Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Jayapura, Provinsi Papua. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Terhits yang Menarik Dijelajahi Ketika Berencana Liburan ke Jayapura.

Destinasi wisata alam di Indonesia memang tidak pernah habis dibahas, salah satunya ada di Kota Jayapura, Papua. Terkenal dengan kekayaan tambangnya, kota ini memang memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan. Sebagai ibu kota Papua, Jayapura memiliki banyak sekali objek wisata yang memiliki pemandangan memukau namun masih belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Jika memiliki kesempatan bertandang ke Jayapura, berikut rekomendasi tempat wisata populer yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu
Image Credit: Google Maps (bravo papua)

Terletak di daerah Depapre, Pantai Tablanusu ini memang sangat tepat digunakan sebagai destinasi wisata bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Apalagi pantai ini dilengkapi dengan keindahan lautnya yang sangat menawan, tentunya akan menarik perhatian para wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya disini.

Karena lokasinya yang lumayan jauh dari pusat kota, sehingga menjadikan destinasi wisata ini asri dan terbebas dari polusi. Bagi para pengunjung yang datang bisa bersantai di tepi pantai sambil menyaksikan debur ombak yang tenang. Tak hanya itu saja, wisatawan pula bisa berenang dan menyelam untuk menikmati panorama bawah airnya yang sangat indah.

Lokasi: Waiya, Entiyebo, Kec. Depapre, Kab. Jayapura.

2. Pantai Pasir Enam

Pantai Pasir Enam
Image Credit: Instagram.com @elokhendiono

Tak kalah menarik dengan pantai sebelumnya, destinasi wisata ini pula menawarkan panorama pantai dan dunia bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Meski belum banyak diketahui oleh kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri, namun justru hal tersebut membuat objek wisata ini masih sangat asri dan terjaga keindahannya.

Para pelancong bisa menikmati deburan ombak yang cukup tenang tersebut, dengan bermain air dan berenang. Bahkan Anda pula bisa menjelajahi keindahan bawah lautnya dengan snorkling atau menyelam. Namun Anda harus membawa peralatan snorkeling tersebut sendiri, sebab di destinasi wisata ini tidak menyediakan penyewaan alat selam.

Lokasi: Tj. Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

3. Puncak Jayapura City

Puncak Jayapura City
Image Credit: Instagram.com @nyong2_bataru

Sebagai ibukota Papua, Jayapura menyuguhkan berbagai destinasi wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya. Salah satu objek wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan yaitu Puncak Jayapura City. Dari atas Puncak Jayapura City, pengunjung bisa menyaksikan lanskap Kota Jayapura secara langsung.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Sorong yang Murah & Enak

Ketika siang hari Anda akan disuguhkan dengan panorama bangunan berjajar rapi yang tampak mungil dari ketinggian, dan birunya air laut serta kawasan pelabuhannya yang ramai dengan aktivitas pelayaran. Destinasi favorit wisatawan ini paling indah jika disaksikan pada saat malam hari, sebab akan dihiasi dengan berbagai lampu yang menyala di tengah kegelapan.

Lokasi: Ardipura, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

4. Teluk Youtefa

Teluk Youtefa
Image Credit: Instagram.com @ricky_jalanjalan

Bila berbincang mengenai Papua, maka kebanyakan orang akan berpikiran dengan wisata Raja Ampatnya. Namun apakah Anda tahu, bahwa di Jayapura ini terdapat destinasi wisata yang tak kalah indahnya dengan Raja Ampat yaitu Teluk Youtefa. Objek wisata ini sejatinya merupakan area konservasi beragam flora.

Ketika air lautnya surut, bagian teluk akan menampakkan daratan yang bisa digunakan untuk bermain. Pengunjung yang datang ke Teluk Youtefa, akan disambut dengan hamparan laut dan perbukitan serta beberapa pulau kecil yang sangat cantik dan menarik. Momen terbaik di destinasi wisata ini ialah disaat matahari akan tenggelam.

Lokasi: Enggros, Wai Mhorock, Kec. Abepura, Kota Jayapura.

