Butuh Liburan yang Seru? Inilah List Tempat Wisata Populer di Kebumen, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah, Kekinian & Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan.

Saat berada di Jawa Tengah, Anda tak hanya bisa berkunjung ke Semarang saja. Sebab, salah satu kabupatennya yakni Kebumen hadir dengan banyak destinasi yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih istimewa. Daerah satu ini menghadirkan keindahan yang memukau, mulai dari wisata alam hingga wisata buatannya yang akan membuat Anda terpesona. Bagi Anda yang berencana liburan ke Kebumen, berikut tempat wisata hits yang bisa Anda jadikan tempat melepas penat.

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti
Image Credit: Google Maps (Clodi Murah Pekanita)

Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Kebumen adalah Pantai Menganti. Pantai satu ini memiliki pemandangan yang tak kalah mempesona. Bahkan banyak orang pun menyandingkannya dengan wisata bahari yang ada di Selandia Baru. Perpaduan antara laut dan juga bukit hijaunya tersebut memberikan keindahan tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Selain menikmati indahnya lautan, Anda juga akan dimanjakan dengan beragam wisata kuliner yang sangat menggugah selera. Pasalnya, Anda bisa mencicipi sajian kuliner seafood yang ada di tempat satu ini. Apabila Anda memiliki hobi berkemah, maka Anda pun bisa camping semalaman dan melihat indahnya matahari terbit di pagi hari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa tengah.

2. Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran
Image Credit: Google Maps (Arina Wida Imania)

Wisata satu ini masih belum populer jika dibandingkan dengan pantai yang lain. Lantaran, Anda harus melewati jalanan yang berbukit untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. Namun, hal tersebut sebanding dengan panorama alam yang Anda dapatkan di lokasi ini. Bahkan pantai ini pun sangat cantik dan instagramable. Spot favorit para pengunjung adalah ayunan yang ada di bawah pohon.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Gebyuran, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

3. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron
Image Credit: Google Maps (Akbar Hars)

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka Pantai Pecaron dapat Anda jadikan destinasi untuk berlibur. Selain itu, saat berada disini Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang memukau. Berada di balik tebing yang menjulang, Anda akan bisa menemukan pasir hitam kecoklatan yang sangat eksotis. Tentu saja akan membuat Anda terpukau.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

4. Pantai Lampon

Pantai Lampon
Image Credit: Google Maps (Annisa Dwi Rahma)

Pantai Lampon menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi penjelajah. Sebab, pinggir pantai yang ada di lokasi ini sangat bagus dan hanya berjarak sekitar 100 meter saja. Pastinya Anda pun akan puas berkeliling tepi pantai ini. Selain itu, Pantai Lampon juga menjadi salah satu destinasi yang instagramable.

Pasalnya, Anda akan bisa menemukan banyak spot foto yang menarik di lokasi satu ini. Anda juga bisa untuk menikmati indahnya matahari terbenam ketika berada disini. Apabila Anda belum puas menjelajah, maka Anda bisa menyusuri gua yang ada di pantai ini. Pastikan untuk didampingi dengan pemandu ketika Anda menjelajah gua tersebut.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

5. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis
Image Credit: Google Maps (Noviana Intan)

Kebumen menjadi salah satu kota yang memiliki banyak pantai. Bahkan Pantai Surumanis pun kerap kali disebut dengan Tanah Lot yang dimiliki oleh Jawa Tengah. Sebab, pasirnya yang coklat sama persis seperti yang ada di Bali. Meskipun memiliki akses yang cukup sulit, akan tetapi wisata ini kerap kali terlihat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Apabila Anda berkunjung kesini, sebaiknya Anda menggunakan alas kaki yang nyaman. Hal tersebut dikarenakan sebelum mencapai bibir pantai, Anda pun diharuskan untuk menempuh perjalanan dengan melewati bukit yang berbatu. Namun, sesampainya di pantai pengunjung akan disambut dengan indahnya pemandangan yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir, Hutan, Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

6. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah
Image Credit: Google Maps (Fbekti Budi)

Ingin melihat indahnya Kebumen dari atas bukit? Maka Bukit Pentulu Indah dapat menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Dengan memiliki luas sekitar 20 hektar, tempat ini sering kali dijadikan oleh wisatawan sebagai lokasi untuk berburu matahari terbit. Sehingga, Anda pun bisa berkemah dan mendirikan tenda di lokasi ini sembari menunggu fajar tiba.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangsambung, Area Kebun Dan Hutan, Kaligending, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

7. Bukit Jerit

Bukit Jerit
Image Credit: Google Maps (Zainal arifin)

Ingin menjerit tanpa ada orang yang mendengar? Jika Anda sedang berada di Kebumen, maka Anda pun bisa melakukannya di Bukit Jerit. Bukit dengan pemandangan alam yang mengagumkan satu ini akan menjadi destinasi yang wajib Anda singgahi. Disini, Anda juga akan disuguhkan dengan rumput yang menghijau.

