Butuh Liburan Seru? Inilah List Tempat Wisata Populer di Gresik, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Eksotis & Paling Hits yang Menarik Dijelajahi untuk Petualangan Liburan yang Menyenangkan.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui bahwa Gresik merupakan kota yang terkenal dengan industrinya. Tetapi, daerah tersebut ternyata juga menyimpan begitu banyak pesona alam yang menawan dan layak diekslpor. Mulai dari objek wisata alam hingga destinasi buatan semua tersedia. Selagi menginjakkan kaki di Kota Gresik, maka sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut.

1. Situs Giri Kedaton

Situs Giri Kedaton
Image Credit: Instagram.com @andre_d.j

Untuk mengisi waktu liburan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata sejarah seperti Situs Giri Kedaton, Gresik. Situs ini berupa batu berundak yang terletak di puncak bukit tak terlalu tinggi. Meski demikian, Anda akan tetap melihat keunikan alam yang tak bisa ditemukan di situs lainnya. Di sisi kiri, tampak pemukiman penduduk yang masih asri.

Tersisa ruang kosong di sekitar area perbukitan yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat para pengunjung. Di lokasi inilah Anda juga akan melihat Situs Giri Kedaton secara jelas. Bila berminat, silakan kunjungi wisata bersejarah ini yang terletak di Dusun Kedaton, Sidomukti, Kota Gresik. Dijamin liburan Anda akan terisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Lokasi: Jl. Sunan Giri XIII, Pedukuhan, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

2. Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng
Image Credit: Instagram.com @dyniefadillah

Menjadi salah satu objek wisata hidden paradise di Gresik, Bukit Larangan Panceng dapat dijadikan opsi terbaik untuk mengisi waktu liburan. Pada dasarnya, Bukit Larangan Panceng ini tidak banyak dikunjungi wisatawan, oleh sebab itulah keasriannya tetap terjaga. Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan camping, bisa datang berkemah ke lokasi ini.

Ada pemandangan berupa panorama pegunungan yang berpadu dengan dedaunan hijau, yang dijamin membuat Anda tenang. Sebagai saran, bila Anda mengunjungi bukit ini sebaiknya bawa bekal yang cukup. Sebab, di lokasi tersebut masih belum banyak ditemukan penjual yang menjajakan makanan atau minuman.

Lokasi: Prupuh, Kec. Panceng, Kab. Gresik.

3. Sendang Pancuran Gosari

Sendang Pancuran Gosari
Image Credit: Instagram.com @prasetyowinardi_

Sebagian dari Anda mungkin berpendapat bahwa sendang adalah tempat yang hanya bisa digunakan untuk berenang dan bermain air saja. Nyatanya, Sendang Pancuran Gosari ini menawarkan daya tarik yang berbeda. Akibat pengelolaan yang tepat, sendang di Gresik ini mampu bertransformasi menjadi wisata alam yang berpadu dengan gaya kekinian.

Tak hanya mata air, di sana Anda juga akan disuguhkan dengan beberapa spot foto menarik yang sayang jika dilewatkan. Anda dapat menghasilkan potret yang menarik dengan latar belakang berupa rumah kayu, sarang burung, dan jembatan kayu. Oleh sebab itu, selagi berada di Gresik jangan lupa untuk mengunjungi Sendang Pancuran Gosari ini.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Gosari, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik.

4. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul
Image Credit: Instagram.com @beny.faza

Terkenal dengan daerah industri, siapa sangka Gresik juga memiliki wisata bahari yang amat memukau. Secara administratif, Pantai Mombhul ini masih satu lokasi dengan Pulau Bawean. Saat ini, pemerintah dan pengelola sedang gencar melakukan perbaikan dengan menambahkan beberapa spot foto, mulai dari sarang burung, gardu pandang, dan beberapa wahana air.

Lokasi: Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kab. Gresik.

5. Pantai Delegan

Pantai Delegan
Image Credit: Instagram.com @maz_mial

Masih dengan wisata bahari yang sangat memukau, di Kota Gresik Anda juga bisa mengunjungi salah satu pantai indah yang bernama Pantai Delegan. Seperti pantai pada umumnya, Delegan memiliki perpaduan pasir putih dan ombak yang tenang dengan warna kebiruan. Berjalan jalan di bibir pantai sambil menikmati matahari tenggelam ialah momen paling ciamik.

Lokasi: Rejodadi, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik.

6. Danau Kastoba

Danau Kastoba
Image Credit: Instagram.com @renggadshear

Sebagai informasi, Danau Kastoba juga terletak di kawasan Pulau Bawean. Uniknya, untuk bisa mencapai lokasi tersebut, Anda perlu trekking yang memakan waktu sekitar 25 menit lamanya. Jadi, bisa dikatakan Danau Kastoba sangat cocok bagi Anda yang gemar mengunjungi wisata petualangan alam.

Karena airnya yang sangat jernih dan berwarna kebiruan, para pengunjung diperbolehkan untuk merasakan kesegaran air danau tersebut. Selain berenang, Anda juga bisa berburu foto dengan spot yang sangat menarik. Bagi Anda yang tertarik, silahkan kunjungi danau yang terletak di Desa Patoman, Gresik.

