Gorontalo yang dikenal dengan julukan the hidden paradise memiliki banyak destinasi berlibur, mulai dari wisata alam hingga wisata terbaru dan hits di Gorontalo mampu membuat turis terpesona dan betah berkunjung.

Untuk sebagian orang, wisata di Gorontalo mungkin belum terdengar familiar karena letaknya yang cukup jauh dan tidak terkenal. Padahal, provinsi satu ini menawarkan keindahan alam memesona yang akan memberikan sensasi liburan berbeda. Jika Anda ingin mencari suasana tenang maka tempat yang masih alami dan eksotis ini sangat cocok dijadikan pilihan utama.

Untuk menambah pengetahuan tentang tempat wisata terbaru dan hits di Gorontalo, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Pantai Tenilo

Pantai Tenilo
Image Credit: Kumparan.com

Pantai satu ini dikenal memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pantai yang ada di Bali, pasalnya pantai Tenilo mempunyai perairan yang dangkal dan luas. Pantai satu ini juga memiliki pasir putih yang begitu halus, sehingga sangat cocok dijadikan tempat pelesir berkualitas bersama dengan keluarga.

Bermain air, membuat istana pasir bersama dengan keluarga, serta berfoto bersama untuk mengabadikan kenangan dalam sebuah potret bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan di pantai ini.

Lokasi: Tenilo, Kec. Tilamuta, Kab. Boalemo.

2. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata satu ini bisa dibilang cukup hits dan populer di kalangan masyarakat Gorontalo dan sekitarnya. Benteng Otahana sendiri adalah tempat peninggalan sejarah, yang mana pada zaman dahulu digunakan untuk menahan serangan musuh. Jadi, ketika Anda berkunjung ke destinasi wisata ini bisa mendapatkan informasi mengenai cerita sejarah dari Gorontalo.

Ketika sampai di benteng Otahana, maka Anda bisa menyaksikan kemegahan bangunan benteng yang sangat unik. Hal ini karena bangunan tersebut disusun dari komposisi batu kapur dan pasir. Yang unik dari bangunan ini ialah penggunaan telur burung Maleo yang diolah sedemikian rupa, hingga kemudian telur tersebut dijadikan sebagai perekat batu kapur. Saking uniknya, bangunan satu ini akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Jl. Usman Isa, Kec. kota barat, Kab gorontalo.

3. Pulau Cinta (Pulo Cinta)

Pulau Cinta (Pulo Cinta)
Image Credit: Hipwee.com

Wisata satu ini adalah salah satu wisata di Gorontalo yang paling populer dan juga hits. Bahkan ketenaran dari pulau bentuk cinta ini, sudah terdengar hingga ke telinga masyarakat dunia. Sesuai dengan namanya, pulau ini sudah jelas sekali jika menyuguhkan suasana yang romantis. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai destinasi wisata romantis atau tempat bulan madu yang menyenangkan.

Objek wisata ini merupakan sebuah pulau kecil nan cantik yang berada di tengah tengah lautan. Yang mana di sekeliling pulau terhubung dengan beberapa villa yang disewakan sebagai tempat menginap. Ketika menginjakkan kaki di pulau Cinta, maka Anda akan langsung merasakan keindahan laut Gorontalo yang begitu jernih dan bersih. Menginap di pulau ini, Anda memiliki kesempatan bermain air laut yang langsung dari atas villa.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Gorontalo yang Murah & Enak

Lokasi: Patoameme, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo.

4. Pulau Saronde

Pulau Saronde
Image Credit: Genpi.co

Pulau satu ini kerap disebut sebagai pulau mini karena terdiri dari wilayah yang cukup kecil. Akan tetapi, di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan keindahan laut yang memesona dan bisa menempati rumah tradisional yang dibangun dari bambu.

Pulau Saronde merupakan tempat yang tepat untuk kegiatan menyelam atau naik perahu. Di sini, pengunjung juga bisa sekedar duduk duduk santai di ujung jembatan sembari merasakan sensasi kaki yang berendam di air laut.

Lokasi: Moluo, Kec. Kwandang, Kab. Gorontalo.

5. Pusat Karawo

Pusat Karawo
Image Credit: Kerajinanindonesia.id

Pusat Karawo adalah pusat dimana banyak kerajinan khas Gorontalo diproduksi. Ketika berkunjung, maka Anda berkesempatan melihat hasil sulaman tradisional Gorontalo yang disematkan pada kain.

Setiap daerah di Gorontalo memiliki corak kain berbeda, yang mana hal tersebut untuk menunjukkan identitas masing masing. Hasil sulaman yang diproduksi oleh warga Karawo tentunya berkualitas tinggi, sebab dibuat oleh orang yang memiliki ketrampilan khusus.

Lokasi: Kurawo, Kec. Bongomeme Kab. Gorontalo.