Tentu saja, tempat satu ini akan menjadi lokasi yang cocok bagi Anda untuk bersantai sembari berbaring di padang rumput. Bahkan pemandangan laut pun bisa Anda nikmati ketika berada di lokasi satu ini. Jika dibandingkan dengan wisata lain, bukit satu ini juga memiliki akses yang lebih mudah untuk dijangkau. Sehingga, Anda bisa melepas penat dengan mengunjungi tempat satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ketanggung, Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

8. Bukit Langit

Bukit Langit
Image Credit: Instagram.com @exotickebumen

Bukit Langit yang ada di Kebumen menghadirkan keindahan wisata alam yang mempesona. Sebab, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa Bukit Condong, Deretan Bukit Paduraksa dan juga Pegunungan Serayu Selatan. Dengan ketinggian sekitar 360 mdpl, disini Anda akan bisa menikmati sejuknya udara yang menyegarkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karanganyar, Giripurno, Karanganyar, Silumut, Giripurno, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

9. Bukit Hood

Bukit Hood
Image Credit: Google Maps (Sudo Danu)

Menikmati indahnya pesisir lautan dari Pulau Jawa bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi Bukit Hood. Dengan memiliki ketinggian yakni sekitar 150 mdpl, Anda pun akan disuguhkan birunya laut yang sangat mengagumkan. Selain itu, disini juga terdapat salah satu spot favorit yang sering digunakan oleh pengunjung untuk berfoto yakni di anjungan. Anda juga bisa melihat garis pantai di spot satu ini.

BACA:  23 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Paling Hits
Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Hud, Karangtengah, Karangbolong, Kec. Buayan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

10. Waduk Sempor

Waduk Sempor
Image Credit: Google Maps (Waduk Sempor)

Indahnya panorama matahari terbit bisa Anda nikmati dengan mengunjungi Waduk Sempor. Disini, Anda juga akan mendapatkan udara yang sejuk karena terdapat banyak pohon pinus yang menghiasinya. Sebenarnya, waduk ini adalah bendungan yang menjadi penghubung dari Samudra Hindia, Sungai Sempor, dan juga sungai Cicingguling.

Harga Tiket: Rp 4.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

11. Brujul Adventure Park

Brujul Adventure Park
Image Credit: Google Maps (AR WI)

Untuk Anda yang ingin menikmati indahnya pemandangan alam dan beragam aktivitas menarik, maka Anda bisa berkunjung ke Brujul Adventure Park. Disini, Anda bisa menikmati sejuknya udara sembari menjelajah gua dan curug. Ada pula berbagai macam permainan lain seperti flying fox, panahan dan juga sepeda layang yang menjadi favorit para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Peniron, Ladang, Peniron, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

12. Kebun Bunga Ambal

Kebun Bunga Ambal
Image Credit: Google Maps (Random CH)

Bagi Anda yang menyukai bunga matahari, maka Kebun Bunga Ambal menjadi destinasi yang bisa dikunjungi berikutnya. Sebab, disini, Anda bisa berfoto dengan banyak bunga matahari yang bermekaran. Pastikan untuk memakai pakaian yang cerah dan membawa kamera. Tentu saja, Anda pun bisa mendapatkan hasil foto yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Sawah/Kebun, Ambalresmi, Kec. Ambal, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

13. Gua Petruk

Gua Petruk
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Selain pantai dan bukit yang indah, saat berada di Kebumen Anda juga bisa menemukan beberapa gua. Salah satunya adalah Gua Petruk yang masih terjaga kealamiannya. Pihak pengelola pun tidak menyediakan penerangan di dalam gua. Sehingga pesona stalaktit dan stalakmit bisa Anda nikmati dengan memakai headlamp.