5. Danau Sentani

Danau Sentani
Image Credit: Instagram.com @Stoutwanderer

Diibaratkan sebagai ikon Kota Jayapura, Danau Sentani merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah tenar di kalangan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Objek wisata ini menawarkan suasana yang damai dan tenang, sehingga sangat cocok digunakan untuk tempat refreshing dan menghilangkan stres.

Danau seluas 245 hektar ini menyediakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya, seperti area camping, penginapan alam, dan pada waktu tertentu diadakan pertunjukan oleh masyarakat adat setempat. Jadi selain menyaksikan panorama alamnya yang menawan, Anda pula bisa menikmati kearifan budaya lokal.

Lokasi: Danau Sentani, Kec. Sentani, Kab. Jayapura.

6. Air Terjun Cyclop

Air Terjun Cyclop
Image Credit: Instagram.com @akagami_g

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini berada di kawasan Pegunungan Cyclop. Air terjun yang telah menjadi bagian dari salah satu objek wisata di Jayapura ini memang tidak pernah sepi akan pengunjung. Meski memiliki jarak yang cukup jauh dari perkotaan, namun hal tersebut tidak mengurangi animo masyarakat untuk berkunjung kesini.

Bagi Anda yang ingin datang ke Air Terjun Cyclop ini, maka Anda harus siap secara fisik karena akses menuju tempat ini cukup menantang. Tetapi Anda tak perlu khawatir, sebab akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Air jernihnya yang mengalir deras di antara bebatuan berpadu dengan pepohonan yang rimbun mampu menambahkan suasana asri di tempat wisata ini.

Lokasi: Pegunungan Cyclop, Kec. Sentani, Kab. Jayapura.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sorong Terbaru & Paling Hits

7. Puncak Ifar

Puncak Ifar
Image Credit: Detik.com

Karena topografinya yang berupa perbukitan, membuat Jayapura memiliki banyak wisata puncak yang sangat menakjubkan salah satunya saja Puncak Ifar. Destinasi wisata ini ternyata memiliki sejarah panjang semasa perang dunia, sehingga kini dijadikan sebagai markas TNI. Para pengunjung yang datang kesini bisa menyaksikan lanskap pesisir Jayapura dari ketinggian.

Menariknya lagi, di kawasan Puncak Ifar ini terdapat Tugu Mac Arthur yang dibangun sebagai monumen pengingat perjuangan Jenderal Mac Arthur kala Perang Dunia II. Dengan pemandangannya yang sangat indah dan menawan, tidak mengherankan jika salah satu destinasi wisata di Jayapura ini selalu ramai akan pengunjung.

Lokasi: Hinekombe, Kec. Sentani, Kab. Jayapura.

8. Danau Imfote

Danau Imfote
Image Credit: Instagram.com @andotolu

Destinasi wisata selanjutnya ini disebut juga sebagai Danau Love oleh masyarakat setempat, karena memiliki bentuk yang menyerupai hati. Danau Imfote menawarkan keindahan danau alamnya yang sangat unik. Tak hanya itu saja, di objek wisata ini pula terdapat hamparan padang sabana yang hijau.

Dari pemandangannya tersebutlah, membuat Danau Imfote sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang instagenik. Di Danau Imfote pula terdapat bukit hijau yang bisa didaki untuk melihat keindahan danau dari ketinggian. Selain dapat menyaksikan panorama alamnya, pengunjung pula dapat menikmati kuliner khas yang dijajakan di sekitar wisata ini.

Lokasi: Atabar, Kec. Ebungfau, Kab. Jayapura.

9. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps (Achul Harada)

Bukit Teletubbies di Jayapura ini menyuguhkan pemandangan berupa hijaunya padang sabana berpadu dengan birunya langit yang sangat menakjubkan. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan bukit di serial TV Teletubbies. Dari atas bukit ini, Anda akan menyaksikan keindahan Danau Sentani yang sangat memukau.

Lokasi: Doyo Lama, Kec. Waibu, Kab. Jayapura.

10. Pantai Base-G

Pantai Base-G
Image Credit: Instagram.com @Stoutwanderer

Berlokasi di daerah Jayapura Utara, Pantai Base-G menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat setempat. Objek wisata ini pula dikenal dengan nama Pantai Tanjung Ria. Ketika bertandang kesini, Anda bisa disuguhkan dengan panorama indahnya yang berasal dari pasir putih nan bersih dan birunya air laut.

Tak hanya itu saja, di pesisir pantai pula terdapat banyak pepohonan rimbun yang mampu memberikan nuansa sejuk saat terik matahari di siang hari. Para pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini pun bisa melakukan berbagai kegiatan yang mengasyikkan, seperti berenang, memancing, menyelam, atau menyewa perahu untuk berkeliling pantai.

Lokasi: Tj. Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

11. Pantai Holtekamp

Pantai Holtekamp
Image Credit: Instagram.com @alampapuaindonesia

Menjadi salah satu destinasi wisata alternatif yang menyenangkan, Pantai Holtekamp menyuguhkan keindahan berupa pasir putih dan nyiur di tepian pantai yang melambai tertiup angin. Ditambah lagi dengan adanya birunya air laut dan langit yang mampu menambah keindahan pantai.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Biak yang Terkenal Enak

Dari pesona yang disuguhkan tersebut, tentunya sangat cocok digunakan bagi para pengunjung yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Selain itu, pemandangannya yang sangat menawan tersebut juga biasanya dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai spot foto yang menarik dan instagenik.

Lokasi: Kampung Holtekamp, Kec. Muara Tami, Kota Jayapura.

12. Pantai Harlem

Pantai Harlem
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata Jayapura selanjutnya ini terletak tidak jauh dari kawasan Tablanusu yang terkenal akan eksotisme alamnya. Memiliki air pantai yang sangat jernih dan bersih, membuat Pantai Harlem ini sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang instagramable. Anda pula bisa menyelam di pantai ini untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya yang sangat menawan.

Lokasi: Tablasupa, Kec. Depapre, Kab. Jayapura.

13. Kali Biru Genyem

Kali Biru Genyem
Image Credit: Google Maps (Erik Extrada)

Berada jauh dari pusat kota, Kali Biru Genyem ini memang masih belum begitu familiar di kalangan para pelancong. Untuk bisa mencapai destinasi wisata ini dibutuhkan waktu sekitar dua jam, namun Anda tak perlu khawatir karena selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan keindahan panorama yang masih alami.

Ketika sampai di Kali Biru Genyem, Anda akan menyaksikan panorama alam yang sangat menakjubkan. Apalagi dengan airnya yang berwarna biru dan menyegarkan tersebut, tentunya akan membuat Anda merasa nyaman dan betah untuk berlama lama disini. Selain itu, Anda pula bisa berenang atau bermain air sambil menikmati suasananya yang sangat sejuk tersebut.

Lokasi: Berab, Kec. Nimbokrang, Kab. Jayapura.

14. Desa Skouw

Desa Skouw
Image Credit: Kompas.com

Disebut juga dengan Border Post of The Republic of Indonesia, Desa Skouw ini merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Di destinasi ini terdapat pagar yang menjadi batas antara dua negara. Desa Skouw ini menyuguhkan pemandangan alam yang mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Lokasi: Skouw Yambe, Kec. Muara Tami, Kota Jayapura.

15. Pantai Yacoba

Pantai Yacoba
Image Credit: Instagram.com @adjie_darma

Terletak di Jayapura Selatan, Pantai Yacoba ini memang masih belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Meski begitu, destinasi wisata ini memiliki panorama keindahan yang sangat memukau. Pantai Yacoba juga bisa digunakan sebagai salah satu destinasi wisata alternatif yang wajib Anda datangi ketika bertandang ke Jayapura.

Lokasi: Argapura, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Itulah beberapa destinasi wisata di Kota Jayapura yang bisa Anda gunakan sebagai referensi destinasi berlibur atau sekadar mengisi waktu luang. Untuk mengunjunginya, Anda juga bisa mengajak orang orang tersayang. Ketika berkunjung ke Jayapura, jangan lupa pula untuk menyicipi beragam sajian kulinernya yang sangat membangkitkan selera.