Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Hanoi, Vietnam. Destinasi Wisata Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Layak Anda Eksplor Saat Liburan.

Ingin berlibur ke salah satu Negara tetangga? Salah satu Negara yang bisa dijadikan destinasi wisata adalah Vietnam. Meski ada banyak Negara seperti Thailand, Singapura dan juga Malaysia, Vietnam pun tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata lho. Ada beragam wisata yang ditawarkan Negara tetangga kita ini. Mulai dari kuliner, sejarah, hingga alam.

Di sini, Hanoi adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika pergi ke Vietnam. Ada beragam spot atau tempat menarik yang cocok sekali dikunjungi. Di Negara ini berlibur tidak akan serepot seperti ke Negara di Eropa. Mengingat cuacanya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Jadi pengunjung tidak perlu repot melakukan persiapan yang heboh agar bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

Hanoi memiliki beragam wisata alam dan sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan pemandangan alam di sini bisa membuat siapa saja betah dan ingin berlama-lama tinggal. Nah, agar tidak bingung mana saja tempat yang bisa dinikmati saat berada di Hanoi. Mari simak uraian singkat dari tempat wisata menarik yang dimiliki Hanoi, Vietnam.

1. Hanoi Military Museum

Hanoi Military Museum
Image Credit: Wikimedia.org

Ibu Kota Vietnam memiliki banyak tempat yang mengandung sejarah. Salah satunya yakni Hanoi Military Museum. Pada museum ini ada beragam peralatan atau senjata untuk perang. Bahkan alat transportasi di jaman peperangan kala itu juga ada lho. Saat masuk ke dalam akan ada jajaran pesawat tempur serta helikopter yang langsung tertangkap mata.

Tak hanya itu, beragam foto yang menyimpan kenangan di saat perang berlangsung juga ada di museum ini. Peta dan juga printilan aksesoris yang digunakan kala itu juga dipajang rapi. Bangunan penuh sejarah ini dibuat demi mengenang jasa pahlawan di jaman perang untuk mendapatkan kemerdekaan.

Lokasi: 28A Dien Bien Phu, Dien Ban, Ba Dinh, Ha Noi, Vietnam.

BACA:  10 Makanan Khas Vietnam yang Lezat & Wajib Anda Coba

2. Hanoi’s Old Quarter

Hanoi’s Old Quarter
Image Credit: Vietnam-visa.com

Destinasi wisata yang satu ini berupa 36 ruas jalan. Dengan melewati jalan Hanoi’s Old Quarter ini pengunjung akan disuguhi keindahan kota. Selain itu ada banyak orang yang berjualan barang unik untuk oleh-oleh. Ada pula yang menjual makanan khas dari Vietnam sendiri. Tentu saja meski hanya sebuah ruas jalan, pengunjung bisa terhibur dan betah berlama-lama berkeliling di tempat ini.

Melihat jumlah ruas jalan setidaknya membutuhkan satu hari penuh untuk berjalan di sini. Pemandangan paling indah di sini adalah saat malam hari. Cahaya penerangan yang digunakan pada ruas jalan ini sangat beragam dan cantik.

Lokasi: Hang Ngang, Hang Đao, Hoan Kiem, Ha Noi 100000, Vietnam.

3. Forbidden Purple City

Forbidden Purple City
Image Credit: Maptrotting.com

Masih berupa bangunan yang mengandung sejarah. Bangunan yang lebih mirip benteng ini memiliki nama lain Tu Cam Thanh. Tak hanya itu tempat bersejarah ini sangatlah unik. Hal ini karena di sekitar area benteng terdapat parit dengan panjang kira-kira 10 kilometer. Benteng ini merupakan salah satu ikon yang wajib didatangi.

Katanya benteng ini menjadi saksi saat raja dan selir bersenang-senang di masa perang. Benteng ini meliputi sebuah gerabang dan sepuluh benteng yang dibangun berdasarkan fungsinya masing-masing. Ada yang diperuntukkan untuk Raja sedang rapat dengan prajurit. Ada juga bagian benteng yang digunakan Raja khusus untuk bersenang-senang dengan para selir.

Lokasi: Hue, Vietnam.

4. Ho Chi Minh Mausoleum

Ho Chi Minh Mausoleum
Image Credit: Wikipedia.org

Ini merupakan museum yang juga berada di sekitaran Ibu Kota Vietnam. Nama dari museum ini diambil dari Presiden yang telah membuat Vietnam meraih kemerdekaan kala itu. Museum ini memang sengaja dibangun sebagai bentuk rasa hormat masyarakat pada Presiden Ho Chi Minh.

Untuk masuk ke dalam bangunan ini ada banyak peraturan yang wajib dipatuhi. Seperti tidak diperkenankan masuk jika menggunakan pakaian yang minim seperti tanktop dan rok mini. Untuk berfoto pun juga dilarang lho. Bahkan sekedar menunjuk jari pun juga dilarang.

Lokasi: 2 Hung Vuong, Dien Ban, Ba Dinh, Ha Noi 100000, Vietnam.

