Tertarik Liburan ke Jawa Timur? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Populer di Jombang. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits untuk Liburan Seru dan Lebih Berkesan.

Jombang memiliki sederet keunikan yang bisa ditemukan, termasuk destinasi wisatanya. Terdapat berbagai macam pilihan wisata memukau yang bisa dikunjungi bagi para pelancong. Jenis wisatanya pun sangat beragam, mulai dari wisata religi, alam, edukasi, maupun sejarah. Lantas apa sajakah destinasi yang menarik dikunjungi? Berikut deretan tempat wisata di Jombang yang dijamin menghadirkan liburan yang menyenangkan.

1. Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes
Image Credit: Google Maps (Pencinta Silat channel)

Meskipun jombang berada di daerah yang tidak terlalu tinggi, ternyata kabupaten ini tetap memiliki destinasi alam yang mempesona seperti air terjun. Nama wisata alam tersebut yaitu air terjun Tretes. Air terjun ini dikategorikan sebagai salah satu yang tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, ketinggian air terjun mencapai lebih dari 150 meter.

Agar dapat mencapai lokasi ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal. Misalnya saja kesehatan fisik, perbekalan yang memadai, dan transportasi yang akan digunakan. Sebab, perjalanannya akan menempuh waktu yang tidak singkat. Akan tetapi jangan khawatir jika sudah sampai, karena lelah akan terbayarkan dengan pemandangan menakjubkan dan udara sejuk.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur

2. Taman Keplaksari

Taman Keplaksari
Image Credit: Instagram.com @ainulhalim_

Destinasi yang sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yaitu Taman Keplaksari. Sesuai dengan namanya, taman fantastis ini berada di Keplaksari, Kecamatan Peterongan jombang. Wisata berbasis eco green ini tentunya menawarkan berbagai fasilitas menarik untuk dikunjungi. Konsep ini didesain secara khusus untuk menciptakan taman yang ramah lingkungan.

Lokasi yang strategis Taman Keplaksari menjadi kunci utama kenapa tempat ini digandrungi para pelancongnya. Selain itu Anda juga beberapa patung sengaja dibuat dari bahan daur ulang. Dengan memanfaatkan bahan bahan tersebut, suasana di Taman Keplaksari menjadi lebih unik dan istimewa. Anda juga dapat bersantai sambil memandang ikan hias di danau buatannya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglungge, Keplaksari, Kec. Peterongan, Kab. Jombang, Jawa Timur

3. Bale Tani Jombang

Bale Tani Jombang
Image Credit: Google Maps (Chandhra Ochand)

Selain memiliki wisata sejarah dan alam, Jombang juga menyediakan destinasi edukasi. Salah satunya yang dapat Anda kunjungi yaitu Bale TanI Jombang. Di lokasi ini, pengunjung akan diberi pengetahuan seputar dunia pertanian. Selain bisa menikmati pemandangan sawah yang mempesona, Anda juga dapat menambah wawasan soal bertani dan yang berhubungan dengan hal tersebut.

Ketika memasuki Bale Tani Jombang, Anda akan disuguhi dengan lanskap sawah yang unik. Hal tersebut diikuti dengan banyak spot menarik yang bisa digunakan sebagai arena berswafoto dan hunting. Kabarnya lokasi Bale Tani menjadi tempat yang populer di sosial media karena konsepnya yang unik. Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan mengunjungi wisata ini sambil belajar dan bersenang senang.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Lamongan yang Murah & Enak
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kec. Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur.

