Butuh Liburan yang Seru? Periksa List Tempat Wisata Menarik di Boyolali, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah, Populer dan Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan.

Kabupaten Boyolali dikenal dengan julukan New Zealandnya Indonesia. Daerah dengan komoditas utama susu sapi ini memiliki banyak tempat wisata yang selalu ramai akan pengunjung. Keindahan alam yang menakjubkan, Boyolali juga menawarkan berbagai keragaman yang dimilikinya.

Aksesibilitas yang telah diperbaiki, membuat Anda dapat mengunjungi tempat wisata alam maupun buatan tanpa harus merasa khawatir. Menawarkan pesona yang berbeda, berikut rekomendasi tempat wisata hits di Boyolali yang patut dikunjungi untuk liburan yang menyenangkan.

1. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Kompas.com

Julukan tempat wisata tiada duanya terasa sangat pantas disematkan pada air terjun Kedung Kayang. Bagaimana tidak, pemandangan alam di sekitar air terjunnya mampu menyihir setiap pasang mata yang melihat pesonanya. Anda dapat melihat pemandangan di bawah air terjun melalui tangga kayu yang telah disediakan.

Bebatuan besar dengan pepohonan rindang s

emakin memberikan kesan suasana alami yang kental. Selain itu Anda dapat menikmati keindahannya dari berbagai sisi. Mengalir dari sungai berbatu, air terjun ini memiliki air yang tidak akan surut meskipun saat itu musim kemarau sedang melanda dan berada di puncaknya.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas selain menikmati pemandangannya. Aktivitas tersebut adalah melalui lintas alam, bermain air, bersantai dan berfoto. Tempat wisata yang satu ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk melihat penampakan sunset dan sunrise. Selain itu terdapat pula beberapa fasilitas, seperti contohnya toilet dan warung penjaja makanan dan minuman.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Image Credit: Wikipedia.org

Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Boyolali. Puncak Merbabu yang sangat memukau membuat banyak orang rela menahan rasa lelahnya saat mendaki gunung tersebut. Namun sebelum mencapai puncak, mata setiap pendaki akan dimanjakan dengan penampakan sabana yang luas dan dipenuhi oleh bunga edelweis.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan mendaki maka gunung ini menjadi pilihan tempat wisata yang sangat tepat. Kabut tipis dan pepohonan disekitarnya mampu menambah nilai eksotis pemandangan gunung. Lelah dan penat Anda akan terhapus saat sampai dan menikmati pesonanya yang tiada tara.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suroteleng, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar
Image Credit: Twitter.com @moetjhen

Takjub, kata tersebut akan menjadi kata yang pertama kali Anda ucapkan saat sampai ke tempat wisata di Boyolali yang satu ini. Air Terjun Semuncar memiliki daya tarik tersendiri, yaitu disamping air terjun terdapat bebatuan yang diselimuti oleh lumut, namun hanya sebagian bebatuan saja.

Meskipun berada di lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau, hal tersebut tak membuat tempat ini sepi akan pengunjung. Di bawah air terjun masih terdapat kolam dengan aliran air tenang, sehingga saat disana Anda melakukan kegiatan berenang tanpa rasa takut. Selain itu harga tiketnya pun sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp. 3.000 saja.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Murah & Enak
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candisari, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

4. Bukit Gancik

Bukit Gancik
Image Credit: Twitter.com @fachrywdndoko

Dengan sebutan negeri di atas awan yang dimilikinya, membuat banyak orang berbondong bondong untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Anda dapat menikmati pemandangan alam melalui jembatan kayu yang telah tersedia. Pemandangan kota yang dapat dilihat dari puncak membuat Anda tidak akan mudah melupakan pengalaman tersebut.

Selain dapat menikmati pemandangan, Bukit Gancik menawarkan sensasi bersepeda melalui seutas tali yang dibentangkan di atas awan. Memang menyenangkan namun wahana bermain ini dapat memacu adrenalin. Bagi Anda yang takut akan ketinggian jangan sekali kali berkeinginan untuk mencobanya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

5. Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo
Image Credit: Facebook.com @pesonawisataindonesia

Oemah Bamboo Merapi terletak di Lencoh, Kabupaten Boyolali. Dengan pemandangan pegunungan dan perbukitan yang luar biasa, tempat ini mampu memikat banyak wisatawan. Meskipun tergolong tempat wisata baru, namun Oemah Bamboo mampu menghadirkan kembali suasana alam dengan segala fasilitas tradisional.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plalangan, Lencoh, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

6. Kampung AIR Kragilan

Kampung AIR Kragilan
Image Credit: Twitter.com @duwinuraeni

Jika Anda berlibur bersama dengan keluarga maka tempat wisata yang satu ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Terletak dekat dengan pusat kota membuat Anda akan dengan mudah menemukannya. Kampung Air Kragilan menawarkan pesona alam yang dikemas dengan konsep modern yang semakin membuatnya memiliki nilai tersendiri.

