Ketika Anda sedang mengunjungi kota Garut, maka Anda pun tak perlu khawatir kebingungan untuk mencari tempat wisata. Pasalnya, salah satu kota di Jawa Barat ini memiliki berbagai macam destinasi wisata seru yang bisa untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Tertarik dengan tempat wisata apa saja yang menarik dikunjungi di kota Garut? Berikut simak ulasannya untuk Anda.

1. Puncak Guha

Puncak Guha
Image Credit: Yukpiknik.com

Untuk Anda yang sedang berada di Garut dan ingin untuk mencari panorama laut yang menawan, maka Anda pun bisa mengunjungi Puncak Guha. Disini, Anda pun tak hanya disuguhkan dengan pemandangan laut saja melainkan juga perbukitan yang hijau.

Suasana yang tenang dan mendukung ini pun juga akan cocok bagi Anda yang sedang ingin menikmati suasana alam tanpa adanya keramaian. Luasnya Samudra Hindia pun dapat Anda saksikan melalui Puncak Guha ini.

Lokasi: Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut.

2. Gunung Piramida Sadahurip

Gunung Piramida Sadahurip
Image Credit: Coklatdanhujan.files.wordpress.com

Gunung satu ini pun memiliki misterinya tersendiri. Dimana disebutkan bahwa terdapat piramida dan juga harta karun yang tersembunyi di bawah gunung satu ini. Selain itu, gunung unik satu ini pun juga memiliki bentuk yang nyaris simetris layaknya piramida di Mesir.

Lereng dari gunung Piramida Sahurip ini pun juga digunakan oleh penduduk sekitar sebagai lahan pertanian dan juga perkebunan oleh penduduk yang berada di sekitar pegunungan.

Lokasi: Sindanggalih, Kec. Karangtengah, Kab. Garut.

3. Leuweung Oko D’Great

Leuweung Oko D'Great
Image Credit: Refibezk.blogspot.com

Tempat wisata hits satu ini memang belakangan sering kali dilirik oleh para wisatawan. Hal ini dikarenakan di Leuweung Oko D’Great terdapat hutan pinus yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk dikunjungi.

Dengan memiliki pemandangan indah dan atmosfer yang sejuk maka Anda pun juga bisa menjadikan tempat satu ini spot foto yang menarik untuk memenuhi Instagram.

Lokasi: Cirapuhan, Kec. Selaawi, Kab. Garut.

4. Batu Patapaan

Batu Patapaan
Image Credit: Garutclimbingdata.blogspot.com

Formasi tebing yang ada di Batu Patapaan ini memiliki formasi yang unik. Tempat ini pun akan menjadi salah satu lokasi yang menantang bagi para wall climber. Hal ini dikarenakan terdapat 8 jalur memanjat yang mempunyai tingkat kesulitan yang beragam.

Bagi Anda yang memiliki hobi wall climbing, maka tempat wisata satu ini akan menjadi destinasi yang cocok untuk berlibur.

Lokasi: Jl. Cikajang, Tanjungjaya, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut.

5. Batu Tumpang

Batu Tumpang
Image Credit: Garoetpisan.blogspot.com

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Garut adalah Batu tumpang. Wisata ini dapat dikatakan sebagai salah satu spot uji adrenalin yang ekstrim di tebing batu raksasa yang berada di tengah kebun teh. Objek wisata yang mempunyai ketinggian sekitar 150 meter ini akan membuat Anda tertantang untuk menaklukkan lerengnya.

Lokasi: Tanjungjaya, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut.

6. Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati Gunung Papandayan
Image Credit: Pegipegi.com

Terdapat banyak sekali wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di kota Garut. Salah satunya adalah Hutan Mati Gunung Papandayan. Hutan yang tanpa dedaunan ini pun dapat menjadi salah satu spot foto instagenik yang cocok untuk Anda nikmati.

Pepohonan ini mati lantaran terkena awan panas dan juga abu vulkanik yang menyelimuti lereng gunung satu ini. Pemandangan pohon yang kering tanpa daun ini akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi: Karamat Wangi, Kec. Cisurupan, Kab. Garut.

BACA:  33 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Paling Hits

7. Gunung Guntur

Gunung Guntur
Image Credit: Janganlupabahagia.com

Memiliki ketinggian sekitar 2.249 mdpl maka Anda pun pastinya akan terpukau akan pemandangan alam yang disajikan oleh Gunung Guntur ini. Di sini Anda akan bisa menyaksikan lanskap alam yang sangat indah dan juga memukai. Ketika ingin mendaki gunung satu ini maka Anda pun nantinya akan melewati tiga pos pendakian.

