Kota Depok memiliki sejuta pesona wisata dengan panorama alam yang menakjubkan. Ada banyak kawasan wisata yang masih tersembunyi, sehingga tempatnya masih terasa alami. Dengan iklim sejuknya, Depok menawarkan potensi wisata, sebagai tempat untuk menenangkan pikiran. Tidak heran jika warga ibukota memilih kota Depok untuk menyingkir sebentar dari hiruk pikuk kota Jakarta.

Apa saja tempat menarik di Depok? Berikut 25 rekomendasi tempat wisata yang ditawarkan berikut ini.

1. Taman Rekreasi Pasir Putih

Taman Rekreasi Pasir Putih
Image Credit: Wisatatempatku.com

Jika Anda mencari tempat wisata untuk keluarga, maka paling cocok jika berkunjung kesini. Taman rekreasi ini menyediakan wahana tong tumpah, seluncur air, air mancur, dan wahana lainnya. Pengelola memang menyediakan wahana tersebut untuk anak-anak, sehingga para orang tua tidak perlu khawatir. Tempat wisatanya juga menawarkan beragam fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan, selagi berlibur di kota Depok.

Meskipun lokasi wisata cukup jauh dari keramaian, tetapi pengunjung yang datang tidak pernah sepi. Anda bisa menikmati tiga jenis waterpark dengan bentuk dan kedalaman yang berbeda. Jadi bisa menyesuaikan sendiri mana wahana yang aman digunakan oleh anak-anak, berdasarkan tinggi badan. Taman Pasir Putih ini juga menawarkan tempat untuk merayakan ulang tahu, ataupun reuni bersama keluarga besar.

Lokasi: Jl. Rw. Geni Raya No.1, RT.1/RW.7, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok.

2. Gema Pesona Depok

Gema Pesona Depok
Image Credit: Kolamrenanggemapesona.blogspot.com

Bagi yang hobi bermain air mungkin berkunjung ke tempat ini, bisa memenuhi keinginan Anda. Gema Pesona memiliki kolam renang dengan ukuran besar, dan kedalaman yang mencapai 1-2 meter. Sementara di bagian lainnya terdapat kolam kecil dengan kedalaman 80 sentimeter.

Destinasi wisata menyediakan fasilitas kantin, penyewaan ban, dan kelas privat renang setiap hari Minggu pagi. Suasana lingkungannya cukup bersahabat sehingga cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Tole Iskandar, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

3. Taman Mekarsari

Taman Mekarsari
Image Credit: Initu.id

Desitinasi wisata ini tergolong baru di kota Depok, dan diresmikan pada tanggal 6 Februari 2018. Lokasi taman terletak di area perumahan di daerah Cimanggis, jadi sering dijadikan tempat refreshing para keluarga. Taman Mekarsari memiliki luas lahan sekitar 957 meter persegi, dan sering dimanfaatkan sebagai sarana edukasi.

Anda bisa menikmati banyak fasilitas yang disediakan pemerintah, mulai dari ornament selfie hingga area permainan anak-anak.

Lokasi: Jl. Raya No.15, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

4. Wisata Alam Kampung 99 Pohon

Wisata Alam Kampung 99 Pohon
Image Credit: Satyawinnie.com

Beban pekerjaan yang berat ditambah rentetan masalah yang tidak kunjung usai, membuat pikiran menjadi stres. Anda membutuhkan sebuah pelepasan untuk merefresh kembali otak yang sedang panas. Maka dari itu segera luangkan waktu untuk berlibur ke beberapa tempat wisata, yang jauh dari ibukota. Cobalah untuk berkunjung ke Wisata Alam satu ini yang berada di kota Depok. Anda cukup menaiki kendaraan umum atau pribadi selama kurang lebih 1 jam dari kota Jakarta.

