Butuh Liburan Seru? Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Brebes, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah, Kekinian dan Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi Saat Liburan.

Brebes terkenal dengan buah tangan telur asin dan juga bawang merahnya. Di balik buah tangannya tersebut, Anda juga bisa sekalian mengunjungi beberapa destinasi wisatanya yang menawan. Mengingat pesona alam Brebes juga sangat sayang untuk Anda lewatkan. Berikut beberapa tempat wisata yang hits di Brebes yang bisa Anda pilih untuk liburan yang berkesan.

1. Bukit Baper

Bukit Baper
Image Credit: Google Maps (Arif Zafier)

Untuk memulai perjalanan Anda di kota ini, Anda bisa menjadikan Bukit Baper sebagai tujuan pertama. Di bukit ini Anda akan disuguhkan pemandangan dari atas ketinggian yang mengagumkan. Hamparan persawahan dengan pemukiman penduduk menjadi salah satu panorama yang luar biasa. Apalagi sepanjang memandang di sekeliling didominasi pemandangan hijau.

Bukit Baper sendiri berada di ketinggian 1300 mdpl dengan udara yang begitu sejuk. Anda bisa berburu foto foto instagramable di destinasi hits satu ini. Beberapa spot juga sengaja dihadirkan untuk dijadikan sebagai tempat swafoto. Tak jarang, kabut di bukit ini tampak pekat sehingga harus membuat Anda berhati hati saat ada di bukit ini.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batursari, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

2. Kalibaya Park

Kalibaya Park
Image Credit: Instagram.com @inibumiayu

Kalibaya Park bisa dikatakan sebagai destinasi yang masih baru, karena baru dibuka di sekitar tahun 2016. Kendati demikian kehadirannya berhasil membuat banyak masyarakat maupun wisatawan penasaran. Pesona alam yang dihadirkan di Kalibaya Park ini memang luar biasa ini. Anda akan disuguhkan dengan panorama hutan pinus yang rindang.

Di baliknya ada perbukitan hijau yang membuatnya Kalibaya Park sangat cocok berburu foto foto cantik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana yang disediakan. Mulai dari ayunan yang berada di ketinggian akan menantang adrenalin Anda. tidak ketinggalan adanya taman kelinci juga area outbond yang bisa dikunjungi bersama rombongan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Salem, Bandungsari, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

3. Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua
Image Credit: Instagram.com @sabiljz

Jika Anda ingin menikmati udara sejuk dan pemandangan menyejukkan mata, maka Agrowisata Kaligua harus Anda kunjungi. Lokasinya berada di bagian Selatan Brebes yang menyajikan pemandangan pegunungan yang begitu sejuk. Agrowisata satu ini sendiri adalah perkebunan teh luas yang sebelumnya Anda akan disuguhkan hutan pinus lebih dahulu.

Di Agrowisata ini Anda bisa menemukan beberapa spot menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata sejarah seperti Goa Jepang hingga makam pendiri Kebun yang bernama Van De Jong. Saat lelah, Anda bisa mencicipi teh sekaligus menikmati panoramanya. Sebelum pulang Anda juga bisa sekalian berbelanja aneka teh yang diproduksi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaligua, Kretek, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

4. Agrowisata Besaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang

Agrowisata Besaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang
Image Credit: Google Maps (REN TEAM)

Destinasi wisata satu ini berada di kawasan pabrik gula Jatibarang. Anda bisa menemukan taman hijau luas dan juga sejuk. Suasana tempo dulu yang begitu kental juga akan memberikan sensasi yang berbeda. Terdapat Rumah Mbesaran sekaligus beberapa wahana yang cocok untuk anak anak. Anda juga bisa berburu foto foto yang cantik di destinasi satu ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp. 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. A. Sya’roni No.37, Kec. Jatibarang, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

5. Panenjoan Salem

Panenjoan Salem
Image Credit: Instagram.com @pyktrv

Jika Anda masih belum puas dengan pemandangan dari ketinggian, maka Panenjoan Salem bisa dijadikan tujuan. Bukit ini menjadi tempat hunting yang begitu hits, terutama di kalangan kawula muda. Anda juga bisa menemukan spot foto yang tinggi menjulang di atas bukitnya. Sehingga pemandangan di bawah akan terlihat semakin menakjubkan.