Ketika telah berada di puncak, maka Anda pun akan bisa melihat deretan gunung di Jawa Barat yang sangat mempesona. Anda pun dapat menyaksikan pemandangan gunung dari Ciremai hingga ke Cikuray yang sangat indah tersebut. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki hobi mendaki maka tak ada salahnya untuk menghabiskan liburan Anda dengan pergi ke gunung satu ini.

Lokasi: Desa Pasawahan, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

8. Curug Cibadak

Curug Cibadak
Image Credit: Enjoyidn.wordpress.com

Salah satu keindahan tersembunyi yang bisa untuk Anda temukan di kota Garut adalah Curug Cibadak. Untuk bisa sampai ke air terjun satu ini maka Anda pun harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Dimulai dari menjelajahi perkebunan, hutan dan juga trekking selama beberapa menit. Akan tetapi, hal tersebut akan terbayar ketika Anda telah sampai ke wisata satu ini.

Pasalnya, Anda pun akan langsung disuguhkan pemandangan yang sangat indah dan tidak tertandingi. Air terjun satu ini pun memiliki debit air yang cukup deras. Namun ketika berada di tempat satu ini, Anda pun akan langsung bisa menikmati pemandangan alam yang sangat memukau. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat satu ini ketika Anda sedang berada di Garut.

Lokasi: Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut.

9. Curug Ciarjuna

Curug Ciarjuna
Image Credit: Jelajahgarut.com

Ada beberapa curug dengan pesona alam memukau yang bisa untuk Anda kunjungi saat berada di Garut. Salah satu curug yang bisa untuk Anda singgahi adalah Curug Ciarjuna. Objek wisata satu ini pun cukup terpencil sehingga tidak banyak wisatawan yang datang ke lokasi satu ini.

Untuk itu, wisata dengan pemandangan alam yang sangat alami ini akan cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata dengan sedikit pengunjung.

Lokasi: Panawa, Kec. Pamulihan, Kab. Garut.

10. Curug Mala atau Cikawung

Curug Mala atau Cikawung
Image Credit: Wowkeren.com

Selanjutnya, destinasi wisata berikutnya yang bisa untuk Anda kunjungi adalah Curug Mala. Tempat wisata satu ini dapat menjadi curug dengan panorama yang sangat indah dan tiada tara. Memiliki debit air yang melimpah, wisata inipun juag memiliki ukuran yang tidak terllau tinggi.

Selain itu, lanskap yang ada di sekeliling curug ini akan menjadikan wisata satu ini menjadi tampak lebih indah.

Lokasi: Desa Girimukti, Kec. Cisewu, Kab. Garut.

11. Curug Nyogong

Curug Nyogong
Image Credit: Digarut.com

Tempat wisata alami yang bisa untuk Anda singgahi saat berada di kota ini adalah Curug Nyogong. Wisata air terjun merupakan salah satu tempat wisata yang banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan, salah satunya adalah air terjun satu ini. Curug ini pun memiliki debit air yang cukup deras. Dengan memiliki lokasi yang cukup terpencil dan jauh dari jalan utama maka Anda pun harus melakukan trekking ketika ingin mengunjungi wisata satu ini.

Namun, Anda pun akan bisa melihat keindahan yang akan memanjakan mata Anda. Lingkungan yang alami tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kesegaran dari wisata satu ini tentu saja akan membuat Anda betah untuk berlama lama di tempat satu ini. Ditambah lagi dengan pemandangan yang asri tentu saja akan membuat Anda ingin mengunjungi tempat ini kembali.

Lokasi: Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Kec. Cihurip, Kab. Garut.

12. Curug Batu Nyusun

Curug Batu Nyusun
Image Credit: Instagram.com @afgandika

Curug lainnya yang bisa untuk Anda kunjungi ketika berada di kota Garut adalah Curug Batu Nyusun. Tempat satu ini pun memiliki formasi bebatuan yang tersusun dengan rapi. Sehingga ketika Anda kesini pun akan dibuat terpukau akan pemandangan bebatuan tersebut.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru & Paling Hits

Air terjunnya sendiri juga tak kalah indah dan memanjakan mata. Untuk itu, Anda pun jangan melewatkan tempat satu ini ketika sedang berada di Garut.

Lokasi: Kampung Cikuda, Desa Pangrumasan, Kec. Peundeuy, Kab. Garut.

13. Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu
Image Credit: Pantainesia.com

Selain menikmati wisata air terjun, ketika berada di kota ini Anda pun juga bisa untuk menikmati wisata pantai. Pantai ini pun cukup unik, dikarenakan pinggiran pantai yang biasanya adalah pasir namun disini Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda.

Anda akan menemukan beberapa titik hijau yang ada di pinggir pantai. Tentu saja hal ini akan menjadi panorama unik yang bisa untuk Anda temukan di pantai satu ini.

Lokasi: Desa Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

14. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk
Image Credit: Pantainesia.com

Untuk Anda yang ingin mengunjungi pantai dengan padang pasir maka Anda pun bisa mengunjungi Pantai Cijeruk. Memiliki tekstur pantai pasir jingga yang cukup unik dan juga lanskap yang landai ini pun akan membuat pantai satu ini memiliki padang pasir.

Hal yang bisa membuat Anda betah untuk berlama lama di pantai ini adalah dikarenakan sepinya pengunjung. Sehingga Anda pun akan serasa berlibur di pantai pribadi.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

15. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Blog.jadipergi.com

Mencari sunset di kota Garut? Maka Anda pun bisa mengunjungi salah satu pantai ini. Pantai yang memiliki banyak batu karang tersebut akan menawarkan atmosfer yang sangat pas untuk Anda bersantai.

Namun, disarankan Anda untuk tidak berenang di pantai satu ini. Hal tersebut dikarenakan Pantai Rancabuaya memiliki ombak yang cukup besar. Sehingga Anda pun bisa bersantai sembari menungg matahari terbenam di pinggir pantai.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

16. Pusat Konservasi Elang Kamojang

Pusat Konservasi Elang Kamojang
Image Credit: Grid.id

Bagi Anda yang ingin untuk melihat satwa liar yang ada di penangkaran, maka Anda pun bisa mengunjungi Pusat Konservasi Elang Kamojang. Berlokasi di kaki gunung Papandayan ini maka Anda pun juga akan bisa mengetahui berbagai hal mengenai hewan satu ini.

Selain itu, destinasi wisata satu ini pun juga akan cocok digunakan untuk sarana edukasi bagi si kecil. sehingga tempat ini dapat menjadi wisata yang pas untuk keluarga Anda di akhir pekan.

Lokasi: Jl. Raya Kamojang, Sukakarya, Kec. Samarang, Kab. Garut.

17. River Tubing Cikaengan

River Tubing Cikaengan
Image Credit: Jelajahgarut.com

Tertarik mencoba wahana wisata menantang saat berada di kota Garut? Maka River Tubing Cikangean adalah jawabannya. Memiliki debit air yang tidak terlalu besar dan juga air yang bersih maka tempat wisata satu ini pun akan bisa Anda gunakan untuk menikmati olahraga arung jeram.

Dengan berlokasi di pedesaan, maka Anda pun nantinya akan bisa untuk mendapatkan udara yang sejuk saat berada di River Tubing ini.

Lokasi: Sungai Cikaengan, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut.

18. Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin
Image Credit: Garutselatanonline.com

Untuk Anda yang mencari lokasi foto yang instagramable maka Bukit Pilar Angin dapat menjadi jawabannya. Bukit satu ini pun memiliki pemandangan yang sangat eksotis dapat memanjakan mata pengunjung.

Untuk itu, ketika sedang berada disini, Anda pun jangan lupa untuk membawa kamera. Hal ini dikarenakan Anda pun akan bisa berfoto dengan pemandangan dan latar belakang perbukitan yang sangat memukau. Tentunya Anda pun tak bisa melewatkan kesempatan satu ini.

Lokasi: Belakang Bukit Cikajar, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

19. Bukit Nangklak

Bukit Nangklak
Image Credit: Ujwar.com

Destinasi wisata alam lain yang bisa untuk Anda kunjungi bersama keluarga saat berakhir pekan adalah Bukit Nangklak. Lokasi satu ini memang cocok bagi Anda yang ingin untuk menghabiskan liburan dengan suasana alam yang sejuk dan asri.

Bagi Anda yang mencari lokasi foto yang instagramable maka Anda pun juga bisa untuk mengunjungi tempat satu ini. Selain itu, Anda pun juga akan disuguhkan dengan berbagai permainan yang akan membuat si kecil menjadi betah.

Lokasi: Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut.

