Berwisata di musim liburan atau akhir pekan tentu menjadi hal yang menyenangkan. Jika Anda berkunjung ke Jambi, ada banyak tempat wisata terbaru dan hits yang tersebar siap untuk dieksplor.

Dengan padatnya rutinitas sehari hari terkadang membuat seseorang merasa jenuh dan bosan. Untuk mengatasinya terdapat cara yang bisa dipilih, yakni dengan pergi berlibur. Dengan berkunjung ke daerah Jambi terdapat banyak tempat wisata yang bisa Anda datangi. Tidak hanya memiliki pemandangan alam nan indah, destinasi wisata tersebut juga masih terbilang baru dan hits saat ini.

Anda penasaran apa saja tempat tersebut ? Berikut ulasan 20 tempat wisata di Jambi yang paling hits untuk dikunjungi saat liburan.

1. Bukit Ngarau Merangin

Bukit Ngarau Merangin
Image Credit: Mavorcia.travel.blog

Salah satu destinasi wisata yang populer saat ini di daerah Jambi adalah Bukit Ngarau Merangin. Dengan mengunjungi bukit tersebut, Anda akan disuguhi pemandangan alam nan indah dari atas ketinggian.

Bentang alam di bukit ini seakan tidak ada duanya. Udara pegunungan yang segar pun akan menjadikan pikiran tenang dan terasa lebih damai. Tidak hanya itu, di area tersebut terdapat banyak spot foto menarik yang bisa Anda tuju.

Lokasi: Rantau Ngaro, Kec. Tabir Ulu, Kab. Merangin.

2. Pulau Penyu

Pulau Penyu
Image Credit: Tribunnews.com

Danau Penyu adalah destinasi wisata hits yang ada di daerah Jambi berikutnya. Sesuai dengan namanya, pulau ini merupakan daerah untuk habitat alami dari satwa berupa penyu. Memang di daerah Jambi terdapat beberapa pulau yang tidak berpenghuni yang ditujukan untuk habitat hewan jenis tertentu. Dengan datang ke pulau ini, Anda akan menemui panaroma keindahan alam yang terbilang masih alami dan asri.

Warna lautan bak bebatuan zamrud akan berpadu dengan hamparan pasir putihnya yang bersih. Tentu hal ini akan memanjakan siapa saja yang memandangnya. Namun saat berada di atas hamparan pasir putih di area pantai pulau ini, para pengunjung diharuskan untuk berhati hati. Hal ini dikarenakan terdapat banyak telur penyu yang tersimpan di bawah hamparan pasir yang ada. Tentu keberadaan telur ini juga senantiasa harus dijaga dengan baik.

Lokasi: Pulau Penyu, Kec. Sadu, Kab. Tanjung.

3. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh
Image Credit: Wego.co.id

Danau Gunung Tujuh adalah tujuan wisata hits selanjutnya yang dapat Anda kunjungi selagi berada di kota ini. Tempat wisata ini juga akan membantu Anda agar lebih dekat dengan alam. Karena di area tersebut, Anda dapat melakukan kegiatan pendakian dan juga kemping.

Tentu hal ini akan menjadikan pengalaman liburanmu menjadi lebih seru dan berbeda. Selain itu, pemandangan alam di tempat wisata ini pun akan memanjakan mata.

Lokasi: Desa Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

4. Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo
Image Credit: Tempatwisata.pro

Saat berkunjung ke Jambi, tidak ada salahnya untuk mampir ke Air Terjun Pancoran Rayo. Tinggi dari air terjun ini adalah sekitar 150 meter. Untuk sampai ke tempat wisata alam nan indah ini, Anda akan melewati jalur yang terbilang seru untuk dilalui. Bagi Anda yang berjiwa petualang, area wisata ini sangat tepat untuk dituju. Keadaan alam di sekitar air terjun tersebut pun terbilang masih alami dan belum terjamah oleh ulah nakal oknum tertentu.

Tempat wisata populer yang ada di Jambi ini juga terbilang sangat tepat dikunjungi untuk menghilangkan kepenatan. Melodi alam berupa gemericik suara air terjun yang terbentur bebatuan akan membuat pikiran menjadi lebih damai. Tentu momen liburan di area wisata ini teramat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Beragam spot foto di sekitar air terjun pun  bisa Anda kunjungi dan abadikan dengan beragam media saat ini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jambi yang Murah & Enak

Lokasi: Dusun Baru Pulau Tengah, Kec. Keliling Danau, Kab. Kerinci.

