Apa Saja Destinasi Menarik di Kendari? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Kendari, Sulawesi Tenggara. Objek Wisata Bahari Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Sulawesi Tenggara dikenal dengan pulau yang akan memanjakan Anda dengan wisata baharinya. Begitu juga dengan Kendari yang akan memberikan Anda petualangan yang memuaskan. Ada banyak spot keren dengan keindahan alam yang memukau dan membuat semua penat lenyap seketika.

Keindahannya tak hanya diakui wisatawan lokal, bahkan wisatawan mancanegara juga mengakui pesonanya. Berikut deretan tempat wisata menarik di Kendari yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung.

1. Pegunungan Nipa Nipa

Pegunungan Nipa Nipa
Image Credit: Sultrakini.com

Memulai perjalanan dengan menjelajah gunung bukanlah ide yang buruk. Kendari miliki pegunungan Nipa Nipa yang cocok untuk Anda yang gemar mendaki. Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian yang begitu mempesona. Jauh dari hiruk pikuk kota, Anda bisa menghempaskan semua penat Anda.

Perjalanan semakin menyenangkan, ketika Anda menjalaninya bersama rombongan. Ketika lapar melanda, di tengah perjalanan ada warung untuk mengisi perbekalan.

Lokasi: Pegunungan Nipa-Nipa, Kec. Mandonga, Kota Kendari.

2. Puncak Ahuawali

Puncak Ahuawali
Image Credit: Ruangmedia.com

Masih seputar pegunungan, Puncak Ahuawali berada di ketinggian kisaran 750 mdpl. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk sampai di puncak. Jaraknya jika dari pusat kota sekitar 60 km. Anda akan disuguhkan wajah pegunungan yang lengkap dengan deretan bukit dan lautan dari kejauhan.

Ketika pagi menyapa, Anda bisa menikmati kabut yang layaknya negeri di atas awan. Puncak Ahuawali begitu hits di kalangan wisatawan.

Lokasi: Ahuawali, Kec. Puriala, Kab. Konawe.

3. Hutan Mangrove Bungkutoko

Hutan Mangrove Bungkutoko
Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Hutan Mangrove Bungkutoko menjadi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selanjutnya. Letaknya tak jauh dari pusat kota menjadikan tempat ini sangat menarik dikunjungi. Hutan bakau yang lebat dengan tambahan spot foto sangat cocok untuk habiskan liburan.

Nantinya Anda bisa menyusuri hutan mangrove ini dengan melalui jembatan kayu yang warna warni. Tempat instagramable ini, sangat hits di kalangan pelancong yang singgah ke Kendari.

Lokasi: Bungkutoko, Kec. Abeli, Kota Kendari.

4. Puncak ST

Puncak ST
Image Credit: Sultrademo.co

Wisata satu ini bisa dikatakan sebagai wisata yang cukup baru dan sedang hits di kalangan anak muda. Puncak Safiul Tambaruka bisa dijadikan alternatif untuk Anda menghabiskan akhir pekan.

Tak hanya miliki harga tiket terjangkau, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang memukau. Udaranya yang segar akan membuat Anda betah berlama lama di puncak ST ini. Ada banyak spot swafoto yang bisa dimanfaatkan untuk memperbarui galeri Anda.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Kendari yang Murah & Enak

Lokasi: Abeli Dalam, Kec. Puuwatu, Kota Kendari.

5. Kebun Raya Kendari

Kebun Raya Kendari
Image Credit: Kendaripos.co.id

Berada di kawasan hutan konservasi dengan luas 96 ha, menjadikan kebun raya ini memiliki udara yang sejuk. Selain liburan, Anda juga bisa sekalian menambah wawasan. Sebab ada hutan lindung serta hutan produksi dengan berbagai macam flora.

Selain flora juga ada fauna seperti rangkong, ular pitun, ayam hutan wajah biru dan lainnya. Kebun Raya Kendari cocok untuk Anda yang menyukai kehutanan dan juga flora fauna di dalamnya.

Lokasi: Anduonohu, Kec. Poasia, Kota Kendari.

6. Pantai Toronipa

Pantai Toronipa
Image Credit: Republika.co.id

Pantai Toronipa bisa dijadikan alternatif liburan bahari ketika Anda berada di Kendari. Membentang sepanjang 4km lengkap dengan pasir putihnya, menjadikan pantai ini begitu populer. Selain memiliki alam yang masih terjaga, pantai satu ini juga menawarkan pemandangan sunset dan sunrise yang menawan.

Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, karena bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan begitu tiba di Pantai Toronipa ini.

Lokasi: Toronipa, Kec. Soropia, Kab. Konawe.

7. Wisata Sungai Tamborasi

Wisata Sungai Tamborasi
Image Credit: Barrabaa.com

Akhir akhir ini, nama Sungai Tamborasi semakin santer terdengar di kalangan traveller. Bisa dikatakan jika sungai paling pendek di seluruh dunia. Karena panjangnya hanya sekitar 20 meter. Namun sungai satu ini menyimpan keindahan yang akan membuat Anda terpukau.