Lokasi: Desa Paromaan, Kec. Tambak, Ka. Gresik.

7. Banyu Biru Lowayu

Banyu Biru Lowayu
Image Credit: Instagram.com @gresiktourism

Masih dengan wisata air, Banyu Biru Lowayu menawarkan sumber mata air berwarna kebiruan. Uniknya, air di dalam sendang ini bercampur dengan belerang yang sangat berguna bagi tubuh. Konon katanya, air di Banyu Biru Lowayu ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang diderita para pengunjungnya.

Lokasi: Lowayu, Kaliagung, Kec. Dukun, Kab. Gresik.

8. Pulau Gili Noko Gresik

Pulau Gili Noko Gresik
Image Credit: Google Maps (Rob)

Bisa dikatakan Pulau Gili Noko Gresik adalah wisata primadona bagi masyarakat sekitar kota tersebut. Bagaimana tidak, keindahan pantai dan alam bawah lautnya begitu menakjubkan sehingga patut diacungi jempol. Di pulau tersebut, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti snorkeling, berenang, berjemur, menikmati sunrise dan sunset, hingga membidik panorama pantai.

Lokasi: Pamona, Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

9. Wisata Bajak Laut

Wisata Bajak Laut
Image Credit: Instagram.com @berry_dronefpv

Untuk Anda yang sedang mencari destinasi wisata alam ramah anak, maka bisa mengunjungi Wisata Bajak Laut. Pada dasarnya, tempat tersebut merupakan waterpark dengan banyaknya wahana air yang akan disukai anak anak. Jadi, untuk para orang tua segeralah agendakan kunjungan ke Wisata Bajak Laut untuk mengisi waktu libur keluarga.

Lokasi: Masangan, Kec. Bungah, Kab. Gresik.

10. Dynasty Water World

Dynasty Water World
Image Credit: Google Maps (Abiezahra_kny)

Hampir sama seperti Wisata Bajak Laut, Dynasty Water World merupakan waterpark yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Area wisata yang sangat luas berpadu dengan fasilitas lengkap penunjang kenyamanan para pengunjung. Tak heran, objek wisata Dynasty Water World ini banyak dijadikan sebagai tujuan berlibur para wisatawan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Paling Populer

Selain area luas dan lengkapnya fasilitas, lokasi yang strategis juga turut menambah daya taruk Dynasty Water World. Letaknya yang berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Rantau Manyar membuat wisatawan mudah menemukannya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menyiapkan budget untuk membayar tarif tiket masuknya.

Lokasi: Jl. Rantau I No.27-29, Wonorejo, Yosowilangun, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

11. Banyu Urip Mangrove Center

Banyu Urip Mangrove Center
Image Credit: Instagram.com @fajarhw

Salah satu destinasi ekowisata di Gresik yang wajib Anda kunjungi ialah Banyu Urip Mangrove Center. Lokasi Mangrove yang rimbun ini sudah ada sejak 17 tahun lamanya. Meski ditanam sudah sejak lama, hutan Mangrove ini mampu menghadirkan nuansa alam sejuk dan keasrian yang masih sangat terjaga dengan baik.

Di sepanjang lokasi, Anda akan menemukan area jogging track dengan panjang sekitar 600 meter. Keberadaan area tersebut memudahkan para pengunjung yang ingin mengeksplor Banyu Urip Hutan Mangrove Center ini. Tak hanya sekedar bereksplorasi, Anda juga diperbolehkan untuk merasakan menanam bibit pohon Mangrove sendiri.

Lokasi: Banyulegi, Banyuurip, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik.

12. Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur Suci
Image Credit: Google Maps (Denny Prasetyo)

Ketika berada di Kabupaten Gresik, sempatkanlah untuk mengunjungi salah satu wisata bukit kapur yang sangat menarik. Seperti bukit kapur pada umumnya, lokasi ini terbentuk karena aktivitas industri tambang kapur yang sudah tidak beroperasi lagi. Di sekeliling area bukit, Anda akan dimanjakan pemandangan bukit hijau sejauh mata memandang.

Lokasi: Jl. Ponganganrejo, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

13. Bukit Jamur

Bukit Jamur
Image Credit: Facebook.com @pramaxproject

Bukit Jamur atau yang populer disebut Mushroom Rock ini adalah wisata yang terbentuk akibat fenomena alam. Pada dasarnya, bukit ini terbentuk karena bebatuan yang terkikis oleh angin dan bentuknya menyerupai jamur. Saat ini, lokasi ini semakin banyak dikunjungi kawula muda yang ingin berburu foto menarik untuk dibagikan ke media sosial mereka.

Lokasi: Bukit Jamur, Kec. Bungah, Kab. Gresik.