5. Danau Belibis

Danau Belibis
Image Credit: Triptrus.com

Jika Anda hendak mengunjungi kawasan wisata yang masih terjaga keasriannya, maka dapat datang ke danau yang satu ini. Sesuai dengan namanya, di danau ini merupakan tempat tinggal banyak bagi banyak belibis di dalamnya.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, Anda harus meniti jalan setapak terlebih dahulu. Tentu hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Menikmati bekal di pinggi danau ini juga sangat tepat untuk dicoba.

Lokasi: Giri Mulyo, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

6. Jambi Paradise

Jambi Paradise
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Tempat wisata yang memiliki luas beberapa hektar ini biasa disebut dengan Jambi Paradise. Destinasi liburan terbaru dan hits yang ada di daerah Jambi ini sendiri merupakan tempat wisata semi buatan. Banyak hal menarik dan seru yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke area wisata ini. Biasanya Jambi Paradise juga selalu ramai didatangi wisatawan saat akhir pekan telah tiba.

Selain sekedar berjalan jalan saja, di sana Anda dapat pula mencoba wahana seru berupa flying fox. Naik perahu yang ada di kawasan wisata ini juga layak untuk dicoba. Terdapat pula beragam spot foto yang menarik di tempat populer yang satu ini. Berburu kuliner khas kawasan Jambi pun dapat Anda lakukan selagi berada di tempat hits yang satu ini. Dengan beragam keunggulannya, Jambi Paradise juga cocok untuk tujuan wisata keluarga.

Lokasi: Simpang Acai, Kb. IX, Kec. Sungai Gelam, Kota Jambi.

7. Danau Sipin

Danau Sipin
Image Credit: Wisatasumatera.com

Dapat diketahui sebelumnya bahwa daerah Jambi memang terkenal akan destinasi liburan berupa danaunya. Salah satunya adalah Danau Sipin yang indah ini. Bagi Anda yang hendak berlibur untuk mencari ketenangan, maka sangat direkomendasikan untuk mengunjungi danau yang satu ini.

Permukaan danau yang tenang dan beriak kecil tentu akan membuat suasana akan terasa semakin damai. Anda dapat pula mencoba kegiatan memancing di danau tersebut.

Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani Nasution, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

8. Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun
Image Credit: Pesonaindonesia.kompas.com

Air Terjun Talang Kemulun adalah salah satu area wisata berikutnya yang diremondasikan  bagi Anda. Dengan datang ke lokasi wisata ini, panaroma alam nan elok dan asri dapat Anda nikmati. Lingkungan sekitar dari kawasan ari terjun tersebut juga terbilang masih terjaga hingga kini. Tentu saja hal tersebut ddapat tercapai atas kerjasama dari berbagai pihak yang ada di baliknya.

Dengan keindahan alam yang dimilikinya, tak ayal membuat air terjun ini disebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Jambi. Kawasan air terjun tersebut juga diketahui masih berada di lingkungan konservasi Taman Nasional setempat. Untuk sampai ke tempat ini, Anda akan melewati jalur yang masih alami dan menawarkan keseruan tersendiri saat dilewati.

Lokasi: Desa Kemulun, Kec. Danau Kerinci, Kab. Kerinci.

9. Menara Gentala Arasy

Menara Gentala Arasy
Image Credit: Traverse.id

Menara ini adalah saalah satu tempat wisata andalan Kota Jambi yang layak untuk Anda kunjungi. Uniknya saat waktu sholat telah tiba, lonceng di menara tersebut akan berbunyi sebagai penanda. Banyak pula camilan khas dari Jambi yang bisa Anda temui di sekitar kawasan menara ini. Harga dari sajian yang ada juga dapat dikatakan ramah di kantong. Tentu menikmati suasana kota sembari menikmati kuliner sangat layak untuk dicoba.

Lokasi: Arab Melayu, Kec. Pelayangan, Kota Jambi.

10. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro
Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Bagi Anda yang ingin berlibur sembari mencari ketenangan, dapat mencoba liburan ke tempat wisata ini. Berlibur ke kebun teh tentu sutua hal yang seru dan menyenagkan. Sejauh mata memandang juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Hamparan tanaman teh yang ditanam dengan rapi akan menjadi suatu momen liburan yang tidak terlupakan.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Jambi yang Paling Populer

Suasana khas kwasan pegunungan juga membuat Anda akan betah berlama lama berada di sana. Keramahan penduduk lokal pun dapat Anda rasakan selagi bertemu dengan mereka. Untuk menghabiskan waktu, Anda bhisa berjalan jalan mengelilingi kebun teh ini. Sembari berjalan jalan, mengabadikan liburan dengan foto tentu merupakan hal yang tidak dapat dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Sungai Jernih, Kec. Gunung Tujuh, Kab. Kerinci.

11. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo
Image Credit: Ksmtour.com

Eksotisme kepulauan Jambi akan begitu terasa saat Anda mengunjungi tempat ini. Di sepanjang perairan tersebut banyak terdapat pemandangan indah khas Jambi yang akan temui. Mulai dari sungai sungainya hingga perairan di lautnya.

Selagi berada di tempat ini, beragam sajian kuliner khas pun dapat Anda coba untuk dicicipi. Di momen tertentu, Tanggo Rajo biasanya akan ramai dikunjungi oleh pendatang untuk kegiatan memancing.

Lokasi: Jl. Sultan Thaha No.15, Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

12. Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar
Image Credit: Trepelin.com

Letak dari air terjun yang satu ini berada di lokasi yang masih alami. Saat berkunjung ke sana, Anda akan mendapati pula pemandangan bentang alam nan memukau dan menyejukkan mata. Tentu hal ini menjadikan banyak orang betah berlama lama di lokasi wisata alam ini. Suara gemericik aliran air yang jatuh di atas bebatuan pun seakan menjadi melodi alam alami bagi para wisatawan yang datang.

Pengunjung yang berwisata ke air terjun ini juga bisa bermain main air di aliran sungai yang ad di bawahnya. Banyak terdapat bebatuan yang bisa dipijak di sekeliling aliran air yang ada. Bagi Anda yang hendak berburu foto menarik, di air terjun ini terdapat pula banyak spot yang bisa dipilih. Tentu dengan pemandangan alam nan asri dan menawan akan menjadikan foto yang diperoleh semakin berkualitas.

Lokasi: Renah Sungai Besar, Kec. Limbur Lubuk Mengkuang, Kab. Bungo.

13. Taman Mini Jambi

Taman Mini Jambi
Image Credit: Wikipedia.org

Bagi Anda yang ingin berwisata ke area yang kental akan nilai nilai budaya, maka lokasi wisata ini sangat tepat untuk dituju. Tempat dari Taman Mini Jambi ini juga berada di lokasi yang strategis dan mudah untuk dituju.

Tidak hanya orang dewasa saja, area wisata ini direkomendasikan pula bagi pengunjung di usia anak anak. Karena terdapat banyak informasi yang kaya akan nilai edukasi di dalamnya.

Lokasi: Sungai Lilin, Kec. Tanah Sepenggal Lintas, Kab. Bungo.

14. Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri
Image Credit: Tempatwisata.pro

Dapat diketahui bahwa terdapat banyak tempat wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi saat berada di Jambi. Salah satunya adalah area wisata berupa Air Terjun Tegan Kiri ini. Di sekeliling ari terjun yang memiliki tinggi sekitar 10 meter ini terdapat pepohonan yang rindang.

Tentu hal tersebut menjadikan suasana semakin asri dan menenangkan. Biasanya lokasi wisata hits yang satu ini akan ramai dipenuhi wisatawan di akhir pekan atau musim liburan.

Lokasi: Rantau Pandan, Kec. Rantau Pandan, Kab. Bungo.

15. Danau Kaco

Danau Kaco
Image Credit: Kumparan.com

Keindahan alam Danau Kaco memang telah diakui oleh banyak orang. Panaroma pemandangan dari danau ini juga akan memanjakan siap saja yang melihatnya. Perairan yang ada pada danau tersebut terkesan berwarna biru jernih saat dipandang.

Belum lagi ditambah dengan rerimbunan pepohonan yang ada di area sekitarnya. Tentu hal ini menjadikan para pengunjung betah berlama lama di destinasi wisata alam andalan yang satu ini.

Lokasi: Dusun Baru Lempur, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci.

16. Taman Telun Berasap

Taman Telun Berasap
Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Bagi Anda yang menginginkan momen liburan yang berkesan, dapat mengunjungi area wisata yang satu ini. Di dalam Taman Telun Berasap sendiri terdapat kawasan air terjun yang dapat Anda kunjungi. Tinggi dari air terjun ini sendiri adalah sekitar 50 meter. Selain itu, kawasan taman tersebut juga masih masuk di area konservasi dari Gunung Kerinci. Tak ayal, lingkungan yang ada di dalamnya terkesan masih alami dan begitu terjaga.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jambi yang Murah & Enak

Saat pertama kali masuk ke lokasi wisata ini, Anda akan disambut dengan semilir angin yang menenangkan pikiran. Tidak hanya itu, kabut pun juga sering datang menghampiri yang tentu menambah damai suasana. Di sekitar kawasan wisata ini juga masih berupa hutan lebat khas Sumatera dengan beragam jenis pepohonannya. Tentu di dalamnya juga banyak penaroma keindahan yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Telun Berasap, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

17. Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang
Image Credit: Tribunnews.com

Setelah berkunjung ke area wisata alam yang ada di Jambi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi area pasar yang unik ini. Karena di dalam pasar tersebut terdapat banyak jenis keramik dengan segala model yang bisa ditemui.

Koleksi keramik di pasar ini juga menarik minat banyak wisatawan dari berbagai daerah. Tidak hanya keramik untuk perabot rumah tangga saja, juga terdapat keramik antik dari China yang tidak ada duanya.

Lokasi: Jl. Doktor Wahidin, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

18. GeoPark Merangin

GeoPark Merangin
Image Credit: Ngeksplore.com

Bagi Anda yang menyukai kegiatan yang seru dan menantang adrenalin, dapat mencoba berkunjung ke GeoPark Merangin ini. Pasalnya di area wisata tersebut terdapat wahana kegiatan arung jeram yang bisa Anda coba.

Tidak hanya itu, di kawasan wisata alam ini terdapat fosil hewan dan tumbuhan yang telah berusia ratusan juta tahun. Paket lengkap bukan ? Menambah wawasan dan juga mendapat aktivitas seru dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Air Batu, Kec. Renah Pembarap, Kab. Merangin.

19. Danau Depati Empat

Danau Depati Empat
Image Credit: KSMTour.com

Danau ini adalah danau terbesar kedua di kawasan Jambi. Area tempat wisata ini sendiri masih berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Kondisi alam yang ada di sekitar danau ini juga terbilang masih alami. Di akses jalan menuju ke lokasi wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang juara.

Pepohonan yang rindah dan menghijau akan memayungi jalan sehingga menambah keasrian suasana. Beragam jenis ikan pun diketahui hidup di danau ini.

Lokasi: Rantau Kermas, Kec. Jangkat, Kab. Merangin.

20. Jembatan Pedestrian

Jembatan Pedestrian
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Digadang gadang sebagai ikon Kota Jambi, Jembatan Pedestrian ini juga selalu ramai dikunjungi wisatawan di waktu waktu tertentu. Seperti misalnya pada saat malam hari karena pemandangan indah yang ditawarkannya. Jembatan yang memiliki panjang ratusan meter tersebut juga dikunjungi oleh wisatawan lokal saat akhir pekan tiba. Baik hanya untuk sekedar menikmati pemandangan hingga berburu foto menarik dengan latar jembatan ini.

Saat malam tiba, lampu pada jembatan ini juga akan dinyalakan. Tentu saja hal ini membuat wajah jembatan tersebut semakin elok di tengah suasana yang mulai gelap. Jembatan ini sendiri terbentang di atas sungai terpanjang di Jambi. Pada titik tertentu, Anda bisa berburu sajian kuliner yang dijajakan oleh para penjual. Tentu momen menikmati makanan sedap sembari bersantai di jembatan ini sayang jika dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

Dari ulasan yang ada, terdapat banyak tempat wisata populer dan hits di Jambi yang dapat Anda. Rencana liburan di akhir pekan pun dapat Anda atur untuk mengunjungi banyak tempat tersebut. Tidak hanya wisata alam saja, di beberapa area tersebut memang dibuat khusus sebagai arena untuk rekreasi. Baik bagi penduduk lokal jambi serta para pengunjung yang datang dari luar kota atau daerah lainnya.