Airnya sangat jernih, bahkan Anda bisa berkaca di atasnya. Di bawahnya terdapat batuan marmer yang juga menambah keindahannya. Keindahan alam ini jangan sampai lupa untuk diabadikan.

Lokasi: Tamborasi, Kec. Kolaka, Kab. Kolaka.

8. Air Panas Wawolesea

Air Panas Wawolesea
Image Credit: Seringjalan.com

Berada di antara pegunungan kapur, tempat satu ini memiliki ratusan mata air panas yang tetap tak berhenti mengalir. Yang membuat pemandian air panas ini semakin unik, air panas ini rasanya asin. Membentuk sumber yang begitu cantik dipandang mata dengan undakan undakan kecil yang terbentuk alami. Seperti kolam alami yang mirip dengan pola terasering di sawah. Warnanya sedikit kebiruan membuat pesonanya kian menawan.

Setelah puas mandi air panas sekalian swafoto, Anda bisa naik ke sebuah bukit terdekat. Dari bukit ini Anda bisa menyaksikan pemandangan yang lebih eksotis dari air panas satu ini. Di sebelah timur kolam air panas, tersaji pemandangan lautan yang mempesona. Air panas ini dikelilingi oleh pohon pinus yang semakin membuat sejuk. Jika beruntung Anda bisa bertemu dengan burung, rusa maupun monyet yang menyapa.

Lokasi: Wawolesea, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara.

9. Pulau Labengki

Pulau Labengki
Image Credit: Holamigo.id

Pulau Labingki sangat hits meskipun bukanlah wisata baru di Kendari. Saking indahnya, banyak yang menyebutnya sebagai miniatur dari Raja Ampat. Pulau Labengki sendiri terbagi menjadi 5 pulau lainnya yang bisa Anda jelajahi.

Anda bisa menikmati laguna yang warnanya hijau tosca, gua, air laut yang jernih, teluk hingga pemandangan dari ketinggian. Keindahan bawah lautnya juga menjadi daya tarik tersendiri yang harus Anda jelajahi.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kendari yang Paling Populer

Lokasi: Pulau Labengki, Kec. Lalonggasumeeto, Kab. Konawe Utara.

10. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Superadventure.co.id

Pantai Nirwana menjadi salah satu pantai indah yang juga favorit untuk dikunjungi. Daya tarik pantai ini terletak pada airnya yang memiliki 3 warna yaitu biru, hijau dan juga putih. Di sekeliling pantai banyak pepohonan rimbun yang membuat suasananya makin asri.

Di bawah pohon Anda bisa mendengar sayup sayup suara ombak dengan angin yang membelai lembut. Wajar jika nantinya Anda enggan untuk pulang, begitu liburan ke pantai yang cantik ini.

Lokasi: Sulaa, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau.

11. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit: Nurifitriablog.wordpress.com

Seperti namanya, danau ini memang memiliki warna biru pekat. Warna biru tersebut dihasilkan dari campuran air tawar dan air asin. Di sekeliling danau di tumbuhi banyak pepohonan yang membuat suasananya makin asri.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di danau ini, mengikat di danau Biru juga tinggal banyak spesies ikan. Jika Anda ingin berenang, pastikan jika Anda harus benar benar handal dan selalu berhati hati.

Lokasi: Walasiho, Kec. Wawo, Kab. Kolaka Utara.

12. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo
Image Credit: Indozone.id

Air Terjun Moramo bisa dijadikan alternatif untuk wisata selain pantai. Air terjun satu ini memang bukanlah wisata baru, namun hingga kini tetap hits. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini berbentuk undakan yang jumlahnya begitu banyak.

Undakan besar sekitar 7 buah dengan 60 undakan kecil. terdapat beberapa kolam alami yang bisa Anda jadikan tempat berenang atau berendam. Airnya mengucur dari bebatuan granit membuatnya makin mempesona.

Lokasi: Sumber Sari, Kec. Moramo, Kab. Konawe Selatan.

13. Pulau Senja

Pulau Senja
Image Credit: Telisik.id

Seperti dengan namanya, Pulau Senja memang sangat cocok untuk menikmati indahnya senja. Terutama untuk Anda pemburu lukisan orange di langit ketika matahari tenggelam ini. Tidak hanya menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang mempesona, pantai di pulau ini juga sangat eksotis.

Tebing tebing karang dan pepohonan mengelilingi semakin menambah kecantikannya. Jangan lupakan untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan setiap momen.

Lokasi: Wawatu, Kec. Moramo Utara, Kab. Konawe Selatan.

14. Pulau Tomia

Pulau Tomia
Image Credit: Pegipegi.com

Pulau Tomia menjadi salah satu wisata Kendari yang keindahannya tak diragukan lagi. Terutama bawah lautnya yang mengundang Anda untuk segera menyapanya. Terumbu karang lengkap dengan biota lautnya akan membuat Anda terpesona.