Begitu tiba di kawasan wisata Anda akan mendapati suasana yang tenang, dan terasa damai di pikiran. Area wisatanya memang menerapkan konsep tempat rekreasi yang menyatu dengan alam. Jarak lokasinya cukup dekat dengan Masjid Dian Al Mahri, dan sering dikenal dengan nama Kampung Rusa. Tidak hanya sebagai tempat melepas penat, ternyata destinasi wisata ini sering dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Lokasi: Jl. KH. Muhasan II, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Paling Hits

5. Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas
Image Credit: Kubahmasjid-indonesia.com

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata religi tentunya Masjid populer ini tidak boleh dilewatkan. Nama masjid lebih familiar dengan sebutan Masjid Dian Al-Mahri, dan merupakan masjid kebanggan kota Depok. Meskipun sudah diresmikan sejak tahun 2006 silam tetapi masih menjadi masjid termegah di kawasan Asia Tenggara. Bentuk kubahnya mengacu kepada desain kubah ala Persia dan India, dengan balutan mozaik yang dilapisi emas.

Masjid ini mempunyai daya tarik wisata yang kuat, sehingga para wisatawan datang silih berganti setiap harinya. Mereka tidak hanya ingin melaksanakan shalat berjamaan di masjid ini, tetapi juga hendak melihat bangunan masjid yang megah. Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda tidak diminta biaya apapun, kecuali retribusi parkir seikhlasnya. Namun Anda disarankan agar bersih dari najis, sebelum memasuki kawasan wisata religi.

Lokasi: Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok.

6. Situ Cilodong

Situ Cilodong
Image Credit: Konservasisitudepok.wordpress.com

Ingin merasakan permainan air yang seru? Cobalah berkunjung ke Situ Cilodong, tempat wisata air sekaligus bersantai dengan keluarga. Destinasi wisata ini mempunyai kolam pemancingan dengan beragam jenis ikan. Suasana sekitar kawasana sangat menyatu dengan alam, sehingga terkesan tenang dan sejuk.

Pengelola menyediakan wahana balon air dimana Anda bisa masuk kedalamnya, dan balon akan ditutup rapat. Sehingga Anda bisa merasakan seperti berjalan diatas air.

Lokasi: Jl. Abdul Ghani, Kalibaru, Kec. Cilodong, Kota Depok.

7. Taman Wiladatika

Taman Wiladatika
Image Credit: Hargatiket.net

Taman memiliki luas sekitar 15 hektar yang menjadikannya terlihat sangat luas, dan cocok untuk area bermain. Anda bisa menikmati pemandangan berupa taman bunga yang indah, dengan beragam warna.

Sekitar kawasan wisata dikelilingi dengan pepohonan rindang, sehingga hawanya terasa sejuk dan asri. Meskipun usia taman sudah cukup tua namun masih populer untuk tempat berlibur anak-anak muda.

Lokasi: Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

8. Wisata Arung Jeram Ciliwung

Wisata Arung Jeram Ciliwung
Image Credit: Jasatubing.wordpress.com

Anda suka olahraga ekstrem? Mungkin kawasan wisata arung jeram ini perlu Anda kunjungi Tempat wisata ini termasuk baru di kota Depok karena diresmikan pada tahun 2017 lalu. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga arung jeram ialah saat musim panas. Karena arus air sungai lebih tenang dan aman untuk digunakan. Selama menunggu antrean Anda tidak akan merasa bosan, karena pemandangan sekitar tampak asri dan indah.

Lokasi: Jl. Boulevard Grand Depok City, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

9. D’Kandang Amazing Farm

D'Kandang Amazing Farm
Image Credit: Dkandang.co.id

Bagi Anda yang mempunyai anak kecil, cobalah berkunjung ke tempat wisata edukasi ini. Tempat wisatanya menyediakan banyak fasilitas yang bermanfaat, dan bisa menambah ilmu pengetahuan. Pihak pengelola menawarkan konsep destinasi yang berinteraksi langsung dengan hewan. Selain itu anak juga diajarkan cara untuk bercocok tanam, dan belajar tentang kehidupan tradisional.

