Inilah List Tempat Wisata Populer di Cilacap, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Paling Hits yang Patut Anda Eksplor Saat Liburan maupun Akhir Pekan.

Salah satu kota yang ada di Jawa Tengah ini tak henti hentinya menarik perhatian wisatawan akan peson alamnya. Berkunjung ke Cilacap, Anda pun tak akan bingung untuk mencari destinasi wisata yang menarik. Sebab, banyak wisata alam dengan pemandangan indah hingga wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi saat berada di kota ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berlibur ke Cilacap, berikut tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi.

1. Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang
Image Credit: Facebook.com @dodot.wiharmoko

Untuk Anda yang ingin berlibur dengan nuansa yang hijau, maka Hutan Pinus Karanggedang menjadi destinasi yang bisa Anda kunjungi. Pasalnya, disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami dan juga udara yang sejuk. Adanya pepohonan pinus yang ada disini akan sangat instagramable apabila Anda mengambil gambar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karanggedang, Kec. Sidareja, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

2. Pantai Kemiren

Pantai Kemiren
Image Credit: Facebook.com (Indra Setthyawandz)

Pantai masih menjadi salah satu objek wisata yang diminati saat Anda berkunjung ke Cilacap. Sebab, destinasi satu ini menyimpan keindahan yang akan memanjakan mata. Terlebih lagi ketika Anda mengunjunginya saat senja tiba. Saat berada di lokasi ini, Anda juga akan disuguhkan dengan ombak yang menggulung, tentunya akan membuat tempat satu ini menjadi lebih indah.

Tak hanya itu saja, saat Anda berlibur ke lokasi ini maka Anda pun bisa mengabadikannya dalam bidikan kamera. Sebab, banyak sekali spot foto kekinian yang bisa Anda ambil di lokasi satu ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai sekaligus hunting foto, maka Pantai Kemiren yang ada di Cilacap dapat menjadi destinasi yang bisa Anda kunjungi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lingkar Selatan, Kemiren, Tegalkamulyan, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

3. Waterpark Tirta Mas

Waterpark Tirta Mas
Image Credit: Google Maps (Hafidz Miftah Fauzi)

Destinasi berikutnya yang bisa Anda singgahi ketika akhir pekan adalah Waterpark Tirta Mas. Disini, Anda bisa merasakan keseruan bermain wahana air di kolam renang, yang mana kolamnya sendiri memiliki tiga tingkatan. Selain itu, adanya gazebo yang ada di lokasi ini juga bisa Anda gunakan untuk bersantai setelah lelah beraktivitas di waterpark satu ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rinjani, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

4. Waduk Kubangkangkung

Waduk Kubangkangkung
Image Credit: Twitter.com @fajar_dwiko

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di Cilacap adalah Waduk Kubangkangkung. Wisata satu ini kerap kali dikunjungi oleh pelancong lantaran memiliki pemandangan alam yang indah. Ada salah satu wahana yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yakni motor bebek. Dengan wahana ini, Anda pun bisa mengelilingi waduk bersama dengan keluarga.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sokawera, Kubangkangkung, Kec. Kawunganten, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

5. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Instagram.com @nyo_item

Apabila Anda mencari destinasi wisata bahari ketika berada di Cilacap, maka Pantai Teluk Penyu dapat Anda jadikan alternatif untuk berlibur. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, yakni adanya penyu yang menggemaskan. Sebab, ketika Anda memasuki kawasan satu ini, Anda pun akan langsung disambut dengan banyak hewan penyu.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk mengetahui tahapan perkembangan dari hewan satu ini ketika sedang berada di Pantai Teluk Penyu. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menarik saat berada di lokasi ini. Sehingga, pantai ini pun dapat menjadi salah satu alternatif tempat liburan terbaik yang ada di Cilacap.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

6. Kemit Forest

Kemit Forest
Image Credit: Google Maps (Jenal Sodikin)

Untuk Anda yang senang mengunjungi destinasi wisata yang instagramable dan kekinian, maka Kemit Forest dapat menjadi lokasi yang bisa Anda kunjungi. Sebab, disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah, sekaligus ekstrior yang sangat unik dan kekinian. Tak heran banyak muda mudi yang mengabadikan fotonya disini dan mengunggahnya di sosial media.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Srikaya, Karanggedang, Kec. Gandrungmangu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

7. Curug Mandala

Curug Mandala
Image Credit: Google Maps (Budi Santoso 69)

Air terjun juga masih menjadi salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi saat berada di Cilacap. Diantaranya yang memiliki bentang alam dan panorama yang indah adalah Curug Mandala. Curug satu ini memiliki aliran yang sangat jernih, sehingga Anda pun akan tertarik untuk berenang di kolam yang ada di air terjun.