14. Tanjung Ga’ang Gresik

Tanjung Ga’ang Gresik
Image Credit: Facebook.com @gapuro.santri

Salah satu destinasi wisata bahari di Gresik yang juga wajib Anda kunjungi adalah tanjung Ga’ang. Di lokasi tersebut, Anda bisa menikmati keindahan alam laut dengan dua cara. Pertama, Anda bisa menyewa perahu carter untuk menikmati hamparan tebing karang laut yang menjulang tinggi. Kedua, Anda bisa berjalan kaki dari pantai Tanjung Kodok ke Tanjung Ga’ang dalam satu waktu.

Selain dua cara tersebut, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan tebing tebing karang yang megah nan indah. Berswafoto dengan latar belakang tebing yang megah akan membuat hasil potret Anda sangat menakjubkan. Oleh sebab itu, sempatkanlah diri Anda untuk mengunjungi wisata alam yang terletak di Desa Kumalasa, Sangkapura, Gresik ini.

Lokasi: Patarselamat, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

15. Jembatan Galau Armapala

Jembatan Galau Armapala
Image Credit: Facebook.com @sang.pemimpi.7370

Di Gresik, terdapat sebuah lokasi yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan perasaan galau, gundah, dan melepas kepenatan. Uniknya, lokasi ini dibangun oleh komunitas Arek Manyar Pencinta Alam (Armapala) yang menjadi nama tempat ini. Di lokasi tersebut, Anda akan disuguhkan dengan panorama cantik berupa tanaman mangrove.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Lumajang yang Paling Populer

Di siang hari, Jembatan Galau Armapala akan terlihat biasa saja. Namun ketika menjelang sore hari, Anda akan dibuat terkesima ketika memandangi panorama sekitar jembatan. Panorama tenggelamnya matahari beradu dengan hijaunya sekitar. Di waktu tersebut, Anda bisa mengabadikan setiap momen sebagai kenang kenangan pada saat mengunjungi Jembatan Galau Armapala.

Lokasi: Kali Mireng, Kec. Manyar, Keb. Gresik.

16. Gubuk Taman Sari Gresik

Gubuk Taman Sari Gresik
Image Credit: Google Maps (Mr aditya)

Bagi Anda yang sedang mencari spot foto menarik, maka bisa berkunjung ke Gubuk Taman Sari Gresik. Di lokasi tersebut, Anda akan disuguhkan dengan nuansa pedesaan yang dominasinya berupa kayu, pagar bambu, genteng jerami, dan perabot kuno. Di tengah tengah taman, terlihat hiasan payung tergantung yang semakin membuat suasana terkesan unik.

Lokasi: Jl. Kyai H. Syafiꞌi No.100, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

17. Telaga Ngipik

Telaga Ngipik
Image Credit: Instagram.com @djatmikoprijambodo

Telaga Ngipik atau yang biasa disebut dengan Giri Wana Tirta, merupakan wisata air yang mulanya digunakan untuk menampung air keperluan industri. Seiring dengan perkembangan jaman, masyarakat sekitar mengubah Telaga Ngipik menjadi destinasi wisata di Gresik yang patut dikunjungi. Pohon yang rindang dan tempatnya yang bersih seakan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Jarangkuwung, Ngipik, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

18. Pulau Mengare

Pulau Mengare
Image Credit: Instagram.com @hani.dyanti

Wisata bahari dan edukatif Pulau Mengare yang patut dikunjungi jika sedang berada di Gresik. Ketika mengunjungi wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang sedang beradu dengan hutan hijau lebat di pinggirnya. Di suatu waktu, Anda akan merasa sebagai pemilik pribadi pulau ini karena jumlah wisatawan yang tak terlalu banyak.

Lokasi: Tajung Widoro, Tanjung Widoro, Kec. Bungah, Kab. Gresik.

19. Bukit Obat Nyamuk

Bukit Obat Nyamuk
Image Credit: Facebook.com @syampratama.5290

Selain namanya yang unik, destinasi wisata Bukit Obat Nyamuk juga menawarkan panorama alam yang tak kalah menarik. Tumbuhan hijau yang menghias sekitar seolah menambah keindahan wisata alam ini. Menjelang sore hari, suasana semakin menakjubkan. Tak heran, banyak fotografer yang menjadikan tempat ini sebagai lahan berburu foto yang apik.

Lokasi: Desa Suci, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

20. Sate Tepi Sawah Gresik

Sate Tepi Sawah Gresik
Image Credit: Google Maps (Dody Suhardiman)

Puas berkeliling wisata di Gresik, kini saatnya mengisi perut yang lapar dengan menjajal kuliner sate di warung Sate Tepi Sawah. Dinamakan demikian karena letak kedai yang berada di tepian sawah yang luas. Sembari menikmati kudapan sate atau gule, Anda juga akan disuguhkan dengan panorama alam yang begitu memukau.

Lokasi: Jl. Raya Petiken, Mulung, Kec. Driyorejo, Kab. Gresik.

Kabupaten Gresik yang terkenal sebagai daerah industri, ternyata juga menyimpan berbagai keindahan di bidang pariwisatanya. Mulai dari bukit, sendang, telaga, waterpark, hingga wisata situs bersejarah semua bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke Kota Gresik. Tak hanya wisata alam, Gresik juga dianugerahi ragam wisata kuliner yang sanggup menggoyang lidah.