6. Desa Wisata Religius Bongo

Desa Wisata Religius Bongo
Image Credit: Daisyjuliaaa.blogspot.com

Di destinasi wisata ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai wisata religi di Gorontalo. Berkunjung ke desa Bongo maka akan terasa kekentalan budaya masyarakat setempat yang sangat religius.

Di desa ini juga terdapat objek wisata yang menarik dan unik yaitu pesantren alam, kolam asmaul husna, dan lainnya. Jika berkunjung ke sini, Anda dapat melakukan liburan sambil belajar memperdalam ilmu agama.

Lokasi: Desa Bongo, Kec. Batudaa Pantai, Kab. Gorontalo.

7. Kolam Renang Potanga

Kolam Renang Potanga
Image Credit: Google Maps (Sahril Luma)

Destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk liburan keluarga, sebab kolam Renang Potanga ramah anak dan memberikan pengalaman berwisata air yang menyenangkan. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, wisata ini kerap kali menjadi pilihan utama untuk dikunjungi.

Jika berwisata ke tempat ini, pengunjung bisa menikmati banyak fasilitas wahana air ataupun wisata kuliner yang memanjakan lidah.

Lokasi: Pilolodaa, Kec. Kota Barat, Kab. Gorontalo.

8. Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele
Image Credit: Sumbar.antaranews.com

Taman wisata ini memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan, karena bisa melakukan aktivitas laut dengan olahraga menyelam disertai menikmati panorama biota bawah laut yang cantik. Di sini, wisatawan akan disajikan pemandangan bawah laut yang berbeda dari biasanya.

Taman Wisata Laut Olele sangat cocok untuk Anda yang gemar snorkeling dan berburu foto di bawah laut untuk dokumentasi spesial Anda.

Lokasi: Desa Olele, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango.

9. Masjid Walima Emas

Masjid Walima Emas
Image Credit: Kumparan.com

Bangunan masjid di Gorontalo ini memiliki unsur sejarah yang terkenal dan mampu menarik minat wisatawan untuk berdatangan. Hal unik dari masjid Walima Emas yang menjadi saya tarik adalah waktu peresmian masjid, yakni diresmikan pada tanggal 12 bulan 12 di tahun 2012 dan tepat pada jam 12:12.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Paling Populer

Namun tidak hanya itu saja, di masjid ini juga kerap diadakan acara keagamaan, solat berjamaah, dan beberapa kegiatan dakwah.

Lokasi: Bongo, Kec. Batudaa Pantai, Kab. Gorontalo.

10. Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo
Image Credit: Pegipegi.com

Wisata pulau ini bisa dibilang sangat baru di Gorontalo, sehingga belum banyak orang yang tahu. Pulau dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil ini, dikelilingi oleh beberapa bukit sehingga menciptakan keindahan tersendiri.

Berkunjung ke pulau Diyonumo, wisatawan akan disuguhkan panorama alam memesona yang dipadukan dengan keindahan pasir putih dan hamparan laut luas yang jernih. Pulau ini bisa menjadi spot foto yang menarik dan instagramable.

Lokasi: Deme, Kec. Sumalata, Kab. Gorontalo.

11. Pantai Dunu

Pantai Dunu
Image Credit: Wisato.id

Destinasi satu ini akan disayangkan jika dilewatkan, pasalnya di pantai Dunu pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan pasir putih dan air laut yang jernih. Tidak hanya bermain air dan pasir saja, di sini juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti bermain voli pantai atau sekedar duduk santai menikmati keindahan pantai Dunu yang eksotis. Di sini, Anda juga bisa menikmati pesona matahari yang tengah kembali ke peraduannya.

Lokasi:  Celebes, Sea, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa.

12. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da’a
Image Credit: Instagram.com @menzto

Wisata hits Gorontalo ini menyajikan kesejukan netra dari jernihnya air yang bisa menenangkan hati dan pikiran. Tidak hanya itu, di air terjun Hiyaliyo Da’a, mata juga akan dimanjakan dengan panorama alam yang masih sangat terjaga dan bersih.

Dengan perjalanan menggunakan kendaraan selama 3 jam dan berjalan kaki sekitar 30 menit, maka Anda akan bisa menyaksikan keindahan air terjun yang begitu menyegarkan.

Lokasi: Didingga, Kec Biawu, Kab. Gorontalo Utara.

13. Bukit Layang

Bukit Layang
Image Credit: Instagram.com @rianwalangadi

Bukit Layang sangat cocok untuk Anda yang gemar dengan aktivitas camping di alam terbuka. Tempat satu ini, akan selalu ramai ketika malam hari. Pasalnya saat malam, dari atas bukit pemandangan kota Gorontalo akan lebih indah dan memesona untuk dilihat.

Karena letaknya yang cukup tinggi, bukit satu ini juga pilihan yang tepat untuk menyaksikan fenomena bintang di langit sembari berbaring di dekat tenda.