Dengan tersedianya rumah makan, maka Anda dapat merasakan sensasi menikmati makanan dengan suara gemericik air sebagai pelengkapnya. Tak cukup sampai disitu, tempat wisata ini juga menawarkan Rumah Batu yang dapat pula Anda kunjungi. Di Oemah Bamboo Merapi juga tersedia area bermain dan berbagai area spot foto menarik.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

7. New Selo

New Selo
Image Credit: Instagram.com @seneng.motret_

Melihat pemandangan alam secara langsung dengan berada di puncak ketinggian akan menawarkan sensasi yang berbeda. Hal tersebutlah yang ditawarkan oleh New Selo. Terdapat beberapa pondok bambu yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat. Pondok bambu ini terdiri dari 2 bagian dimana Anda dapat memilih ingin dengan atau tanpa atap.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samiran, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

8. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu
Image Credit: Google Maps (Muhammad Fathi Rizky J.)

Lembah dengan nama unik yang satu ini memiliki penampakan terasering sebagai salah satu pesonanya. Selain itu terdapat beberapa rumah dengan desain tradisional yang menghiasi pemandangan alam yang memukau. Udaranya yang sejuk menyelimuti area Lembah Gunung Madu dan mampu menyegarkan pikiran Anda dari hiruk pikuk padatnya Ibu Kota.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Simo-Klego KM.5, Gunung Madu, Tanjung, Klego, Kedunglengkong, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

9. Pemandian Kedung Goro

Pemandian Kedung Goro
Image Credit: Ksmtour.com

Masih seputar dengan tempat wisata alam, saat Anda berkunjung ke Boyolali, tempat pemandian yang satu ini tidak boleh sampai terlewatkan. Terletak di daerah Bolo pemandian ini dikelilingi oleh area hutan dan pepohonan yang tinggi menjulang membuat suasananya sejuk dan menyegarkan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Paling Hits

Airnya yang jernih berwarna kehijauan semakin menjadikannya sebagai wisata alam yang sempurna. Anda dapat menikmati pemandian ini dengan tenang karena kondisi air yang tidak terlalu dingin dan aliran air alami yang tenang menjadi alasannya. Selain berenang, Anda juga dapat menyelam karena air pemandian yang emmang terhitung cukup dalam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Raya Wonosegoro, Bolo, Wonosegoro, Kauman, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

10. Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo
Image Credit: Google Maps (Amin Nurrokhman)

Kebun Raya Indrokilo memiliki berbagai area wisata didalamnya yang dapat membantu Anda menikmati waktu liburan. Saat pertama kali masuk ke dalamnya Anda akan menjumpai Gerbang Pasingsingan yang menjuntai gagah dengan ketinggian mencapai 12 meter. Jangan terkejut, setelah itu Anda akan melihat penampakan patung setinggi 17 meter yaitu Patung Sosro Birowo.

Selain dapat digunakan sebagai objek foto, kebun raya ini juga menyediakan taman yang edukatif. Taman edukatif ini berisi tentang beberapa ikon yang membuat Anda enggan untuk beranjak meninggalkan tempat ini. Menjadi kebanggan bagi masyarakat sekitar, maka tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Boyolali namun tak mengunjunginya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Butuh, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

11. Ekowisata Tlatar

Ekowisata Tlatar
Image Credit: ksmtour.com

Saat berkunjung ke Ekowisata Tlatar, Anda akan diselimuti suasana tenang dan damai. Tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama dengan orang terkasih. Karena selain keragaman sumber daya alamnya, bersamanya Anda dapat menikmati wahana perahu air dengan satu kayuhan sehingga menciptakan percikan suasana romantis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

12. Alam Sutera

Alam Sutera
Image Credit: Pegipegi.com

Terdengar asing, tempat wisata Alam Sutera memang belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Berada di kawasan Gunung Merapi tempat wisata ini menawarkan pemandangan gunung yang memukau disertai dengan sapuan pepohonan yang melambai lambai memberikan kesan alami nan sejuk.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebokanigoro, Dusun II, Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

13. Kedung Thileng

Kedung Thileng
Image Credit: Facebook.com @boyolaliwisata

Namanya yang khas membuat Kedung Thileng dengan mudah dikenali oleh sebagian besar orang. Wisata alam ini memiliki penampakan air terjun kecil yang tersusun dengan aliran air alami yang tenang sehingga memberikan Anda kesempatan untuk berenang. Termasuk ke dalam tempat wisata asri, Kedung Tileng memiliki aliran air yang tenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kauman, Kec. Wonosegoro Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

14. Danau Tengah Sawah

 

Danau Tengah Sawah
Image Credit: Facebook.com @soloculinary

Sesuai dengan namanya tempat wisata ini berupa danau yang membelah kawasan sawah. Anda dapat menikmati hidangan dengan menaiki perahu yang akan mengelilingi tempat wisata tersebut. Nuansa pedesaan sangat erat , tak elak membuat danau tengah sawah tidak pernah sepi oleh pengunjung yang juga ingin menikmati lezatnya hidangan.