Selain itu, curug ini pun memiliki debit air terjun yang tidak terlalu deras. Hal ini membuat wisata tersebut masih aman untuk pengunjung yang ingin berenang maupun bermain air di lokasi satu ini. Namun, Anda harus mempersiapkan fisik yang cukup kuat ketika ingin berwisata ke tempat ini. Sebab medannya yang berat membuat Anda membutuhkan stamina yang besar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mendala, Kec. Jeruklegi, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

8. Benteng Pendem

Benteng Pendem
Image Credit: Twitter.com @endah_dwi_s

Salah satu wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi saat berada di Cilacap adalah Benteng Pendem. Lokasi satu ini memiliki bangunan yang masih berdiri sangat kokoh meskipun merupakan peninggalan di jaman Belanda. Diberi nama Benteng Pendem, dikarenakan benteng satu ini terpendam pasir yang cukup dalam sehingga masyarakat dulunya belum tahu akan keberadaan bangunan satu ini.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng, Sentolokawat, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

9. Pura Mandara Giri Gunung Selok

Pura Mandara Giri Gunung Selok
Image Credit: Facebook.com @nifira.iapsang

Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata religi, maka Pura Mandara Giri Gunung Selok menjadi salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan Anda akan disuguhkan dengan bangunan dan desain arsitektur yang indah. Bagi Anda yang beragama Hindu, Anda pun akan bisa mengunjungi dan melihat lihat bagian dalam dari pura satu ini.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Srandil, Pereng, Kec. Karangbenda, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

10. Curug Cimandaway

Curug Cimandaway
Image Credit: Facebook.com @mediainformasicilacap

Selain itu, ada air terjun lainnya yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Dengan memiliki arus yang cukup deras, Anda pun sudah akan bisa mendengar gemericik suara air terjun dari kejauhan. Dengan panorama alamnya yang menakjubkan, tak heran jika destinasi satu ini ramai dipadati pengunjung ketika hari libur tiba.

BACA:  33 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Serang, Kec. Dayeuhluhur, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

11. Gunung Selok

Gunung Selok
Image Credit: Facebook.com @plunqme

Gunung Selok menjadi salah satu destinasi yang cukup populer bagi masyarakat lokal dan wisatawan. Pemandangan yang indah pun akan bisa Anda dapatkan disini. Ditambah lagi dengan udaranya yang masih segar akan membuat Anda betah berada di lokasi satu ini. Selain itu, akses menuju ke tempat satu ini juga cukup mudah sehingga Anda bisa mengunjungi ketika sedang penat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

12. Pantai Jetis

Pantai Jetis
Image Credit: Facebook.com @cjtindonesia

Destinasi satu ini memiliki panorama eksotis yang memanjakan mata. Adanya jembatan yang berada di tengah tengah pantai juga menjadi salah satu spot foto menarik yang kerap kali disukai oleh wisatawan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berada di Cilacap, Anda bisa singgah sejenak untuk menikmati semilir angin dari Pantai Jetis yang mempesona ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

13. Segara Anakan

Segara Anakan
Image Credit: Facebook.com @patrakrida.wanalestari

Destinasi lainnya yang bisa Anda kunjungi di Cilacap adalah Segara Anakan. Segara ini merupakan laguna yang memisahkan antara Pulau Jawa dan Nusa Kambangan. Disini, Anda pun akan bisa menemukan banyak sekali mangrove dan juga biota laut yang indah. Pemandangan yang hijau lengkap dengan anginnya yang segar akan menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan saat berada disini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kutawaru, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

14. Pantai Ranca Babakan

Pantai Ranca Babakan
Image Credit: Facebook.com (Indra Setthyawandz)

Meskipun lokasinya di Nusa Kambangan, destinasi satu ini sering dikunjungi oleh warga Cilacap. Hal ini tentu saja dikarenakan suasana alamnya yang sangat indah. Pantainya yang sangat instagramable dan indah tentu saja menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berlibur dan menghabiskan waktu saat akhir pekan.