Pemandangan permukaannya juga begitu cantik. Anda bisa menikmati pulau dengan pasir putih lembut dan air laut yang jernih. Berkunjung ke Kendari jangan sampai melewatkan pulau satu ini.

Lokasi: Waha, Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi.

15. Pulau Hari

Pulau Hari
Image Credit: Suarakendari.com

Liburan ke Kendari memang akan dipuaskan dengan keindahan baharinya yang menawan. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Pulau Hari yang begitu istimewa. Pulau Hari memiliki perairan yang begitu jernih, hingga Anda bisa mengintip bawah airnya.

Gugusan karangnya juga membuatnya pulau ini makin menawan. Belum lagi ada hutan kecil yang turut memberikan kesan asri. Pulau Hari ini juga belum banyak yang tahu, sehingga masih alami dan terjaga.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kendari yang Paling Populer

Lokasi: Labuan Beropa, Kec. Laonti, Konawe Selatan.

16. Pulau Binongko

Pulau Binongko
Image Credit: Butonmagz.id

Destinasi berupa pulau di Kendari memang melimpah dan memiliki keistimewaan sendiri sendiri. Dan di Pulau Binangko, Anda akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang akan membuat Anda terpesona. Dengan bawah lain seindah itu, Anda tak bisa melewatkan kegiatan snorkeling maupun diving.

Terumbu karang hingga biota lautnya masih terjaga dan akan membuat Anda terkesan. Pulau Binongko pilihan tepat untuk habiskan liburan yang tak terlupakan.

Lokasi: Palahidu, Kec. Binongko, Kab. Wakatobi.

17. Pulau Bokori

Pulau Bokori
Image Credit: Id.pinterest.com

Pulau Bokori bisa dikatakan sebagai wisata baru di kota Kendari yang sedang hits. Memiliki keindahan pantai yang mempesona menjadikan pengunjung selalu berdatangan. Pemandangan sekelilingnya dikelilingi dengan pepohonan pinus yang membuatnya semakin khas.

Pasir putih luas dengan air jernih akan menyambutmu begitu Anda menginjakkan kaki di Pulau Bokori. Untuk menuju pulau menawan ini, ada baiknya Anda menyewa perahu milik nelayan agar makin seru.

Lokasi: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab. Konawe.

18. Waterpark Citra Land

Waterpark Citra Land
Image Credit: Citralandkendari.com

Di Kendari bermain air tidak hanya bisa dilakukan di pantai, sebab Kendari juga memiliki waterpark andalan. Waterpark Citra Land memang bukan destinasi baru, namun menjadi favorit liburan keluarga di Kendari. Ada banyak permainan dan wahana seru yang akan menjadikan liburan Anda makin seru.

Fasilitas yang menunjang juga turut memanjakan pengunjungnya. Jika Anda beruntung bisa sekalian menikmati event bulanan yang biasanya diadakan pengelola.

Lokasi: Anduonohu, Kec. Poasia, Kota Kendari.

19. Pantai Nambo

Pantai Nambo
Image Credit: Nina-arifianti.com

Pantai Nambo memiliki bentangan pasir putih lembut yang bisa dijadikan arena bermain yang luas. Ombaknya yang tenang, dengan air yang jernih sangat pas untuk bermain air atau berenang. Keindahan alam pantai Nambo menjadikan pantai ini sebagai primadona.

Ketika sore tiba, Anda bisa menunggu keindahan sunsetnya. Dari kejauhan Anda juga bisa menyaksikan pemukiman miliki Suku Bajo. Pantai Nambo tak boleh dilewatkan ketika sedang di Kendari.

Lokasi: Nambo, Kec, Abeli, Kota Kendari.

20. Pantai Karang Purirano

Pantai Karang Purirano
Image Credit: Bumi-nusantara.blogspot.com

Untuk menuju pantai ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 13 km dari pusat kota Kendari. Pantai Karang Purirano memiliki panorama yang unik, sebab memiliki daratan karang atau yang dikenal dengan tubir.

Umumnya akan terlihat ketika air sedang surut, dan banyak dimanfaatkan untuk mengambil kerang. Para wisatawan juga banyak yang ikut serta berkegiatan mencari kerang dengan warga sekitar.

Lokasi: Purirano Kec. Kendari, Kota Kendari.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang ada di Kendari yang bisa menjadi referensi ketika Anda berlibur kesana. Keindahan Kendari menjadi magnet wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara untuk merasakannya. Apalagi beberapa juga masih asri dan terjaga, menjadikan para wisatawan puas menikmatinya. Ketika Anda berniat liburan ke Kendari, pastikan menjadi wisatawan yang bijak. Tidak membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan, menjadi salah satu langkah agar keindahan ini bisa panjang umur untuk dinikmati bersama.