Beberapa spot sengaja dihadirkan untuk membuat kegiatan berburu foto semakin seru. Hiasan atau dekorasi yang ada memang bisa membuat foto Anda menjadi makin cantik, terutama jika pantai mengambil angle. Anda juga bisa berburu matahari tenggelam atau terbit di bukit ini. Berpadu dengan perbukitan hijau semakin tampak eksotis.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Babakan, Wanoja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

6. Bukit AADT

Bukit AADT
Image Credit: Google Maps (Dedi Setiawan)

Mengunjungi destinasi satu ini akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Bukit AADT atau yang dikenal dengan Bukit Tukung ini memang luar biasa cantik. Perbukitan hijau dan udara sejuk akan membuat Anda betah. Hadirnya beberapa gardu pandang akan membuat kegiatan berfoto foto makin seru. Tak heran jika pengunjungnya tak pernah sepi, terutama di akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batursari, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

7. Taman Mangrove Pandansari

Taman Mangrove Pandansari
Image Credit: Google Maps (panji setiaji)

Di Indonesia Anda memang bisa dengan mudah menemukan hutan mangrove, begitu juga di Brebes. Taman Mangrove Pandansari akan memberikan Anda pengalaman liburan yang berbeda. Hadir dengan dermaga kayunya, Anda bisa menjalah taman mangrove ini. Hampir setiap sudutnya memang begitu instagramable, sehingga sangat cocok untuk hunting foto.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pandansari, Kaliwlingi, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

8. Bukit Bintang Capar

Bukit Bintang Capar
Image Credit: Instagram.com @rinna.rinut

Bukit di Brebes memang cukup banyak, sehingga Anda bisa puas menikmati panorama dari ketinggian. Di momen tertentu, Anda juga bisa menyaksikan alam Brebes yang tertutup kabut di Bukit Bintang Capar ini. Rasanya seperti Anda di sedang ada di negeri di atas awan. Wajar saja jika hingga saat ini menjadi destinasi yang hits dan terus dikembangkan oleh pengelola.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Capar, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

9. Waduk Penjalin

Waduk Penjalin
Image Credit: Instagram.com @herofaris3

Tidak hanya bisa menemukan bukit dan pegunungan, Anda juga bisa menemukan Waduk yang indah. Salah satunya yang begitu kondang adalah Waduk Penjalin. Memang waduk ini bukanlah destinasi wisata yang baru, bahkan sudah dibangun sejak tahun 1930. Tetapi tetap saja hingga kini menjadi destinasi yang terus berkembang dan hits di kalangan wisatawan.

Pemandangan waduk yang asri dan indah, semakin keren dengan hadirnya spot foto foto andalan. Sehingga menjadikan waduk ini semakin ramai untuk dikunjungi. Sering dijadikan sebagai wisata keluarga, Anda juga bisa berwisata kuliner di waduk ini. Anda juga bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh penduduk.

BACA:  20 Tempat Wisata di Purbalingga Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Waduk Penjalin 41, RT 03/ 01, Waduk Penjalin, Winduaji, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

 10. Waduk Malahayu

Waduk Malahayu
Image Credit: Instagram.com @ipunk090

Selain Waduk Penjalin, Anda juga bisa menjadi destinasi selanjutnya. Waduk Malahayu juga tak kalah kondang dan menawarkan panorama yang tak kalah indah. Menjadi wisata keluarga, Anda bisa menikmati keindahan dengan udara yang sejuk. Waktu terbaik yang paling ditunggu adalah saat matahari tenggelam. Pada saat itu panoramanya akan berkali lipat mempesona.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malahayu, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

11. Wanawisata Alurjero

Wanawisata Alurjero
Image Credit: Google Maps (Fakhrizal Wibowo)

Bisa dikatakan jika destinasi satu ini menjadi tempat wisata terbaru di Brebes. Masih belum banyak yang mengetahuinya, padahal keindahan yang ditawarkan begitu luar biasa. Perbukitan ini masih alami sehingga Anda bisa menikmati alam yang masih terjaga. Suasananya menenangkan sangat cocok untuk menenangkan diri.

Daya tarik lainnya adalah memiliki udara yang begitu sejuk. Anda juga bisa menemukan air terjun di daerah satu ini. Berbagai spot foto hits juga dihadirkan untuk memanjakan para pengunjung yang hobi berpose di depan kamera. Hingga saat ini masih terus dalam pengembangan, yang nantinya akan membuat keindahannya semakin berlipat ganda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Paguyangan, Winduaji, Kec. Gumelar, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

12. Hutan Pinus Batursari

Hutan Pinus Batursari
Image Credit: Google Maps (Panji Pratikno)

Mengunjungi alam memang salah satu pelepas penat yang paling mujarab. Apalagi alam yang masih sepi dan masih terjaga keindahannya. Untuk Anda yang ingin menikmati hutan pinus yang rindang, Hutan Pinus Batursari Brebes Anda tuju. Anda bisa menikmati pemandangan yang lengkap di hutan pinus satu ini, dan ada di Desa Batursari.