Bagi Anda yang ingin kesini, sebaiknya memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, pastikan jika Anda mengenakan baju yang nyaman dan tahan air. Sebab, saat berada disini Anda akan melewati genangan air. Tentunya wisata ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa petualang tinggi.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Goa Petruk, RT.04/RW.01, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

14. Gua Jatijajar

Gua Jatijajar
Image Credit: Instagram.com @alextony03

Apabila Anda belum puas menjelajah Gua Petruk, maka Anda pun bisa berkunjung ke Gua Jatijajar. Disini, Anda akan bisa melihat gua yang memiliki kedalaman sekitar 250 meter dengan ketinggian yakni 12 meter. Apabila Anda ingin berburu foto yang cantik dan instagramable, maka gua satu ini menjadi lokasi yang cocok untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket: Rp 5.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jatijajar, Palamarta, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

15. Curug Silancur

Curug Silancur
Image Credit: Instagram.com @ginanjar_subekti

wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Kebumen adalah Curug Silancur. Destinasi satu ini menjadi andalan bagi kota Kebumen, sebab pemandangannya yang bagus juga menjadi daya tarik dari wisatawan asing untuk mengunjunginya. Jika Anda datang kesini, Curug Silancar tergolong tidak terlalu ramai.

Akan tetapi, pesonanya memang tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Sebelum melihat air terjun satu ini, Anda pun perlu untuk menempuh medan yang cukup berat untuk bisa sampai di lokasi satu ini. Tentu saja, hal ini pun menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi wisatawan karena cukup memacu adrenalin. Namun, panorama alam yang indah akan sebanding dengan perjalanan yang melelahkan.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wadasmalang, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

16. Air Terjun Superman’s Big Sister

Air Terjun Superman’s Big Sister
Image Credit: Facebook.com @iman.ecek

Ingin melihat keindahan air terjun di dalam goa? Maka destinasi satu ini bisa menjadi alternatif untuk Anda kunjungi. Sebab, ketika berada disini Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat eksotis. Pada tempat wisata ini, Anda bisa menjelajah gua dengan pemandu yang akan menuntun perjalanan Anda menyusuri goa yang indah ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalikarang, Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

17. Wisata Alam Jembangan

Wisata Alam Jembangan
Image Credit: Google Maps (Muhammad Mustofa)

Berada di destinasi satu ini, Anda pun bisa menjelajah tiga tempat sekaligus. Pertama, Anda bisa mengunjungi Waduk Pejengkolan dan Jembatan Gantung. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan penjelajahan ke Telaga hijau. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi satu ini. Mulai dari berkeliling Jembangan dengan menggunakan perahu air yang akan membuat pikiran menjadi tenang.

Selain itu, tempatnya yang sangat indah membuat Anda bisa berfoto sepuasnya saat berada di lokasi ini. Fasilitas yang ada di lokasi satu ini pun cukup lengkap, sebut saja seperti Jembangan Fantasy Zoo dan juga lain sebagainya. Dengan adanya berbagai macam binatang tersebut dapat menjadi salah satu destinasi yang pas bagi Anda yang mengajak si kecil.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukadana, Jembangan, Kec. Poncowarno, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

18. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck
Image Credit:  Instagram.com @wiwidyan01

Selain terkenal karena wisata alamnya yang memukau, Anda juga bisa menemukan Benteng Van Der Wijck sebagai tujuan destinasi Anda. Tempat bersejarah yang identik dengan warna merah tersebut awalnya dibangun sebagai barak militer untuk melawan pasukan dari Pangeran Diponegoro. Namun kali ini terdapat salah satu bagian dari benteng yang memang sengaja dibuat untuk tempat wisata.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sapta Marga No.3, Sudikampir, Sidayu, Kec. Gombong, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

19. Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan
Image Credit: Instagram.com @kebumentravel

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Arung Jeram Padegolan. Bagi Anda yang menyukai wisata menantang adrenalin, maka Anda bisa menjajal untuk bermain arung jeram. Sungai Padegolan ini memiliki arus yang cocok digunakan untuk berarung jeram. Selain itu, rutenya pun juga bervariasi sehingga cukup menantang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waduk Wadas Lintang, Desa Prembun, Kec. Prembun, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

20. Curug Plumbon

Curug Plumbon
Image Credit: Instagram.com @pesona.plumbon

Curug Plumbon juga menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda singgahi ketika berada di Kebumen. Wisata air terjun ini memiliki dua tingkatan yang bertumpuk tumpuk. Adanya bebatuan yang ada di wisata ini menjadikannya nampak sangat eksotis. Disini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat mengagumkan.

Hrga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Hutan, Desa Plumbon, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kebumen. Wisata yang ada di kota ini menghadirkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Untuk itu, bagi Anda yang sedang penat dan ingin melepas lelah, sebaiknya datang dan mengunjungi salah satu destinasi tersebut.