4. Candi Rimbi

Candi Rimbi
Image Credit: Instagram.com @poernomoferi

Jika Anda ingin mendapatkan liburan yang berkesan, maka solusinya adalah mengunjungi wisata sejarah. Wisata sejarah dapat Anda temukan ketika mengunjungi Desa Pulosari yang memiliki Candi Rimbi. Tidak hanya itu saja Anda juga Candi Siwa yang bisa Anda lihat di lokasi ini. Menurut sejarah, candi ini sudah ada mulai dari abad ke 14 dan patut untuk dijaga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngrimbi, Kec. Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

5. Wana Wisata Sumber Biru

Wana Wisata Sumber Biru
Image Credit: Google Maps (a.m Huda)

Siapa bilang wisata sungai tidak menarik? Hal ini akan berbeda ketika Anda berada di Jombang. Sebab, banyak orang yang mengincar destinasi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan atau sekedar bersantai. Nama tempat menarik ini yaitu Wana Wisata Sumber Biru yang berada di Desa Wonokerto Wonosalam Jombang.

Hal menarik yang bisa dilakukan pelancong yaitu pemandangan yang memesona. Hal ini dikarenakan aliran sungai yang tenang dan lingkungan sekitar masih asri. Selain dimanjakan dengan lanskap yang menakjubkan, Anda juga bisa menyantap hidangan khas kota ini. Dijamin waktu liburan Anda akan semakin berkesan karena pikiran relaksasi.

Lokasi: Wonotirto, Wonomerto, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

6. Air Terjun Selo Lapis

Air Terjun Selo Lapis
Image Credit: Google Maps (syamsul ma’arif)

Destinasi yang satu ini berkonsep air terjun dengan pemandangan yang indah dan menawan. Nama wisata tersebut dikenal sebagai Air Terjun Selo Lapis. Secara geografis air terjun ini juga berdekatan dengan air terjun lainnya, seperti Pudak Sari dan Tretes. Lanskap yang dihadirkan Air Terjun Selo Lapis bisa memanjakan mata wisatawan karena masih sangat alami dengan suasana sejuk.

Lokasi: Mendiro, Panglungan, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

7. Kampung Durian Jombang

Kampung Durian Jombang
Image Credit: Google Maps (joysna_jm channel)

Bagi yang ingin menikmati hasil perkebunan di Jombang, maka sebaiknya untuk mengunjungi wisata satu ini . Tempat yang dinamai Kampung Durian ini menawarkan hasil bumi durian dan olahan lainnya. Selain itu, destinasi wisata ini sangat direkomendasikan bagi pelancong yang gemar makan durian. Ada berbagai macam jenis buah ini dan olahan dari durian yang bisa dibeli.

Tidak hanya menawarkan sajian buah yang lezat saja, tetapi pemandangan Kebun Durian yang beragam akan memberikan sensasi berbeda. Anda dapat menjelajahi kebun ini sambil menikmati kelezatan Durian. Di wisata Kampung Durian Anda dapat memetik dan merasakan buahnya yang masih fresh dari pohon. Durian ini juga dapat dijadikan sebagai buah tangan bagi wisatawan yang datang.

Lokasi: Gondang, Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

8. Goa Sriti

Goa Sriti
Image Credit: Instagram.com @tiptriktrip

Goa Sriti merupakan salah satu destinasi wisata yang tergolong masih hangat. Pasalnya, goa ini baru saja dirilis pada akhir tahun 2017 lalu. Tetapi hal menariknya, Goa Sriti dapat dikembangkan dengan baik oleh warga sekitar sehingga membuat banyak wisatawan yang datang ke destinasi ini. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Malang yang Murah & Enak

Anda bisa melintasi track menuju Goa dengan mudah karena terdapat jalan yang sudah dibangun. Meskipun sudah dibangun di beberapa titik, keaslian alamnya masih sangat terjaga dan alami. Pengunjung akan disuguhi dengan nuansa khas pedesaan dan juga pepohonan pisang serta jati. Ketika sampai di lokasi Goa Anda akan disajikan dengan tampilan goa yang cekung dan sungai kecil.