5. Saigon Central Mosque

Saigon Central Mosque
Image Credit: Holidify.com

Masjid yang sangat populer di Vietnam ini juga memiliki nama lain yakni Dong Du. Nama lain itu diambil dari nama jalan tempat masjid ini berdiri. Tempat ibadah ini dibangun oleh warga muslim yang berasal dari India. Hal ini tentu baik bagi para wisatawan dan juga masyarakat setempat yang beragama Islam. Sebab akhirnya mereka memiliki tempat ibadah di Hanoi.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Vietnam yang Paling Terkenal

Bagi pengunjung muslim, tidak ada salahnya melakukan ibadah di sini. Rasanya akan sangat damai saat berada di dalam masjid satu ini. Letaknya sangat strategis, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pedagang makanan halal di sekitaran masjid. Cocok sekali bagi pengunjung yang sedang ingin beristirahat dan beribadah di tengah perjalanan keliling Hanoi.

Lokasi: 66 D, Dong Du, Ben Nghe, Quan 1, Thanh Pho Ho Chi Minh, Vietnam.

6. Danau Hoan Kiem

Danau Hoan Kiem
Image Credit: Ilmugeografi.com

Saat berlibur ke Hanoi, ini adalah salah satu wisata alam yang wajib untuk didatangi. Di sini pengunjung bisa bersantai sambil melihat pemandangan sekitar yang cantik. Tidak hanya untuk pengunjung, warga sekitar pun suka sekali melepas penat di danau ini bersama teman dan keluarga masing-masing.

Danau yang satu ini juga terkenal karena memiliki legenda di balik nama yang dipakai. Legenda tersebut adalah cerita tentang seekor kura-kura yang sakti dan tinggal di danau ini. Kura-kura yang memiliki sebilah pedang yang sempat dipinjam kaisar Thuan Thien melawan Cina lalu dikembalikan lagi pada kura-kura setelah menang.

Lokasi: Hang Trong, Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam.

7. Temple of Literature

Temple of Literature
Image Credit: Hanoifreetourguides.com

Ini adalah bangunan berupa kuil dengan nama sebutan lain yakni Imperial College. Di sini adalah tempat putra Mahkota menimba ilmu. Tak hanya itu, kuil ini juga difungsikan sebagai tempat ibadah dan menjadi universitas paling pertama di Hanoi. Tempat ini sangat dirawat sehingga meski umurnya sudah sangat tua, tetap terlihat cantik dan estetik.

Tempat ini dibuka dari pagi hingga sore hari. Ada banyak sudut yang menyuguhkan karya seni yang indah. Bahkan ada sebuah kolam yang diberi nama kolam surgawi oleh masyarakat setempat. Patung yang berada di kuil juga cukup banyak. Patung tersebut merupakan bentuk penghormatan untuk para tokoh sastra.

Lokasi: 58 Quoc Tuu Giam, Van Mieu, Dong Da, Ha Noi 100000, Vietnam.

8. Danau Ho Tay

Danau Ho Tay
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Ada lagi wisata danau yang super cantik di Hanoi. Jangan kaget jika saat ke Vietnam khususnya Hanoi menemukan lebih dari satu danau yang harus dikunjungi. Hal ini karena memang ada banyak danau yang tersebar. Danau-danau tersebut tentu saja tidak ada yang jelek. Semuanya memiliki pemandangan khas yang tentu saja cantik dan indah.

BACA:  10 Wisata Pantai di Vietnam yang Paling Hits

Nah, danau Ho Tay ini merupakan danau yang paling besar atau paling luas. Letaknya tidak jauh dari Istana Presiden Vietnam. Bahkan saat menuju danau ini dari istana Presiden cukup ditempuh dengan jalan kaki sebentar saja. Pemandangan saat matahari terbenam menjadi andalan tempat indah satu ini.

Lokasi: Tay Ho, Hanoi, Vietnam.

9. Ha Long Bay

Ha Long Bay
Image Credit: Wikipedia.org

Ini merupakan teluk yang memiliki pemandangan alam yang indah. Di sini adalah destinasi wisata alam alam yang cukup populer di kalangan wisatawan. Ha Long Bay ini sendiri disahkan sebagai salah satu warisan budaya oleh UNESCO.

Teluk indah ini memiliki sedikitnya dua ribu pulau batu kapur yang posisinya menjulang dari dasar laut. Bahkan tempat ini juga memiliki beberapa gua yang di dalamnya lengkap dengan stalaktit dan stalakmit. Nama Ha Long sendiri diambil karena melihat bentuk teluk ini yang terlihat seperti seekor naga yang meliuk turun.

Lokasi: Thanh Pho Ha Long, Quang Ninh, Vietnam.

10. Pantai Nha Trang

Pantai Nha Trang
Image Credit: Jonnymelon.com

Hanoi selain memiliki banyak danau yang cantik. Ada juga pantai yang wajib dimasukkan dalam list destinasi wisata saat berada di Vietnam. Pantai Nha Trang ini memiliki hamparan pasir putih bersih yang menjadikan tempat ini populer di kalangan para turis. Pasir putih pantai ini membuat pengunjung ingin berjemur hingga menyewa kursi pantai untuk bersantai.

Pemandangan alam di pantai Nha Trang ini sangat indah dan mempesona. Buktinya tempat ini sampai digunakan sebagai ajang Miss Universe pada tahun 2008 silam. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk tempat bersantai atau piknik bersama teman dan juga keluarga besar.

Lokasi: Tran Phu, Thanh Pho Nha Trang, Khanh Hoa 650000, Vietnam.

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata menarik di Hanoi yang sudah diulas satu per satu tadi merupakan destinasi wisata yang paling populer lho. Selain wisata alam ada pula wisata sejarah yang tidak kalah seru dan cantik untuk dikunjungi. Hanoi memang terkenal memiliki banyak spot menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata. Yuk buktikan sendiri dengan datang langsung ke Negara tetangga Indonesia ini.