Anak-anak bisa melakukan aktivitas terkait dengan bidang pertenakan, contohnya memberi makana kelinci. Selain itu mereka bisa memerah susu sapi yang didampingi langsung oleh peternaknya. Dari segi pertanian anak-anak akan diajarkan cara membuat pupuk, dan menanam beberapa tanaman. Untuk melepas kebosanan setelah belajar mereka bisa menikmati wahana ATV, atau mencoba beragam permainan outbond.

Lokasi: Jl. Penarikan No.RT 01/02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok.

10. Kampung 3D Depok

Kampung 3D Depok
Image Credit: Facebook.com @kampung3ddepok

Ada yang unik dari salah satu perumahan di kawasan Depok Timur, yaitu keberadaan lukisan 3D di sepanjang jalan. Setiap harinya pengunjung silih berganti untuk berfoto dengan beragam lukisan 3D.

Semua lukisan disini berbentuk zebra cross dengan efek timbul, jika diliat dari sudut yang berbeda. Karena tempatnya sangat instagramable, Anda bisa menjadikan kawasan wisata sebagai background feeds instagram.

Lokasi: Jl. Danau Tandano II No.178, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

11. Godong Ijo Depok

Godong Ijo Depok
Image Credit: Travelspromo.com

Wahana wisata dengan luas sekitar 2,5 hektar ini, kerap kali menjadi tujuan wisata para keluarga. Tempatnya memiliki daya tarik sebagai wisata edukasi, yang cocok untuk usia anak-anak.

Para pengunjung bisa belajar cara pembibitan tanaman, dan menikmati fasilitas lapangan yang cukup luas. Disini terdapat Botanical Cafe yang terkenal dengan kelezatan varian menunya.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Cinangka Raya KM.10 No.60, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok.

12. Agrowisata Belimbing Dewa

Agrowisata Belimbing Dewa
Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Tempat wisata ini terkenal sebagai penghasil belimbing terbesar di Indonesia. Para wisatawan bisa berkeliling kawasan wisata, dan melihat 500 petani yang beraktivitas. Anda akan dimanjakan dengan kebun belimbing, yang tampak menggugah selera.

Pengelola juga membuka fasilitas bagi siapa saja yang ingin belajar cara menanam belimbing. Disini pengunjung bebas memetik buah belimbing dari pohonnya.

Lokasi: Perumahan Pesona Gaharu Blok A No.3, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok.

13. Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok
Image Credit: Jakartahariini.com

Tidak perlu jauh-jauh untuk sekedar melepas penat, cukup berkunjung ke Hutan Kota yang masih alami. Kawasan wisata ini menawarkan pesona danau yang asyik untuk memancing. Di sekitarnya terdapat jalan setapak dengan bangku-bangku, untuk tempat beristirahat setelah lelah berjalan.

Rimbunan pepohonan hijau semakin menambah kesan sejuk dan damai, sehingga bagus sebagai tempat merefresh pikiran.

Lokasi: Jl. Cagar Alam Raya, Kec. Pancoran MAS, Kota Depok.

14. Situ Pengasinan

Situ Pengasinan
Image Credit: Alichairuddin.blogspot.com

Danau dengan luas 6 hektar ini memiliki banyak fasilitas, terutama untuk pengunjung yang suka bermain air. Selain itu terdapat kolam pemancingan yang menyediakan ikan lele, gurame, hingga ikan mujaer. Tetapi pihak pengelola tidak menyewakan peralatan untuk memancing, jadi Anda harus membawanya sendiri. Bagi pengunjung yang ingin bersantai terdapat fasilitas perahu bebek, untuk mengelilingi kawasan danau.

Kawasan danau dikelilingi oleh rimbunan pohon, yang membuatnya tampak asri dan sejuk. Ditambah udara kota Depok yang berhembus membuat perasaan jauh lebih tenang. Anda bisa berkunjung ke tempat ini dikala pikiran sedang suntuk, dijamin setelah pulang pikiran fresh kembali.

Lokasi: Jl. Utomo No.19-22, Pengasinan, Kec. Sawangan, Kota Depok.