Sensasi tersebut tentunya tak dapat Anda rasakan ditempat tempat tertentu, selain itu harga makanan dan minuman di Danau Tengah Sawah sangat terjangkau. Dengan pesona pemandangan alam yang dihiasi pepohonan rindang akan membuat Anda enggan untuk beranjak dari sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Menoro, Jembungan, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

15. Air Terjun Watu Abang

Air Terjun Watu Abang
Image Credit: Twitter.com @asoka_tour

Meskipun merupakan air terjun anakan dari air terjun Semuncar, namun Air Terjun Watu Abang juga tak kalah diminati. Dengan 1 pusat air terjun membuatnya seperti diapit oleh bebatuan dan pepohonan rindang di sekitarnya serta membuat Air Terjun Watu Abang semakin nampak memukau. Aliran airnya yang tenang mampu menciptakan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

16. Brown Canyon

 

Brown Canyon
Image Credit: Wikipedia.org

Bagi Anda pecinta fotografi, maka tempat wisata ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Dengan suasana yang tenang, Brown Canyon menghadirkan penampakan bebatuan yang sangat estetik dengan berbagai bentuk, ukuran, dan ukiran alami. Panorama alaminya semakin didukung dengan bekas kerukan tambang yang membuatnya tampak hadir dengan pesona tersendiri.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

17. Umbul Tirtomulyo

Umbul Tirtomulyo
Image Credit: Facebook.com @eira.arie

Umbul Tirtomulyo sekilas akan tampak sama dengan pemandian alam lainnya. Namun Anda akan terkejut saat melihat penampakan tangga yang ikut tenggelam ke dalam air membuat Anda akan merasakan sensasi mandi dengan hiasan ornamen kerajaan. Selain itu lantai yang digunakan di Umbul ini memang seperti lanta kerajaan pada jaman dahulu kala.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gombang, Kemasan, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

18. Curug Juwangi

Curug Juwangi
Image Credit: Facebook.com @bledex.cungkup

Sebagai salah satu wisata alam, curug ini hadir dengan pesona alami yang dimiliki oleh aliran air deras dengan bebatuan yang tersusun secara abstrak membuatnya tampak sangat mempesona. Dengan harga tiket yang belum ditetapkan membuatnya nampak masih asri karena memang belum tersentuh oleh aspek pembangunan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Juwangi, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

19. Agrowisata Sapi Perah

Agrowisata Sapi Perah
Image Credit: Google Maps (Aris Darmawan)

Beralih dari wisata alam, agrowisata sapi perah Boyolali memberikan Anda wawasan pengetahuan terkait pembudidayaan sapi. Seperti yang diketahui jika Kota Boyolali memang memiliki komoditas ekonomi unggulan yaitu susu dan daging sapi. Dapat ditemukan didaerah Cipago, tempat yang satu ini berupa destinasi wisata khusus sapi perah.

Menawarkan kesenangan dan kepuasan bagi setiap pengunjungnya Agrowisata sapi perah ini kan menawarkan Anda untuk menikmati susu sapi yang diperah dengan tangan dan tenaga Anda sendiri. Maka dari itu mengunjunginya saat liburan bersama dengan keluarga dan teman menjadi pilihan yang sangat tepat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paras, Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

20. Bukit Kinasih

Bukit Kinasih
Image Credit: Google Maps (Vella Lila)

Sebagai salah satu tempat wisata yang populer, tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Boyolali namun tak mengunjungi Bukit Kinasih. Bukti yang menawarkan kesejukan alam dengan latar belakang pemandangan kota Boyolali tentu membuat siapa saja akan terpikat. Harga tiket sebesar Rp. 2.000 tak mengharuskan Anda merogoh kocek untuk mengunjunginya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasah, Dusun I, Senden, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Beberapa rekomendasi tersebut dapat Anda jadikan referensi tempat wisata yang akan dikunjungi saat berlibur ke Kabupaten Boyolali. Pada umumnya tempat wisata hadir dengan berbagai konsepnya masing masing, sehingga sebagai pengunjung, Anda harus pintar memilih tempat yang sesuai dengan keinginan dan budget keuangan.