Saat mengunjungi pantai ini, Anda pun akan diharuskan untuk treking dari dermaga menuju ke pantai. Namun tak perlu khawatir, Anda hanya perlu trekking dalam waktu sekitar 20 menit saja. sesampainya di pantai, Anda pun akan langsung disambut dengan laut lepas yang sangat indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nusa Kambangan, Tambakreja, Kec. Mertoyudan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

15. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat
Image Credit: Pantainesia.com

Tak hanya Pantai Ranca Babakan saja, Anda juga bisa sekaligus mengunjungi Pantai Kalipat yang indah. Disini, Anda akan disuguhkan dengan air lautnya yang berwarna biru jernih. Ditambah lagi angin sepoi sepoinya akan membuat Anda tenang dan betah untuk menghabiskan waktu di lokasi ini dalam waktu yang lama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

16. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana
Image Credit: Facebook.com @cilacapzone.id

Untuk Anda yang sedang berada di Pantai Teluk Penyu, tak ada salahnya untuk sekalian mampir ke Pantai kali Kencana. Sebab, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja dengan menggunakan perahu tradisional menuju ke pantai satu ini. pasirnya yang putih, air lautnya yang jernih tentu saja menjadi daya tarik utama yang bisa didapatkan oleh pengunjung.

BACA:  20 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru & Paling Hits

Setelah menaiki perahu selama 15 menit, Anda pun masih harus menempuh perjalanan menembus hutan untuk bisa menemukan pantai yang indah ini. akan tetapi, lelahnya perjalanan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah. Anda pun bisa berfoto di batu besar yang menghadap ke laut. Tentu saja akan menjadi foto yang sangat apik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Nusakambangan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

17. Pantai Sodong

Pantai Sodong
Image Credit: Instagram.com @rizkicitox

Menghabiskan waktu di lokasi ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bukit yang sangat khas. Perbukitan Gunung Selok tentu saja menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. ditambah lagi dengan adanya deretan pohon cemara yang ada di sekitar pantai, akan membuat wisata bahari ini tampak berbeda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

18. Curug Pengantin

Curug Pengantin
Image Credit: Google Maps (Hesty Setyawati)

Selain ada di Banyumas, ketika Anda berada di Cilacap maka Anda juga bisa untuk menemukan Curug Pengantin yang sangat indah. Air terjun satu ini memiliki ketinggian yakni sekitar 20 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, lokasi satu ini kerap kali dijadikan wisatawan sebagai tempat untuk melepas penat.

Tentunya bagi Anda yang suka menjelajah tempat wisata baru akan senang menghabiskan waktu di tempat satu ini. oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berada di Cilacap jangan sampai kelewatan mengunjungi curug ini. Sebab, disini Anda akan disuguhkan hijaunya pepohonan dan angin semilir sejuk yang akan menenangkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bengbulang, Kec. Karangpucung, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

19. Pantai Permisan

Pantai Permisan
Image Credit: Detik.com

Pantai lain yang bisa Anda kunjungi saat berada di Cilacap adalah Pantai Permisan. Destinasi satu ini terbilang masih sangat alami. Sebab, Anda pun akan disuguhkan dengan wisata bahari yang sangat apik dan tenang. Bagi Anda yang doyan berselancar, wisata satu ini pun dapat Anda kunjungi ketika akhir pekan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

20. Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung
Image Credit: Ksmtour.com

Wisata bahari menarik lainnya yang masih alami dan belum tersentuh tangan jahil manusia adalah Pantai Widara Payung. Saat berada disini, Anda pun akan disuguhkan dengan pantai indah yang tenang. Sehingga, lokasi satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyendiri dan jauh dari keramaian.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kec. Binangun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

Itulah beberapa objek wisata menarik yang bisa Anda jelajahi ketika berada di Cilacap. Kota satu ini menyimpan berbagai macam destinasi yang tentu saja tidak akan membuat Anda bosan. Mulai dari wisata alamnya yang eksotis hingga wisata sejarahnya yang mempesona membuat Anda betah menghabiskan waktu di kota satu ini untuk berlibur ataupun sekedar melepas penat.