Lokasi: Siendeng, Kec. Hulonthalangi, Kab. Gorontalo.

14. Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian Air Panas Lombongo
Image Credit: Keepo.me

Berlibur bersama keluarga sembari menghilangkan penat dan capek di tubuh, maka pemandian air panas Lombongo adalah pilihan yang paling tepat. Pasalnya, pemandian satu ini memiliki sumber air panas langsung dari pegunungan vulkanis. Sehingga air yang berada di pemandian memiliki panas asli, dimana air panas yang mengandung belerang ini baik untuk memelihara kesehatan tubuh.

Lokasi: Desa Lombongo, Kec. Suwawa, Kab. Bone Bolango.

15. Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone
Image Credit: Kumparan.com

Destinasi satu ini cukup ramai dikunjungi dan hits di kalangan masyarakat Gorontalo, hal ini karena berkunjung ke monumen Nani Wartanone adalah wisata gratis yang bisa dikunjungi kapan saja.

Monumen yang dibangun untuk menghargai jasa para pahlawan ini, bisa dijadikan wisata edukasi. Yang mana Anda akan tahu mengenai perjuangan dan patriotisme masyarakat Gorontalo dalam memperjuangkan kemerdekaan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Manado yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Pangeran Kalengkongan, Kec. Hulonthalangi, Kab. Gorontalo.

16. Pantai Tangga 2000

Pantai Tangga 2000
Image Credit: Mapio.net

Memiliki nama Tangga 2000, pantai satu ini memang memiliki banyak anak tangga yang mengelilingi tepi pantai. Jadi, sembari menapaki ribuan anak tangga di pinggir pantai wisatawan  bisa menyaksikan keindahan alam pantai yang masih asri.

Salah satu kegiatan menyenangkan yang paling populer di tempat ini adalah duduk di pinggir pantai sambil menikmati jagung bakar. Menyenangkan, bukan?

Lokasi: Pohe, Kec. Hulonthalangi, Kab. Gorontalo.

17. Desa Suku Bajo

Desa Suku Bajo
Image Credit: Pesona.travel

Wisata satu ini masih bisa dikatakan baru, pasalnya belum banyak diketahui oleh para wisatawan karena memang letaknya yang sangat jauh. Meskipun membutuhkan perjalanan yang cukup lama, namun rasa lelah di perjalanan akan tergantikan dengan pesona desa suku Bajo.

Berlibur di desa ini, Anda akan merasakan pengalaman berinteraksi dan melakukan beragam kegiatan tradisional khas Bajo yang pastinya menjadi pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Torosiaje, Kec. Popayato, Kab. Pohuwato.

18. Danau Limboto

Danau Limboto
Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Danau dengan luas 3000 hektar ini, termasuk dalam destinasi wisata hits yang ada di Gorontalo. Sehingga tidak heran jika ada banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, apalagi di masa liburan panjang.

Danau satu ini memiliki pesona tanaman danau yang tumbuh di tanah berlumpur seperti eceng gondok. Di danau Limboto terdapat jembatan kayu, yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk spot foto menarik.

Lokasi: Danau Limboto, Kec. Limboto, Kab. Gorontalo.

19. Pantai Kurenai

Pantai Kurenai
Image Credit: Heikaku.com

Destinasi wisata satu ini merupakan salah satu spot diving terbaik di Gorontalo. Bahkan hampir 80 persen luas area yang ada di pantai Kurenai bisa dijadikan spot untuk diving. Di sini, saat diving maka akan disuguhkan dengan beragam karang yang tumbuh dengan begitu cantik.

Tidak hanya ramah untuk olahraga diving, di pantai ini pengunjung juga bisa duduk di tepian atau sekedar berjalan jalan di sekitar pantai.

Lokasi: Botubarani, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango.

20. Wisata Bahari Hiu Paus

Wisata Bahari Hiu Paus
Image Credit: Travel.kompas.com

Objek wisata ini sangat pas untuk Anda yang gemar dengan aktivitas ekstrim dan menantang. Wisata bahari satu ini akan memberikan pengalaman berenang bersama Hiu Paus. Bisa dikatakan wisata ini cukup ekstrim, sebab Anda akan berinteraksi langsung dengan mamalia besar tersebut.

Di wisata ini, wisatawan bisa memperoleh kesempatan menyentuh dan berfoto langsung dengan Hiu Paus. Tidak perlu cemas, sebab ikan raksasa tersebut sudah jinak dan aman bagi pengunjung.

Lokasi: Botubarani, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Gorontalo. Kebanyakan tempat wisata di provinsi ini memang terbilang masih sangat asri dan alami, hal ini dikarenakan masih sedikit wisatawan luar  Gorontalo yang tahu. Dengan adanya ulasan ini, diharapkan wisata Gorontalo yang begitu beragam dan memesona ini bisa diketahui banyak orang. So, tertarik berlibur ke Gorontalo?