15. Wisata Alam Studio TVRI

Wisata Alam Studio TVRI
Image Credit: Jakarta.panduanwisata.id

Wisata alam ini sempat terlupakan beberapa tahun yang lalu, namun kini telah menjadi kawasan wisata andalan Depok. Memiliki luas sekitar 30 hektar dengan 19 rumah adat yang menjadi daya tarik wisata. Anda bisa menikmati fasilitas liburan seru seperti berkuda atau piknik bersama keluarga. Disamping itu pengunjung dapat menemukan lapangan tenis, yang dialih fungsikan sebagai lapangan tembak.

Kawasan wisata milik TVRI ini menawarkan suasana alam yang asri, dan terasa sejuk dengan deretan pohon pinus. Selain itu pohon bambu juga turut menjulang tinggi yang membuat mata betah, untuk mengagumi keindahannya. Pengunjung bisa jalan-jalan santai sambil menjelajahi hutan, atau memancing di area pemancingan. Biasanya wisata alam ini digunakan calon pengantin baru, untuk melangsungkan foto pre-wedding.

Lokasi: Jl. Raden Saleh, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

16. Water Park Ceria

Water Park Ceria
Image Credit: Camerawisata.com

Jika Anda menyukai wahana wisata air cobalah untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Kawasan ini menyediakan fasilitas bermain anak, kolam renang, dan papan seluncur. Selain itu tersedia lapangan yang bisa digunakan untuk olahraga futsal.

Semua objek wisata yang ditawarkan cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Lokasinya terletak di dekat kampus Universitas Indonesia, jadi tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Lokasi: Jl. K.H.M. Usman No.110, Kukusan, Kec. Beji, Kota Depok.

17. Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame
Image Credit: Anandastoon.com

Salah satu destinasi wisata kota Depok yang memiliki suasana menyenangkan, dengan panorama alam yang epik. Disini pengunjung bisa menikmati udara yang masih asri, dan dikelilingi danau kecil yang indah. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan tenang dan santai, tanpa memikirkan kepadatan kota.

Disekitar area wisata dilengkapi dengan gazebo dan playground, sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

Lokasi: Jl. Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

18. Fantasi Water Park

Fantasi Water Park
Image Credit: Depoktren.com

Masyarakat Depok sering menyebutnya dengan nama Aladin Water Park, karena kosepnya unik seperti istana 1001 malam. Berangkat dari konsep tersebut sehingga menjadikan Water Park layaknya berwisata di negeri dongeng. Hal ini yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berlibur bersama keluarga.

Wahana air yang disediakan cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan bermain anak-anak dan dewasa.

Lokasi: Jl. Boulevard Grand Depok City, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

BACA:  33 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Paling Hits

19. Kolam Renang Paragon

Kolam Renang Paragon
Image Credit: Wisatatempatku.com

Anda sedang mencari hiburan di akhir pekan? Cobalah untuk berkunjung ke kota Depok, tepatnya di kolam renang Paragon. Tempat wisatanya menawarkan fasilitas kolam renang indoor, jadi tidak perlu khawatir kepanasan. Anda bisa sepuasnya berenang tanpa takut kulit tersengat sinar matahari secara langsung.

Terdapat 4 macam kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, tinggal menyesuaikan saja dengan kemampuan. Pengelola juga menyediakan kefetaria, musholla, dan tempat bilas yang bersih.

Lokasi: Jl. H. Dimun IV, Sukamaju, Kec. Cilodong, Kota Depok.

20. Situ Asih Pulo

Situ Asih Pulo
Image Credit: Depok24jam.com

Bagi Anda yang membutuhkan tempat wisata dengan suasana sunyi dan tenang, mungkin Situ Pulo menjadi rekomendasi terbaik. Pengunjung bisa duduk santai di pinggiran danau sambil menghirup udara khas pedesaan.

