuliner khasnya tersebut. Bahkan hasil budidayanya tersebut telah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia serta ke luar negeri.

BACA:  25 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Bontang lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

16. Teluk Kaba

Teluk Kaba
Image Credit: Reservasi.com

Masih termasuk ke dalam daerah Taman Nasional Kutai, Teluk Kaba menyuguhkan panorama alamnya yang segar dan indah. Di objek wisata ini juga tersedia berbagai fasilitas outdoor seperti snorkeling, camping, menjelajah hutan, serta tracking.

Teluk Kaba sangat cocok bagi para wisatawan yang sangat menyukai alam serta memiliki jiwa petualangan yang kuat. Meski begitu tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang datang ke Bontang.

Lokasi: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur.

17. Pulau Gusung

Pulau Gusung
Image Credit: Superadventure.co.id

Pulau Gusung bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata bagi Anda yang ingin berkunjung ataupun bermalam menikmati indahnya malam dengan hempasan udara laut. Untuk bisa mencapai pulau ini membutuhkan waktu maksimal 30 menit dengan memakai kapal boat dari Pelabuhan Tanjung Limau Bontang. Waktu terbaik mengunjungi wisata ini ialah malam hari, karena Anda bisa menikmati indahnya langit malam serta gemerlap cahaya lampu pabrik.

Lokasi: Pulau Gusung, Guntung, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

18. Taman Wisata Graha Mangrove

Taman Wisata Graha Mangrove
Image Credit: Heikaku.com

Kota Bontang memang relatif dikelilingi oleh pepohonan bakau, maka tak heran jika disini terdapat beragam wisata berkonsep mangrove. Kawasan Hutan Lindung Mangrove Bukit Sekatup Damai (BSD) Bontang ini, sangat nyaman digunakan untuk berjalan jalan santai saat sore hari. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati beragam wahana yang disediakan mulai dari speed boat, banana boat, perahu dayung, jet ski, hingga alat pancing.

Lokasi: Jl. Gn. Binaya No.6, Gn. Elai, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

19. Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin

Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin
Image Credit: Korankaltim.com

Bontang tak hanya terkenal dengan wisata alamnya, tetapi disini juga terdapat wisata sejarah yang patut Anda kunjungi. Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin merupakan salah satu bangunan bersejarah yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. Jika dilihat dari penampilannya, masjid ini memiliki segi arsitek yang sangat menawan karena terinspirasi dari rumah adat sekitar sehingga mampu membuatnya tampil lebih indah dan berkarisma.

Lokasi: Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.

20. Pondok Rindu Alam 77 Bontang

Pondok Rindu Alam 77 Bontang
Image Credit: Google Maps (Hanif Dwi)

Objek wisata yang terakhir ini terletak di pinggiran Kota Bontang. Pondok Rindu Alam 77 Bontang juga menawarkan pemandangan alam perbukitan yang sejuk dengan beragam spot foto yang kekinian. Oleh sebab itulah banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana menenangkan dan terbebas dari hiruk pikuk perkotaan, sambil memanfaatkan spot kekinian tersebut sebagai pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

Provinsi Kalimantan Timur memang sangat luas, dan itulah yang menyebabkan daerah ini tak hentinya selalu menawarkan berbagai tempat wisata yang menakjubkan termasuk Kota Bontang. Selain beberapa destinasi wisata yang disebutkan diatas, masih banyak wisata lainnya baik itu wisata alam, taman, hingga beragam peninggalan yang menyimpan banyak nilai historis. Dengan begitu Anda bisa menikmati masa liburan dengan berekreasi ke berbagai wisata tersebut bersama orang tersayang.