Hutan pinus ini begitu rindang dengan suasana hijau yang menenangkan. Pemandangan pedesaan yang berpadu dengan perbukitan hijau. Terdapat juga aliran sungai yang membuat panoramanya semakin indah. Anda bisa menikmatinya di gardu pandang yang disediakan. Tak heran jika hutan pinus ini menjadi destinasi yang begitu hits.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batursari, Kec. Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

13. Curug Putri

Curug Putri
Image Credit: Instagram.com @harjo_id

Tak puas dengan perbukitannya, Anda bisa menemukan air terjun yang menakjubkan di Brebes. Curug Putri menjadi curug yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Dinamakan dengan Curug Putri, konon dahulunya menjadi tempat para bidadari mandi. Pemandangan indah di curug ini juga menjadi bonus yang membuat Anda tak akan menyesal mengunjunginya.

Tebing air terjun ini seperti diukir,padahal merupakan pahatan alam yang mempesona. Untuk tiba di curug ini Anda memang harus menempuh perjalanan yang tidak sebentar. Jalanan yang berbatu cukup menantang, untuk itu pastikan alas kaki sudah tepat. Jauh dari keramaian, Curug Putri sangat cocok untuk melepas penat sembari menikmati alamnya.

Harga Tiket: Rp 17.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padanama, Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

14. Ranto Canyon

Ranto Canyon
Image Credit: Instagram.com @jarangdollan

Untuk Anda yang ingin menikmati alam sembari menguji adrenalin, Ranto Canyon menjadi pilihan yang tepat. Destinasi alam ini terbilang ekstrim tetapi tidak mainstream, dan membuat banyak wisatawan penasaran. Begitu tiba di Ranto Canyon, Anda akan disuguhkan panorama khas pegunungan juga perbukitan yang terlihat terjal.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kebumen yang Murah & Enak

Tetapi di tengah tengah tebing bebatuan, Anda akan menemukan aliran air yang begitu eksotis. Ketinggiannya mencapai 10 sampai 20 meter dan langsung mengalir ke sungai. Dengan trek sepanjang 769 meter, Anda akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungtajem, Winduasri, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

15. Candi Pangkuan

Candi Pangkuan
Image Credit: Fakta.co.id

Selain wisata alam, Anda juga bisa menemukan candi di Brebes yaitu Candi Pangkuan. Sebenarnya candi ini adalah hutan tua yang memiliki artefak berupa candi yang memiliki tinggi sekitar 50 cm. Pepohonan rindang yang mengelilinginya merupakan pohon pohon yang usianya ratusan tahun. Anda bisa menikmati pemandangan yang berbeda di candi ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Pangkuan, Karanggandul, Cilibur, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

16. Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan
Image Credit: Instagram.com @udinjalal28

Air Terjun yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Curug Panyusuhan yang cocok untuk berpetualang. Untuk tiba di curug ini memang membutuhkan perjuangan yang tidak singkat. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk tiba di curug. Tetapi pesonanya akan membuat semua lelah Anda terhempaskan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tembongraja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

17. Curug Rambukasang

Curug Rambukasang
Image Credit: Instagram.com @ezyfallin

Curug satu ini termasuk curug yang tersembunyi dan masih belum banyak yang mengetahui keberadaan. Aksesnya memang cukup menantang, sehingga sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang. Debit airnya cukup deras, dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang atau bermain air.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ciseureuh, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

18. Pantai Pasir Putih Losari

Pantai Pasir Putih Losari
Image Credit: Google Maps (Anitha Setiawati)

Pasir putih di Brebes yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Pasir Putih Losari. Seperti namanya, tempat satu ini menawarkan destinasi bahari yang luar biasa. Anda bisa menemukan beberapa spot kekinian untuk mengambil beberapa foto cantik. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangdempel, Kec. Losari, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

19. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga
Image Credit: Google Maps (alton super)

Brebes juga memiliki pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Randusanga sangat cocok dikunjungi ketika sore hari. Hal ini karena pantai ini termasuk pantai yang menawarkan sunset mengagumkan. Hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang semakin menambah daya tariknya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

20. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Pemandian Air Panas Cipanas Buaran
Image Credit: Google Maps (Bang Auky)

Untuk menjadi penutup perjalanan anda, Anda bisa menjadikan Pemandian Air Panas Cipanas Buaran sebagai tujuan wisata. Anda bisa merilekskan tubuh Anda dengan berendam di kolam air panasnya. Pemandangan sekitarnya masih asri, semakin menambah nyaman ketika Anda di tempat satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pangebatan, Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Itulah beberapa objek wisata populer di Brebes yang bisa Anda masukkan dalam list tujuan liburan Anda selanjutnya. Beberapa memang bukan tempat baru, tetapi sudah menjadi wisata yang legendaris dan hits. Anda bisa menemukan air terjun, bukit hingga pemandian air panas yang juga menarik. Dari sekian banyak yang ada, tempat mana yang akan Anda tuju lebih dulu?