Kawasan wisata dikelilingi oleh pepohonan yang tumbuh rindang, sehingga terkesan sejuk di mata. Anda juga bisa berkeliling kawasan danau dengan menaiki perahu bebek, yang disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasi: Jl. Situ Asih, Pulo, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

21. Arina Waterpark

Arina Waterpark
Image Credit: Anto-cihui.blogspot.com

Biasanya pengunjung memilih untuk menikmati waktu libur, dengan berkunjung ke Arina Waterpark. Mereka akan menghabiskan liburan dengan bermain air, sambil menikmati fasilitas di sekitarnya. Anda juga bisa berburu spot cantik untuk berfoto, dengan berbagai background yang instagramble.

Pengelola menyediakan fasilitas perahu kecil untuk mengitari kawasan wisata. Sambil mengayuh perahu Anda bisa menghirup udara segar khas kota Depok, untuk menghilangkan stres sejenak.

Lokasi: Pd. Petir, Kec. Bojongsari, Kota Depok.

22. Pondok Zidane Depok

Pondok Zidane Depok
Image Credit: Pondokzidan.com

Lokasi wisata terletak di daerah Kampung Prigi, agak jauh dari pusat kota tetapi masih bisa ditempuh. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman liburan seru, dari fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Bagi Anda yang tidak takut ketinggian mungkin bisa mencoba wahana flying fox.

Tempat wisata ini sering digunakan untuk melakukan kegiatan outbond, atau sekedar bersantai dengan keluarga. Disekitar taman bermain terdapat pondokan untuk tempat menginap para pengunjung.

Lokasi: Jl. Kekupu Blok, Blok Porek 1, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok.

23. Basecamp KCD

Basecamp KCD
Image Credit: Wisatalengkap.com

Tempat ini merupakan basecamp dari komunitas relawan di sekitar sungai Ciliwung. Mereka bergerak untuk mengajak masyarakat setempat, agar menjaga kelestarian sungai Ciliwung. Meskipun hanya basecamp biasa namun tempat ini menjelma sebagai kawasan wisata.

Para relawan mengusung konsep ala anak millenials, dengan tujuan agar mereka sering berkunjung. Anda bisa mencoba wahana flying fox untuk melihat sungai Ciliwung lebih dekat.

Lokasi: Jl. Boulevard Grand Depok City, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

24. Kampung Warna-Warni Depok

Kampung Warna-Warni Depok
Image Credit: Kompas.com

Kampung kreasi ini terinspirasi dari salah satu wisata di kota Malang, dan diterapkan di beberapa daerah kampung. Sejak populer pada tahun 2017 lalu tempat wisata ini berhasil menyedot perhatian wisatawan.

Pembuatan kampung sendiri berasal dari swadaya masyarakat, yang memiliki keterampilan dalam melukis. Sepanjang jalanan Anda akan menemukan aneka lukisan 3D, serta banyak tulisan motivasi.

Lokasi: Jl. Bhakti, RW 10, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

25. Cagar Alam Pancoran Mas

Cagar Alam Pancoran Mas
Image Credit: Kompasiana.com

Destinasi wisata ini berupa kawasan hutan yang terletak di daerah Pancoran Mas. Sebenarnya hutan kota ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, namun baru mendapat perhatian akhir-akhir ini. Kawasan cagar alam menawarkan beragam jenis pohon dan tanaman herbal, yang bisa dipelajari oleh pengunjung.

Anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang masih terasa alami. Biasanya para wisatawan lebih tertarik untuk menyusuri kawasan hutan, sambil mengambil beberapa foto.

Lokasi: Jl. Raya Cagar Alam, Pancoran MAS, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

Itulah 25 tempat wisata menarik di Kota Depok yang dapat Anda kunjungi. Kota ini hanya berjarak sekitar 1 jam tempuh dari kota Jakarta, bisa dibilang sangat dekat. Jadi tidak heran jika kota ini sering dijadikan tempat pelarian sejenak, terutama warga ibukota yang sedang jenuh. Mereka membutuhkan tempat wisata yang tenang dan damai, untuk mengembalikan energi yang sempat hilang. Ada beberapa tempat wisata di kota Depok yang ditawarkan, sebagai sarana untuk menghabiskan liburan.