Lokasi: Sidolegi, Sumberjo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

9. Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi
Image Credit: Instagram.com @zamronny_

Apakah Anda ingin menginap ditepat yang unik dan asyik? Maka berkunjunglah ke kampoeng Djawi yang ada di Desa Gondang, Kecamatan Wonosalam. Destinasi menarik yang satu ini berada di ketinggian 70 meers dia tas permukaan laut. Tak heran jika Anda menginjakkan kaki ke Kampoeng Djawi suasanya akan terasa menyegarkan dan menyejukkan.

Menariknya lagi, tempat ini menyajikan nuansa yang berbeda dan unik. Sebab arsitekturnya didominasi dengan desain banguan berkonsep Jawa. Tidak hanya itu saja, ada juga bangunan yang sengaja dibuat dengan mengkolaborasikan konsep lainnya. Berbagai wahana permainan bisa Anda nikmati, mulai dari mountain bike, off road, motor cross, dan rafting di Kali Boro.

Lokasi: Jl. Raya Gondang, Gondang, Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

10. Air terjun Grenjeng

Air terjun Grenjeng
Image Credit: Instagram.com @yayad_efj

Jika Anda ingin mencari destinasi wisata yang tidak menantang, maka jangan khawatir. Sebab, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Grenjeng yang ada di Desa Gelaran. Untuk sampai ke lokasi wisata indah ini Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 20 menit dari parkiran. Nuansa alam akan terasa sangat menenangkan karena gemercik air yang mengalir relatif tenang.

Lokasi: Jenisgelaran, Kec. Bareng, Kab. Jombang.

11. Banyu Mili

Banyu Mili
Image Credit: Instagram.com @erjiphotograpy

Banyak yang tertarik dengan destinasi ini karena dikategorikan sebagai tempat wisata pemacu adrenalin. Sebab, untuk mencapai ke lokasi, Anda harus melewati jalanan yang cukup terjal dan penuh lika liku. Sepanjang perjalanan, Anda akan disajikan dengan panorama dari alam sekitar yang tampak menawan. Selain itu, ada juga fasilitas hammock yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Lokasi: Gondang, Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

12. Kedung Cinet

Kedung Cinet
Image Credit: Instagram.com @dinda.prameswari.52

Berlokasi di tengah hutan yang lebat, Kedung Cinet bisa menjadi pilihan wisata yang eksotIs. Di tempat ini, Anda bisa berpetualang sekaligus menjelajahi alam bebas dengan track yang menantang. Meskipun begitu, pemandangan yang dihadirkan tidak tanggung tanggung karena terdapat aliran sungai jernih dengan hawa sejuk.

Lokasi: Tanggungan, Klitih, Kec. Plandaan, Kab. Jombang.

13. Air Terjun Sekelip

Air Terjun Sekelip
Image Credit: Instagram.com @deni_setiawan_93

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana asri dari air terjun, maka salah satu referensi yang bisa dikunjungi yaitu Air Terjun Sekelip. Wisata alam ini memiliki debit air yang cukup tinggi, sehingga membuat suasana menjadi lebih segar. Selain itu, ada juga kontur unik di sekitarnya dengan bebatuan terjal dan pepohonan hijau yang menjulang tinggi.

Lokasi: Wonokerto, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

14. Taman Ponggok Banjarsari

Taman Ponggok Banjarsari
Image Credit: Instagram.com @abdoelmbahdoel

Destinasi berikutnya yang tak kalah digandrungi generasi milenial yaitu Taman Ponggok Banjarsari. Pengunjung akan disuguhkan dengan lanskap perkebunan bunga menawan yang memiliki berbagai jenis bunga. Salah satunya yaitu bunga marigold yang identik dengan warna kuningnya, sehingga bisa jadi tempat andalan untuk berswafoto atau hunting.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pacitan yang Murah dan Enak

Lokasi: Banjar Sari, Kec. Bandarkedungmulyo, Kab. Jombang.

