Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Johor Bahru, Malaysia. Objek Wisata Terbaru, Populer dan Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan, Mulai dari Wisata Budaya, Pusat Perbelanjaan, Wisata Sejarah, dan Wilayah Untuk Konservasi.

Johor Bahru adalah wilayah yang berada di bagian paling selatan Semenanjung Malaya. Kota ini menjadi pusat perekonomian bagi negara bagian Johor. Pendirian kota dilakukan oleh Temenggong Daeng Ibrahim pada tahun 1855. Iklim tropis membuat suhu yang ada di bagian negara Malaysia ini menjadi stabil antara 25,5 derajat celcius – 27,8 derajat celcius.

Para wisatawan yang datang ke Malaysia menjadikan kota Johor Bahru sebagai tujuan berlibur di samping kunjungannya ke Kuala Lumpur. Luas keseluruhan wilayah ini mencapai 220 kilo meter. Area yang berada di Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapura ini merupakan kota dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat setelah Kuala Lumpur.

Jika kita memutuskan untuk berlibur di sini, alternatif transportasi yang bisa digunakan adalah kereta api, taksi, bus, perahu, dan juga pesawat terbang. Di bagian selanjutnya, kita akan dibahas daftar rekomendasi tempat wisata menarik dan populer di Johor Bahru yang bisa menjadi pilihan untuk jalan-jalan bersama orang tercinta.

1. Chinese Heritage Museum

Chinese Heritage Museum
Image Credit: Tripadvisor.com

Tempat berekreasi yang didalamnya mengandung unsur budaya di Kota Johor Bahru adalah Chinese Heritage Museum. Meskipun tampilan luar dari museum tampak seperti kios toko di Indonesia, namun ternyata di sini tersimpan sejarah mengenai kebudayaan Thionghoa yang berkembang di Johor Bahru.

Wisatawan dapat menemukan bermacam-macam buku yang tertata rapi berkaitan dengan sejarah, berbagai artikel, dan lembaran foto kuno. Tata cahaya di museum juga menambah kesan hangat. Jika ingin berkunjung ke sini, bisa dimulai dari jam 09.00 hingga 17.00 waktu setempat. Harga tiket masuk dalam kisaran 18 ribu rupiah.

Lokasi: 42, Jl. Ibrahim, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

2. Legoland

Legoland
Image Credit: Retailcoaster.com

Kawasan ini sangat terkenal dan banyak didatangi oleh para wisatawan baik dari daerah lokal maupun internasional. Tersedia berbagai wahana dengan jumlah lebih dari empat puluh jenis yang siap menemani waktu bersantai. Kita dapat melihat beragam tipe lego yang membentuk miniatur gedung atau bangunan di wilayah Malaysia.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Malaysia yang Paling Hits

Terdapat taman air dan juga beberapa tempat menginap di dalam Legoland. Tarif untuk bisa masuk sekitar 430 ribu rupiah (Legoland), dan 345 ribu rupiah (water park). Anak-anak akan sangat bahagia jika diajak bermain dan menikmati wahana di destinasi ini. Di tempat tersebut ada juga beberapa atraksi menarik.

Lokasi: No 7, Jl. Legoland, Bandar, 79250 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

3. Masjid Sultan Abu Bakar

Masjid Sultan Abu Bakar
Image Credit: Wikipedia.org

Malaysia merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi muslim yang cukup besar, tentunya kita juga bisa menemukan masjid sebagai daftar tujuan wisata di area ini. Bahkan menjadi ikon wisata bagi Kota Johor Bahru. Proses pendirian tempat ibadah ini diprakarsai secara langsung oleh Sultan Abu Bakar.

Dengan berdirinya masjid, menjadi pertanda bahwa telah terjadi proses modernisasi kota yang dilakukan oleh Sultan di tahun 1892. Daya tampung masjid meliputi 2 ribu orang. Proses pembangunan gedung berlangsung selama 8 tahun hingga 1900.