20. Papandayan Leisure Park

Papandayan Leisure Park
Image Credit: Low-budget-travel.blogspot.com

Destinasi wisata satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengadakan acara kumpul keluarga. Pasalnya, terdapat banyak wahana yang bisa untuk Anda lakukan ketika berada di tempat satu ini. Mulai dari area botram outbond dan juga camping yang cocok untuk dilakukan bersama keluarga besar Anda.

BACA:  10 Pulau Menarik di Malaysia yang Paling Hits

Tak ketinggalan, Anda pun juga bisa berfoto dengan latar belakang pegunungan yang sangat indah. Dengan memiliki hamparan rumput laut yang hijau, maka tempat ini pun memang di desain untuk menyejukkan mata dan pikiran Anda. Sehingga ketika Anda berada disini, Anda pun akan bisa mengisi ulang energi yang habis saat bekerja. Tempat wisata yang cukup lengkap ini pun dapat Anda coba untuk menemani waktu akhir pekan bersama keluarga.

Lokasi: Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut.

21. Cilopang Adventure Camp

Cilopang Adventure Camp
Image Credit: Dapoeryuyu.com

Bagi Anda yang suka berkemah namun malas untuk menembus hutan, maka Cilopang Adventure Park dapat menjadi salah satu tempat wisata yang Anda kunjungi. Memiliki lokasi yang strategis maka hal ini akan membuat tempat wisata ini disukai oleh wisatawan.

Untuk Anda yang ingin camping, maka Anda pun bisa menjajal lokasi satu ini. Ditambah dengan ilalang yang tumbuh di tempat satu ini akan membuat wisata ini pun menjadi lokasi foto yang instagramable.

Lokasi: Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

22. Jugul Selfie Bukit Palahlar

Jugul Selfie Bukit Palahlar
Image Credit: Kumparan.com

Untuk Anda yang sedang mencari spot foto kekinian saat berada di kota Bogor, maka Anda pun bisa mengunjungi tempat satu ini. dengan memiliki pemandangan yang indah dan juga hamparan hijau ini akan membuat Anda tak henti hentinya mengambil gambar di tempat wisata satu ini.

Dari sini, Anda akan bisa menyaksikan pemandangan berupa kebun teh, kebun bunga dan juga panorama alam yang tak kalah indahnya.

Lokasi: Jl. St. K.A. Bumi Waluya, Desa Cikarag, Kec. Malangbong, Kab. Garut.

23. Karacak Valley

Karacak Valley
Image Credit: Digarut.com

Ingin merasakan sensasi berkemah di tempat nge hits? Untuk itu, Anda pun wajin untuk mengunjungi Karacak Valley. Salah satu objek wisata di kota Garut ini memiliki nuansa perbukitan yang sering digunakan oleh para wisatawan untuk berkemah. Selain itu, tempat yang apik ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat untuk foto pre wedding.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin untuk nongkrong santai sembari ditemani oleh api unggun maka tempat satu ini adalah lokasi yang cocok. Lokasi wisata satu ini pun berada di tengah kota sehingga nantinya akan sangat mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan. Sepanjang jalan pun juga terdapat penunjuk arah, sehingga Anda pun tidak akan tersesat.

Lokasi: Jl. Karacak Valley, Margawati, Garut Kota, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

24. Bukit Teletubbies Pasir Pogor

Bukit Teletubbies Pasir Pogor
Image Credit: Bisnisbandung.com

Bukit satu ini memiliki area yang sangat panjang yakni hingga ke sisi timur. Ketika berada disini, Anda pun akan bisa berfoto dengan nuansa perbukitan yang hijau serta ditambah dengan langit yang sangat biru. Bahkan, terkadang Anda pun juga akan bisa untuk menemukan sekumpulan kambing yang sedang mencari makan di tempat satu ini.

Lokasi: Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

25. Dayeuh Manggung

Dayeuh Manggung
Image Credit: Mapio.net

Untuk Anda yang mencari lokasi wisata sejuk nan eksotis, maka Anda pun bisa mengunjungi Dayeuh Manggung saat berada di koat Garut. Perkebunan teh peninggalan Belanda ini telah berdiri sejak tahun 1913. Disini Anda pun akan bisa untuk menemukan spot foto Kampoeng Amsterdan yang dulunya adalah kompleks perumahan jaman Belanda.

Lokasi: Desa Dayeuhmanggung, Kec. Cilawu, Kab. Garut.

Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung mencari tempat wisata di kota Garut maka Anda pun tak perlu khawatir. Di kota satu ini tersedia wisata yang cukup lengkap, mulai dari pegunungan, laut dan juga air terjun. Anda pun hanya tinggal memilih lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda.