Kediri merupakan kota ketiga terbesar di Jawa Timur setelah Kota Malang jika dilihat dari jumlah penduduk. Kota satu ini terkenal dengan produk tahunya yang nikmat dan banyak dijadikan oleh-oleh. Selain itu, rupanya Kediri juga memiliki banyak objek wisata yang perlahan tumbuh dan berkembang pesat.

Jika Anda sedang singgah di Kota ini, beberapa rekomendasi tempat wisata di kota Kediri berikut ini akan menjadikan liburan Anda menjadi semakin menyenangkan. Simak ulasannya.

1. Gunung Klotok

Gunung Klotok
Image Credit: Detik.com

Gunung Klotok merupakan gunung yang berada di ketinggian 536 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun Anda pasti akan tertegun dengan keindahan yang dimilikinya. Untuk mendaki gunung ini dibutuhkan waktu 2 hingga 3 jam.

Uniknya gunung Klotok ini memiliki 2 puncak yaitu Puncak waktu Bengkah dan Puncak Klop. Hamparan pepohonan lengkap dengan perbukitan menjadi panorama yang bisa Anda nikmati hingga puas dan tentunya memanjakan mata.

Lokasi: Tumpang, Pojok, Kec. Mojoroto, Kab. Kediri.

2. Tempat Wisata Pagora Kediri

Tempat Wisata Pagora Kediri
Image Credit: Wisataserukediri.wordpress.com

Objek wisata ini memang bukan wisata terbaru, namun tetap hits dan bahkan melegenda sebab sudah ada sejak tahun 1963. Paggora menawarkan kolam renang dan taman bermain yang cocok untuk liburan Bersama keluarga.

Selain bisa menikmati kolam renang, Anda juga bisa menjajal berbagai wahana mulai dari mini zoo, perahu bebek, kolam pancing, mandi bola hingga area autbond. Fasilitas dan juga kebersihan tempat wisata satu ini masih terjaga hingga kini.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Ngadirejo, Kec. Kota Kediri, Kab. Kediri.

3. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung
Image Credit: Ujaeybob.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai melihat pemandangan dari ketinggian, Bukit Gandrung harus masuk dalam daftar kunjungan Anda. Bukit Gandrung termasuk wisata baru di Kediri yang menawarkan keindahan panorama dari ketinggian. Memandang pepohonan dan perbukitan yang luas bisa mengusir semua penat anda.

Belum lagi, Bukit Gandrung juga memiliki beberapa spot yang cocok untuk swafoto. Tak heran jika Bukit Gandrung cukup hits di kalangan muda mudi.

Lokasi: Medowo, Kec. Kandangan, Kab. Kediri

4. Kebun Bunga Matahari

Image Credit: Kliktraveling.com

Saat ini wisata yang digunakan untuk berburu foto instagramable memang begitu digandrungi. Di Kediri ada tempat wisata bernama Kebun Bunga Matahari yang sedang hits. Di lahan yang luasnya sekitar 900 meter ini ditumbuhi bunga matahari yang begitu cantik.

Selain bisa puas mengambil foto yang cantik, pengunjung juga bisa membeli buah labu yang banyak dijual oleh warga sekitar. Kebun Bunga Matahari ini menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan.

Lokasi: Jl. Selomangleng No.143, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Malang yang Murah & Enak

5. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng
Image Credit: Jatimplus.id

Goa Selomangleng masih satu kawasan dengan Gunung Klotok dan menjadi tempat yang hits. Keeksostisan goa yang berada di kaki gunung ini memiliki bongkahan batu yang terlihat berserakan namun ada juga yang bisa dipanjat, untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menantang.

Beberapa pengunjung juga tidak melewatkan berburu foto untuk dokumentasi. Mengingat Goa Selomangleng yang artinya batu miring ini memang menawan.

Lokasi: Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri.

6. Kediri Eco Park

Kediri Eco Park
Image Credit: Dakatour.com

Wahana wisata satu ini mengusung konsep edukasi yang akan memberikan pengalaman sekaligus liburan yang menyenangkan. Di kawasan Kediri Eco Park Anda bisa menikmati fasilitas yang memanjakan seperti kolam perahu kano, outbound hingga kolam terapi ikan.

Anda juga berkesempatan untuk belajar cara membuat pupuk kompos serta budidaya jamur secara hidroponik. Alamnya yang masih asri menjadi tempat yang cocok hilangkan penat.

Lokasi: Jl. Kelapa, Ketami, Kec. Pesantren, Kota Kediri.

7. Kediri’s Photography Museum

Kediri’s Photography Museum
Image Credit: Bosniatravel.net

Mengunjungi museum juga merupakan kegiatan liburan yang menyenangkan. Dan kediri memiliki Photograph Museum yang begitu hits dan hingga kini banyak dikunjungi. Di museum satu ini, Anda bisa melihat berbagai jenis foto dengan tata letak yang begitu artistik.

Wawasan juga akan bertambah karena ada foto tentang perkembangan kota Kediri. Museum satu ini merupakan cara tepat untuk menyusuri waktu tentang kota Kediri dari masa ke masa.

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.60/160, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri.

8. Gumul Paradise Island Kediri

Gumul Paradise Island Kediri
Image Credit: Hargatiketmasuk.info

Tempat wisata satu ini cocok untuk Anda yang membawa anak kecil. Karena di Gumul Paradise Island Kediri, bisa menjajal berbagai wahana seru baik yang bermain air hingga yang non air. Permainan yang disuguhkan meliputi Jungle Adventure, 3D Studio, scarry house, Bioskop 4D Flying Fox. Untuk wahana yang di air berupa kolam renang lengkap dengan slider maupun wahana yang membuat kegiatan berenang makin menyenangkan.

Gumul Paradise Island Kediri bisa dikatakan sebagai destinasi wisata yang sudah ada sejak lama. Namun hingga kini tetap banyak pengunjung karena beberapa kali ada pembangunan. Fasilitas yang dihadirkan di tempat wisata satu ini juga memadai. Tak hanya untuk anak anak, orang dewasa juga bisa mencoba berbagai wahana yang menyenangkan. Gumul Paradise begitu luas, dan Anda bisa melintasinya dengan kolam arus yang panjang lintasannya  350 meteran.

Lokasi: Dadapan, Sumberejo, Kec. Ngasem, Kab. Kediri.

9. Konto River Rafting

Konto River Rafting
Image Credit: Tempatwisata.pro

Apakah Anda menyukai tantangan? Maka destinasi wisata yang satu ini wajib Anda coba. Kontoriver Rafting menawarkan kegiatan rafting di kali Konto yang tak kalah menarik. Sepanjang rafting Anda akan disuguhkan dengan pesona tebing dan bebatuan yang kokoh dan menakjubkan.

Belum lagi fasilitas yang ditawarkan Kontoriver Rafting juga lengkap, dimana setiap kali rafting udah termasuk rescue team, makan siang serta perlengkapan keamanan.

Lokasi: Desa Kediri Siman, Kec. Kepung, Kab. Kediri.

10. Kediri Waterpark

Kediri Waterpark
Image Credit: Hargatiket.net

Kota Kediri memang termasuk kota yang panas, sehingga sangat cocok untuk bermain air. Untuk bermain air dengan puas, Anda bisa mengunjungi Kediri Waterpark. Anda yang tidak takut ketinggian bisa menjajal slide yang panjangnya sekitar 206 m dan ketinggian sekitar 350 m yang menjadi favorit.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Paling Populer

Selain wahana air, wahana non air seperti mini coaseter, komedi putar dan lainnya juga wajib dicoba. Kediri Waterpark adalah tempat wisata keluarga yang tetap hits.

Lokasi: Jl. Argowilis, Pagung, Kec. Semen, Kab. Kediri.

11. Air Terjun Irenggolo Kediri

Air Terjun Irenggolo Kediri
Image Credit: Sepasangcarrier.com

Kediri juga memiliki wisata alam berupa air terjun dan tak boleh Anda lewatkan. Air Terjun Irenggolo termasuk wisata yang sudah ada sejak lama, namun tetap menarik dan hits hingga kini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan kemiringan 45 derajat yang mirip tangga.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba Flying Fox atau camping di Kawasan wisata satu ini. Suasananya yang asri dan sejuk akan membuat Anda betah berlama lama di sekitar air terjun ini.

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri.

12. Bukit Ongakan

Bukit Ongakan
Image Credit: Explorewisata.com

Kediri memang memiliki beberapa bukit yang menawarkan keindahan yang menawan. Begitu juga Bukit Ongakan yang lokasinya di lereng Gunung Kelud. Sehingga Anda bisa menikmati jajaran pohon pinus yang menyejukkan mata. Tak hanya pinus, gardu gardu juga berjajar dengan tapi.

Meskipun untuk menuju Bukit Ongakan Anda membutuhkan perjuangan, namun semua akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Lokasi: Besowo, Kec. Kepung, Kab. Kediri.

13. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul
Image Credit: Ardifebry92.blogspot.com

Mengunjungi kota Kediri tak lengkap rasanya tidak mengunjungi ikon kota ini. Bangunan Monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki daya tarik tersendiri karena mirip dengan La’arch De Triomphe yang berada di Perancis.

Di Bangunan kokoh ini terdapat juga relief yang menceritakan masyarakat Kediri zaman dahulu. Hingga kini bangunan ini begitu hits dan bisa dijadikan tempat untuk berburu foto foto yang keren. Selain itu juga bisa sekalian bersantai bersama keluarga.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Ngasem, Kab. Kediri.

14. Taman Hijau SLG

Taman Hijau SLG
Image Credit: Radarkediri.jawapos.com

Taman Hijau Simpang Lima Gumul ini masih terbilang baru dan menarik untuk dikunjungi. Selain wisatawan, warga Kediri juga kerap menjadi warga Kediri untuk bersantai. Mengunjungi taman hijau ini sangat tepat jika sore hari sembari menunggu senja datang.

Tempat satu ini kerap dijadikan muda mudi untuk berburu foto yang instagenic. Terdapat rerumputan hijau lengkap dengan aliran sungai kecil yang mampu hilangkan penat anda.

Lokasi: Jl. Raya Kediri – Plosoklaten No.163, Dadapan, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kab. Kediri.

15. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo
Image Credit: Putratravel.net

Jika Anda belum puas untuk melihat air terjun, Kediri masih memiliki air terjun yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Air terjun Dolo menawarkan pesona yang luar biasa, dengan suasana yang begitu menyejukkan.

Mengingat air terjun ini berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 125 meter. Untuk bisa menyaksikan keindahannya, Anda harus lebih dahulu melakukan trekking 1 km dengan hutan pinus yang menyejukkan.

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Murah & Enak

16. Gereja Puhsarang

Gereja Puhsarang
Image Credit: Labuancermin.blogspot.com

Gereja yang berada di lereng Gunung Wilis ini tak hanya menjadi tempat yang dingin namun juga memiliki bangunan yang begitu unik. Selain bisa dijadikan sebagai wisata religi, tempat satu ini juga kerap dijadikan tempat untuk mengambil foto.

Udaranya yang sejuk sangat cocok untuk tempat merefresh pikiran sejenak. Tak heran jika siapapun yang berkunjung betah untuk berlama lama. Di Gereja ini juga terdapat gua maria replika dari Goa Loauders di Perancis.

Lokasi: Sukorame, Puhsarang, Kec. Semen, Kab. Kediri.

17. Gunung Kelud

Gunung Kelud
Image Credit: Satukanal.com

Mengekplore Kediri belum lengkap jika tak menyaksikan kemolekan Gunung Kelud. Wisata yang satu ini hingga kini tetap hits dan menarik wisatawan dari berbagai daerah. Spot yang ditawarkan cukup banyak, salah satunya spot tanjakan misterius dimana tanpa menginjak gas mobil bisa berjalan dengan sendiri.

Selain itu, juga ada wahana ATV maupun Flyling Fox yang menawarkan petualangan lebih menyenangkan. Keindahan sunset maupun sunrisenya juga sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Ringinrejo, Sugihwaras, Kec. Ngancar, Kab. Blitar.

18. Taman Ngronggo

Taman Ngronggo
Image Credit: Kediritravelling.blogspot.com

Taman kota satu ini juga sedang hits di kalangan masyarakat Kota Kediri. Taman Ngronggo dikenal dengan taman yang memiliki penataan rapi dan juga fasilitas yang terbilang lengkap. Ada area bermain anak, gazebo hingga hal lain yang disediakan secara gratis.

Menghabiskan sore atau pagi hari di tempat satu ini bukanlah ide yang buruk. Hamparan rumput hijau dengan bunga-bunga yang tertata rapi juga kerap dijadikan tempat untuk berswafoto.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.90, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kab. Kediri.

19. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan
Image Credit: Jatimplus.id

Objek wisata berupa sumber air ini memiliki taman dengan luas 12 hektar. Di tempat satu ini Anda bisa bermain air maupun berenang. Terdapat mitos yang beredar, jika air dari sumber ini bisa membuat awet muda serta menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain airnya, tempat ini juga menawarkan wahana permainan yang cukup seru. Sumber Ubalan kerap kali dijadikan tempat untuk pertemuan maupun kegiatan outbound yang menyenangkan.

Lokasi: Sagi, Jarak, Kec. Plosoklaten, Kab. Kediri.

20. Kampung Anggrek

Kampung Anggrek
Image Credit: Panduaji.net

Apakah Anda pecinta bunga anggrek? Jika iya maka Anda harus mampir ke destinasi wisata satu ini. Di Kampung anggrek Anda bisa menemukan berbagai jenis bunga anggrek dan bunga lainnya yang begitu menawan.

Dengan lahan seluas 400 hektar, Anda bisa membayangkan berapa banyak spesies tanaman di tempat satu ini. Berkunjung ke Kampung Anggrek jangan lupa untuk mengabadikan momen anda. Selain itu, Anda juga dapat membeli bunga yang tersedia di taman ini.

Lokasi: Ringinsari, Sempu, Kec. Ngancar, Kab. Kediri.

Kediri menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan tempat wisata tak kalah menarik untuk dikunjungi. Ada banyak destinasi yang menawarkan keunikan dan petualangan yang seru. Mengunjungi kota Kediri juga bisa menghadirkan liburan yang tak terlupakan, selain memiliki wisata alam beberapa ikon wisatanya juga tak kalah menarik dikunjungi. Jadi sudahkah wisata hits tersebut masuk dalam daftar liburan anda?