Desain dari masjid menggabungkan antara corak Arab, United Kingdom, dan juga Melayu. Selain itu, warna bangunan didominasi oleh warna abu-abu, putih, dan juga biru. Perawatan dilakukan dengan sangat baik untuk menjaga pesona dari tempat suci umat muslim ini.

Lokasi: Jl. Gertak Merah, Masjid Sultan Abu Bakar, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

4. Kuil Suci Arulmigu Sri Rajakaliamman

Kuil Suci Arulmigu Sri Rajakaliamman
Image Credit: Johornow.com

Berbeda dengan gaya kuil pada umumnya, kuil suci Arulmigu sangat unik karena menggunakan bahan baku bangunan berupa kaca. Hal ini memunculkan efek begitu berkemilau ketika siang hari terkena cahaya matahari. Kuil digunakan oleh umat beragama Hindu untuk melakukan ibadah.

Keunikan lainnya dari tempat ini adalah adanya patung Jesus Kristus dan Budha padahal bangunan ini tempat suci orang Hindu di Johar. Ide penuh inovasi berkaitan dengan pendirian kuil diinisiasi oleh Sri Sinnathamby Sivasamy. Sebelum berkunjung ke tempat ini, kita harus memastikan bahwa kuil sedang tidak ada jadwal ibadah.

Diperlukan setidaknya 300 ribu serpihan kaca untuk melapisi bangunan. Buku rekor Malaysia juga mencatat bahwa tempat ini adalah satu-satunya kuil kaca di sana. Keuntungan yang didapat oleh warga lokal adalah gratisnya biaya tiket masuk, sedangkan untuk warga asing dikenai tarif 10 ringgit Malaysia.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Paling Terkenal

Lokasi: Jl. Tun Abdul Razak 1/1, Wadi Hana, 80300 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

5. Pasar Malam Johor Bahru (Night Market Johor Bahru)

Pasar Malam Johor Bahru (Night Market Johor Bahru)
Image Credit: Shutterstock.com

Pasar malam lazimnya memang banyak ditemui sebagai bagian dari daftar kunjungan para wisatawan. Tidak berbeda dengan pasar malam di Kota Johar Bahru. Lapak para pedagang mulai digelar mulai jam 4 sore waktu setempat. Para pengunjung mencapai puncaknya sekitar pukul 7 malam waktu setempat.

Barang-barang seperti jasa melukis, aksesoris, kaset CD, tas, dan pakaian dapat menjadi pilihan belanja. Para pengunjung pasar tidak perlu khawatir dengan uang untuk belanja di sini karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Sangat cocok untuk didatangi untuk beberapa pihak yang menyukai wisata dengan harga murah.

Lokasi: 53, Jl. Tan Hiok Nee, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

6. Istana Besar

Istana Besar
Image Credit: Berpusingmalaysiablog.wordpress.com

Keluarga kerajaan Johor di tinggal di Istana Besar sejak di masa lampau. Pembangunan ulang istana dilakukan oleh Sultan Abu Bakr pada tahun 1866. Desain bangunan menerapkan corak Melayu dan Anglo. Di masa yang sekarang penggunaan istana adalah untuk urusan negara.

Museum Royal Abu Bakr juga berada di area Istana Besar yang membuat para turis tertarik untuk datang. Terdapat banyak benda bersejarah yang bisa mengingatkan kita tentang perjalanan panjang

Malaysia. Diantara benda tersebut adalah artefak, barang peninggalan keluarga kerajaan, dan juga benda pusaka lainnya.

Lokasi: 107, Jl. Tun Dr Ismail, Taman Istana, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

8. Hello Kitty Town

Hello Kitty Town
Image Credit: Mothership.sg

Kaum hawa terutama yang masih anak-anak sangat senang mengunjungi satu tempat ini. Selaras dengan nama, kawasan ini memang bertema boneka yang sangat terkenal di dunia, yaitu: Hello Kitty. Selain rumah, ada juga area aktivitas, area atraksi, dan juga area bermain.