15. Kedung Sewu

Kedung Sewu
Image Credit: Instagram.com @elwisgladys

Memiliki barisan cekungan kecil, wisata yang satu ini bisa menjadi referensi liburan seru Anda. Tempat yang bernama Kedung Sewu ini memiliki batuan dengan air di dalamnya. Di sini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan menawan, terlebih dilengkapi dengan aliran sungai berkelok dan ringan. Di sekitar Kedung Sewu juga terdapat pepohonan yang membuat lanskap menakjubkan.

Lokasi: Perhutani, Kec. Kabuh, Kab. Jombang.

16. Air Terjun Sekar Pudak Sari

Air Terjun Sekar Pudak Sari
Image Credit: Facebook.com @wisatapegunungan

Bagi Anda yang suka dengan wisata alam, maka jangan sampai melewatkan Air Terjun Pudak Sari. Keunikan wisata ini berada jauh dari pusat kota, sehingga masih sangat alami dan belum banyak terjamah manusia. Maka dari itu, Air Terjun Sekar Pudak Sari sangat cocok bagi para petualang yang gemar melalui track menantang.

Lokasi: Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

17. Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung
Image Credit: Google Maps (Amalia Aninda)

Selain wisata sejarah, religi dan alamnya Jombang juga memiliki wisata hits di kalangan muda. Kali ini lokasinya ada di Kecamatan Mojoagung yang bernama Alas Gedangan. Di tempat wisata ini banyak spot menarik yang bisa dinikmati dengan pemandangan fantastis. Terdapat replika sarang burung, rumah kayu, gardu pandang dan aneka spot keren lainnya yang bisa diabadikan.

Lokasi: Gedangan, Kedunglumpang, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang.

18. Klenteng Hong San Kiong

Klenteng Hong San Kiong
Image Credit: Instagram.com @poernomoferi

Destinasi wisata selanjutnya yaitu berupa kuil yang sudah familiar dikenal masyarakat. Kuil ini menjadi tempat ibadah bagi umat Tri Dharma dan juga dijadikan sebagai sarana untuk menggelar berbagai pertunjukan. Ketika acara diselenggarakan, siapa saja boleh berkunjung ke kuil untuk menyaksikannya, seperti Barongsai dan Wayang Potehi.

Lokasi: Jl. Raya Wangkal Gudo, Kec. Gudo, Kab. Jombang.

19. Makam Pangeran Benowo

Makam Pangeran Benowo
Image Credit: Instagram.com @khanzaorioncraft

Rasanya belum lengkap berlibur ke Jombang jika tidak mengunjungi destinasi religinya. Salah satu wisata religi yang dapat Anda kunjungi yaitu makan Pangeran Benowo. Perlu diketahui jika tokoh ini sangat berjasa dalam perkembangan desa di Jombang. Oleh karena itu, tak heran jika banyak pengunjung yang berziarah ke makam yang satu ini.

Lokasi: Jl. Pangeran Benowo, Wonoasih, Wonomerto, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

20. Goa Sigolo golo

Goa Sigolo golo
Image Credit: Google Maps (dwi agus)

Berlanjut ke tempat wisata selanjutnya yaitu Goa Sigolo golo yang wajib dikunjungi. Untuk mencapai lokasi, Anda harus berjalan kaki menyusuri ribuan anak tangga. Selain itu, daerah di sekitar goa ini terdiri dari tebing curan dan mengitari hampir di setiap sisinya. Dengan keunikan lanskap Gua ini, sangat cocok bagi Anda yang gemar fotografi untuk mengabadikan momen disini.

Lokasi: Segolo-golo Eco Park, Panglungan, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

Jombang memang menjadi salah satu kota yang terkenal dengan wisata religinya. Akan tetapi, kawasan ini juga memiliki sederet destinasi wisata unggulan yang menarik banyak wisatawan. Anda bisa memilih berbagai jenis wisata, mulai dari destinasi wisata alam, sejarah, dan wisata edukasi. Tak hanya itu saja, wisata tersebut juga memberikan pengalaman liburan yang patut dikunjungi.