Tidak hanya wahana, ada berbagai barang, misalnya tas, dompet, boneka, mainan, botol minum Hello Kitty. Orang-orang yang datang dapat membeli berbagai barang tersebut. Tarif untuk masuk sebesar kurang lebih 270 ribu rupiah atau 75 ringgit Malaysia. Pertunjukan yang ]termahsyur di sini adalah “Hello Kity in Oz World.”

Lokasi: Persiaran Puteri Selatan, Puteri Harbour, 79000 Nusajaya, Johor, Malaysia.

9. Kebun Binatang Johor

Kebun Binatang Johor
Image Credit: Ihdaihda.wordpress.com

Kebun binatang yang sangat bersejarah di Johor Bahru ini sangat tepat untuk dijadikan tempat quality time bersama anak. Usia destinasi wisata penuh nilai pendidikan tersebut mencapai hampir kurang lebih 100 tahun. Spesies yang menjadi koleksi sejumlah 100 jenis. Termasuk di dalamnya berbagai satwa langka.

BACA:  15 Makanan Khas Malaysia yang Lezat & Wajib Anda Coba

Tatanan yang begitu asri disesuaikan dengan kondisi alami para satwa menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan. Anak-anak bisa dikenalkan dengan berbagai hewan yang ada sehingga mampu menjadi sarana edukasi dini bagi mereka. Dengan demikian anak-anak tidak hanya senang namun juga menjadi lebih pintar.

Lokasi: Jl. Gertak Merah, Taman Istana, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

10. Teluk Danga

Teluk Danga
Image Credit: Airpaz.com

Danga sangat terkenal sebagai tempat rekreasi yang begitu lengkap dan terkenal. Area mencakup tepian pantai yang sangat memikat. Fasilitas tempat menginap tersedia bebas di sekitarnya. Ada juga beragam variasi makanan laut, baik makanan khas Melayu, Italia, ataupun juga negara-negara di benua Eropa yang lainnya.

Teluk Danga juga menyediakan Danga World Petting Zoo dan Danga Bay Theme Park. Pengelola memberikan izin untuk pengambilan foto di area wisata ini, namun tidak diperbolehkan untuk menggunakan blitz serta mengambil rekaman video. Tarif yang ditetapkan untuk masuk kebun binatang Danga sekitar 5-10 ringgit Malaysia.

Lokasi: Jl. Bertingkat Skudai, Danga Bay, 80200 Johor Bahru, Johor, Malaysia.

11. Pantai Desaru

Pantai Desaru
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Desaru adalah pantai pasir putih yang begitu populer di Johor Bahru. Pagar yang berasal dari susunan pepohonan cemara laut membentengi pantai dengan panjang kurang lebih dua puluh lima kilo meter. Aktivitas seperti hiking, memancing ikan, menyusuri pantai dengan kapal, dan juga berenang bisa dilakukan di sini.

Pondok inap juga dengan mudah bisa ditemui, sehingga orang yang datang tidak perlu kawatir dengan homestay ketika bepergian ke sini. Hal yang cukup membahagiakan karena untuk memasuki wilayah pantai ini tidak ada kewajiban membayar tiket. Pantai dibuka setiap hari selama dua puluh empat jam sepekan.

Lokasi: Desaru, 82200 Bandar Penawar, Johor, Malaysia.

Begitulah uraian yang cukup singkat berkaitan dengan pembahasan beberapa tempat wisata menarik di Johor Bahru negara Malaysia. Wisata yang tersedia cukup bervariasi dengan berbagai konsep yang memikat. Semoga beberapa uraian di atas bisa membantu wisatawan dalam menentukan daftar kunjungan apa saja yang akan dilakukan di Johor Bahru.